Pelita Hidup Jangkau Dunia

Tuhan Punya Rencana atas Setiap Luka Hati Kita

Sumber: Google

Sumber: Google

Sebab itu, kalau ada orang-orang yang menderita karena Allah menghendaki demikian, hendaklah orang-orang itu hidup dengan benar dan mempercayakan diri kepada Pencipta mereka. Ia akan selalu menepati janji-Nya.” (1 Petrus 4:19, BIS)

Mari kita bernostalgia dengan mengingat-ingat bagaimana fotografi pada jaman dulu sebelum segala sesuatunya berubah menjadi digital. Ketika kita mengambil sebuah foto, hal pertama yang akan kita dapat adalah klise atau film negatif dari foto tersebut. Lalu kita harus mencetak klise/film negatif tersebut menjadi positif, yaitu gambar sebenarnya dari apa yang kita foto sebelumnya. Untuk mendapatkan gambar positif, kita harus masuk ke dalam “ruang cetak” (bahasa Inggrisnya “dark room”) dimana kondisi ruang tersebut harus gelap, kemudian kita terangi klise/film negatif tersebut dengan sinar dan memindahkan gambarnya ke kertas foto. Cara ini akan mengubah film negatif menjadi positif, yaitu sebuah foto berwarna yang indah dan elok dipandang mata.
*courtesy of PelitaHidup.com
Dengan cara seperti itulah Allah bekerja dalam hidup kita untuk setiap ketidakadian yang kita alami. Masing-masing kita pernah mengalami ketidakadilan dalam hidup. Ada orang-orang yang memperlakukan kita dengan cara yang tidak semestinya. Sementara yang lain tidak mempedulikan kita. Mereka hanya memanfaatkan kita dan masih banyak lagi ketidakadilan yang mungkin pernah atau sedang kita alami. Tuhan rindu untuk mengambil semua hal-hal negatif tersebut, menyinarinya dengan terang Kristus dan mengubahnya menjadi hasil yang positif- sebuah foto berwarna nan indah dari kehidupan yang sudah Tuhan rencanakan bagi kita untuk kita jalani

Satu hal penting yang harus selalu kita ingat bahwa ketika kita diperlakukan secara tidak adil, Tuhan Yesus senantiasa berada di sisi kita. Tidak ada dosa yang akan Allah hakimi secara lebih keras selain dosa ketidakadilan dan mungkin dosa kesombongan.

Kita belajar bahwa dalam semua kisah yang tertulis di Alkitab, Allah menunjukkan perhatian khusus kepada orang-orang yang diperlakukan secara tidak adil. Ia adalah Allah yang Maha Adil. Ia mendengar setiap tangisan kita, Ia juga mengerti luka hati yang kita rasakan dan Ia tahu benar bahwa kita sangat terluka dengan ketidakadilan tersebut. Kita tidak diperlakukan secara layak dan sebagaimana semestinya, tetapi Tuhan memiliki rencana atas luka hati yang kita rasakan tersebut.



Ketika kita membiarkan terang kasih Allah menyinari keadaan kita, maka Ia sanggup mengubah semua luka hati kita menjadi sebuah gambar yang indah. Ia membentuk dan membangun karakter pribadi kita melalui semua itu. Ia membuat kita menjadi semakin kuat dan tangguh. Dan yang penting, Ia memakai luka hati kita untuk kebaikan kita.

Kita tidak akan pernah mendapat penjelasan penuh atas semua luka hati yang harus kita alami selama hidup di dunia ini. Mungkin naanti ketika kita sudah masuk Surga nanti, baru kita tahu mengapa hal-hal buruk terjadi dalam hidup kita. Tetapi Tuhan tidak harus menjelaskan semuanya kepada kita.
*courtesy of PelitaHidup.com
Namun demikian, kabar baiknya adalah: Kita tidak memerlukan penjelasan apapun. Kita hanya perlu mengerti bahwa Allah sangat mengasihi kita; Ia mempunyai rencana atas hidup kita dan Ia Sendiri yang akan berurusan dengan mereka yang telah melukai hati kita.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Tuhan tidak pernah menyia-nyiakan luka hati anak-anakNya. Terimalah terang kasih Allah dalam hidup masing-masing kita dan Ia akan memakai luka hati kita karena ketidakadilan yang kita alami dalam hidup menjadi sebuah gambar yang indah dalam hidup kita.
*courtesy of PelitaHidup.com
 

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8:28)

 

 

Sumber: rickwarrendotorg


Team PH
Team PH_Tulisan ini dipersiapkan oleh Team Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 4 respon

  1. Firman Tuhan hari ini sgt menguatkan hidupku

  2. Luar biasa firman Tuhan, Dia sgt mengerti keadaan kita, rencanaNya indah 

  3. Benar …saat tangan Tuhan membrikan pembelaan atas ketidak adilan yg kita terima…maka…kasih Tuhan sun?guh luar biasa 

  4. sri susanty y gasolo. shi
    Thursday 28 January 2016, 11:43 am

    Saya diberkati

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: