Pelita Hidup
Cara Mendapat Kekuatan Maksimal Dari Roti Hidup Yang Kekal Cara Mendapat Kekuatan Maksimal Dari Roti Hidup Yang Kekal
“Kata Yesus kepada mereka: “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi.” Yohanes 6:35a Tubuh manusia selalu membutuhkan makanan setiap hari.... Cara Mendapat Kekuatan Maksimal Dari Roti Hidup Yang Kekal

“Kata Yesus kepada mereka: “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi.” Yohanes 6:35a

Tubuh manusia selalu membutuhkan makanan setiap hari. Berbagai macam makanan yang dikonsumsi agar semua kebutuhan protein, gizi, vitamin, karbohidrat dan zat lainnya dapat tercukupi. Semua makanan yang dikonsumsi akan diolah/dicerna untuk menjadi energi bagi manusia. Energi itulah yang akan memberi kekuatan bagi kita untuk dapat bergerak, beraktifitas, berpikir dan melakukan berbagai macam hal dalam kegiatan sehari-hari. Berbagai macam tugas dan pekerjaan akan dapat diselesaikan jika ada energi yang cukup untuk beraktivitas. Semua target dan tujuan dapat lebih mudah tercapai dengan baik jika tubuh manusia dalam keadaan yang fit dan sempurna.

Secara rohani, keadaannya akan sama persis dengan keadaan fisik kita. Tubuh rohani kita juga sangat membutuhkan makanan rohani yang tepat sehingga semua aspek rohani yang dibutuhkan dapat masuk dan dicerna dengan baik.

Inilah roti yang turun dari sorga: Barangsiapa makan dari padanya, ia tidak akan mati. Yohanes 6:50

Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.”  Yohanes 6:51

Tuhan Yesus berbicara mengenai roti hidup yang jika kita konsumsi akan membuat kita tidak lapar lagi. Roti hidup ini berbicara mengenai Tuhan Yesus sendiri dimana Ia telah menjadi Firman yang hidup.

“Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.” Yohanes 1:14

Dengan kata lain, Yesus memberitahukan kepada kita bahwa jika kita senantiasa membaca, merenungkan dan melakukan FirmanNya, maka kita akan senantiasa menjadi hidup dan tidak akan kelaparan. Tubuh kita akan menjadi kuat dan tidak lemas. Semua Firman yang kita konsumsi akan diolah oleh tubuh rohani kita, diubah menjadi energi rohani yang akan memampukan kita melakukan aktivitas dengan maksimal.

Hidup dalam Firman Tuhan akan memberi pertumbuhan rohani yang sehat dan memampukan kita untuk berjalan dengan iman. Kita akan berani bertindak secara iman dan melakukan hal-hal supranatural, yaitu hal-hal di luar akal dan pikiran kita. Keadaan tubuh rohani yang kuat, sehat dan segar akan memampukan kita untuk berpikir secara jernih dan mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita.

Sebuah mobil dapat beroperasi dengan leluasa jika bahan bakarnya tersedia cukup banyak. Semakin penuh tangki bahan bakarnya, akan semakin jauh pula daya jelajahnya. Bahkan pengemudinya-pun dapat berkendara cukup agresif dengan tersedianya bahan bakar yang cukup banyak.

Namun jika bahan bakarnya tinggal sedikit, maka kebanyakan pengemudi akan mencoba berkendara secara ekonomis. Fitur seperti AC akan dikecilkan atau bahkan tidak digunakan agar bahan bakarnya tidak cepat habis. Daya jelajahnya-pun akan jauh berkurang dengan kondisi bahan bakar yang menipis. Akan timbul kekuatiran apa yang terjadi jika bahan bakar habis dan tidak menemukan pompa bensin (gas station).

Kondisi rohani kita akan melemah jika kita kurang membaca Firman Tuhan. Kondisi iman kita juga akan jauh melemah jika kita tidak membaca Firman Tuhan lagi. Banyak “fasilitas” dari Tuhan yang akan jauh berkurang dengan melemahnya iman kita dan hidup kita menjauh dari Firman Tuhan. Daya jelajah iman kita juga akan berkurang banyak tanpa adanya asupan Firman Tuhan.

Kita harus merasa kuatir jika kita sudah lama tidak mengisi ulang tubuh rohani kita. Jika bahan bakar rohani kita sudah lama habis, maka tubuh rohani kita tidak akan dapat bergerak lagi. Iman kita akan menjadi mati, sehingga semua keputusan dan tindakan yang kita ambil, tanpa kita sadari tidak akan melibatkan Tuhan di dalamnya.

Bacalah Firman Tuhan setiap hari. Renungkan dan lakukan FirmanNya setiap saat. Isi ulang bahan bakar rohani kita secara rutin, maka kita akan dapat melakukan banyak hal dalam kehidupan kita.

Keadaan rohani yang sehat dan kuat akan menopang kehidupan kita secara fisik. Aktivitas-aktivitas fisik kita akan sangat terbantu oleh iman yang bertumbuh kuat dengan hidup dalam Firman Tuhan setiap hari.

Raih tujuan hidup kita dengan mengisi ulang bahan bakar rohani kita setiap hari. Baca, renungkan dan hidup di dalam FirmanNya setiap hari. Bersama Yesus kita lakukan perkara besar. Haleluya!

“Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. ” Yesaya 40:31

Riva Sinjal

 adalah penulis & pemilik Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *