Pelita Hidup
Tidak Menjadi Tawar Hati Karena Penderitaan Tidak Menjadi Tawar Hati Karena Penderitaan
“Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.” Amsal 24:10 Ketika kita sudah percaya kepada Yesus dan mengakuiNya sebagai Tuhan dan juruselamat hidupnya,... Tidak Menjadi Tawar Hati Karena Penderitaan

Tidak Menjadi Tawar Hati Karena PenderitaanJika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.” Amsal 24:10

Ketika kita sudah percaya kepada Yesus dan mengakuiNya sebagai Tuhan dan juruselamat hidupnya, ini bukan berarti bahwa kita tidak akan menghadapi masalah. Bukan berarti juga bahwa kita bebas dari masalah dan kita akan langsung diberkati secara berkelimpahan baik dalam keluarga, pekerjaan, bisnis, usaha, pendidikan, di lingkungan dan lainnya.

Justru pada saat kita memutuskan mengikut Yesus, iblis akan berusaha untuk menarik kita kembali agar jatuh ke dalam dosa, karena dia tidak suka dengan keputusan yang kita ambil.

Berbagai masalah juga tetap akan datang menerpa kehidupan kita tanpa habis-habisnya selama kita masih bernafas.

Seringkali juga kita menyerah atas persoalan yang sedang menimpa kita. Kita berharap bahwa Tuhan segera menolong dan memberi jalan keluar atas masalah yang kita hadapi. Pada kenyataannya jawaban Tuhan tidak datang juga, sehingga kita menjadi tawar hati. Kita tidak tahu bahwa Tuhan sedang menguji dan memproses hidup kita agar kita dapat benar-benar percaya dan berserah kepada Tuhan dengan segenap hati kita.

Rasa tawar hati sering diikuti dengan perasaan kecewa dengan kondisi hidup kita dan bahkan ada juga yang kecewa kepada Tuhan, hingga tidak pergi lagi ke gereja.

Kondisi ini akan membuat kita semakin lemah dan tidak mempunyai kekuatan untuk dapat melangkah maju menghadapi masalah yang ada.

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.
Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami
.” 2 Korintus 4:16-17

Rasul Paulus dalam penderitaannya yang begitu banyak dia alami, juga tetap menjaga hatinya agar tidak tawar hati. Walaupun secara lahiriah dia semakin lemah, tetapi manusia rohaninya semakin kuat di dalam Tuhan. Dia tahu bahwa apa yang telah Tuhan sediakan bagi dia jauh lebih besar dari apa yang dia alami. Inilah kekuatan yang memampukan Rasul Paulus untuk tetap setia mengiring Tuhan sampai akhir hidupnya.

Tawar hati justru akan membuat kita semakin lemah dan membuat hidup kita tidak mempunyai kekuatan yang cukup untuk menjalani masalah yang ada. Kita membutuhkan pengharapan kepada Yesus untuk tetap dapat kuat menghadapi masalah yang ada.

Jangan biarkan rasa tawar hati itu datang atau bahkan berlarut-larut melingkupi hidup kita. Cari wajah Yesus, maka Dia akan memberikan pengharapan dan kekuatan baru bagi kita untuk menjalani langkah hidup kita.

Doa:

Tuhan, berikanlah kami kekuatan agar sanggup menjalani hari-hari kami yang penuh dengan berbagai masalah. Biarlah terang FirmanMu yang menuntun jalan kami agar kami dapat tetap bersemangat di dalam kasih Tuhan, sehingga kami dapat menjadi pemenang dalam masalah yang kami hadapi.

Langkah iman:

  • Perkatakan Firman Tuhan dalam hidup kita, sehingga itu menjadi kekuatan bagi kita.
  • Tolak segala rasa tawar hati maupun rasa kecewa yang ada.
  • Percaya bahwa Tuhan telah menyediakan yang terbaik bagi kita tepat pada waktuNya.

Riva Sinjal

 adalah penulis & pemilik Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • dian

    October 27, 2010 #1 Author

    God is Good…

    Reply

  • Nontje Sundana

    October 27, 2010 #2 Author

    Selagi jantung kita msh berdenyut….masalah akan selalu menghampiri kita, namun bagi org yg selalu mengandalkan Tuhan, seberat apapun masalah yg di hadapi pasti akan tersolusikan dan Tuhan punya cara sendiri utk melepaskan semuanya itu, krn itu jangan pelihara yang namanya tawar hati…apalagi sampai menyalahkan Tuhan krn mungkin Tuhan blm menjawab apa yg kita butuhkan, buat sy pribadi sy tetap menyerahkanlah pada Tuhan segala permasalahan yg dihadapi dan tetap hadirkan Tuhan dalam hidup ini, Amien…..thx renungannya, GBU all

    Reply

  • party

    October 27, 2010 #3 Author

    Renungan yang menguatkan, terima kasih, Tuham memberkati.

    Reply

  • juliher marbun

    October 27, 2010 #4 Author

    Terimakasih, renungan ini memberi kekuatan dan peringatan dikala hidup mengalami goncangan berat. Sebagai manusia lemah melawan rasa tawar hati sering sangat berat terutama bila penderitaan tsb berkepanjangan, hati nurani ingin melawan supaya tidak tawar hati tetapi kondisi fisik dan keadaan tidak terelakkan, itulah yang sering dihadapi. Perlu dukungan doa untuk menguatkan iman dan pengharapan agar tidak dikalahkan setan seperti kekuatan Ayub yang luar biasa itu.. semoga Tuhan memberi kekuatan bagi umatNya supaya tidak jatuh ketangan setan laknat itu.

    Reply

  • Ona Upuya

    October 27, 2010 #5 Author

    Terimakasih untuk setiap renungan harian yang dikirimkan saya merasa sangat diberkati.
    Jesus Love u.

    Reply

  • Antonia Riastati

    October 27, 2010 #6 Author

    Shalom, maaf Pak Riva baru sekarang ni saya menulis Saya tidak perna h menjadi tawar hati apa yang diberikan Tuhan pada saya saya syukuri cobaab hidup atau apapun, saya belajar melawan semua ketawaran krn Tuhan Itu Baik Apapun Rencananya Amin Tuhan Memberkati TQ, GBU

    Reply

  • roy andy

    October 27, 2010 #7 Author

    terima kasih buat renungannya..kiranya isinya dapat menjadi berkat bagi kita semua…

    Reply

  • yusuf t.r

    October 27, 2010 #8 Author

    Trims kepada Pelita hidup yang sudah mengirimkan renungan harian semoga kita sebagai pengikutNYA tidak menjadi tawar hati

    Reply

  • Desy

    October 27, 2010 #9 Author

    Terima kasih renungan pagi ini .yang mengingatkan kita bahwa dibalik semua masalah kalu kita terus berharap dengan Tuhan Yesus, Dia memberikan kekuatan dan kemampuan pada diri kita untuk menghadapi masalah kehidupan kita..karena Dia selalu peduli dan mengerti persoalan yang kita hadapi.Amin…Maju terus dalam Tuhan

    Reply

  • Netty Zebua

    October 27, 2010 #10 Author

    Ketika masalah datang, beban pun menjadi sangat berat dan enggan untuk melanjutkan perjalanan, namun ketika kita hidup di dalam Firman yang menguatkan kita maka kita akan keluar menjadi pemenang.
    sakit rasanya jika di tinggalkan oleh orang yang sangat kita sayangi dan cintai namun, jika Tuhan berkehendak untuk kita harus merasakan sakit di tinggalkan orang tersebut, sedih yang berlarut akan berkembangmenjadi tawar hati, jika tawar hatipun berkembang maka melemahlah iman dan akhirnya mati. sia-sialah hidup yg sudah di bayar mahal oleh Kristus. renungkanlah…teman!!!

    Reply

  • ara monroe

    October 27, 2010 #11 Author

    terima kasih untuk renungannnya mengajak agar tetap berharap dan bersandar pada Tuhan selalu. GBU

    Reply

  • pedrik

    October 27, 2010 #12 Author

    Terima kasih, melalui renungan ini saya akan bersyukur senantiasa, sakalipun banyak maslh yang dan beban

    Reply

  • jing-jing

    October 27, 2010 #13 Author

    amin2 Tuhan YESUS…tdk akan beri kita cobaan yg lebih dr kekuatan kita…aku percaya 100%

    Reply

  • Wenas

    October 27, 2010 #14 Author

    Saya berjemaat di salah satu gereja aliran kharismatik. Tapi gereja saya menolak keras bahwa ikut Tuhan Yesus berarti hidup enak, bebas masalah dan diberkati melimpah2. Justru gereja saya menekankan PIKUL SALIB. Ini yang saya sukai karena kenyataannya hanya 20 – 30% saja dari jemaat gereja yg mengajarkan theologia kemakmuran yg jemaatnya benar2 makmur. Terima kasih Pelita Hidup atas e-mail renungannya. Tuhan Yesus memberkati!

    Reply

  • Zelinsky Agustinus Kansil

    October 27, 2010 #15 Author

    Terima Kasih atas renungannya yg sudah menyadarkan saya untuk tetap teguh dan setia didalam Tuhan, untuk selalu bersandar dan berharap akan pertolongan Tuhan.dan meyakini kehendak Tuhan adalah yg terbaik bagi kita.

    Reply

  • Girink

    October 27, 2010 #16 Author

    bener2 dkuatkan..
    Thx Lord..

    Reply

  • Maureen

    October 27, 2010 #17 Author

    Tks buat Renungan yg memberkatiku hari ini….
    JawabanNya selalu tepat…..

    Reply

  • lucken

    October 27, 2010 #18 Author

    Thanks atas renungan firman… semoga kita semakin setia dan tabah dalam menghadapi masalah.. cobaan yang diberikanNya bersifat sementara.. Semoga Iman kita semakin bertumbuh lewat firman ini..

    Reply

  • selamat.b

    October 26, 2010 #19 Author

    trimakasih pak renungan nya,moga menjadi kekuatan dalam menjalani hari2 ku dan utk kt smua

    Tuhan memberkati,Amin.

    Reply

  • Jacky

    October 26, 2010 #20 Author

    Yang menjadi tawar hati karena Tuhan tidak memberikan yang kita inginkan. Tapi perlu diingat bahwa Tuhan memberikan yang kita BUTUHKAN!

    Reply

  • indrl

    October 26, 2010 #21 Author

    Shalom, renungan yang sangat bagus sekali ,yang dapat lebih menguatkan kita agar kita selalu percaya dengan penuh pengharapan .trim s . pak . Gbu

    Reply

  • Endang .S

    October 26, 2010 #22 Author

    Terimakasih untuk renungannya, yang mengingatkan bahwa segala sesuatu harus berawal dari Tuhan , sehingga ketika kita mengahdapi keadaan yang tidak mengenakan, kita bisa fokus pada Tuhan, bahwa kita sedang bertumbuh, keadaan itu dipakai Tuhan supaya kita lebih mencintai Tuhan. Harus mengucapk syukur dalam segala, sebagaimana renungan diatas tolak intervensi iblis dan tolak tawar hati dan kita minta Tuhan Yesus memberkan Kekuatan pada kita. Damai Tuhan Yesus kiranya melingkupi kita setiap saat. GBU

    Reply

  • ester

    October 26, 2010 #23 Author

    Terima kasih pelita hidup, pada bulan Oktober ini begitu banyak masalah yang saya hadapi, sampai sampai saya mau jatuh tidak kuat akan masalah yang kuhadapi, tapi dengan adanya renungan ini membuat saya bangkit kembali, terima kasih Tuhan Yesus engkau selalu menemani saya dalam hidup ini, dan berilah kekuatan kepada saya amin

    Reply

  • diana

    October 26, 2010 #24 Author

    Shaloom…thank’s atas renungan Firman Tuhan, semoga kita tidak menjadi tawar hati tapi setia akan janji Tuhan. Amien

    Reply

  • lily

    October 26, 2010 #25 Author

    Syalom… trims atas renungan FirTu ini, firman yang benar2 menjawab pergumulan yang saya rasakan sekarang..menjadikan kekuatan dan penghiburan ditengah keputusasaan..Terima kasih Tuhan Yesu.

    Reply

  • hanan

    October 26, 2010 #26 Author

    Terimakaih atas renungan yang sangat baik ini kiranya firman itu menguatkan iman kita dalam menjalani kehidupan ini, makasih

    Reply

  • Theo

    October 26, 2010 #27 Author

    Shaloom..terima kasih atas renungan Firman Tuhan ini yang sangat luar biasa..Tuhan Memberkati kita semua..Amin

    Reply

  • Hotler Antoni

    October 26, 2010 #28 Author

    Renunan yang sungguh sangat luar biasa, kita tau bahwa Firman Tuhan yang selalu menuntun langkah kita sehingga kita tetap kuat dan selalu punya pengharapan.

    Reply

  • Agustinus

    October 26, 2010 #29 Author

    Renungan yang sangat bagus….hidup Kristus…. Amin

    Reply

  • Triyono

    October 26, 2010 #30 Author

    Semoga semakin menguatkan iman dan menambah semangat ketika cobaan datang.

    Reply

  • Yosafat

    October 26, 2010 #31 Author

    Amin…. Memang iblis paling tidak suka jika melihat anak Tuhan ambil keputusan yang terbaik, tetapi Tuhan tidak pernah tinggal diam untuk menolong anak-anakNya yang mengambil keputusan … Sebuah renungan yang luar biasa. JBU.

    Reply

  • Tina

    October 26, 2010 #32 Author

    Puji Tuhan,
    Agar kita sbg anak2NYA tidak tawar hati,kita harus selalu berpengharapan kepada Tuhan Yesus.
    Renungan melalui FirmanNYA ini sangat menguatkan dan menumbuhkan semangat yg baru untuk selalu berharap kepada DIA. Amin

    Reply

  • umi

    October 26, 2010 #33 Author

    masalah membuat kita semakin mengerti seberapa besar iman kita kepada Tuhan, tapi kadangkala maslah membuat kita lepas kendali, satu hal yg kita petik dari renungan ini ” Tuhan Yesus tetap baik untuk selamanya apapun keadaan kita tetap mengucap syukur .
    Thks ya Pak renungannya sudah memberkati GBU….

    Reply

  • susie

    October 26, 2010 #34 Author

    Renungan yang sangat membangunkan. thank’s

    Reply

  • Ester Dian Avianti

    October 26, 2010 #35 Author

    Renungan yang luar biasa indah…Firman-Nya melalui renungan ini membuat hati saya tenang dan saya yakin Tuhan menjadi tempat perlindungan yang kekal…. JBU : )

    Reply

  • Lakisan Lamangis

    October 26, 2010 #36 Author

    Penderitaan itu menyakitkan. Sulit untuk diterima oleh kita yang menginginkan semuanya dalam keadaan baik-baik saja. Bila penderitaan datang, kedagingan kita berteriak. Kenyataannya, walaupun kita sudah lama menjadi orang percaya, ketika penderitaan datang dan sepertinya pintu surga tertutup buat kita menerima pertolongan, saat inilah yang menggoda kita untuk bisa jadi tawar hati. Bila hal itu terjadi, maka bermulalah hidup yang diwarnai keputusasaan, kekecewaan, kesedihan, kemarahan dan tidak ada tujuan hidup. Bila kita merenung kembali Firman Tuhan, kita sebenarnya tidak hidup hanya menerima berkat Tuhan yang baik saja, bahkan hal-hal yang tidak baikpun bisa memberkati kita ( Ayub 2:10, Roma 8:28 ). Dengan kekuatan kita, kita tidak akan pernah mampu menghadapi penderitaan yang mungkin datang silih berganti, tapi bersama dengan Tuhan, kita akan selalu keluar sebagai pemenang.

    Terima kasih buat renungan yang cukup menguatkan ini, Tuhan memberkati pelayanan Pak Riva dan keluarga. Doa kami, PH akan dan tetap menjadi wadah pelayanan yang memberkati ramai orang, seperti kami juga diberkati lewat pelayanan ini. Love U in our Lord, Jesus Christ.

    Reply

  • Frans W

    October 26, 2010 #37 Author

    Semakin kita mau dekat pada Tuhan, semakin kuat tekanan yg datang. Tapi justru disaat spt itulah kuasa Tuhan dinyatakan, bila kita sungguh2 mau dipakai Tuhan. Karena Tuhan tau kekuatan kita, dan Ia tdk mencobai melebihi apa yg dpt kt tanggung. Maju terus di dalam Tuhan, terima kasih buat pak Riva. GBU

    Reply

  • suprianto

    October 26, 2010 #38 Author

    Puji Tuhan FirmanNya membuat saya semakin percaya bahwa Tuhan Yesus pasti menolong setiap masalah dan memberi jalan keluar yg pasti.Amin

    Reply

  • petrusgintings

    October 26, 2010 #39 Author

    Terima kasih atas renungan ini.Kepada semua saudara/i yg mengirim komentar tolong doakan saya agar lebih dekat pada Tuhan.DULU aku sangat dekat dengan Tuhan.Semua Masalah aku yakin akan selesai dengan baik pada waktu tepat. TAPI skg aku sering ragu,bimbang,tawar hati dan tak bisa sungguh sungguh berdoa(berserah).THANKS Pelita Hidup

    Reply

  • yosep brustito

    October 26, 2010 #40 Author

    syalom…. akhir-akhir ini anak pertama kami yang baru berumur enam tahun sering sakit-sakitan…hal ini kadang membuat kami orang tuanya menjadi tawar hati menghadapi kenyataan ini…syukurlah FirmaNya menguatkan kami…”Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.” 2 Korintus 4:16-17. Terimakasih Pelita Hidup.GBU

    Reply

  • Nita

    October 26, 2010 #41 Author

    Terima kasih renungan diatas sungguh membuat kekuatan yang baru didalam hidup saya

    Reply

  • st dwi martanto

    October 26, 2010 #42 Author

    Ketika suasana hati kita menjadi tawar, Lihatlah dan Dengarkanlah Keluh Kesah dan penderitaan Sesama kita sungguh ternyata Hidup kita terasa lebih baik daripadanya. Tawar Hati kita menjadi Berkat bagi Sesama disaat kita dapat berbagi karena Kita memiliki Pengharapan dari Tuhan Kita Yesus Kristus.

    Reply

  • Nazalus Benjamin

    October 26, 2010 #43 Author

    Syukur kepada Tuhan yang setia mengasihi walau ada ketikanya saya mengakui pernah tawar hati namun tetap di tonton ke jalan yang benar lewat FIRMAN NYA ,Terima kasih atas renungan yang cukup memberi semangat kepada saya di saat sedang mengalami banyak cobaan dalam hidup.

    Reply

  • Theodora Taolin

    October 26, 2010 #44 Author

    Trimaksih. Renungan yang memberi kekuatan dan sangat membantu saya u/ semakin setia dan selalu berserah kepada Tuhan.

    Reply

  • eka

    October 26, 2010 #45 Author

    Amin

    Reply

  • agung

    October 26, 2010 #46 Author

    terima kasih sharing renungannya, saya menambahkan, kita masih hidup didunia ini dan akan selalu ada hal yang membuat kita tawar hati, saya ingat firman Tuhan melalui rasul Paulus, “segala yang baik manis dan sedap didengar pikirkanlah itu..”
    Tawar hati dimulai dari hati kita, nurani kita harus diperbaharui, pikrkanlah yang’baik’, dengan kata lain be a positive, maka masalah boleh ada bahkan kita berhadapan dengan orang yang selalu bikin masalah, tetapi kita tetap positive menghadapinya apalagi dgn rhema janji Tuhan dalam renungan diatas,.. GBU

    Reply

  • M.Parulian H

    October 26, 2010 #47 Author

    Terimakasih buat renungannya, Pelita hidup Luar biasa. Banyak hamba Tuhan yang kotbah jika ikut Tuhan pasti berhasil karena itu belajar memberi!, yes itu benar. Tapi tidak pernah menjelaskan Bagaimana harus ikut Tuhan yang sesungguhnya dan benar??Saya tidak pernah baca di alkitab bahwa nabi langsung berhasil tanpa process bahkan ada saatnya nabi harus melakukan sesuatu sehingga Tuhan berkenan. Saatnya mulai memposisikan hati dan jiwa supaya Tuhan berkenan. Caranya dengan menikmati Process, Menikmati Firman Tuhan, Menikmati Hadiratnya dan lain2, Terimakasih pelita sehingga saya bisa menikmati Firman setiap Hari.
    Terimakasih Tuhan untuk Setiap Process yang aku Alami karena membuat saya semakin naik dan berikan aku kekuatan sehingga aku bisa selalu bersyukur pada setiap apa yang aku alami.

    Reply

  • Novi

    October 26, 2010 #48 Author

    Terima kasih buat renungan firman yang sangat menguatkan, apapun masalah yang terjadi dalam hidupku, aku percaya kalau aku tidak sendirian menghadapinya, tapi aku punya BAPA yang luar biasa yang akan selalau menyertai setiap langkah hidupku. Terima kasih Tuhan Yesus ku, terima kasih juga kepada pelita hidup.
    Gbu…

    Reply

  • Tri

    October 26, 2010 #49 Author

    Puji Tuhan…. Terima kasih atas renungannya yang menguatkan langkah hidup saya. Bersama Tuhan Yesus kita BISA
    Gusti Yesus Berkahi.

    Reply

  • yan

    October 26, 2010 #50 Author

    Thx.. PH renungan hari ini sangat menguatkan ada Firman yang s’lalu menguatkan aku….. Thank’s Jesus..

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *