Pelita Hidup Jangkau Dunia

Ketika Harus Menghadapi Pencobaan dan Masa Sukar

Sumber: Google

Sumber: Google

 

Bacaan: I Petrus 4:12-19
*courtesy of PelitaHidup.com
Sikap dan tindakan seperti apa yang biasanya Anda lakukan ketika Anda menghadapi pencobaan atau masalah dan masa sukar? Apakah Anda cenderung untuk bertahan dan menghadapinya karena mungkin Anda memiliki kepercayaan bahwa Anda cukup kuat untuk menghadapi segala macam masalah? Atau mungkin Anda berusaha melarikan diri sejauh dan secepat mungkin dari masalah yang sedang Anda hadapi tersebut seperti apa yang umumnya dilakukan oleh banyak orang di dunia ini?

Pencobaan, masalah dan masa sukar akan selalu datang dalam hidup kita. Namun, seharusnya kita lebih memusatkan perhatian kita kepada cara kita dalam menghadapi dan menyelesaikannya; bukan malah lari atau menghindarinya.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan ketika kita menghadapi pencobaan, masalah dan masa sukar dalam hidup kita:

  1. Percaya Kepada Tuhan

Hal utama yang harus kita lakukan ketika pencobaan dan badai hidup mendera adalah percaya kepada Tuhan sesuai dengan FirmanNya yang kudus. Alkitab mengajar kita bahwa Allah tahu batas kekuatan kita dan Ia tidak akan memberikan pencobaan atau mengalami masalah lebih daripada yang dapat kita tanggung.



“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu.” I Korintus 10:13

  1. Berserah Kepada Kasih Setia Tuhan

Hal kedua yang dapat kita lakukan ketika kita menghadapi pencobaan dan masa sukar adalah dengan mempercayakan diri kita sepenuhnya kepada kasih setia Tuhan. Ketika badai hidup mendera, cobalah mengingat-ingat kembali masa lalu kita, terutama pada masa-masa sukar yang pernah kita alami sebelumnya. Perhatikan apa yang terjadi pada waktu itu, apakah Tuhan menolong kita pada masa itu? Bagaimana hasil akhirnya? Tidakkah kita melihat bahwa Tuhan selalu menunjukkan kasih setiaNya kepada kita bahkan di setiap masa sukar yang kita pernah hadapi?

“TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepadaNya, apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.” Mazmur 37:23-24

  1. Tetap Bertekun

Hal ketiga yang harus kita lakukan ketika menghadapi masalah dan badai hidup adalah dengan memutuskan untuk bertekun dalam Tuhan. Roma 5:3-5 mengungkapkan pada kita bahwa ketekunan merupakan bagian penting dari pertumbuhan hidup Kekristenan yang sehat. Satu hal yang dapat menguatkan kita adalah fakta bahwa ketekunan dalam menghadapi masa sukar dan pencobaan akan membawa kita kepada pengharapan yang tidak mengecewakan (ayat 5).
*courtesy of PelitaHidup.com
“Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita; karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.” Roma 5:3-5

  1. Mengakui Kedaulatan Allah Yang Maha Kuasa

Hal terakhir yang harus kita lakukan ketika menghadapi masalah adalah mengakui kedaulatan Allah kita yang Maha Kuasa. Bapa Surgawi tidak pernah merasa terkejut dengan setiap tragedi atau peristiwa buruk yang kita alami. Kenyataannya, inilah yang Ia lakukan atas kita:

  • Ia siap untuk mengerjakan rencanaNya dalam hidup kita

“karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.” Filipi 2:13

  • Ia melakukan rencanaNya melalui hidup kita

“Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.I Yohanes 4:4

  • Ia mengerjakan rencanaNya untuk kita

“Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?” Roma 8:31

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Semua itu Bapa Surgawi lakukan bagi kita untuk membawa kita kepada kemenangan sejati Tuhan kita Yesus Kristus, PutraNya.
*courtesy of PelitaHidup.com
 

Sumber: intouchdotorg

 


Team PH
Team PH_Tulisan ini dipersiapkan oleh Team Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 2 respon

  1. Mengenal pribadi Allah adalah hal termanis dan terindah dalam hidupku.amen

  2. Kita memang harus sepenuhnya menaruh pengharapan kita padaNYA karena DIA lah sumber pengharapan yang sejati.GBU ALL

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: