Pelita Hidup Jangkau Dunia

Berkat Keuangan Membutuhkan Perencanaan Yang Matang

Sumber: Google

Sumber: Google

Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan(Amsal 21:5a)

 Jika Anda ingin memiliki keuangan yang baik maka yang harus Anda lakukan adalah mulai menuliskan semua pengeluaran Anda sehingga Anda benar-benar tahu alokasi dari semua uang yang Anda belanjakan. Pada dasarnya ini adalah prinsip akunting. Anda harus memiliki rekam jejak terhadap setiap pengeluaran yang Anda lakukan!
*courtesy of PelitaHidup.com
Dalam bahasa Inggris, Amsal 21:5 ditulis sebagai berikut, “Plan carefully and you will have plenty” (rencakan dengan hati-hati, maka kamu akan berkelimpahan). Jika kita tidak atau belum berkelimpahan, maka kita belum merencanakannya dengan baik dan hati-hati. Tidak perlu menyalahkan orang lain atau keadaan, berkaca saja pada apa yang sudah Anda lakukan dan perbaiki diri.

Mungkin Anda berdalih, “Tapi ini benar-benar darurat!” Semua orang memiliki keadaan darurat mereka masing-masing. Semua orang harus merelakan untuk tidak membeli sesuatu atau bahkan terpaksa mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak ada dalam daftar pengeluaran mereka. Perbedaan antara mereka yang dapat mengatasi masalah tersebut dengan baik dengan mereka yang tidak mampu mengatasinya terletak pada bagaimana mereka merencanakan segala sesuatunya, termasuk pengeluaran untuk masalah darurat tersebut. Jika kita tidak mempersiapkan diri untuk hal-hal darurat semacam itu, maka keadaan tersebut dapat menghancurkan hidup dan keuangan kita.

Pernahkah Anda membelanjakan uang Anda dan pada akhir bulan Anda bertanya-tanya, “Untuk belanja apa saja ya semua uang saya bulan ini?” Mengabaikan kondisi keuangan pribadi ditambah kecenderungan untuk mudah mengeluarkan uang dapat diartikan sebagai bencana bagi kehidupan Anda. Anda mungkin setuju dan pernah mendengar orang-orang mengatakan “Uang berbicara”; sejatinya uang tidak dapat berbicara. Uang meninggalkan kita secara diam-diam dan tidak memberitahu kita kemana ia akan pergi. Jadi, jika Anda ingin mengetahui kemana perginya uang Anda, Anda harus memiliki sebuah catatan yang baik dan rapi untuk setiap sen yang Anda belanjakan agar Anda dapat melacak kembali dan mengetahui dengan pasti kemana saja perginya uang Anda tersebut.



Anda harus memiliki catatan yang baik dan rapi mengenai ke-4 hal di bawah ini:

  • Segala sesuatu yang Anda miliki baik berupa barang fisik maupun investasi
  • Hutang-hutang Anda
  • Pendapatan, baik penghasilan utama maupun sampingan dan
  • Apa saja yang Anda beli agar Anda tahu ke mana uang Anda pergi

Ada banyak cara untuk merencanakan pengeluaran dan keuangan Anda secara umum serta menentukan mana yang terbaik untuk Anda. Mencari model atau masukan dari internet, berkonsultasi dengan pihak bank atau akuntan pribadi maupun mencari informasi dari buku adalah beberapa cara yang dapat Anda pilih untuk perencanaan keuangan terbaik Anda..

Amsal 23:5 mengatakan, “Kalau engkau mengamat-amatinya, lenyaplah ia,karena tiba-tiba ia bersayap, lalu terbang ke angkasa seperti rajawali.”
*courtesy of PelitaHidup.com
Ayat di atas benar-benar merupakan sebuah gambaran yang jelas bagi kita. Jika kita tidak tahu kemana perginya uang kita, maka uang tersebut akan terbang ke angkasa seperti rajawali.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Untuk mengingatkan kita akan hal ini, mari kita lihat pada lembar-lembar mata uang kita di bagian kanan atas depan, di sana kita akan melihat gambar burung garuda. Ingatkan pada diri Anda setiap kali melihat lembaran uang yang Anda miliki bahwa uang tersebut akan terbang ke angkasa kecuali jika Anda mengarahkan dengan benar kemana uang tersebut akan terbang yaitu dengan mengatur pembelanjaan dan keuangan Anda dengan baik dan benar.
*courtesy of PelitaHidup.com
Jadi sekarang, apa yang akan Anda lakukan untuk melacak dan mengalokasikan dana yang Anda miliki dengan baik? Apakah Anda sudah jujur dan setia dalam hal keuangan baik kepada Tuhan maupun kepada pasangan hidup Anda? Mari kita rencanakan keuangan kita dengan baik agar janji kelimpahan dari Tuhan dapat segera kita terima dan nikmati. GBU

 

Sumber: rickwarrendotorg


Team PH
Team PH_Tulisan ini dipersiapkan oleh Team Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 1 respon

  1. Renungan ini membantu sy dlm mengelolah keuangan dlm rumah tangga.karena kita hrus bijak dlm mengatur pengeluaran.jangan sampai besar pasak dripada tiang.harapan sy kedepan ada perubahan kearah yg lebih baik.Tuhan bantu sy.

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: