Pelita Hidup
Ucapan Syukur: Sikap Yang Mendatangkan Mujizat Ucapan Syukur: Sikap Yang Mendatangkan Mujizat
“Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya memberikannya pula kepada orang banyak. Dan... Ucapan Syukur: Sikap Yang Mendatangkan Mujizat

Ucapan Syukur: Sikap Yang Mendatangkan Mujizat Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya memberikannya pula kepada orang banyak.
Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, tujuh bakul penuh. Yang ikut makan ialah empat ribu laki-laki, tidak termasuk perempuan dan anak-anak
.” Matius 15:36-38

Kisah ini terjadi setelah Yesus berkotbah kepada orang banyak dan menyembuhkan orang-orang yang sakit. Kemudian Yesus berkata kepada murid-muridNya bahwa mereka harus memberi makan kepada orang banyak. Tetapi yang ada pada mereka hanyalah beberapa roti dan ikan, yang secara manusia, makanan tersebut tidak akan cukup untuk memberi makan ribuan orang.

Yesus meminta murid-muridNya untuk membawa makanan tersebut dan kemudian mengucap syukur atas makanan itu. Setelah Ia memecah-mecah roti dan membagikan kepada orang banyak, secara ajaib semua orang dapat makan dengan kenyang, bahkan ada sisanya. Apa yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin.

.

Apakah rahasia di balik mujizat yang terjadi itu? Rahasianya ada pada pengucapan syukur.

Ada kuasa di dalam ucapan syukur.

  • Ucapan syukur merupakan cara di mana kita menyerahkan segalanya termasuk masalah-masalah yang kita alami kepada tangan Tuhan.
  • Ucapan syukur merupakan cara di mana kita berserah sepenuhnya.
  • Ucapan syukur merupakan cara di mana kita mengatakan kepada Tuhan bahwa kita mau dibentuk dan diproses dengan caraNya.
  • Ucapan syukur merupakan cara di mana kita membiarkan kasih Tuhan mengalir dalam hidup kita.
  • Ucapan syukur merupakan cara di mana kita membiarkan kuasa Tuhan bekerja mengubahkan hidup kita.
  • Ucapan syukur merupakan cara di mana kita menanggalkan segala keinginan kita dan menerima atas apa yang sedang terjadi, bahkan dalam keadaan yang paling buruk sekalipun.

Dan masih banyak lagi yang bisa kita peroleh dari sebuah ucapan syukur.

.

Bagaimana kita mengucap syukur?

  • Ucapkanlah terima kasih kepada Tuhan atas apa yang masih kita miliki.
  • Ucapkanlah terima kasih kepada Tuhan atas apa yang sedang terjadi.
  • Ucapkanlah terima kasih kepada Tuhan atas kasihNya yang masih tercurah bagi kita.
  • Ucapkanlah terima kasih kepada Tuhan atas kesempatan yang masih Tuhan berikan bagi kita.
  • Ucapkanlah terima kasih kepada Tuhan atas apa yang kita kerjakan.

Dan masih banyak lagi cara lain untuk mengucap syukur kepada Tuhan.

Sama seperti kisah mujizat yang terjadi di atas, hal itu juga dapat terjadi dalam kehidupan kita. Seberat apapun masalah yang kita hadapi dalam pekerjaan/bisnis, separah apapun masalah rumah tangga yang kita alami, seburuk apapun keadaan keuangan yang dihadapi, hadapilah dengan sikap yang selalu mengucap syukur dalam segala keadaan. Kuasa Tuhan akan bekerja dalam kehidupan kita, sehingga mujizat akan terjadi. Pekerjaan kita akan dipulihkan, hubungan keluarga juga dipulihkan, bahkan keuangan yang serba minim juga akan dipulihkan.

Ucapan syukur akan mendatangkan kuasa Tuhan dalam kehidupan kita. Tuhan akan mencurahkan RohNya agar bekerja dalam hidup kita, memberi kita hikmat untuk melakukan apa yang benar di mata Tuhan dan yang sesuai dengan kehendakNya. Apa yang tidak pernah kita pikirkan, itu yang akan Tuhan berikan bagi kita.

Kuncinya ada pada ucapan syukur. Janganlah bersungut-sungut atas apa yang kita alami, karena sungut-sungut tidak akan menyelesaikan masalah. Tetapi sebaliknya, ucapan syukur akan mendatangkan berkat berkelimpahan atas kehidupan kita. Nama Yesus ditinggikan.

Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita.” Efesus 5:20

Riva Sinjal

 adalah penulis & pemilik Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • Darwin

    December 16, 2011 #1 Author

    Renungan yang sangat menguatkan dan memberi inspirasi….
    Kiranya tulisan2 Pak Riva senantiasa menjadi berkat bagi orang lain…

    Reply

  • wempy erol m

    December 9, 2011 #2 Author

    Renungan yg boleh menguatkan kita kren banget hati yg luka dan hancur terobati setelah membaca artikel2 yg ada di pelita hidup saya baru bergabung puji Tuhan saya bisa keluar dari masalah ke masalah setelah selalu membaca artikel2 yg sangat membantu memecahkan masalah semakin kita dekat dgn TUHAN semakin banyaklah tantangan disini kita diuji hal mengucap syukur haruslah kita lakukan dlm segala hal baik dikala kita susa maupun senang disana ada berkat TUHAN menanti amien terima kasih pak pdt Rivai dan ibu dlm pelayanan ini Tuhan Yesus memberkati terus pelayanan sampai TUHAN datang kali yg kedua

    Reply

  • theis

    November 27, 2011 #3 Author

    “Amin,,,Dengan mengucap syukur,saya dapat belajar,bagaimana hidup di jalan Nya.Disini saya dapat belajar tentang kedewasaan Rohani kita sedang di Uji.Walau tantangan ,dan Cobaan seberat apapun,sampai orang yg kita sayangi pergi,tatap kita harus mengucap syukur,pada Dia yang Menciptakan Nya.Seberapa besar Iman kita di uji.Itu lah Kasih yang Dia berikan bagi kita.IMANNUEL”

    Reply

  • Mangampu

    November 22, 2011 #4 Author

    Aku percaya bahwa mukjijat itu selalu baru setiap pagi. Aku merasakannya. Walau aku sering lupa untuk mengucap syukur. Tapi Yesus tidak pernah melupakanku. Itu pasti.

    Reply

  • Saro Duma

    November 16, 2011 #5 Author

    syukur hanya pada_Mu, karena kami masih boleh membaca Firman saat ini

    Reply

  • yanna

    October 25, 2011 #6 Author

    ajarku untuk tetap mengucap syukur dalam segala hal ….Amin

    Reply

  • ayet yadi

    October 24, 2011 #7 Author

    renungan ni mbri teguran n kuatan….dlm hidup sy.hrus brsyukur apapun mslah atau senang yg mdtg…pj thn.

    Reply

  • Agustinus Pali

    September 23, 2011 #8 Author

    Sebagai orang percaya, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengucap syukur dan bahkan di dalam keadaan sulit pun kita harus mengucap syukur sebab itulah yang dikehendaki Allah.

    Reply

  • Yosep Enderson

    September 7, 2011 #9 Author

    Syaloom ….
    Pelita Hidup, saya sangat bersyukur sekali membaca renungan ini karena membawa dampak yang baik dalam kehidupan saya yang membuat saya lebih mengerti lagi akan banyak hal, Dan saya berharap “Pelita Hidup” semangkin tetap menyala nyala dan semakin dikasihi Tuhan Yesus GBU

    Reply

  • stansu

    July 13, 2011 #10 Author

    ucapan syukur kepada Tuhan merupakan syarat untuk mengalami mujizat Allah.

    Reply

  • jeky

    July 4, 2011 #11 Author

    luar biasa skali…..kita patut mengucap syukur dalm sgala
    hal apapun keadaan kita sekarang,,,,

    Reply

  • Thodink

    June 13, 2011 #12 Author

    Tidak ada bahasa yang layak kita ungkapkan selain bahasa SYUKUR atas kemurahan dan kebaikan TUHAN atas hidup kita. suatu keyakinan iman yang di ungkapkan oleh Daud sehingga ia berseru kepada jiwanya…”pujilah Tuhan hai jiwaku, puji namaNYA yang kudus hai batinku…iya sunggu menyadari bahwa semua ini adalah anugera Tuhan.. karena itu akupun merasakan hal demikian sehingga saya mau mengutip mazmur…BIARLAH SEMUA YANG BERNAFAS MEMUJI TUHAN……haleluya!

    Reply

  • Balthazar Kreuta

    June 6, 2011 #13 Author

    renungan ini memberikan manfaat yg sangat besar. saya sangat dibantu terutama sebagai referensi bahkan sebagai bahan renungan ketika saya dipercayakan memimpin suatu ibadah.

    Reply

  • sri

    June 6, 2011 #14 Author

    KASIH dari Tuhan mengalir dihatiku, kasih dari Bapa sorgawi. . . . . . . . .
    KASIH dari Yesus mengalir di hatiku. . . membuat damai di hidupku. . . .
    mengalir kasih dari tempat tinggi, mengalir kasih dari tahta ALLAH BAPA. . . . mengalir. . . .mengalir. . . dan mengalir. . . . .mengalir memenuhi hidupku. . . .

    saya sangat bersyukur karena sampai saat ini kasih Tuhan tetap mengalir untuk saya dan orang-orang yang saya kasihi. . . . .
    trimakasih Tuhan Yesus atas kasihMu yang tiada pernah putus untuk kami, . . . .
    trimakasih untuk nafas hidup yang masih ada sampai saat ini. . . .
    trimakasih Tuhan atas kerja yang Tuhan anugrahkan untuk kami. . . .
    trimakasih Tuhan atas masalah-masalah yang kami hadapi, karena Tuhan tidak pernah meninggalkan kami. . . .
    trimakasih Tuhan dengan kemarahan yang saya terima dari pacar saya, saya boleh belajar tetap mengucap syukur. . . .
    trimakasih Tuhan untuk sakit penyakit yang boleh kami alami, baik saya, orang tua, kakak dan orang -orang yang saya sayangi, karena dengan begitu Tuhan tetap setia pada kami. . . .
    dab masih banyak lagi ucapan terimakasih yang tidak dapat saya sebutkan, tapi saya percaya Tuhan mengetahui, saya mengucap syukur dan bertrimakasih atas segala hal yang boleh saya dan keluarga alami. . . . . amin

    Reply

  • nona manesi

    May 21, 2011 #15 Author

    Dengan mengucap syukur saja,sebenarnya kita adalah orang yang paling berbahagia !!!! Thanks untuk renungannya ,,,Tuhan memberkati Bapak …Amin!

    Reply

  • KENDARTI SATITI

    April 23, 2011 #16 Author

    Luar biasa… Dg ucap syukur kita dapat berbebas dr semua masalah yg ada. Dg ucap syukur Tuhan telah membentuk kita ut menjadi pribadi yang sll rndah hati. Terima kasih Tuhan atas semuanya… atas berkatMu… atas permasalahan yg baru kami alami tetapi kami yakin bahwa tangan Tuhan yg akan berkerja dan berkarya shg semua pekerjaan… semua masalah dan beban yg kami tanggung akan lepas…

    Reply

  • noovy

    April 13, 2011 #17 Author

    syallom, saya berterima ksh atas renungan2nya, yg dapat menguatkan saya dan jg dapat saya pakai untuk memberkati orang lain. Tuhan Yesus berkati slalu.

    Reply

  • oksen

    March 30, 2011 #18 Author

    mengucap syukur memang menimbulkan kelegaan dalam hati

    Reply

  • seto

    February 16, 2011 #19 Author

    Bersyukur memang sangat sulit, apalagi saat dalam kesusahan. Tapi jika kitamu belajar melakukannya, ada suatu kelegaan yang luarbiasa….

    Reply

  • lenny

    February 4, 2011 #20 Author

    Shalom…
    Puji Tuhan saya sangat di berkati dan semakin dikuatkan, saat ini saya lagi di goncang dalam keuangan, saya sedang berencana utk sekolah misionaris tanpa saya ketahui uang simpanan saya terpakai oleh kakak saya sendiri, dan keuangan kakak saya pun sedang sulit, jujur saya saat ini meminta Mujizat Tuhan, saya berkata kepada Tuhan kalau ini memang panggilan ku sekolah kan aku Tuhan …..dan dgn ada nya renungan ini aku di kuatkan dan mengucap syukur atas semua yg terjadi Amin…

    Reply

    • Yus. T.

      February 21, 2011 #21 Author

      Yus says:
      Syaloom!
      Setelah saya membacakan renungan diatas, maka ada hal yang berharaga yang dapat saya maknai a.l:
      – Mengucap syukur merupakan suatu keharusan dalam hidup setiap umat percaya
      – Mengucap syukur mesti dilafaskan kepada Tuhan dalam segala situasi.
      – Mengucap syukur membuat kita melihat pelangi di balik hujan dan terang dibalik
      kegelapan hidup
      – Mengucap syukur membuat kita selalu melihat penggenapan janji-janji Tuhan dalam hidup
      – Mengucap syukur membuat kita selalu yakin bahwa Rancangan Tuhan adalah
      Rancangan Damai Sejahtera dan bukan kecelakaan, Karena Tuhan selalu bekerja dalam
      segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi setiap orang yang mengasihi Dia.
      Terima kasih atas Renungannya. Tuhan Yesus senantiasa memberkati, agar terus menjadi berkat bagi semua orang. Syaloom!.

      Reply

  • Anre`L

    February 1, 2011 #22 Author

    Syalom! Pa Riva`S
    Sebagai orang percaya, saya dan keluarga selalu memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Kuasa karena kami merasakan sungguh besar Mujisat Tuhan yang di alami. kami yakin dengan mengucap syukur dalam segala kenyataan hidup ini, Tuhan selalu mengupayakan segala yang tak mungkin menjadi mungkin dan itu nyata dalam hidup kami. Tuhan Yesus akan selalu memberkati kita semua dalam tugas dan pengabdian kita masing-masing Amin.

    Reply

  • MUSA TAMI LIUBANA

    January 31, 2011 #23 Author

    Shalom
    Puji Syukur saya panjatkan kepadaMu Tuhan yesus karena renungan ini telah membuat saya semakin yakin akan Mujizat2 Telah Tuhan berikan kepada saya sekeluarga, YUHAN YESUS MEMBERKATI

    Reply

  • CANDRA WIBOWO

    December 7, 2010 #24 Author

    saya sungguh diberkati TUHAN melalui renungan ini,trima kasih TUHAN YESUS untuk setiap berkat,setiap penyertaanMU TUHAN,setiap pertolonganMU dalam hidupku,TUHAN MEMBERKATI

    Reply

  • hier sesa

    November 11, 2010 #25 Author

    SUNGGUH INDAH KASIH DAN BERKATMU TUHAN YESUS KINI KURASAKAN SEMUA ANUGERAHMU….MESKI DIRI INI MASIH LALAI DAN BERPELUH DOSA NAMUN KASIHMU TETAP KAU CURAHKAN KEPADAKU….

    Reply

  • ROY

    November 3, 2010 #26 Author

    Saya sudah merasakan MUJIZAT dibalik UCAPAN SYUKUR
    kuncinya : apapun masalah, tantangan, atau apapun namanya itu
    jangan sekali-kali mengeluarkan kata-kata yang tidak memberkati
    (misalnya : sial, kenapa bisa begini, bersungut-sungut, dll)
    semakin besar masalah yang dihadapi semakin besar pula berkat yang akan di dapat.
    DIBERKATI UNTUK MEMBERKATI

    Reply

  • hope

    October 30, 2010 #27 Author

    Shalom,
    Saat ini kel kami dalam situasi yang benar2 susah menurut pandangan manusia….salah seorang saudara saya terjerat hutang sampai lebih dari 1 M berawal dari kegemarannya berjudi bola dan akhirnya dia harus meminjam uang dengan bunga2 yang tinggi 10-20% setiap bulan….semua kel sudah terlibat u mencoba membantu tapi tidak mencukupi untuk menutupi hutang yang begitu banyak….
    Melalui artikel ini mengajak saya dan semua keluarga besar kami untuk senantiasa bersyukur dalam segala hal….Tolong saudara2 seiman di site ini dukung kami dalam doa spy Tuhan menunjukkan jalan keluar dari masalah ini.
    Amin

    Reply

  • stephanie

    October 20, 2010 #28 Author

    kehidupan kristen saya seperti ombak yang pasang dan surut di tepi pantai. Seringkali saya menyalahkan dan menyoal Tuhan jika mengalami kesulitan dalam hidup. Ketika dalam kesusahan, saya akan menangis dan cuba mencari wajah Tuhan tetapi Tuhan seperti tidak memperdulikan saya. Mungkin saya tidak pernah menyatakan kesyukuran dengan apa yang ada miliki setakat ini. Tuhan…ampuni dosaku dan terimalah aku kembali jadi hambaMu. Tuhan….bentuk aku sesuai dengan kehendakMu.Amin

    Reply

  • erick

    September 28, 2010 #29 Author

    luar biasa bekat dan kasih karunia Tuhan yang diberikan dalam hidupku…aku menyesal dan berdosa sebab tidak pernah aku mengucap syukur…kusadari, pergumulan hidupku saat ini karena aku lupa kepada Allah yang sangat mengasihiku. inilah kesaksian hidupku..selalu tidak pernah luput dari kecemasan, kekhawatiran, ketakutan dan tidak ada damai dalam hidup, sebab aku tidak pernah mengucap syukur..aku hanya berpikir bahwa semua itu hanya takdir, namun setelah kubaca Kebenaran Tuhan…sungguh luar biasa…Allahku yang ajaib tidak pernah meninggalkanku……”

    Reply

  • benie

    August 31, 2010 #30 Author

    Tuhan tidak pernah meninggalkan umatNya sekalipun Ia selalu dikhianati dalam setiap kemunafikan hidup manusia, namun sedikit saja ucapan syukur yang di ucapkan seorang manusia apabila ia tulus mengucapkannya, maka Tuhan akan selalu mendengar dan selalu menggenapkanya diluar pikiran manusia itu, haleluya…

    Reply

  • larry

    July 31, 2010 #31 Author

    ketika saya membaca renungan ini air mata saya jatuh, Tuhan yg selalu memberkati saya terus menerus tapi saya jarang sekali mengucap syukur, ketika ada masalah dalam kerjaan dan keluarga saya cepat sekali down dan seperti tak berpengharapan… melalui renungan ini saya di kuatkan kembali dan apa yang porak poranda dalam hidup saya Tuhan akan akan pulihkan.

    Reply

  • danny.w

    July 22, 2010 #32 Author

    Puji Tuhan,karena dengan belajar mengucap syukur kita sendiri akan mengalami campur tangan Tuhan yang luar biasa.Kami sekeluarga mengalami hal yang luar biasa dalam belajar mengubah sungut-sungut/keluh kesah dengan lebih banyak mengucap syukur.Dengan bersungut-sungut baik doa maupun berkat-berkat seakan-akan semuanya tertutup atau sangat jauh,tapi begitu kami mengubah pola hidup dengan mengucap syukur,Tuhan membuka jalan bagi doa-doa kami yang selama ini seakan-akan tertutup,mulai terbuka dan berkat-berkat baru mulai mengalir,Amin.

    Reply

  • Daud Gunawan

    June 23, 2010 #33 Author

    Saya bersyukur kepada Tuhan kita yesus kristus ketika saya membaca renungan tentan ucapan sykur semakin menambah iman dan wawasan iman saya.terus terang saja saat ini saya lagi merintis hidup dengan keluarga baru, dan istri yang baru melahirkan tapi saya bersyukur pada Tuhan ketika keadaan saya sekarang masih kekurangan ternyata ketika kita naikan rasa sykur kita, disitu kita rasakan benar2 Tuhan sudah baik sama saya sehingga saya masih mampu layani Tuhan dalam membawa renungan di gereja meskipun keadaan keluarga baru saya yang masih berkekurangan.amin

    Reply

  • endah

    June 17, 2010 #34 Author

    membaca renungan hari ini menjadikan saya terlepas dari beban atas keadaan gereja saya, ucapan syukur dan jangan putus asa akan menjadikan peringatan dan ungkapan kita, bahwa Tuhan sendiri yang akan menyelesaikan semua persoalan karena Dialah Bapa yang memberikan yang terbaik bagi anaknya.

    Reply

  • johan

    June 2, 2010 #35 Author

    Aku selalu diberkati, boleh dibilang lumayan pendapatan ku, namun karena kami masih ada hutang yang harus saya bayarkan karena sedang membangun rumah, maka kadang membuat kami merasa tidak cukup. Padahal setiap saat selalu ada berkat. Melalui renungan ini, aku menyadari bahwa berkat Tuhan bukan hanya berupa uang atau materi namun kehidupan yang sedang kita jalani dan alami. Aku bersyukur buat isteri ku tercinta yang selalu tenang meski tidak ada uang, bersyukur untuk pekerjaan kami berdua, beryukur untuk anak-anak kami. Dan lebih dari itu, saya beryukur karena TUHAN ku YESUS yang senantiasa berjalan dan menggendong kami ketika sedang melewati badai. Tuhan Yesus Aku Mencintai Mu

    Reply

  • Hatorangan Parulian

    May 27, 2010 #36 Author

    Aku bingung dalam hidupku, dimana aku berdagang sembako kecil2lan….hanya sedikit yang kudapat dari penjualan ku, malah utang melilit dan aku belum di karunia kan anak,padahal aku tidak bosan2 nya meminta kepada Tuhan diberikan keturunan dan rejeki…begitu juga aku tidak lupa mendoakan saudara ku yg belanja padaku maupun yg tidak…lucu nya lagi…malah terpanggil untuk calon panitua ( SINTUA ) di gereja ku padahal di usiaku di bilang masih muda di banding sintua sintua yang lain nya..,di dalam bicara aku kurang cakap…,yang kutanyakan apa sama Meng ngucap Syukur = Jangan Putus Asa di balik itu ada Mujizat, Doa yang kita Minta malah diberikan Lain yang Diminta…….Salam Sejahtera ( Horas )…GBU

    Reply

  • Martina M.

    May 17, 2010 #37 Author

    Syaloom..
    Terima kasih ,renungan Firman Tuhan ini sangat menguatkan saya,karena disaat keluarga kami dalam pergumulan yang sangat berat,saya diingatkan tetap bersyukur.saya yakin dan percaya Tuhan akan melakukan yang terbaik buat keluarga kami dan mujizat akan Dia nyatakan dalam keluargaku…Thanks God Engkau baik dalam kehidupan kami….Amin.

    Reply

  • Yasinta heni yuliastuti

    May 9, 2010 #38 Author

    Sangat sulit memang untuk kita dapat mengucap syukur pada saat banyak masalah saya kehilangan pekerjaan dan kehilangan orang yang sy cintai, tetapi Puji syukur itulah yang membuat saya dapat bertahan sampai saat ini . Dan dibalik ucapan syukur banyak sekali mujijat yang Tuhan kerjakan dlm hidup sy termasuk saya dpat melayani orang lain , memberikan kekuatan , mendoakan orang yang sedang dlm masalah . Dan sekarang Tuhan sudah pulihkan smuanya dlm hidup sy . Maju terus dalam Tuhan Yesus Dia segala – galanya dlm hidup kita. Amin

    Reply

  • alpha t

    May 5, 2010 #39 Author

    begitu dalam dan indah makna ucapan syukur bagi orang beriman, karena mendorong iman lebih dewasa.

    Reply

  • agus

    May 3, 2010 #40 Author

    makasih udah recharge keyakinan sy, sy emang baru terbelit hutang, makin gerak makin sesak( kaya terbelit ular aja) ndak dipikir dikejar kejar yang punya duit…dah minta didoakan sana sini belum kunjung lunas jg….apa sy terlalu mendikte Tuhan kali ya….yach namanya jg baru diplintir…pusiiing, pedih…perih….Duh Gusti…kulo nyuwun pangapunten….(ya Tuhan aq tobat)….

    Reply

  • laurensia gozali

    April 29, 2010 #41 Author

    Terima kasih , renungan ini mengingatkan saya atas kelalaian saya selama ini untuk bersyukur atas semua pemberian Tuhan setiap hari. Pengalaman-pengalaman pahit saya di masa lalu telah diubah Tuhan dengan menakjubkan dengan penuh kemenangan dan saya hanya berdoa dan bersyukur di saat itu. Dengan adanya renungan ini saya bertekad untuk setiap saat mengucapkan syukur dan terima kasih atas kasihNYA yang indah pada saya dan keluarga saya. Thanks………..Pak Riva atas petunjuknya semoga anda sekeluarga semakin diberkati. GBU.

    Reply

  • John Payung S

    April 26, 2010 #42 Author

    Shalom
    Puji Tuhan terimakasi atas kesetian dari PELITA HIDUP yang selalu mengirimkan renungan-renungan firman Tuhan untuk mengungkapkan rahasia yang terkandung didalam hal mengucap syukur kepada Tuhan, semoga pelayanan Pelita Hidup semakin diberkati. GBU

    Reply

  • indra sembiring

    April 23, 2010 #43 Author

    semenjak aq mengetahui dan melihat semua renungan di PELITA HIDUP,iman ku cukup bertumbuh dan mulai mengenal tuhan dgn baik..thanks but plita hidup,.

    Reply

  • amoi

    April 23, 2010 #44 Author

    saya sangat diberkati lewat renungan ini, kerana selama ini saya tidak pernah mengucap syukur kepada tuhan dalam segala hal.Terkadang saya selalu menyalahkan Tuhan dalam setiap kekurangan saya, saya telah dilantik sebagai pengerusi pemuda-pemudi tetapi saya tidak mempunyai idea untuk memajukan mereka sehingga saya ingin letak jawatan tetapi setelah saya membaca renungan ini saya mendapat satu kekuatan dan sukacita daripada tuhan, kerana seharusnya saya mengucap syukur kpda tuhan kerana dia telah memilih saya. TQ

    Reply

    • Riva Sinjal

      April 23, 2010 #45 Author

      @Amoi,
      Tuhan memilih Musa bukan karena kehebatannya. Kita semua mengetahui Musa menolak permintaan Tuhan untuk mendatangi Firaun. Musa berdalih dengan segala kekurangan dan alasan yang ada. Tetapi pada akhirnya kita melihat bahwa Tuhan menyertai dan memperlengkapi Musa ketika dia mau melangkah mentaati perintahNya. Mujizat demi mujizat dan hikmat yang luar biasa Tuhan berikan bagi Musa untuk memimpin bangsa Israel.
      Amoi, tetap jalankan apa yang telah Tuhan percayakan. Melangkahlah bersama dengan Yesus, maka Dia akan memberikan kekuatan dan kemampuan yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya. GBU always…

      Reply

  • ojieea

    March 21, 2010 #46 Author

    sangat membangun iman peribadi saya..amen..memang benar mengucap syukur kepada Tuhan dalam segala hal ia bukan saja perkara yang disenangi oleh Tuhan tetapi bila saya/kita bersyukur damai sejahtera dan sukacita tetap kita alami dan terus membawa kita fokus kepada Tuhan yang lebih tahu akan segalanya..thanks..

    Reply

  • jeani

    February 22, 2010 #47 Author

    Puji Tuhan renungan ini sangat menguatkan saya..mengucap syukur dalam segala hal. dengan bersyukur kuasa Tuhan semakin nyata dan kita menomorsatukan Tuhan lebih dari segalanya… Ditengah badai apapun Tuhan tetap ada bahkan kadang lewat badai itupun doa kita terjawab.. Haleluya..tetap kuat dalam Tuhan. Gbu

    Reply

  • prita

    February 21, 2010 #48 Author

    dengan bersyukur hidup jadi indah. bersyukur membuat kita melihat segaka sesuatu termasuk masalah dati sisi positif, yg menyenangkan dan penuh warna. lets enjoy our live…! terimakasih tas renungannya.

    Reply

  • marie

    February 9, 2010 #49 Author

    Terima kasih atas renungan hi yang membuat saya di kuatkan…saya meng aminkan semuanya.saya udah meraasakan bagaimana hidup saya di ubahkan saaat saya mengucapkan syukur atas apapun, termasuk tiap masalah yg menjadi beban dalam hidup ku…saat ak mengucapkan syukur, hidupku semakin di kuatkan.semoga

    Reply

  • Djatmika

    February 9, 2010 #50 Author

    Puji Tuhan saya sangat tersentuh pagi ini setelah membaca renungan ini ,saya dapat menarik kesimpulan bahwa Tuhan Yesus sungguh luar biasa karena di tengah masalah yang saya hadapi Tuhan masih memelihara hidup keluarga saya tanpa saya sadari,Mengucap syukur dalam keadaan tertekan adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan tapi pagi ini saya boleh belajar dan dikuatkan iman saya bahwa saya bahkan termasuk saudara saudara seiman harus punya tekad untuk berserah pada kehendak Tuhan dalam menjalani hidup. Amin.GBU.

    Reply

  • priska fani suhadi

    February 4, 2010 #51 Author

    Renungan ini sangat menguatkan saya, saya mengerti arti ucapan syukur dan setiap hari ucapan syukur selalu saya panjatkan, tapi tulisan Bapak sangat mendalam, membuat saya menangis, sebegitu mendalamnya arti ucapan syukur yang Bapak sampaikan,cinta saya kepada Tuhan Yesus semakin bertambah, terimakasih Tuhan memberkati pelayanan Bapak

    Reply

  • Amos L Pasorong

    February 4, 2010 #52 Author

    Puji Tuhan saya merasakan kasih Tuhan Yesus kepada keluarga saya bahwa pada minggu lalu saya dibebaskan dari masalah cicilan mobil saya dimana saya sudah 2 bulan belum membayar, tetapi sekarang sudah lunas oleh berkat dari Tuhan Yesus melalui kakak saya tetapi sekarang mobil saya ada di tangan kakak saya. Kata kakak saya kalau mau diambil mobil tersebut bayar aja kalau ada rejeki lagi karena mobil itu saya dan keluarga sanngat sayang karena untuk pergi beribadah. Ini masih pergumulan keluarga saya untuk saya mendapat rejeki untuk membayar lunas hutang-hutang tersebut.

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *