Pelita Hidup Jangkau Dunia

Sudah Selesai

 

Sumber: google

Sumber: google

“Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: “Sudah selesai.” Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.” Yohanes 19:30
*courtesy of PelitaHidup.com
Ketika Tuhan Yesus mati di kayu salib, karya penebusan yang Ia lakukan bagi seluruh umat manusia sudah sempurna. Matius, Markus dan Lukas mengatakan bahwa Yesus menjerit dengan suara keras ketika Ia meninggal, tetapi Rasul Yohanes menambahkan keterangan rinci peristiwa pada saat itu bahwa ketika Ia menjerit Yesus mengatakan: “Sudah selesai.”

Yesus, seorang tukang kayu yang terbiasa dengan kegiatan jual beli, menggunakan istilah dalam perdagangan yang dapat kita artikan sebagai “lunas”.

Sudah selesai. Sudah dibayar lunas.



Yesus menyelesaikan karyaNya yang bertujuan untuk membawa kita kembali dalam persekutuan dengan Allah. Tidak perlu ada usaha atau karya lain lagi untuk hal ini. Kita tidak dapat melakukan apapun untuk melanjutkan karya Yesus tersebut, dan sekalipun seumpama ada hal yang dapat kita lakukan, hal itu tidak perlu kita lakukan karena jelas bahwa Yesus sudah menyelesaikannya bagi kita.

Inilah gambaran yang dapat kita bayangkan: Yesus, karena sudah menyelesaikan misinya dengan sempurna, meneriakkan sorak kemenangan. Itu adalah teriakan yang muncul dari rasa sukacitaNya – bukan merupakan ungkapan “Syukurlah, semua sudah berakhir” tetapi lebih kepada rasa sukacita dari seorang anak yang baik dan setia yang mendengar ayahnya berkata, “Sudah selesai sekarang. Selamat, ya, Nak.”
*courtesy of PelitaHidup.com
Tuhan Yesus meresponinya dengan berteriak, “Sudah selesai.” Kemenangan sudah dicapai, para tawanan dapat kembali bebas.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

 
*courtesy of PelitaHidup.com
Lalu, sebagai simbol bahwa satu-satunya jalan untuk kembali berdamai dengan Allah kini sudah terbuka,Ketika itu tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah (Markus 15:38; lihat juga Matius 27 dan Lukas 23).

Kiranya dengan mengetahui bahwa Yesus mengatakan “Sudah selesai” ketika ia meninggal di kayu salib dengan penuh sukacita karena Ia telah menyelesaikan misiNya dengan sempurna, dan karena kemenangan telah diraihNya yang dapat Ia diberikan kepada kita sehingga kita sebagai tawanan dibebaskan dan dapat kembali bersekutu dengan Allah dapat membuat hidup kita makin berkenan kepadaNya, makin mengasihi Dia dan mengerjakan keselamatan kita dengan penuh tanggung jawab.

Kiranya rasa syukur yang tak terhingga dan sukacita dari Allah memenuhi hidup kita karena dengan kematianNya, hubungan kita dengan Allah dipulihkan sehingga kita dapat kembali bersekutu denganNya tanpa ada halangan apapun. Tuhan Yesus memberkati!

 

“Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia, dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.” Kolose 1:19-20

 

Sumber: rickwarrendotorg


Team PH
Team PH_Tulisan ini dipersiapkan oleh Team Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 1 respon

  1. Terima ksh atas renungan nya sangat bermanfaat-menguatkan iman & pengharapan kpd Tuhan Yesus….!

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: