Pelita Hidup
  Nats Alkitab: Mazmur 121:1-6 Pencobaan dan masa-masa sukar akan selalu muncul dalam hidup kita. Sekalipun demikian, kita harus bersyukur karena kita dapat mengandalkan...

 

Nats Alkitab: Mazmur 121:1-6

Pencobaan dan masa-masa sukar akan selalu muncul dalam hidup kita. Sekalipun demikian, kita harus bersyukur karena kita dapat mengandalkan Bapa Surgawi untuk memberi pertolongan tepat pada waktunya ketika kita berada dalam masa kesesakan; Ia menjamin kita seperti yang tertuang dalam Mazmur 121:
Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku? Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi.” (ayat 1-2).

 Walaupun para perampok bersembunyi di bukit-bukit dan mengincar setiap musafir yang lewat, pemazmur tahu pasti ke mana ia harus meminta pertolongan. Demikian juga dengan kita, ketika menghadapi ketakutan, hal-hal yang belum kita ketahui, maupun pencobaan dan masa-masa sukar, Allah yang Maha Kuasa akan menopang kita (Mazmur 103:19) – bahkan ketika orang-orang terdekat maupun kenalan kita mengecewakan kita, atau bahkan ketika kita mengalami kegagalan, Ia tetap setia mendampingi kita.

 

Penjagamu tidak akan terlelap” (ayat. 3b)

Dengan adanya milyaran manusia yang ada di dunia, sulit bagi kita untuk memahami bagaimana Allah dapat mengerti setiap detil dari kehidupan kita, atau bagaimana Ia dapat mengetahui jumlah rambut di kepala kita. Namun, ayat ini dengan jelas menegaskan kepada kita bahwa Allah yang kita sembah selalu siap sedia, berjaga-jaga dan mengerti setiap aspek dalam kehidupan kita serta sangat memperhatikan setiap kebutuhan dari masing-masing kita.

 

Tuhanlah Penjagamu,” (ayat 5a)

Dalam bahasa Ibrani, kata “memelihara” berasal dari akar kata yang sama dengan kata “menjaga” dan “melindungi” Kita dapat umpamakan penggunaannya seperti pada keadaan ketika seorang ibu meminta tolong kepada orang yang ia percayai untuk “menjaga” anaknya sementara ia pergi. Sang ibu berharap agar orang kepercayaannya tersebut akan melindungi si kecil sekaligus memenuhi kebutuhannya. Allah berjanji untuk menjaga dan memelihara anak-anakNya yang berarti Allah akan membela kita, memenuhi setiap kebutuhan kita, mengasuh dan mendidik kita menjadi serupa denganNya serta menjaga dan melindungi kita dari si Iblis.

Tanpa janji dan jaminan tersebut, dunia akan terlihat seperti tempat yang sangat berbahaya sekaligus membuat kita merasa kesepian. Namun, karena Allah telah memberikan janji dan jaminanNya, kini kita dapat menghadapi segala hal yang belum pasti serta masa-masa sukar kita dengan penuh rasa percaya diri karena Ia akan selalu ada bersama kita, menjagai dan menolong kita. Amin.

 

 

 

 

 

 

 

Disadur dari: intouchdotorg

Team PH

_Tulisan ini dipersiapkan oleh Team Pelita Hidup.

  • jegesda sihite

    December 26, 2015 #1 Author

    Trimakasih buat renungan  firman Tuhan. Tuhan menyertai 

    Reply

  • Aston R

    February 11, 2015 #2 Author

    Terimakasih atas renungannya bahwa Yesus tetap menyertai kita walaupun kita dalam kesulitan

    Reply

  • susiati

    January 26, 2015 #3 Author

    Dlm Yesus ada jaminan yg sesungguhnya meskipun hidup penuh dgn kesukaran tp kita patut bersyukur krn Dia Bapa yg tau akn kita anak2 Nya

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *