Pelita Hidup
“Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan...
Menjadi Pemenang: Bertanding Dengan Gigih

courtesy of jatraining.com

“Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.” Ibrani 12:1-2

Rasul Paulus merupakan rasul yang luar biasa dipakai oleh Tuhan untuk memberitakan injilNya. Begitu banyak hikmat yang luar biasa Tuhan berikan melalui Paulus. Salah satunya adalah hikmat tentang bagaimana seorang olahragawan bertanding dengan begitu rupa.

Olahragawan atau yang kita kenal dengan sebutan atlit, bertanding dengan begitu gigihnya untuk dapat meraih kemenangan. Sang atlit tidak akan menyerah hingga pertandingan usai. Selama pertandingan masih berlangsung, maka dia akan mengerahkan berbagai macam upaya dan segala teknik yang dimilikinya agar dapat menang.

Sang atlit akan memaksimalkan tenaga dan energi yang dia miliki agar pertandingan yang dia jalani dapat berjalan dengan baik. Bahkan dia akan sangat ‘ngotot’ agar dapat meraih kemenangan. Menjadi juara adalah suatu posisi yang sangat diidam-idamkan oleh atlit. Dan jika sang atlit dapat menjadi juara, dia memperoleh prestise dan kebanggaan yang tak ternilai harganya.

Selama waktu belum habis, maka sang atlit akan terus bertanding dengan gigih. Bahkan jika dalam posisi ketinggalan-pun dia akan berusaha dengan berbagai upaya agar dapat menyaingi dan mengalahkan lawannya.

Untuk medali/piala-lah sang atlit akan berjuang dengan maksimal, sehingga dia dapat pulang membawa tanda kemenangannya yaitu piala yang diraihnya.
Kegigihan yang dimiliki sang atlit/olahragawan inilah yang harus kita miliki juga sebagai seorang pengikut Kristus.

Berbagai rintangan apapun yang menghadang, berbagai upaya apapun yang dilakukan oleh lawan kita yaitu si iblis untuk mengalahkan kita, kita harus tetap gigih berjuang dan memenangkan pertandingan ini.

Jika kita jatuh dalam satu titik, maka kita harus bangkit kembali. Kita tidak boleh menyerah hanya karena satu kekalahan dalam langkah kita. Kita harus berani bangkit kembali dan terus bertanding untuk memenangkan pertandingan.

Tidak ada kata selesai atau menyerah selama kita masih hidup di dunia ini. Karena selama masih hidup, maka kita masih harus terus bertanding.
Bagai sang atlit, saat kita tertinggal atau dalam posisi kalah, kita tidak boleh patah semangat. Kita tidak boleh berhenti di titik tersebut, karena pertandingan belum selesai. Kita harus bangun, berlari dan merebut kembali kemenangan itu.

Dalam posisi menang-pun kita juga tidak boleh lengah, karena lawan selalu mengintai di belakang kita. Sekali saja kita lengah, maka kita akan dengan mudah dikalahkan oleh lawan.

Dan satu-satunya kekuatan bagi kita untuk dapat memenangkan pertandingan adalah dengan mengandalkan Yesus dalam setiap pertandingan yang kita jalani.

Arahkan mata kita hanya kepada Yesus, karena Dialah yang akan menuntun kita, memberi kita kekuatan, memberi kita kemahiran dalam bertanding, memberi kita jalan keluar untuk dapat memenangkan pertandingan yang kita jalani.

Ibarat pelatih yang senantiasa memberi arahan dan mengajarkan bagaimana sang atlit dapat memenangkan pertandingan, maka hanya dalam Yesus-lah kita dapat memperoleh hikmat untuk dapat menjadi pemenang. Dia sendiri yang akan mengajar kita untuk bertanding dengan baik untuk memperoleh mahkota yang telah Dia siapkan bagi kita.

Jangan menyerah, karena pertandingan belum berakhir. Jangan berhenti, karena masih ada harapan. Jangan takut, karena lawan kita tidak lebih baik dari kita. Jangan kuatir, karena kita akan mendapat kekuatan baru untuk bangkit. Dan ada Yesus yang dapat menjadikan kita sebagai ‘atlit’ yang mahir dan siap menjadi pemenang serta menerima piala kemenangan. Haleluya!

Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya!” 1 Korintus 9:24

Riva Sinjal

 adalah penulis & pemilik Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • ningsih

    November 29, 2011 #1 Author

    renunganx sungguh menguatkan untuk selalu bisa bertahan didalam Tuhan Yesus…. Trima kasih yah pak

    Reply

  • octo

    November 29, 2011 #2 Author

    trima kasih pak Riva….

    Mulai tadi pagi saudara dan saya sementara bertanding,,selama 1 hari lamanya…apakah saudara memang atau kalah di hari….jawab ada di tangannya masing kalau katakan MENANANG syukuri hidupMU hari ini karena lewati hari ini dengan sempurna dan karena capur tangan Tuhan…tapi kalau hari ini saudara KALAH maka saudara datang lagi kepada Tuhan dan saudara memilih bertobat sehingga hidupmu di pulihkan kembali…

    Reply

  • estherberton

    November 29, 2011 #3 Author

    ayo bertanding terus dengan tidak menjadi lelah :))

    Reply

  • octo

    November 29, 2011 #4 Author

    Hari hari yang kita lalui penuh dengan perjuangan…dan kalau kita melewati hari ini dengan baik maka kita harus syukurinya karena itu merupakan satu perjuagan yang sangat hebat, perjuangan atas campur tangan Tuhan trims buat semua bertugas…..

    Reply

  • Noven Koropit

    November 29, 2011 #5 Author

    Berlomba untuk tujuan yang benar pasti diberkati Tuhan. Terimah kasih atas Renungan yang menguatkan.

    Reply

  • hizkia

    November 29, 2011 #6 Author

    menjadi atlit…menjadi juara….hanya 1 juaranya….pilihlah atlit bulutangkis, sepakbola, (tim)..atau atlit perorangan..semua mempunyai kesempatan untuk juara….mau juara bersama-sama / juara perorangan. namun harus latihan dan ikut pertandingan…..dengan pertandingan dapat dilihat kemampuan kita….salam atlit sorgawi

    Reply

  • sandra

    November 29, 2011 #7 Author

    walopun dlm keadaan sulit kita hrs ttp berjuang dan semangat dan percaya Tuhan akan memampukan kita~~Amin Tuhan berkati

    Reply

  • tri haryono

    November 28, 2011 #8 Author

    memang hanya Yesus andalan kita, terima kasih Tuhan ,demikian kita sudah memasuki minggu advent untuk menyosong kelahiranNya, Tuhan memberkari

    Reply

  • dradjad

    November 28, 2011 #9 Author

    Renungan yang sangat membangun, agar kita fokus dalam bertanding mencapai tujuan

    Reply

  • jenri

    November 28, 2011 #10 Author

    luar biasa Yesus yang memberi kemampuan buat kita..terimakasih renungannya. sungguh menguatkan. GBU pak Riva

    Reply

  • herman gozaly

    November 28, 2011 #11 Author

    kumenang-kumenang dalam YESUS TUHAN.

    Reply

  • wowo sukarna

    November 28, 2011 #12 Author

    kita adalah atlit atlit yang dilatih dan dibina oleh Tuhan Yesus, agar kita semua berlomba lomba untuk memenangkan jiwa jiwa baru, dan kita akan mendapat pialanya ,yaitu duduk disamping Nya didalam Kerajaan Sorga yang tidak tergoncangkan,….
    shaloom utk Pak RIVA S, GBU utk semua saudara/saudari di Pelita Hidup

    Reply

  • Suriajani bangun

    November 28, 2011 #13 Author

    “Bertanding dgn gigih”. Sungguh renungan yg luar biasa. Didalam pertandingan butuh perjuangan untuk mencapai garis finish. Begitu jg didalam hidup, butuh perjuangan untuk menjalaninya. Namun satu hal yg slalu sy ingat adalah “Tuhan tidak pernah meninggalkan hambanya”. Jadi jgn takut untuk bertanding atau berjuang karena Tuhan selalu ada bersama orang2 yg berseru kepadaNYA. Tuhan memberkati kita semuanya
    Amin

    Reply

  • yans

    November 28, 2011 #14 Author

    untuk mendapatkan sesuatu butuh suatu perjuangan dan kita harus yakin bahwa dalam memperjuangkan sesuatu kita tidak sendiri namun Tuhan pasti selalu bersama kita…terutama dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan tantangan ini….sangat dibutuhkan perjuangan….

    Reply

  • Boy

    November 28, 2011 #15 Author

    Terima kasih Pak Rivai, God bless you and your multiplication work. Hari ini adalah hari ulang tahun pernikahan saya & isteri saya. Saya berterima kasih kepada Bapa Yahwe yang memberi Yesus Kristus menjadi gembala, pelatih dan penuntun hidup saya & keluarga sehingga kami boleh masuk dalam tahun ke 22 pernikahan kami. Saya percaya, semua jatuh bangun yang kami alami dan semua keberhasilan yang kami capai sampai saat ini ada dalam pengamatanNya. Kami telah memutuskan kepada siapa kami akan menyembah dan kami akan tetap bersama Dia. Dia berjanji bersama Dia kami akan cakap menanggung segala perkara artinya kami pasti menang. Terima kasih sekali pak Rivai atas renungannya, saya doakan apa saja yang bapak jamah akan terus memberi berkat bagi banyak orang.

    Reply

  • firdaus

    November 28, 2011 #16 Author

    Focus On JESUS

    Reply

  • Ribka Silalahi

    November 28, 2011 #17 Author

    Terimakasih buat renungan yang di kirim buat saya,dan biarlah renungan-renungan berikutnya Tuhan ijinkan tuk saya baca agar iman dan hidup kehidupan saya boleh senantiasa kuat dan bertumbuh.Hidup adalah pertandingan,dan yg harus di menang kan .

    Reply

  • julius kaya

    November 28, 2011 #18 Author

    Ya…Arahkan pandangan kepada Yesus.. karna Yesus akan membuka jalan menuju kemenagan … amin .. makasi pa

    Reply

  • rey_k

    November 28, 2011 #19 Author

    sangat menguatkan…. makasih Tuhan Yesus memberkati…..

    Reply

  • Dihamri

    November 28, 2011 #20 Author

    Renungan yang sangat menguatkan untuk…jangan menyerah, walau banyak tantangan karena Tuhan penolong yang setia dan teruji. Berjuang terus dengan semangat dengan berharap pada Tuhan…jangan setengah-setengah atau main-main, serius ikut Tuhan Yesus..Tuhan Yesus memberkati.

    Reply

  • Saut Tambunan

    November 28, 2011 #21 Author

    Terimakasih buat Pelita Hidup, renungannya semakin menguatkan saya,disaat iman saya yg masih suam-suam kuku. thanks buat Riva Sinjal Goodblesyou

    Reply

  • MUSTIKAWATI BUNTORO

    November 28, 2011 #22 Author

    Luar biasa,siapa kita ,tapi bagi kita disiapkan RENCANA BESARNYA,PEMENANG ,setiap orang mendambakannya,prioritas bagi kita pemercaya,mari jangan sia 2 -kan kesempatan yg sekali ini ,mari ,minta tolong padaNYA melepas beban yg halangi perjuangan kita ,TEKUN ,selesaikan RINTANGAN BERSAMANYA ,tetap BERPENGHARAPAN MENANG ,TUHAN YESUS BAIK ,trima kasih .

    Reply

  • YUSUF ARIEF EFFENDI

    November 28, 2011 #23 Author

    Terima kasih Pak,untuk renungannya yang menyadarkan kembali untuk lebih bersemangat lagi didalam
    arena perlombaan iman selama masih hidup didunia ini,sehingga kita dapat masuk dalam perjamuan
    perkawinan dengan Domba Allah.
    Tuhan Yesus memberkati Bapak.

    Reply

  • octo

    November 28, 2011 #24 Author

    trima kasih.

    kalau hari ini kita menghadapi sebuah pertadingan mulai pagi sampai malam itu tergantung setiap orang karena kita bersama iblis sedang main bola di hari ini ….siapa kalah dan siapa menang di hari ini ….kalau yang MENANG di hari ini ,,,berarti dia selalu dekatkan dirii Kepada Tuhan …..tapi kalau yang KALAH berarti hari ini dia jauh dari pada Tuhan ….ARTINYA SETIAP HARI KITA DI BUMI SEDANG MAIN BOLA SAMA IBLIS….PILIHLAH MENANG ATAU KALAH …..KALAH KAN IBLIS DONG..JANGAN BIARKAN IBLIS MASUK DI HATI KITA …OKE HARI SUKSES…

    Reply

  • octo

    November 28, 2011 #25 Author

    triama kasih!!!

    Pelita Hidup menjadi saluran berkat untuk setiap insan yang belajar dari renungan pelita hudup…..jangan lewatkan situs ini karena menjadi saluran yang pasti dan benar buat hidup saudara dan doaku semoga situs ini tetap jaya di udara…semoga Tuhan mengertai pak Riva bersama teman2 semua biarlah Tuhan membalas segala kebaikan saudara …..kalau menanam yang baik pasti juga menuai yang baik pula….amin….

    Reply

  • Dominggus H

    November 28, 2011 #26 Author

    Sungguh luar biasa Renungan Firman Tuhan , Dalam bulan-2 terakhir ini sy.dlm.peperangan rohani melawan sifat kedagingan sy.akui jatuh bangun , yg.menjadi luar biasa dlm.beberapa minggu ini Firman Tuhan yang sy. baca via internet, Alkitab, Khotbah ibadah minggu, Domain tentang Peperangan, Pertandingan Iman . Saya bersyukur Tuhan Yesus Maha Tahu.

    Reply

  • delima

    November 28, 2011 #27 Author

    Pelari yang ingin memenangkan pertandingan harus taat pada 2 hal:
    1. Berlari sampai ke garis finish
    2. Berlari di jalur lari.
    kalau tidak taat pada keduanya, maka sekencang apapun pasti tidak dapat dicatat sebagai pemenang.

    Reply

  • Frits Sohilait

    November 28, 2011 #28 Author

    Banyak yang terpanggil tetapi sedikit yang terpli ,Artinya selama kita hidup di dunia ini cuma NUMPANG / SEMENTARA kita jangan jenuh jangan mengeluh ,jangan bosan datang kepada Tuhan kita harus beralari mencari Wajah Tuhan dan selalu berbuat yang terbaik untuk Tuhan dan berilah persembahan yang terbaik juga buat Tuhan sebab “Ia Tuhan yang Hidup dan Tuhan tidak pernah neko – neko dengan apa yang Ia janjikan kepada umatnya, bahwa Keslamatan itu pasti, tapi , bagi orang yang takut kepadanya dan melakukan apa Yang Tuhan perintahkan . Berikan Apa Yang Terbaik dalam hidup ini bagi TUHAN KITA YESUS KRISTUS. sebab Dia baik dan Dia selalu memperhatikan apa yang kita perlu………A……………..m…………i……….n . GBU

    Reply

  • Mika Pakpahan

    November 28, 2011 #29 Author

    tanpa pertandingan tidak akan ada pemenang ,sebuah pertandingan akan membuat kita fokus dalam kemenangan dan kita akan membuat strategi untuk meraih kemenangan demikian jug ahidup yang kita jalani adalah arena pertandingan akan membuat kita keluar sebagai pemenang bahkan menjadi lebih dari pemenang

    Reply

  • Denny

    November 28, 2011 #30 Author

    berlari dalam arti kata melangkah terus bersama Dia tuk mencapai Tujuan yang kita inginkan yaitu kemenangan dari segala tantangan, permasalahn hidup…thx Lord

    Reply

  • wp

    November 28, 2011 #31 Author

    Puji Tuhan, terima kasih buat renungan yang selalu membangkitkan iman. Tuhan memberkati.

    Reply

  • danny saud

    November 28, 2011 #32 Author

    renungannya sangat membangundan memberi motifasi. tengs ya…JBU

    Reply

  • Philip Koeswanto

    November 28, 2011 #33 Author

    Renungan ini mengingatkan saya ketika saya harus berjuang hadapi berbagai persoalan, namun akhirnya saya bisa mengatasi semuanya ! Dan perjuangan saya ini, saya ungkapkan dalam syair lagu pujian yang saya buat th 90 an yaitu Kiri Kananku Ada Tuhan ! Saya berjuang hadapi semuanya dan saya yakin saya bisa karena saya cuma mamandang Yesus dan ada Yesus menyertai saya ! Hidup ini penuh perjuangan ! ayo yang sedang dalam pergumulan…jangan menyerah ! Kamu Pasti Bisa !!!!!
    We are the Winner……. We are the Champion !
    Thanks Pak…Renungan yang bagus & membangun !

    Reply

    • liem halim wijaya/beny

      May 3, 2012 #34 Author

      Giu kapan bisa ketemu ya,beny ingin menjadikan Giu sebagai teladan beny,dan maafkan kesalahan beny

      Reply

  • erlin Pandiangan

    November 28, 2011 #35 Author

    tq……ya untuk renungannya………….
    setiap orang yang mengikuti pertandingan dan menang akan dapat mahkota…….kelak .GBu

    Reply

  • meyliani

    November 28, 2011 #36 Author

    Hidup adalah pertandingan, jatuh bangun sudah biasa, yang penting ada Yesus yang hidup di dalam kita, maka kita menjadi orang-orang yang lebih dari Pemenang, Halleluya!

    Reply

  • lelie

    November 28, 2011 #37 Author

    Syalom, trims yah untuk renungannya, Puji Tuhan bahwa kita sebagai orang yang percaya kepada Yesus Kristus menjadi pemenang, ada harapan, ada kekuatan, ada petunjuk di waktu pertandingan karena Dia yang mengajar, haleluya maju terus, bertanding dengan gigih karena mahkota sudah tersedia bagi pemenang. Tuhan Yesus berkati setiap pelayanan bapak dan keluarga

    Reply

  • tina

    November 28, 2011 #38 Author

    Yang memberi kekuatan kita hanya tuhan jadi kita hanya perantaranya saja

    Reply

  • nontje sundana

    November 28, 2011 #39 Author

    thx…renungan yg indah, teruslah berlari dan jadilah pemenang…Amien

    Reply

  • margaretha Rini wahyuningsih

    November 28, 2011 #40 Author

    Ketika kita tidak ada lagi harapan untuk menang ingatlah selalu Arahkan mata kita hanya kepada Yesus, karena Dialah yang akan menuntun kita, memberi kita kekuatan, memberi kita kemahiran dalam bertanding, memberi kita jalan keluar untuk dapat memenangkan pertandingan yang kita jalani. Amin

    Reply

  • octo

    November 28, 2011 #41 Author

    trima kasih situs ini

    Puji Tuhan mendapat kekuatan lewat renungan ini….dan memberikan saluran renungan semoga ada kelimpahan dari Tuhan …slom untuk semua…

    Reply

  • wehelmina padji

    November 28, 2011 #42 Author

    aku sangat di berkati sekali dengan renungan ini.terimakasih buat bpk Riva,GBU

    Reply

  • Hasar

    November 28, 2011 #43 Author

    trimakasih untuk buat renungan yang dikrim tiap minggunya…!! GBU

    Reply

  • Hasar

    November 28, 2011 #44 Author

    trimakasih atas renungan buat penyemangat iman di dalam Tuhan, “Tetap Gigih dalam Pertandingan”..melihat dunia skg ini, memang sangat perlu adanya jiwa pemenang di dalam hidup kita, agar kita bisa menang bersama Tuhan Yesus……..!! GBU

    Reply

  • Aksi Karo karo

    November 28, 2011 #45 Author

    Terima kasih !, Pelita Hidup bisa menjadi salah satu media untuk bertumbuh dalam Kristus !, senantiasa Tuhan melimpahkan berkatNya ….Amin !

    Reply

  • Yance Posende

    November 28, 2011 #46 Author

    Syalom Pelita Hidup,
    Terima kasih Tuhan lewat renungan ini, mengingatkan dan menguatkan serta meneguhkan Iman lagi. Terima kasih Pelita hidup, semoga senantiasa diberkati dan menjadi berkat..

    Reply

  • Prasetyo

    November 28, 2011 #47 Author

    Benar, bersama Yesus masih ada harapan untuk menjadi pemenang, trima kasih untuk berkatnya….. JBU.

    Reply

  • Dicky

    November 28, 2011 #48 Author

    Dalam pertandingan rohani dibutuhkan 1. Petunjuk dan arahan dari Tuhan Yesus 2. Semangat untuk menang 3. Visi-Misi untuk mencapai garis akhir 4. Menanggalkan beban opribadi yang menjadi rintangan maka kita menjadi opemenang

    Reply

  • suryo widodo

    November 28, 2011 #49 Author

    pertandingan yang tiada henti membuat saya lupa untuk meminta petunjuk dari Sang Pelatih.

    Reply

  • Supriyono

    November 28, 2011 #50 Author

    Puji Tuhan, kembali pada pagi hari ini di hari ke : 28 Nopember 2011 saya kembali dikuatkan, agar sebagai pengikut Kristus dalam meraih sukses iman kita harus menjadi atlit-atlitnya Tuhan yang tangguh, ngotot dan penuh semangat untuk meraih kemenangan demi kemenangan.

    Minggu yang lalu kita juga boleh menyaksikan para atlit Sea Games dengan wajah yang berbinar-binar karena keluar sebagai juara, disamping rasa bangga, sebagai atlit nasionalpun langsung akan meenrima bonus.

    Saya sangat menyadari dan mengalami tat kala kemengan dapat kita raih, maka berkat sukacita, kekyatan, kesehatan bahkan kecukupan telah menjadi bagian hidup kita.

    Berdirilah teguh dan jangan goyah, sebab kamu tau segala jerih payahmu tidak akan sia-sia I Kor. 15 : 58 Amin

    Reply

  • andre

    November 28, 2011 #51 Author

    Berjuang dan terus berjuang dengan spenuh jiwa raga agar kita menang dan mendpt mahkota kehidupan yg kekal di dlm kerajaan sorga..itulah yg sdg kami lakukan! Makasih Pak!

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *