Pelita Hidup
Berdoa Satu Jam Membawa Perubahan Besar Berdoa Satu Jam Membawa Perubahan Besar
“Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: “Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan... Berdoa Satu Jam Membawa Perubahan Besar

Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: “Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku?” Matius 26:40

Kisah dari ayat di atas telah kita ketahui dimana Tuhan Yesus mengajak ketiga muridNya ke Taman Getsemani untuk berdoa. Yesus tahu bahwa Dia akan mengalami penderitaan yang begitu berat di atas kayu salib. Oleh karena itu Dia pergi ke Taman Getsemani untuk berdoa kepada Bapa di sorga. Tetapi ketika Yesus sedang berdoa, ternyata ketiga orang muridNya tertidur. Mereka tidak sanggup bertahan untuk dapat berjaga menyertai Yesus yang sedang berdoa.
Keadaan ini banyak dialami oleh umat Tuhan, dimana ketika mereka kurang disiplin dalam menjalankan kehidupan doa, sehingga banyak umat Tuhan mengalami kekalahan dalam menghadapi berbagai masalah.

Kehidupan doa sangatlah penting bagi kehidupan kita. Ada kuasa yang bekerja melalui doa. Melalui doa, ada sesuatu yang terjadi dalam hidup kita.

Apa yang kita dapatkan jika kita berdisiplin dalam berdoa?

1. Menjadi Kuat

Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.” Mat 26:41

Tuhan Yesus mengingatkan muridNya bahwa manusia mempunyai kelemahan dalam hal kedagingan. Oleh karena itu Dia menyarankan murid-muridNya untuk berjaga-jaga di dalam doa, agar memperoleh kekuatan dalam menghadapi segala kelemahan.

Di tengah kemajuan teknologi pada saat ini dan banyak kenikmatan yang tersedia, umat Tuhan harus senantiasa berdoa di dalam Tuhan agar dapat kuat dalam menghadapi berbagai cobaan atau godaan yang datang. Keinginan daging akan begitu kuat menguasai hidup kita jika kita tidak membangun kehidupan doa yang kuat. Melalui doa kita akan mendapat kekuatan untuk menolak segala keinginan daging yang ingin menguasai hidup kita. Melalui doa kita akan mendapat kemampuan untuk menjalani hidup yang sesuai dengan Firman Tuhan.

.

2. Kemampuan Menjalani Kehendak Bapa

Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.” Mat 26:39

Yesus tahu bahwa penderitaan yang akan dijalani bukanlah penderitaan biasa. Menjalani penyaliban merupakan tugas yang paling berat di atas muka bumi ini. Sebagai manusia, Dia menyadari bahwa Dia sendiri tak kuasa untuk menjalani penderitaan ini. Bahkan Dia meminta kepada Bapa di sorga untuk melalukan semuanya itu jika mungkin. Tetapi Yesus tahu bahwa Bapa di sorga menghendaki agar Dia menjalani semuanya itu. Melalui doa Yesus mendapat kekuatan untuk menjalaninya dengan sempurna.

Ketika kita menghadapi suatu pergumulan yang sangat berat sekalipun, satu hal yang harus kita lakukan adalah datang padaNya dan sujud berdoa di bawah kakiNya. Tuhan akan memberikan kekuatan yang luar biasa, kekuatan supranatural (yang tidak kelihatan secara kasat mata), sehingga kita akan sanggup melalui/menjalani semua pergumulan yang ada. Bahkan kita akan menjalaninya sampai kita meraih kemenangan sebagaimana Yesus sendiri ditinggikan atas segalanya di muka bumi ini.

Melalui doa kita akan sanggup melakukan segala kehendak Bapa dalam hidup kita. Segala rencanaNya akan digenapi dalam hidup kita jika kita datang sujud berdoa kepadaNya.

.

.

Biarlah kita mulai mendisiplinkan diri kita untuk datang kepadaNya, sujud berdoa kepadaNya hari demi hari, agar kita memperoleh kekuatan dan kemampuan untuk melakukan kehendakNya. Kemenangan, kemuliaan dan kehormatan telah disediakan bagi setiap umatNya yang mau datang merendah di bawah kakiNya. Haleluya!

.

Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa. ” 1 Pet 4:7

Riva Sinjal

ย adalah penulis & pemilik Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • sarjono

    January 23, 2011 #1 Author

    berdoa merupakan sarana untuk mendekatkan relasi kita pada Tuhan, maka Tuhan akan senantiasa mendengarkan da mengabulkan , asalkan dilakukan dengan kesungguhan hati .
    trimaksih atas renungan ini- GBU & all

    Reply

  • Gunc -trt

    December 18, 2010 #2 Author

    Doa mrupakan senjata terampuh dl menghadapi sgala perkara s ketentuan mutlak .hati kita kudus dan tulus………apapun jawaban doa terima walau tisak menyenangkan kt…tp satu hal DIA akan memsri yg terbaik bagi y setia kpdNYA haleluyahhh …elshadai

    Reply

  • Sheiran

    December 1, 2010 #3 Author

    tolong doakan agar saya boleh menjadi pendoa yang baik

    Reply

    • Gunc -trt

      December 18, 2010 #4 Author

      Doa tidak belajar krn itu merupakan dorongan hati…….dan doa adalah berbicara dg Tuhan….baca firman,renungkn firman dan lakukn firman…maka setiap doamu akan terjawab…shalomm

      Reply

  • PAMAN

    November 10, 2010 #5 Author

    BERDOA=BERDUA. AKU DAN ALLAHKU BERBINCANG-BINCANG, AKU UTARAKAN ISI HATIKU MELALUI SEMEDI KEPADA ALLAH DI DALAM KEHENINGAN.
    TERIMAKASIH ARTIKELNYA – PENGGUGAH HATI UNTUK BERBUAT YANG LEBIH BAIK.

    Reply

  • yoel

    October 26, 2010 #6 Author

    terimakasih untuk artikelnya , biarlah banyak anak-anak Tuhan yang di berkati melalui artikel ini
    dan ada satu Doa yang di ajarkan Tuhan Yesus ,DOA BAPA KAMI yang sangat dalam sekali isinya.

    ” BAPA KAMI YANG DI SURGA
    DIKUDUSKAN NAMA MU dan DATANGLAH KERAJAAN MU , DI BUMI SEPERTI DI SURGA
    BERIKANLAH MAKANAN KAMI SECUKUPNYA HARI INI
    DAN AMPUNILAH KESALAHAN KAMI SEPERTI KAMI SUDAH MENGAMPUNI ORANG
    YANG BERSALAH KEPADA KAMI
    DAN JANGAN MEMBAWA KAMI KEDALAM PENCOBAAN ,TETAPI LEPASKANLAH
    KAMI DARI YANG JAHAT,
    KARENA ENGKAU LAH YANG EMPUNYA KERAJAAN ,KUASA DAN KEMULIAAN
    SAMPAI SELAMA-LAMANYA
    AMIN

    Reply

  • Kristian Fonataba

    October 21, 2010 #7 Author

    Doa mampu menembus batas-batas akal pikiran manusia

    Reply

  • tina

    October 9, 2010 #8 Author

    Benar banget tuch..dgan berdoa qt bisa mngenal isi hati babe disorga.dan qt jg lbih tenang mnjalani hidup.

    Reply

  • Sutikno

    October 5, 2010 #9 Author

    Berdoa ialah cara berkomunikasi dengan Allah, untuk menjalin hubungan dan interaksi. Semakin sering berdoa ,Tuhan akan menyatakan kuasanya dan kehendaknya melalui kita.

    Reply

  • yaya

    October 1, 2010 #10 Author

    Puji Tuhan ,terimakasih buat renungan nya bukan kebetulan kalau beberapa bulan yg lalu saya mendapatkan ajaran utk ber DIP( Doa Intimasi Pribadi) .dimana kami diajar dan diajak untuk memuji n menyembah Tuhan dan berdoa awalnya hanya 10 menit sehari 3x pagi siang sore. satu bulan selanjutnya kita diajarkan untuk Dip selama satu jam sehari 3x. didalam DIP kami dianjurkan u/ berlutut, memuji n menyembah Tuhan membaca Firman Tuhan,Berdoa. setelah saya melakukan nya saya benar2 alami keindahan yg luar biasa saat berintimasi dg Tuhan. banyak juga teman2 yg lain mulai mendapatkan pertolongan dari Tuhan.Melalui komunitas dalam website ini saya juga merindukan teman2 terkasih juga alami penyertaan dan pertolongan dari Tuhan. Mari kita mulai mendisiplinkan diri dg berintimasi pribadi dg Tuhan melalui Pujian ,Penyembahan dan Doa setiap hari. Tuhan Yesus Memberkati kita semua.

    Reply

  • liceonth

    September 23, 2010 #11 Author

    Pak Riva mohon doanya buat pemulihan rumahtanggaku dan mohon doakan kiranya tuhan memberiku kesempatan untuk dapat menjadi ibu yg dapat melahirkan anak yang sesuai dengan kehendak Bapa yang disorga….

    Reply

  • liceonth

    September 23, 2010 #12 Author

    kerinduan terbesar dalam hidup ini,rindu akan jamahan Tuhan,aq rindu dipulihkan oleh Tuhan,sudah menjalani tahun kedua aq membina rumah tangga.dan sudah 2x gagal dalam menjaga kehamilanku,aq keguguran dan sampai saat ini aq belum juga dikaruniakan anak…
    Tuhan aq butuhkan Engkau dalam rumah tanggaku…..izinkan aq untuk menjadi ibu dan izinkan aq membahagiakan keluarga ku terutama suami yang sangat aq cintai,
    aq memohon doa dari teman2 semua………..

    Reply

  • chriss

    September 17, 2010 #13 Author

    shalom.Mohon doa untuk peribadi saya:
    1.supaya setia dalam doa
    2.Setia dgn Firman Tuhan

    thanks

    Reply

  • duha

    September 15, 2010 #14 Author

    Doa adalah nafas jiwa , semakin banyak berdoa maka semakin banyak kuasa yang kita miliki. tuhan Yesus memberkati kita semua .

    Reply

  • jusuf

    September 6, 2010 #15 Author

    terkadang kita lupa dan terlampau memaksakan diri untuk senantiasa berpijak dengan memimpikan perjalanan yang indah yang kita ciptakan dalam alam menurut pikiran kita yang seharusnya menurut kehendak Tuhan dan memahami keterbatasan diri kita sebagai mahluk yang terbatas…..

    Reply

  • robert Sibarani

    August 31, 2010 #16 Author

    Dengan doa kita dapat melakukan Kehendak Allah, Yang jadi permasalahan adalah terkadang kita tidak setia utk berdoa kepadaNya….

    Reply

  • Imanuela

    August 31, 2010 #17 Author

    Renungan yg bgitu indah, yhank you so much. GBu All
    Dia hanya Sejauh DOA

    Reply

  • sandy oky

    August 30, 2010 #18 Author

    thanks ya

    Reply

  • frenco sitompul

    July 27, 2010 #19 Author

    saya mohon doa-a,saya lg musuhan dengan teman saya. emang sech saya yg salah
    tapi saya malu untuk meminta maaf sama dia
    saya berharap agar Tuhan membuat sesuatu hal kebetulan yang membuat kami kembali berteman seperti dulu lagi

    Reply

  • richard

    July 23, 2010 #20 Author

    doa adalah satu relasi dengan Tuhan….dengan doa saya dapat menyerahkan segala beban…syukur kerna saya dapat mengatasinya, terima kasih Roh Kudus kerna bekerja untuk membuka site ini..terima kasih pak Riva Tuhan memberkati….amin

    Reply

  • richard

    July 23, 2010 #21 Author

    saya juga berterima kasih kepada pelita hidup kerna dengan ada site ini saya dapat di bangkitkan semula dan diberi semangat baru tuk terus berdoa dan beriman kepada Tuhan Yesus…Amin

    Reply

  • danny.w

    July 22, 2010 #22 Author

    Doa adalah alat komunikasi kita kepada Tuhan,hanya melalui doa kita bisa menyampaikan semua beban kita kepada Tuhan Yesus,puji Tuhan dengan bantuan Roh Kudus semua doa kita bisa disempurnakan sehingga doa kita bisa berkenan di hadapan Tuhan,dan Tuhan pasti akan memberikan jalan keluar yang terbaik menurut kehendak dan rencana Tuhan,Amin.

    Reply

  • Meidy

    July 17, 2010 #23 Author

    Terima kasih Tuhan Yesus, kasihMu sungguh nyata kurasakan, walaupun hati ini sangat sakit tapi semua masalahku kuangkat ke hadiratMu, kuserahkan semuanya dan akhirnya Engkau membalut luka hatiku dan aku jadi semakin kuat. Kaulah satu2nya yg abadi yg aku miliki. Saat berdoa aku merasakan kehadiranMu.Tuhan Yesus mencintai aku dan kamu juga….

    Reply

  • ike

    July 9, 2010 #24 Author

    Permasalahan yang kualami tak tau awal dan akhir penyelesaiannya seperti apa dan tidak tau langka awal apa yang harus ku ambil?? setiap hari bergumul dari mulutkupun tak tahu mau minta penyelesaiannya kayak apa sama TUHAN sehingga hanya hatikulah yang bicara kepada Tuhan “TUHAN TOLONG” tapi dari pengalaman yang ada setiap masalah yang bagiku tidak tau jalan keluarnya seperti apa Tuhan yang menyelesaikan dan berakhir dengan kenyataan yang benar2 saya juga heran. itu rahasia Ilahi bagiku tanpa permasalahan ku tak mengenal lebih dalam kasih Tuhan. dan mungkin keegoisankupun masih melekat………..GBU

    Reply

  • selly

    July 6, 2010 #25 Author

    Terima kasih atas adanya site ini,saya bersyukur dapat disedarkan mengenai Doa Tuhan memberkati site ini dan penulisnya Amin

    Reply

  • enji

    June 6, 2010 #26 Author

    yah Roh Kudus,,tolong saya untuk semakin hari makin mengenal dan dekat dengan BAPA disorga..

    Reply

  • johnny wijaya

    May 20, 2010 #27 Author

    kepada sdrku pak Djatmika coba anda yakini dgn sungguh dan selalu ucapkan dgn iman ayat2 ini. Markus 11:24. terus ucapkan dan doakan ,pasti dijawab Tuhan amin GBU

    Reply

  • johnny wijaya

    May 20, 2010 #28 Author

    Syallom utk semua rekan Pelita Hidup, renungan2 yg kita dapatkan betul2 membuat kita lebih mengarti akan hidup ini, hanya didalam DOA yg betul2 penuh dgn keyakinan akan Tuhan kita semua pasti diGENAPI, selamat menikmati BERKAT dan MUJIZAT ALLAH setiap hari, Tuhan Yesus memberkati amin.

    Reply

  • septu

    May 17, 2010 #29 Author

    Puji Tuhan, trimakasih banyak pak buat renungannya.Tanpa doa hidup ini serasa hampa, karena dengan berdoa kepada Tuhan seberapa besar dosa dan pergumulan kita akan serasa ringan karena kita telah mengucapkannya dihadapan Tuhan.

    Reply

  • Yasinta heni yuliastuti

    May 15, 2010 #30 Author

    tanpa berdoa kita tidak dapat jalani hidup ini , doa adalah nafas hidup orang benar ,doa adalah jawaban an dari setiap masaah kita . Amin

    Reply

  • Antok

    May 10, 2010 #31 Author

    Trimakasih pak renungannya banyak memberikan kekuatan dan semangat untuk tetap berharap kepadaNya.

    Reply

  • jhon B

    May 9, 2010 #32 Author

    doa adalah kekuatan luar biasa, juga sebagai alat Tuhan yang membuatku bertahan, kuat dan hidup sampai saat ini. Tuhan, aku rindu berdoa, berdoa dan terus berdoa….

    Reply

  • chopy

    May 5, 2010 #33 Author

    dari judul nya saya kira betul – betul berdoa selama 1 jam akan di kabul kan..
    kebetulan saya sedang dalam pergumulan dan ketika baru membaca judulnya saya mau melakukan nya,lebih dari itu ternyata setelah saya membaca nya sungguh saya mendapatkan kesegaran rohani lagi dalam hidup saya..
    terimakasih.

    Reply

  • agnes

    April 24, 2010 #34 Author

    Doa adalah nafas kehidupan…tanpa doa, berarti kita tidak lagi hidup.Terima kasih artikelnya Tuhan memberkati.

    Reply

  • amoi

    April 22, 2010 #35 Author

    shallom !!!
    saya sangat diberkati lewat artikel ini, kerana selama ini saya hanya berdoa begitu saja. Setelah saya membaca artikel ini baru saya sedar bahawa selama ini saya begitu lemah dalam pergumulan saya dengan tuhan. terima kasih banyak kerana tanpa pelita hidup saya x akan paham apa itu doa.

    Reply

  • ronald

    April 17, 2010 #36 Author

    artikel yang sangat menguatkan. Tuhan memberkati kita semua. amin

    Reply

  • Tunggono

    April 7, 2010 #37 Author

    Baik sekali artikelnya, terimakasih pak..
    Saya ingin bertanya apakah doa satu jam bisa dikatakan doa khusus?
    Apakah ada manfaatnya membaca doa bapa kami berulang-ulang selama satu jam?

    Reply

  • ojieea

    March 29, 2010 #38 Author

    Memang benar doa adalah cara kita untuk lebih mendekat dan berkomunikasi dengan Tuhan. secara peribadi saya sangat mengucap syukur kerana dapat berdoa dan ya lewat daripada doa saya dikuatkan dan ada kekuatan luarbiasa yang dibekalkan dalam hidup dari Tuhan sehingga saya dimampukan melakukan hal yang berkenan di mataNya.marilah mulai berdoa dan mengarahkan fokus kita kepada Tuhan!!:)

    Reply

  • theresia

    March 26, 2010 #39 Author

    pak Riva..
    apa yang harus saya lakukan ketika saya merasa tak mampu lagi untuk menghadapi semuanya ini.
    saya berdoa kepada Tuhan, tapi sungguh hati saya belum merasa tenang sampai sekarang.apa yagn harus saya lakukan.dan bagaimana agar kita dapat fokus berdoa?
    terima kasih

    Reply

  • liem

    March 22, 2010 #40 Author

    Pelita Hidup luarbiasa,memang doa mengubah kita lebih kuwat untuk kita bisa melakukan yg terbaik.MAJU TERUS ….

    Reply

  • maykel taroreh

    March 11, 2010 #41 Author

    syalom.. Pak Riva..
    Bagaimana sebenarnya doa dan cara berdoa yang benar ?
    Trimakasih. GBU n Family.

    Reply

  • mutant

    February 18, 2010 #42 Author

    syalom,,,bersyukur karena ada website ini.
    memberikan pengetahuan yang mendalam tentang apa yang dikhendaki Bapa kepada kita. Kiranya Bapa kita yang di sorga terus memberkati kita..NIMA

    Reply

  • Djatmika

    February 15, 2010 #43 Author

    Pak Riva tlg saya untuk dukung dalam doa ,saya merasa doa saya tak didengar oleh Tuhan

    Reply

    • Riva Sinjal

      February 19, 2010 #44 Author

      @Djatmika:
      Kami doakan agar Tuhan menguatkan iman anda untuk dapat terus bertahan dalam berbagai macam keadaan yang ada.
      Ada saat-saat di mana kita merasa doa kita tidak didengar Tuhan.
      Tetapi Firman Tuhan mengatakan bahwa iman kita tidak berdasarkan perasaan. Iman adalah bukti dari segala sesuatu yang tidak kelihatan, bahkan di saat-2 kita tidak “melihat” kuasa Tuhan atau “mendengar” jawaban Tuhan.
      Imani bahwa Tuhan mendengar setiap doa-doa kita, walaupun kita merasa Dia tidak mendengar.
      Imani bahwa Tuhan tetap beserta kita, walaupun kita merasa Dia meninggalkan kita.
      GBU always ๐Ÿ™‚

      Reply

  • Ollie Fe GYM

    February 7, 2010 #45 Author

    Doa Orang benar besar kuasanya, sehingga Ia akan membangkitkan Iman kita. Dan ingat iman tanpa perbuatan hakekatnya mati. Jadi setelah kita berdoa hendaklah kita melakukan action atau melangkah. Tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluar. ( Allah tidak pernah mengijinkan masalah itu datang melebihi kekuatan kita.)
    Jadi jangan lupa “ORA ET LABORA” (Berdoa dan bekerja)
    Tetep berdoa untuk Generasi ini yah Please. GBU all

    Reply

  • Yaya

    January 28, 2010 #46 Author

    Ajar aku Tuhan Yesus tuk slalu bersyukur atas perbuatanMu yang ajaib didalam hidupku…tuntun aku tuk selalu berada dijalanMu..Amin..

    Reply

  • Khristine

    December 16, 2009 #48 Author

    Amen Firman Allah, Hanya dengan berdoa kepada-NYA kita mampu melewati kehidupan sehari-hari karna DOA adalah nafas Hidup Orang Percaya

    Reply

  • John Tjhia

    December 16, 2009 #49 Author

    Kuatkan imamku melalui doa kepada Tuhan Yesus dan berilah aku Roh yang lapar dan haus akan firmanMu dan kiranya Engkau menyertai kita sekalian orang yang percaya kepadaNya dan ingat Tuhan dipadang gurun tidak pernah membiarkan anaknya mengalami kelaparan maupun kesusahan walaupun anak sering kali brsungut sungut kepadaNya tetapi Dia adalah Allah yang tetap setia walaupun kita kadang kala tidak setia akan firmannya. amin

    Reply

  • dewi

    December 7, 2009 #50 Author

    ajari aku untuk selalu menanti kedatangan tuhan yang ke dua.

    Reply

  • I_want2goHome

    November 29, 2009 #51 Author

    syallom pak riva……

    masih ingat saya kan?
    terima kasih atas kekuatan2 yg telah diberikan melalui renungan2 bapak……
    masalah yg pernah sy ceritakan ke bpk…..
    skrg sudah mulai ke arah penyelesaian……..
    mudah2an pak, sy bisa bertahan melewati masalah ini…….
    Tuhan Yesus memberkati…….

    Reply

    • Riva Sinjal

      December 1, 2009 #52 Author

      Shalom jg Mr. D.. Iya saya masih ingat ๐Ÿ™‚
      Puji Tuhan, Dia adalah Allah yang setia yang tidak pernah berhutang atas segala janji-janjiNya.
      Tetap hidup di dalam Dia ya. Maju terus. God bless your life.

      Reply

      • I_want2goHome

        April 23, 2010 #53 Author

        syallom pak riva….

        puji Tuhan, sekarang masalah tersebut telah benar2 selesai…
        skrg saya sudah memulai lagi hidup yang baru, dgn pekerjaan yang baru,

        terima kasih atas renungan2nya yang menguatkan saya pak…

        Tuhan Yesus Memberkati

        Reply

        • Riva Sinjal

          April 23, 2010 #54 Author

          @I_want2goHome,
          Puji Tuhan… Senang mendengar kabar baik tersebut… Tetap maju di dalam Yesus terus ya. GBU ๐Ÿ™‚

          Reply

  • DERLINA NAPITUPULU

    November 22, 2009 #55 Author

    TUHAN YESUS memang seseorang yang paling bisa diharapkan. tanpa DIA kita tidak akan bisa bergerak. AMEN

    Reply

  • lidia

    November 5, 2009 #56 Author

    Berdoa memang jembatan komunikasi kita dgn Tuhan… Asalkan kita yakin dan percaya.. DIA pasti akan selalu buka jalan.. Amin..

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *