Pelita Hidup Jangkau Dunia

Mengapa Kita Harus Mengampuni?

Sumber: Google

Sumber: Google

“Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu.” Markus 11:26

Firman Tuhan mengajarkan kepada kita untuk melepaskan dan membebaskan diri kita dari luka hati serta rasa benci dalam hati kita. Kita harus melepaskan dan membuang semua itu dan jangan pernah memupuk atau bahkan membiarkannya bertumbuh dalam hidup kita.
*courtesy of PelitaHidup.com
Berikut 3 Alasan Mengapa Kita Harus Mengampuni:

  • Karena Allah Telah Mengampuni Kita

Dalam kitab Matius 18, Tuhan Yesus memberikan perumpamaan tentang seorang raja yang mengampuni hambanya. Ayat 27 mengatakan demikian,

Lalu tergeraklah hati raja itu oleh belas kasihan akan hamba itu, sehingga ia membebaskannya dan menghapuskan hutangnya.”

Sebagaimana sang raja membebaskan hamba tersebut dari seluruh hutangnya, demikianlah Allah Bapa mengirim Tuhan Yesus Kristus untuk membayar lunas semua hutang kita. Segala hal buruk yang pernah kita lakukan dalam hidup sudah diampuni dan dibayar lunas di Kalvari. Yesus telah menggantikan kita; Ia telah membayar waktu yang seharusnya kita habiskan di penjara, Ia menanggung semua aib kita dan membayar lunas seluruh upah dosa kita. Tuhan Yesus mati di kayu salib untuk menebus dosa kita.



Karena Dengan Membenci Kita Menyiksa Diri Sendiri

Membenci sejatinya merupakan sebuah luka hati yang disebabkan oleh diri kita sendiri. Setiap kali kita membenci seseorang ,hal itu akan terasa lebih menyakitkan bagi kita dibandingkan bagi orang yang kita benci. Kenyataannya, sementara kita masih dibebani oleh sesuatu yang terjadi bertahun-tahun lalu, orang tersebut sudah melupakan peristiwa itu!  Masa lalu kita biarlah menjadi masa lalu, dan itu tidak dapat melukai kita lagi kecuali kita terus mempertahankannya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.” I Yohanes 2:11

  • Karena Kita Membutuhkan Pengampunan Setiap Hari

Alkitab secara jelas mengajarkan kepada kita bahwa kita tidak akan dapat menerima sesuatu yang kita sendiri tidak bersedia memberikannya. Apakah Anda ingin diampuni? Alkitab mengatakan bahwa kita butuh pengampunan.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Oleh karena nama-Mu, ya TUHAN, ampunilah kesalahanku, seba besar kesalahan itu.” Mazmur 25:11
*courtesy of PelitaHidup.com
Sikap mengampuni merupakan sebuah gaya hidup. Mengampuni bukan sesuatu  yang hanya kita lakukan sekali saja. Kita membutuhkan pengampunan setiap hari dan kita harus minta pengampunan setiap hari. Kita harus menerima pengampunan dari Allah dan dari sesama setiap hari. Kita harus bersedia memberikan pengampunan kita. Pengampunan harus berkelanjutan; pengampunan harus menjadi sesuatu yang kita nikmati dan kita usahakan.

“Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.” Efesus 4:32

 

Sumber: rickwarrendotorg


Team PH
Team PH_Tulisan ini dipersiapkan oleh Team Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 1 respon

  1. Terimah kasih PH selalu berkarya dgn renungan – renungan terbaru

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: