Pelita Hidup Jangkau Dunia

Kuasa Pujian dan Penyembahan bagi Hidup Kita

 

Bacaan: Mazmur 150

 
*courtesy of PelitaHidup.com
Jika kita diminta untuk mengingat-ingat doa terakhir yang kita panjatkan kepada Tuhan, apakah dalam doa tersebut Anda lebih banyak menghabiskan waktu untuk memuji dan menyembah Tuhan atau lebih banyak menyampaikan permintaan-permintaan, keinginan dan harapan Anda?

Di tengah masyarakat kita yang cenderung mementingkan diri sendiri, tidak sedikit orang yang datang ke Gereja semata-mata untuk memenuhi kebutuhan mereka akan sesuatu misalnya: menyanyi di gereja sebagai sarana untuk meluapkan emosi jiwa mereka, memberikan khotbah untuk memenuhi kebutuhan jemaat atau bergabung dalam paduan suara dan tim pemuji penyembah untuk menghibur. Sangatlah mungkin bagi kita untuk membuat pilihan kita sendiri yang ternyata menjadi penghalang dari rencana utama Sang Pencipta atas hidup kita yaitu menjadikan kita sebagai pemuji dan penyembahNya

Ketika kita memuji dan menyembah Tuhan maka kita tidak hanya membesarkan nama Tuhan dan menyukakan hatiNya, tetapi kuasa puji-pujian tersebut juga membawa berkat dan manfaat bagi hidup kita.

  1. Dikuatkan, Tidak ada lagi Keakuan

Dengan memuji dan menyembah Tuhan maka ke’aku’an kita akan mulai menipis karena tidak mungkin bagi kita untuk meninggikan nama Tuhan dengan tetap mempertahanka keakuan kita. Yang ada adalah kita datang kepadaNya, mengakui dosa-dosa kita dan kelemahan kita, dan mengatakan betapa kita sangat membutuhkan Dia dalam setiap aspek kehidupan kita. Sebagaimana dikatakan dalam Alkitab bahwa Kuasa Tuhan dinyatakan ketika kita benar-benar lemah.



Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.” (II Korintus 12:10)

  1. Mengakui Kebesaran Tuhan, Menumbuhkan Iman

Selanjutnya, memuji Tuhan membuat kita rendah hati karena mengingatkan kepada kita betapa besar dan luar biasanya Tuhan dan kita sangat membutuhkan dan menggantungkan hidup kita kepadaNya. Namun pada saat yang sama, dengan mengagungkan nama Tuhan Ia memperbaharui kekuatan kita sehingga kita merasa aman dan damai dan sekaligus meningkatkan iman kita. Hal ini akan membantu kita untuk melihat kehidupan dengan perspektif yang berbeda karena kita dimampukan untuk melihatnya melalui kacamata Allah sehingga dalam keadaan dan kondisi apapun kita tidak pernah lagi merasa kuatir karena kita percya akan rancanganNya yang sempurna atas hidup kita.

  1. Diberi Kelegaan dan Kekuatan Baru

Satu lagi kuasa dari puji-pujian yang perlu untuk kita perhatikan adalah dampaknya terhadap tubuh kita secara fisik. Ketika kita memuji Tuhan dan memusatkan perhatikan kita kepadaNya, maka tekanan dan beban hidup serta rasa stress yang kita alami akan menghilang, tubuh kita dipulihkan dan kita diberikan kekuatan baru untuk menghadapi hari esok.

Semua hal di atas akan kita nikmati hanya dengan memuji dan membesarkan nama Tuhan karena Ia hadir di tengah-tengah pujian kita.
*courtesy of PelitaHidup.com
Padahal Engkaulah Yang Kudus yang bersemayam di atas puji-pujian orang Israel.” (Mazmur 22:3)

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Mari kita ingat-ingat kembali kasih dan karya nyata Tuhan yang sudah Ia lakukan di sepanjang hidup kita. Hari ini, mulailah untuk memuji dan meninggikan namaNya dalam setiap kesempatan yang Anda miliki dan nikmati semua berkat supranatural yang sudah Ia sediakan bagi Anda dan saya!
*courtesy of PelitaHidup.com
 

Sumber: intouchdotorg


Team PH
Team PH_Tulisan ini dipersiapkan oleh Team Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 1 respon

  1. sotarman situmorang
    Tuesday 24 March 2015, 4:07 pm

    Terpuji dan termulialah Tuhan senantiasa dalam hidup kita slama lamanya.

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: