Pelita Hidup Jangkau Dunia

Rencana Tuhan Jauh Lebih Besar Dari Masalah & Penderitaanmu

Sumber: Google

Sumber: Google

Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.(2 Korintus 4:17)

 
*courtesy of PelitaHidup.com
Ketika kita sedang menghadapi masalah hidup, hal pertama yang biasa kita lakukan adalah menyalahkan orang lain. Namun, harus kita sadari bahwa entah masalah yang ada terjadi karena kesalahan kita pribadi atau karena kelalaian orang lain, Tuhan tetap memiliki rencana yang indah atas hidup kita melalui semua masalah tersebut. Bahkan ketika kita melakukan berbagai tindakan bodoh dan membuat keputusan yang memalukan, Tuhan tetap dapat mejadikan kesalahan kita tersebut menjadi sesuatu yang indah sesuai dengan rencana-Nya. Walaupun seseorang dengan sengaja melukai hati kita, Tuhan tetap dapat menjadikannya indah bagi hidup kita. Bahkan ketika si Iblis merencanakan hal-hal yang jahat dalam hidup kita, Tuhan dapat menjadikan semuanya itu menjadi kebaikan bagi kita.

Rencana Tuhan jauh lebih besar dari masalah dan luka hati yang sedang kita alami dan rasakan. Tuhan mempunyai RENCANA INDAH atas hidup kita! Kita harus berusaha untuk melupakan luka hati yang sifatnya sementara tersebut dan memandang jauh ke depan, memandang pada rencana Tuhan yang sempurna dan kebaikan serta berkat yang sudah Ia sediakan bagi kita setelah kita selesai melewati semua masalah dan peristiwa tersebut.

Roma 5: 3-4 mengatakan semikian:



Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.”

 
*courtesy of PelitaHidup.com
Jadi, apa tujuan dari masalah dan kesulitan hidup yang kita hadapi? Tuhan ingin agar kita belajar tentang sesuatu dari semua masalah tersebut. Setiap badai hidup yang kita hadapi ibarat sebuah sekolah kehidupan bagi kita. Setiap pencobaan yang menantang kita bagaikan seorang guru yang mengajar kita tentang pelajaran tertentu. Setiap pengalaman yang kita alami merupakan sebuah sarana pendidikan bagi kehidupan kita. Setiap masalah yang kita hadapi ada untuk perkembangan dan pertumbuhan iman dan karakter kita.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Tahukah Anda bahwa sebagian besar dari kita termasuk orang-orang yang lambat dalam belajar? Oleh karena itu, ketika kita tidak belajar tentang sesuatu dari setiap masalah yang kita hadapi, maka Tuhan akan membuat masalah serupa muncul kembali dalam hidup kita. Mengapa? Karena Tuhan lebih memilih untuk memperhatikan dan mempedulikan karakter kita daripada melihat kita berada dalam zona aman kehidupan kita. Ia lebih ingin melihat kita tumbuh dan memiliki karakter seperti Kristus sehingga Ia memberikan masalah yang sepertinya menyulitkan hidup kita tetapi pada akhirnya membuat kita tumbuh sesuai dengan kehendakNya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Mungkin sebagian besar dari kita saat ini sedang menghadapi masalah yang sangat besar dan berat. Mungkin itu berupa penyakit yang parah, melakukan dosa dan berada dalam rasa bersalah yang dalam, merasa tertuduh, masalah keuangan ataupun hubungan yang tidak harmonis dengan pasangan hidup. Apakah  Tuhan peduli dan mengatakan sesuatu yang dapat menguatkan kita ketika kita sedang berjuang menghadapi semua masalah tersebut? Tentu saja Ia peduli dan selalu ada untuk kita. Tuhan berkata kepada masing-masing kita, “Jangan menyerah, anakKu, bertumbuhlah dalam imanmu dan menjadi dewasa.”

Mari kita belajar berserah kepada Tuhan dan hadapi semua masalah, tantangan dan kesulitan hidup kita hingga tuntas dengan kekuatan dari-Nya dan bertumbuh menjadi pribadi yang sesuai dengan rencana-Nya dari semula ketika Ia menciptakan masing-masing kita. GBU!

 

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Roma 8:28

 

Sumber: rickwarrendotorg


Team PH
Team PH_Tulisan ini dipersiapkan oleh Team Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 11 respon

  1. hari nur idhiawati
    Saturday 2 July 2016, 12:15 am

    saya tidak tahu lagi harus berbuat apa setelah pencobaan yang maha dahsyat enipaku “suaiku tercinta di panggilNya ” Rencana indah apa untuk aku dan anak-anakku yang masih kanak-kanak ?

    • Saudari nur yang terkasih,saya yakin rencana Tuhan yang sulit kita pahami tapi jauh lebih indah dari yang kita harapkan,itulah Tuhan yang ajaib tetap tekun dan sabar saja,,saya berdoa dari jauh bagimu sebagai saudara seiman tetap berharap pada-Nya dan saling mendoakan Amin..

  2. Shalom! saya sangat senang dan saya sangat bersyukur, melalui renungan2 yang saya bisa dapatkan disini. saya merasa sangat di berkati dan saya bisa bersemangat dalam menjalani hidup yang Tuhan berikan, semuanya hanya untuk kemuliaan nama-Nya.

    Tiada sukacita yang lebih besar selain dari pada mendengarkan sabda Tuhan yang benar2 memuaskan Jiwa kita. Apapun yang kita miliki semua tiada artinya jika tiada Tuhan Yesus di dalam hidup kita karena itu “Carilah Tuhan selama Ia berkenan ditemui,berserulah kepada-Nya selama Ia dekat” Haleluya…GBU All,

  3. Tuhan Yesus itu gembala yang baik. Amin

  4. Amin……terpujilah nama Tuhan.

  5. Terima kasih buat renungannya :Setiap masalah yang kita hadapi jadikanlah itu sebagai pelajaran untuk meningkatkan Iman kita.

  6. Samuel Situmorang
    Tuesday 2 June 2015, 11:58 pm

    Sukacita akan selalu terdiam didalam hati seseorang yang memiliki kasih dan kebahagiaan

  7. Shalom,trimakasih atas pelayananya melalui pelita hidup,saya merasa diberkati lewat FirmanNya.Tuhan Yesus memberkati.

  8. Amin…setuju pak Hotman….TYB

  9. Walaupun kita menderita ditimpa banyak masalah didunia ini, kita harus menganggap itu bahan pendidikan bagi kita, agar kita semakin kuat dan punya pengharapan, karena rencana Tuhan lebih baik dari rencana kita, semoga kita diberi hikmat untuk menjalani hidup ini, agar selalu kita bergantung kepada Tuhan.

  10. Shalom…Tuhan tak pernah terlambat dalam memberikan jawaban dan pertolongan bagi setiap pergumulan maupun masalah yg kita hadapi rancanganNYA penuh damai sejahtera marilah kita senantiasa mengucap syukur atas segala keadaan kita dan belajar utk senantiasa berserah padaNYA karena kasihNYA tak berkesudahan dan tak pernah berubah.GBU ALL

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: