Pelita Hidup Jangkau Dunia

Mengucap Syukur Kepada Tuhan Ketika Menghadapi Masalah

 

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!” (Filipi 4:4)

Ketika Rasul Paulus mengatakan, “Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan,” ia tidak mengatakan bahwa kita hanya harus bersukacita ketika segala sesuatunya baik. Bahkan ketika keadaan terasa begitu berat dan menekan, Alkitab mengajarkan bahwa kita tetap dapat bersukacita dengan mengikuti langkah sederhana berikut ini:

  • Jangan Kuatir Tentang Apapun Juga

Kuatir tidak akan merubah keadaan karena sama artinya dengan kesal tetapi tidak melakukan tindakan apa-apa. Tidak ada orang yang dilahirkan sebagai ‘si tukang kuatir’. Kuatir lebih merupakan sebuah tanggapan yang kita pelajari dalam hidup seiring dengan berjalannya waktu. Kita mungkin belajar kuatir dari orang tua kita, atau mungkin dari teman sepermainan kita atau mungkin juga kita belajar menjadi kuatir dari pengalaman hidup kita sebelumnya. Kabar baiknya adalah: karena kuatir merupakan sesuatu yang kita pelajari, maka kuatir juga dapat kita tinggalkan atau buang dari hidup kita.
*courtesy of PelitaHidup.com
Caranya? Mudah saja, kok. Yesus berkata dalam Matius 6:34, Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”

Hiduplah dari hari ke sehari dengan iman dan percaya kepadaNya.

  • Berdoalah Untuk Segala Sesuatu

Daripada terus menerus hidup dalam kekuatiran, lebih baik gunakan waktu yang ada untuk berdoa. Jika waktu yang Anda gunakan untuk berdoa sama dengan waktu untuk merasa kuatir, maka kekuatiran Anda akan makin berkurang dan berkurang. Apakah Tuhan peduli dengan cicilan mobil Anda? Jawabannya adalah ‘ya’. Ia sangat peduli dengan segala detil dari kehidupan Anda dan saya. Hal ini berarti bahwa kita dapat mengadukan semua masalah yang Anda hadapi kepada Tuhan melalui doa-doa Anda.

  • Mengucap Syukurlah Dalam Segala Hal

Ketika Anda berdoa, berdoalah dalam doa dengan ucapan syukur. Emosi manusia yang paling sehat bukanlah cinta  tetapi rasa syukur. Rasa syukur ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita yang membuat kita lebih tahan menghadapi berbagai tekanan hidup dan tidak rentan terhadap penyakit. Mereka yang penuh rasa syukur dalam hidupnya akan bahagia. Tetapi orang-orang yang tidak memiliki rasa syukur akan merasa hidup mereka tidak menyenangkan karena tidak ada satupun yang dapat membuat mereka merasa bahagia. Mereka tidak pernah merasa puas. Apapun yang mereka dapatkan atau capai tidak pernah cukup dan selalu terasa kurang. Jadi, jika Anda mulai mengolah, membina dan membudidayakan kebiasaan untuk memiliki rasa syukur; bersyukur atas apapun yang terjadi dalam hidup kita – sekecil apapun itu, ketahuilah bahwa beban dan tekanan hidup yang Anda rasakan akan berkurang.

  • Pikirkan Perkara Yang Baik dan Benar

Jika Anda ingin mengurangi tingkat stress dalam hidup Anda, maka Anda harus merubah pola pikir Anda terlebih dahulu. Mengapa demikian? Karena cara Anda berpikir sangat menentukan bagaimana perasaan Anda, dan perasaan Anda menentukan tindakan yang akan Anda lakukan. Alkitab mengajarkan bahwa jika kita ingin agar hidup kita berubah, kita harus merubah apa yang ada di dalam pikiran kita.

Untuk mencapai hal tersebut Anda harus dengan tenang dan sadar memilih untuk memikirkan apa yang baik dan benar saja. Kita harus memilih untuk selalu berpikir positif dan berpikir sesuai dengan firman Tuhan.



 

Apa hasil dari melakukan ke-4 hal tersebut di atas? Paulus mengatakan bahwa kita akan memiliki damai sejahtera dari Tuhan yang melampaui segala hal yang akan memapukan kita menjalani hari demi hari dalam hidup kita dengan penuh sukacita dan kemenangan. Siapkah Anda untuk menerimanya?
*courtesy of PelitaHidup.com
Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.(Filipi 4:)

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

 
*courtesy of PelitaHidup.com
 

 

 

 

 

 

 
*courtesy of PelitaHidup.com
Sumber: rickwarrendotorg

 


Team PH
Team PH_Tulisan ini dipersiapkan oleh Team Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 3 respon

  1. saya bangga dan bersyukur utk bacaan firman Tuhan ini karena benar benar memotifasi saya agar tradisi dan kebiasaan buruk hidup saya slama ini harus dirubah dan ditinggalkan tks !!

  2. Renungan ini sungguh sangat menguatkan saya. apa yang saya alami saat ini sama persis dengan apa yang di uraikan di renungan ini. Tapi terkadang sulit untuk bersukacita di tengah pergumulan… apalagi mengucap syukur.. tolong dukung doa untuk saya.. krn saat ini sy merasa tidak ada jalan keluar untuk permasalahan yg sedang sy hadapi… Thanks.. God bless you…

  3. FirmanNya pas dan mantap itu yg terjadi saat ini dlm hidup saya terima kasih pelita hidup…

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: