Pelita Hidup
Raih Keuntungan Dari Hubungan Yang Terkoneksi Dengan Tuhan Raih Keuntungan Dari Hubungan Yang Terkoneksi Dengan Tuhan
“Ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.”... Raih Keuntungan Dari Hubungan Yang Terkoneksi Dengan Tuhan

“Ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.” Kejadian 2:7

“Dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,” Efesus 6:18

Hampir setiap orang di negara maju maupun negara berkembang sudah memiliki telefon genggam yang biasa disebut smartphone. Dengan semakin mudahnya mengakses informasi melalui smartphone, membuat kita susah untuk lepas dari smartphone. Kita lebih rela untuk ketinggalan dompet di rumah, dibanding dengan ketinggalan smartphone. Karena tidak hanya memberikan segala macam informasi, namun kita juga bisa dengan mudah berkomunikasi, memesan barang, memesan makanan, hingga melakukan pembayaran hanya dengan menggunakan smartphone.

Namun alat ini hanya dapat menyala jika batere yang digunakan masih mempunyai daya/tenaga/power. Jika batere-nya sudah lemah, maka kita harus segera mengisi daya-nya kembali (charging) agar bisa digunakan kembali ketika dayanya sudah penuh. Batere yang habis akan mengakibatkan alat ini mati. Dan dalam keadaan mati, alat ini sama sekali tidak berguna bagi kita.

Daya pada smartphone ini ibarat nafas bagi kehidupan kita. Nafas merupakan nyawa agar hidup kita tetap sehat dan dapat melakukan aktifitas dengan normal. Mari kita lihat sedikit lebih dalam mengenai nafas bagi kehidupan kita ini.

Nafas Kehidupan Bagi Hidup Jasmani

Tuhan memberi kita nafas (secara fisik) agar kita bisa hidup beraktifitas di dunia ini. Secara biologi, sistem pernafasan merupakan sistem yang digunakan untuk pertukaran gas. Udara luar yang kaya oksigen dihirup masuk ke dalam paru-paru dan juga sebaliknya udara dalam rongga dada yang kaya karbon dioksida akan dikeluarkan kembali. Setelah itu organ-organ tubuh manusia akan menyalurkan oksigen ke seluruh sistem tubuh.

Tanpa adanya oksigen, akibatnya akan sangat fatal. Organ-organ tubuh manusia yang penting dapat mengalami kerusakan dalam hitungan menit saja. Itulah sebabnya pernafasan sangat penting bagi manusia. Tanpa nafas, maka hidup ini tentunya akan berakhir.

Nafas Kehidupan Bagi Hidup Rohani

“Setelah tiba di tempat itu Ia berkata kepada mereka: ‘Berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan.’ “Lukas 22:40

Secara rohani, kita juga harus memiliki nafas rohani. Sama halnya dengan keadaan fisik kita, tubuh rohani kita juga harus memiliki pernafasan yang lancar, agar tubuh rohani kita memiliki kehidupan yang sehat.

Doa merupakan nafas bagi kehidupan rohani kita, yang memberikan “oksigen” agar tubuh rohani ini dapat memiliki asupan “oksigen” yang cukup. Dengan demikian organ-organ tubuh rohani kita dapat berfungsi dengan baik, iman kita akan semakin bertumbuh sehat.

Ketika kita rajin berdoa kepada Tuhan, maka kita akan diberi kekuatan baru sehingga kita sanggup melewati masalah demi masalah yang menghadang. Masalah yang bertubi-tubi akan membuat keadaan kita semakin lemah. Hanya dengan datang kepada Dia dan berdoa kepadaNya-lah kita dapat diberi kekuatan yang baru.

Tanpa doa, hasilnya juga akan fatal bagi tubuh rohani kita. Efeknya juga akan sama seperti secara fisik, hampir instan menyebabkan gangguan pada kerohanian kita. Hal ini akan membuat kehidupan kita menjadi semakin tidak terarah dan menjauh dari rencana Tuhan. Kita jadi mudah untuk marah, kecewa, sakit hati, putus asa, stress bahkan depresi. Dalam keadaan seperti ini, kita tidak akan bisa menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi. Justru kita dapat mengambil keputusan yang salah, yang membuat kita semakin jatuh lebih dalam lagi.

Kembali ke smartphone yang sudah diisi kembali dayanya hingga menjadi penuh, kita akan semakin percaya diri untuk menggunakan dan menyalakan semua fitur yang ada di smartphone tersebut. Kita akan leluasa menggunakan smartphone tersebut secara maksimal.

Demikian juga dengan kehidupan rohani kita yang selalu terisi penuh melalui doa yang berkelanjutan, maka kita akan diberi kemampuan untuk melakukan perkara-perkara besar yang bahkan jauh melampaui akal pikiran kita. Kita akan semakin kuat menghadapi badai gelombang yang menerpa kehidupan kita.

“Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah.” Markus 14:38

Tanpa doa, kita ibarat tidak memiliki nafas lagi. Tanpa nafas, maka kehidupan rohani kita akan mati. Dalam kondisi kehidupan rohani yang mati, kita tidak akan tahu apa yang menjadi kehendak Tuhan bagi kita. Kita bahkan tidak dapat memiliki hubungan intim dengan Tuhan.

Bangun kehidupan doa kita. Berdoalah setiap hari. Datang kepada Tuhan setiap saat. Kehidupan rohani kita akan diberi nafas, sehingga membuat kita semakin hidup dan dapat mengetahui apa yang menjadi kehendak Tuhan. Melalui doa, Tuhan akan mencurahkan hikmat-hikmatNya yang akan membantu kita mengambil keputusan yang tepat untuk melewati masalah yang kita hadapi.

Penutup

Banyak keuntungan yang dapat diraih ketika kita membangun kehidupan doa pribadi kita. Hidup kita akan selalu terkoneksi dengan Tuhan dan kita memiliki akses penuh atas segala kekayaan sorgawi yang sudah Tuhan sediakan bagi umatNya. Apapun dapat kita lakukan ketika akses penuh tersebut ada dalam genggaman tangan rohani kita.

Miliki hidup yang selalu terisi penuh dengan daya kekuatan doa. Jangan pernah tinggalkan kehidupan doa kita, karena tanpa kekuatan doa, kita kehilangan akses penuh atas kekayaan sorgawi dari Tuhan.

“Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.” Roma 12:11

Riva Sinjal

 adalah penulis & pemilik Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *