Pelita Hidup Jangkau Dunia

3 Prinsip Keuangan Sederhana Untuk Mengelola Keuangan Anda dengan Bijak

Sumber: Google

Sumber: Google

Orang bijaksana tetap makmur dan kaya; tetapi orang bodoh memboroskan hartanya.” (Amsal 21:20 BIS)

Pastor Rick Warren berkata bahwa dalam pelayanannya selama kurang lebih 40 tahun, beliau menyebutkan bahwa masalah keuangan terutama masalah hutang merupakan salah satu masalah utama yang dihadapi oleh banyak orang di seluruh dunia termasuk di dalamnya anak-anak Tuhan.  Bahkan banyak diantara mereka yang terpaksa hancur rumah tangganya karena masalah tersebut.
*courtesy of PelitaHidup.com
Kenyataan ini seharusnya tidak perlu mengejutkan kita. Alkitab dengan jelas menyebutkan dalam ayat di atas bahwa tidak mengelola keuangan dengan bijak adalah sebuah kebodohan. Dan jika kita mengelola keuangan kita dengan sembarangan, maka hasilnya akan sangat buruk bagi kehidupan kita.

Seringkali, budaya konsumerisme yang berkembang dalam masyarakat kita meyakinkan kita untuk membeli sesuatu sekarang dan membayar belakangan. Karenanya, banyak diantara kita yang secara otomatis terlilit hutang karena jumlah dana yang kita belanjakan jauh lebih besar dari kemampuan kita untuk membayarnya. Hal ini oleh Tuhan disebut sebagai kebodohan!

Seseorang tidak dapat begitu saja jatuh atau terlilit hutang, semua berawal dari keputusan yang salah. Jika kita ingin lebih bertanggung jawab dan mengelola keuangan kita dengan bijak, maka kita harus melakukannya dengan niat dan komitmen untuk melakukannya dengan sungguh-sungguh. Setelah kita membuat komitmen penting tersebut, maka kita perlu sebuah rencana untuk mencapai keuangan yang sehat dan diberkati sebagaimana yang Tuhan kehendaki dalam hidup kita.



Prinsip keuangan sederhana yang diterapkan oleh Pastor Rick Warren berikut dapat kita terapkan dalam mengelola keuangan kita dengan lebih bijak.

  1. Kembalikan 10% Kepada Tuhan

Tuhan akan memberkati apapun yang kita persembahkan kepadaNya sebagai yang utama.

  1. Simpan 10% Untuk Diri Sendiri

Miliki komitmen untuk menyimpan sejumlah uang (dalam hal ini minimal 10% dari pendapatan bulanan Anda) sebagai tabungan atau dana tak terduga.

  1. Hiduplah Dengan 80% sisanya

Perhatikan bahwa hanya orang bodoh yang menghabiskan semua pendapatan yang diperolehnya. Jadi dalam hal ini, kita harus mulai berkomitmen untuk ‘mencukupkan’ semua kebutuhan kita dengan apa yang kita miliki. Mungkin kita harus memangkas budget beberapa kebutuhan hidup dan menentukan prioritas kebutuhan yang harus diutamakan. Mungkin juga kita harus ‘berpuasa’ untuk tidak membeli sesuatu yang tidak masuk dalam prioritas kebutuhan kita; masing-masing kita tahu mana yang harus kita utamakan dan mana yang bisa kita kesampingkan sementara sampai kita mencapai kondisi keuangan yang sehat kembali.

“Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”  Ibrani 13:5
*courtesy of PelitaHidup.com
Perlu kita sadari bahwa Tuhan memakai uang untuk menguji kita; dalam hal ini untuk menguji apakah kita bertanggung jawab dan bijak dengan keuangan kita atau tidak. Jadi, marilah mulai sekarang kita berkomitmen untuk mengelola keuangan kita dengan lebih bijak dan betanggung jawab. Ke-3 prinsip sederhana di atas, dapat membantu kita mengelola keuangan dengan lebih bijak sehingga dapat membantu mewujudkan mimpi kita untuk memiliki keuangan yang stabil dan sehat.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Mari kita mulai dari diri sendiri untuk bertanggung jawab secara finansial kepada Tuhan dengan memberi persepuluhan kepada Tuhan, menabung 10% persen dari pendapatan bulanan kita dan mencukupkan kebutuhan kita dengan apa yang kita miliki.
*courtesy of PelitaHidup.com
Ketika Tuhan melihat komitmen kita untuk mengelola keuangan dengan bijak, maka sepenuh berkat yang sudah Ia sediakan bagi kita akan Ia curahkan pada waktu-Nya. Bersabarlah!

 

“Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.” Filipi 4:19

 

 

Sumber: rickwarrendotorg

 
*courtesy of PelitaHidup.com
 

 


Team PH
Team PH_Tulisan ini dipersiapkan oleh Team Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 6 respon

  1. Hallelujah mengingatkan Hal terlupakan semoga Kita dapatbijak mengelola keuangan buat Tuhan Dan didunia ini Amen

  2. Thx God,,, Renungannya luar biasa, Dasyat..:) Tuhan Yesus Memberkati….
    Terima kasih Pelita Hidup

  3. terima kasih buat pelita hidup,renungan yang sangat bagus

  4. thank you so much for this daily bread. i hope this community is always abundant in God’s grace. through pelita hidup may God call many people to come and glorify His Name…

  5. Thx utk renungsnnya. Ada tambahan utk sbg bakti anak thp ortu seorang anak alangkah baiknya memberikan 10 % jg dari penghasilannya, walaupun orang tua tdk Memintanya. Ini artinya belajar memberi dari yg ada. GBU

  6. Inilah ilmu ekonomi yang terbaik yang pernah baca. Terima kasih pelita hidup. 

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: