Pelita Hidup
  Kejadian 39:12-23 Ketika masalah hidup sepertinya begitu menekan dan menguasai hidup kita, kita membutuhkan seseorang untuk mendampingi kita dan membantu kita melihat setiap...

 

Kejadian 39:12-23

Ketika masalah hidup sepertinya begitu menekan dan menguasai hidup kita, kita membutuhkan seseorang untuk mendampingi kita dan membantu kita melihat setiap kesulitan yang kita hadapi tersebut dari kacamata Allah kita yang perkasa. Yusuf adalah sosok yang kita perlukan. Walaupun dia hidup ribuan tahun lalu, tetapi kisah hidupnya dengan jelas mengajar kita mengenai rencana Allah yang sempurna atas masing-masing hidup kita.

Yusuf mengalami berbagai macam pencobaan dalam hidupnya; ia pernah dibenci, ditolak, dan dikhianati oleh saudara kandungnya, ia kehilangan rumah, keluarga, bahkan kehilangan kebebasannya, ia difitnah, dipenjara, ditinggalkan seorang diri dan dikecewakan karena dilupakan. Hidupnya merupakan serangkaian masalah, kesulitan dan penuh dengan ketidakadilan. Tetapi Alkitb menuliskan bahwa Yusuf tidak pernah merasa sakit hati atau dendam ketika menghadapi semua masalah dan pencobaan dalam hidupya tersebut.

Walaupun secara kasat mata kelihatannya Allah telah meninggalkan anak muda ini, nyatanya Allah melakukan sesuatu yang luar biasa dalam hati Yusuf. Allah memiliki rencana besar bagi anak muda ini dan Ia tahu benar bahwa semua masalah dan pecobaan yang Yusuf alami tersebut merupakan alat paling ampuh dalam mempersiapkan hambaNya tersebut untuk mengemban tugas yang akan Allah percayakan kepadanya di masa mendatang.

Karena Yusuf selalu menghadapi dan menanggapi setiap pencobaan yang ia alami dengan iman kepada Allah dan ia selalu melakukan setiap tugas yang dipercayakan kepadanya dengan tekun dan sungguh-sungguh, satu hal penting yang kita pelajari dan ketahui tentang Yusuf adalah bahwa: Tuhan menyertai Yusuf (Kejadian 39:2, 21, 23)

Kita harus selalu ingat akan pelajaran ini ketika kita mengalami masa-masa sukar dalam hidup kita, yaitu bahwa: Allah senantiasa menyertai kita dalam keadaan apapun walaupun kita merasa bahwa sepertinya Ia meninggalkan kita. Mungkin kita tidak dapat mengotrol setiap kesulitan yang kita hadapi, tetapi kita selalu memiliki pilihan mengenai apa dan bagaimana sikap yang akan kita pilih dalam menghadapi masalah tersebut. Kisah Yusuf di atas mengajak dan mendorong kita untuk percaya kepada Tuhan dan rencanaNya yang sempurna atas hidup kita. Dan pada akhirnya, seperti Yusuf, kitapun dapat melihat sesuatu yang luar biasa yang Allah kerjakan dalam hidup kita.

Jadi, apa respon Anda hari ini untuk setiap masalah dan pencobaan yang sedang Anda alami tersebut?

 

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Roma 8:28

 

Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya.” Pengkothbah 3:11a

 

Sumber: intouchdotorg

 

 

Team PH

_Tulisan ini dipersiapkan oleh Team Pelita Hidup.

  • pecinta yesus sejati

    June 29, 2015 #1 Author

    amiiiin

    Reply

  • minawasti

    June 27, 2015 #2 Author

    Amin, tk bwt renungannya, sgt menguatkan. TYM

    Reply

  • ian

    March 16, 2015 #3 Author

    Sy mau tanya kepada tim pelita hidup knp hidup sy semakin hari, semakin sulit padahal sy setiap hari minggu datang kegereja dan selalu ikut ibadah2 kategorial dan membantu pelayanan di gereja. Itu membuat sy jd ragu apakah tuhan yesus dan mujisat nya itu ada atau hanya cerita dongeng saja. Maaf bukan sy meragukan pelita kehidupan tp sy bingung sy sdh berdoa sampai berpuasa tp doa sy tdk dikabulkan. Sy tg jawaban nya semoga bs menguatkan kembali iman sy trims

    Reply

  • susiati

    March 16, 2015 #4 Author

    Amin…tetap percaya dan selalu percaya God is the best…

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *