Pelita Hidup
4 Proses Ajaib Yang Mengubahkan Hidup Kita 4 Proses Ajaib Yang Mengubahkan Hidup Kita
“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai... 4 Proses Ajaib Yang Mengubahkan Hidup Kita

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Roma 8:28

Setiap hari dalam kehidupan kita selalu ada campur tangan Tuhan di dalamnya. Apapun yang kita hadapi merupakan bagian dari rencana Tuhan. Seringkali kita bertanya-tanya kenapa selalu ada masalah di dalam hidup kita. Walaupun kita senantiasa rajin beribadah, rajin berdoa, rajin menyalurkan kasih kepada sesama kita, namun hidup kita tidak akan terlepas dari masalah. Selama kita masih ada di dunia ini, masalah akan selalu datang di dalam hidup kita. Namun apakah kita semua mengerti bahwa masalah-masalah yang datang itu membawa kebaikan dalam hidup kita?

Seorang tukang kue akan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sebuah kue. Bahan-bahan seperti tepung, gula, telur, garam, baking soda, mentega, minyak dan lainnya akan digunakan untuk membuat sebuah kue yang lezat. Bahan-bahan tersebut akan dicampur sedemikian rupa sesuai takaran yang ditentukan dari resep yang dipilih. Setelah dicampur, adonan kue tersebut akan dimasukkan di dalam cetakan kue, entah berbentuk lingkaran, persegi ataupun lainnya. Adonan kue yang sudah siap dalam cetakan akan dimasukkan dalam oven untuk dipanggang selama beberapa waktu lamanya. Waktu yang diperlukan harus spesifik, agar diperoleh kematangan kue yang sempurna. Selesai dipanggang, maka kue akan siap dihias, agar mempunyai tampilan yang cantik.

Ada beberapa bagian proses yang bisa kita pelajari sesuai dengan kehidupan kekristenan yang kita alami, yaitu:

Proses 1: Bahan-bahan

Masing-masing bahan kue tidak dapat kita nikmati secara terpisah. Kita tidak dapat menikmati tepung, gula, garam atau baking soda secara terpisah. Masing-masing bahan tersebut tidak mempunyai rasa yang lezat yang dapat dinikmati.

Bahan-bahan secara terpisah ini  menggambarkan masalah demi masalah yang kita hadapi setiap hari. Seringkali kita bahkan tidak mengerti mengapa selalu saja ada masalah yang datang, walaupun kita senantiasa rajin beribadah.

Namun Firman Tuhan mengatakan bahwa Tuhan bekerja di dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Dia.

Tetap andalkan Tuhan dalam setiap masalah yang ada. Tuhan akan memberi kekuatan dan kelepasan bagi kita semua.

Proses 2: Cetakan

Adonan yang sudah siap akan masuk ke dalam cetakan kue. Bentuk cetakan akan ditentukan oleh tukang kue. Apapun bentuknya, entah persegi, lingkaran, atau bentuk lainnya, akan seturut dengan keinginan tukang kue.

Proses ini merupakan bagian dari rencana Tuhan untuk membentuk hidup kita seturut dengan kehendak Dia. Banyak sekali kejadian yang membuat kita akan dibentuk menjadi serupa dengan Allah. Karakter Kristus akan terbentuk dalam hidup kita, ketika kita memberikan hidup kita untuk dibentuk melalui masalah-masalah yang ada.

Serahkan hidup kita untuk dibentuk oleh Tuhan melalui masalah-masalah yang ada. Jangan keraskan hati kita, singkirkan segala ego dan kesombongan kita, berserah sepenuhnya kepada rencana Tuhan. Miliki hati yang mau dibentuk oleh Tuhan dan biarlah kasih Kristus memancar dari kehidupan kita.

Proses 3: Panggangan

Adonan kue yang sudah siap di dalam cetakan akan dimasukkan ke dalam oven. Adonan kue ini akan dipanggang pada suhu tinggi yang sudah ditentukan. Panas oven akan membuat adonan menjadi matang dan memiliki rasa yang lezat.

Kita akan mengalami suatu masalah yang begitu berat, bahkan membuat kita stress atau bahkan depresi karena tekanan yang begitu beratnya. Tekanan yang begitu bertubi-tubi membuat kita bahkan hampir menyerah atas keadaan yang ada.

Perlu diketahui bahwa proses seperti ini diperlukan terjadi dalam hidup kita untuk membuat kekristenan kita semakin matang. Proses yang begitu panasnya akan menjadikan kita semakin dewasa di dalam kerohanian kita.

Jangan menyerah dengan keadaan yang begitu beratnya menekan kehidupan kita. Tetap bertahan, tetap bersyukur, tetap berserah kepada Tuhan, tetap mengandalkan Yesus, maka kita akan melihat kemenangan yang diberikan oleh Tuhan. Kita akan semakin dewasa rohani dan menjadi semakin matang di dalam kekristenan.

Kematangan rohani ini akan menjadi berkat bagi banyak orang. Jiwa-jiwa akan dapat menikmati kasih Kristus yang terpancar dari kehidupan kita. Nama Yesus dimuliakan adanya!

Proses 4: Hiasan

Hiasan untuk sebuah kue merupakan hal yang wajib karena memang bagian dari resep kue tersebut. Kue akan dihias sesuai dengan tujuannya, apakah kue tersebut untuk kue ulang tahun, kue pernikahan, kue hadiah, dijual atau lainnya. Kue yang sudah dihias akan memiliki penampilan yang cantik dan indah, yang membuat banyak orang akan tertarik kepada kue tersebut dan ingin menikmatinya.

Proses ini merupakan proses untuk mempersiapkan kita menjadi semakin serupa dengan Kristus. Buah-buah roh seperti kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,  kelemahlembutan dan penguasaan diri akan muncul melalui proses kehidupan kita (Gal 5:22-23).

Ketika karakter Kristus ini terpancar dari kehidupan kita, maka akan semakin banyak orang yang akan mendekat kepada kita, semakin banyak orang yang menyukai kehidupan kita. Di saat inilah kita dapat bersaksi dan menceritakan kasih Kristus kepada mereka, dan mereka akan percaya bahwa Kristus memang hidup!

Jadilah saksi Kristus dalam kehidupan kita. Milikilah buah-buah roh dalam hidup kita, agar semakin banyak orang yang dapat mengenal kasih Kristus.

Penutup

Dari semua proses di atas, kita dapat melihat bahwa satu bahan kue tidak dapat menggambarkan kelezatan kue yang telah jadi. Oleh karena itu kita juga tidak dapat melihat apa yang ada sebenarnya di balik satu masalah yang sedang kita hadapi.

Namun ketika kita sudah menjalani masalah demi masalah dalam kehidupan kita bersama Kristus, kita akan mulai melihat apa yang menjadi rencana Tuhan bagi hidup kita. Bagi yang sudah berjalan bersama Kristus dan tumbuh di dalam kedewasaan rohani, akan dapat melihat bahwa 5 tahun yang lalu, 10 tahun yang lalu, 15 tahun yang lalu atau bahkan lebih, merupakan bagian-bagian dari proses yang Tuhan ijinkan terjadi dalam kehidupan kita untuk mendatangkan kebaikan bagi kita di masa saat ini bahkan di masa yang akan datang.

Rencana Tuhan merupakan rencana yang indah bagi kita. Bersyukurlah kepada Tuhan untuk segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita, maka kita akan memperoleh apa yang Tuhan janjikan bagi kita. Haleluya!

Riva Sinjal

 adalah penulis & pemilik Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *