Pelita Hidup Jangkau Dunia

Menyelesaikan Masalah Melalui Doa

Sumber: Google

Sumber: Google

“Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya, Engkaulah yang telah menjadikan langit dan bumi dengan kekuatan-Mu yang besar dan dengan lengan-Mu yang terentang. Tiada suatu apapun yang mustahil untuk-Mu!” Yeremia 32:17

Baca: II Tawarikh 20:1-31
*courtesy of PelitaHidup.com
 

Menjadi orang Kristen tidak lantas menyelesaikan semua masalah yang Anda hadapi. Namun, dengan kita menjadi Kristen berarti kita memiliki akses menuju Dia yang sanggup menolong kita untuk menyelesaikan semua tantangan hidup kita. Kita tidak perlu lagi bergumul menghadapi semua kesulitan kita dengan kekuatan dan kemampuan kita sendiri karena kita dapat menyerahkan semua beban tersebut kepada Bapa di Surga.

Raja Yosafat pada bacaan di II Tawarikh 20:1-31 melakukan tepat seperti di atas, yaitu menyerahkan beban masalahnya kepada Tuhan ketika ia tahu bahwa bangsa Yehuda yang dipimpinnya akan diserang dalam waktu dekat. Ia langsung berpaling kepada Tuhan dengan menyerukan kepada seluruh rakyatnya untuk berpuasa dan berdoa. Dari teladan raja Yosafat tersebut, kita dapat belajar beberapa prinsip utama tentang bagaimana menyelesaikan masalah melalui doa, yaitu:

  • Tuhan Memperhatikan Masalah Kita

Karena kita adalah anak-anak Allah, maka Bapa di Surga sangat ingin untuk membantu kita mengatasi segala hal yang berpotensi membuat kita kalah, berputus asa maupun segala sesuatu yang akan membuat kita merasa tertekan.

  • Tuhan Jauh Lebih Besar Dari Masalah Kita

Yosafat tahu bahwa ketiga pasukan yang akan menyerang bangsa Yehuda tidak hanya sanggup untuk mengalahkannya dalam peperangan, tetapi mereka juga mampu untuk menghancurkan tempat tinggal rakyatnya serta merampok dan menjarah rakyatnya. Namun, raja Yosafat menanggapi masalah tersebut seperti sikap yang ditunjukkan oleh nabi Yeremia:



“Ah, Tuhan ALLAH!……. . Tiada suatu apapun yang mustahil untuk-Mu!” (Yeremia 32:17)

  • Hal Pertama Yang Harus Kita Lakukan Ketika Menghadapi Masalah Adalah Datang Kepada Tuhan

Pada saat Anda menghadapi masalah, apakah hal pertama yang Anda lakukan adalah mencari Tuhan? Atau Anda segera menghubungi teman Anda? Kita harus belajar utuk mencari Tuhan terlebih dahulu ketika kita menghadapi masalah. Sebagai anak-anak Allah, kita memiliki hak istimewa yang luar biasa untuk dapat datang langsung kepadaNya dan menyerahkan segala beban dan masalah kita di hadapanNya.

“Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.” (Ibrani 4:16)
*courtesy of PelitaHidup.com
Dalam tangan Tuhan semua masalah yang kita hadapi bukan merupakan halangan dan rintangan, melainkan merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa bagi kita untuk membangun hubungan yang lebih dalam, dekat dan dinamis dengan Dia.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

 
*courtesy of PelitaHidup.com
“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. “ Roma 8:28

 

 

Sumber: intouchdotorg

 


Team PH
Team PH_Tulisan ini dipersiapkan oleh Team Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 2 respon

  1. Luar biasa Tuhan itu baik, kenapa ? Sy sudah rasakan itu dalam hidup saya..apa pun yang saya hadapi Tuhan tidak pernah tinggalkan saya…

  2. Thankx atas renungannya….. dengan renungan ini membangun iman saya….
    GBU……

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: