Pelita Hidup Jangkau Dunia

Arti Penting Dari Kesabaran

Sumber: dreamstimedotcom

Sumber: dreamstimedotcom

Baca Ibrani 6:9-15

Abraham menanti dengan sabar dan dengan demikian ia memperoleh apa yang dijanjikan kepadanya.” Ibrani 6:15
*courtesy of PelitaHidup.com
 

Bayangkan kita sedang mengantri menuju pintu keluar dalam antrian yang tidak terlalu panjang dan hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit. Sebagian besar dari kita pasti akan merasa gelisah dan frustasi. Kita hidup di tengah generasi yang menginginkan segala sesuatunya cepat atau instan.

Masing-masing dari kita berjuang melawan ketidaksabaran pada tingkat yang berbeda-beda. Kita terlahir dengan sifat ketidaksabaran ini – bayangkan tentang seorang bayi yang berusia 3 bulan yang pada tengah malam menangis minta susu. Si bayi akan mencoba menangis keras karena rasa tidak nyaman yang ia rasakan dan terus menangis sampai apa yang menjadi kemauannya dipenuhi. Tatanan dari sifat kedagingan lama kita,  dalam hal ini ketidaksabaran, membuat masing-masing kita hingga kini masih berjuang untuk melawan sifat tersebut; dan perjuangan melawan sifat ketidaksabaran ini harus terus kita lakukan hingga kita mencapai kemenangan.



Mari kita lihat apa arti kesabaran menurut Alkitab. Kata kesabaran dapat berarti ketabahan maupun ketekunan yang dalam hal ini berarti tidak menyerah dan tetap taat sekalipun berada di bawah tekanan. Kesabaran akan muncul dengan sendirinya ketika kita bersedia untuk menunggu (tanpa adanya rasa frustasi dalam diri kita) pada waktu kita mengalami penderitaan atau ketika kita memiliki sebuah ambisi terhadap sesuatu.

Selain itu, kesabaran juga berarti menerima apapun yang Tuhan beri kepada kita (dan apa yang tidak Ia berikan kepada kita) dan bersedia menerimanya pada waktu yang telah Ia tetapkan. Sementara kita menunggu apa yang Ia janjikan tersebut, kita harus berdoa, taat dan sungguh-sungguh mencari kehendak dan arah yang Ia tentukan bagi kita.
*courtesy of PelitaHidup.com
Bahaya dari sifat ketidaksabaran ini adalah kita mungkin tidak mengalami janji Tuhan yang sempurna atas hidup kita dan tidak menerima berkat yang sudah Ia sediakan bagi kita. Namun, ketika kita percaya kepada kehendak dan waktu Allah yang sempurna, maka kita akan mengalami damai sejahtera yang sejati

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Apa yang membuat Anda merasa tertekan hari-hari ini? Mari kita memeriksa hati kita masing-masing dengan sungguh-sungguh untuk mengetahui apakah kita mencoba menyelesaikan segala sesuatunya dengan cara dan menurut waktu kita sendiri atau kita menyerahkannya kepada Allah kita yang Maha Kuasa. Serahkan segala sesuatunya kepada Tuhan, biarkan Ia yang mengerjakannya bagi kita sesuai dengan waktu dan rencanaNya karena diluar kehendak dan waktuNya segala sesuatu berpotensi untuk menghancurkan hidup kita. Mari nikmati sepenuh sukacita dan damai sejahtera yang mengalir memenuhi hidup Anda dan saya karena kesabaran dan penyerahan diri kepada Tuhan. GBU
*courtesy of PelitaHidup.com
 

Berdiam dirilah di hadapan TUHAN dan nantikanlah Dia;” Mazmur 37:7a

 

Sumber: intouchdotorg

 


Team PH
Team PH_Tulisan ini dipersiapkan oleh Team Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 2 respon

  1. Terima kasih buat FirmanNya yang menguatkan kita agar setiap pergumulan kita tetap bersabar untuk menerima jawaban.

  2. Constantein Solang
    Sunday 19 July 2015, 9:52 am

    Terima kasih atas firmanNya yang sangat menguatkan saya, firmanNya ini jadi sangat berarti dan hidup kita bahkan jika kita sedang mengalami pergumulan yang sangat dalam dan yang sudah kita lakukan yaitu sudah berdoa, sudah membaca Firman Tuhan dan menyembahNya tapi jawabanNya tidak sesuai keinginan kita, tetapi kita tetap setia karena waktu Tuhan yang sangat terbaik untuk kita, karena firman Tuhan ” Oleh karena engkau berharga dimataKu dan mulia dan Aku ini mengasihi engkau …. Yesaya 4 ayat 4a ” Thanks & Jbu

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: