Pelita Hidup Jangkau Dunia

Waspadai Pikiran Kita Sebagai Organ Rohani Paling Lemah

“Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang indah, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.” (Filipi 4:8)

Semakin Anda memikirkan suatu hal, maka hal tersebut akan semakin mencengkeram pikiran Anda dengan kuat, itulah sebabnya Alkitab mengajarkan pada kita bahwa kita harus “…. jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni” (2 Timotius 2:22).

Cobaan dan godaan dimulai dari menangkap perhatian Anda. Sesuatu yang menarik perhatian Anda berpotensi untuk membangkitkan emosi Anda. Selanjutnya, emosi tersebut akan memicu setiap perbuatan Anda dan Anda akan bertindak sesuai dengan apa yang Anda rasakan. Semakin Anda memusatkan perhatian pada “Aku tidak ingin melakukan ini” maka hal tersebut akan semakin menarik Anda ke dalam jeratnya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Mengabaikan cobaan atau godaan ternyata jauh lebih efektif daripada melawannya. Sekali pikiran Anda teralihkan pada hal lain, maka cobaan dan godaan tersebut tidak lagi berkuasa atas Anda. Jadi, ketika Anda menghadapi cobaan atau godaan misalnya melalui telepon, jangan berdebat, tutup saja teleponnya!

Seringkali hal ini juga berarti bahwa kita harus secara fisik meninggalkan atau keluar dari tempat terjadinya cobaan tersebut. Dalam hal ini tidak ada salahnya bagi Anda untuk melarikan diri dari cobaan tersebut. Berdiri dan matikan televisi Anda. Keluar dari kelompok yang suka bergosip. Tinggalkan bioskop walaupun film yang diputar belum selesai. Seperti peribahasa ‘bermain air basah, bermain api terbakar’ bukankah sebaiknya kita meghindari air dan api tersebut?

Secara roh, pikiran Anda adalah organ yang paling lemah. Untuk mengurangi cobaan dan godaan, penuhi pikiran Anda dengan Firman Tuhan dan hal-hal baik serta positif lainnya. Anda mengalahkan pikiran buruk dengan memikirkan hal-hal yang baik dan benar. Inilah prinsip dari proses ambil alih. Anda mengalahkan yang jahat dengan kebaikan  (Roma 12:21).



 Untuk Kita Renungkan

Ketika Anda sedang mengalami cobaan, apa yang akan Anda pikirkan untuk mengambil alih pikiran yang sedang dikuasai oleh cobaan tersebut? Apakah hal yang benar, mulia, adil, suci, indah dan sedap didengar, kebajikan dan sesuatu yang patut dipuji?
*courtesy of PelitaHidup.com
Jika Anda benar-benar ingin mengalahkan cobaan, Anda hanya harus mengatur pikiran Anda dan mengawasi porsi konsumsi berbagai media yang ada di masyarakat saat ini seperti media social, televisi dan lain sebagainya. Lalu, perubahan apa yang akan Anda lakukan menyangkut porsi konsumsi televisi, film dan media social Anda?

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

 
*courtesy of PelitaHidup.com
Sumber: rickwarrendotorg


Team PH
Team PH_Tulisan ini dipersiapkan oleh Team Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 1 respon

  1. terima kasih bt renungan hr ini sungguh sy diberkati utk selalu waspada trhadap pikiran krn saat sy membaca renungan ini kondisi pikiran sy tepat sprti yg di firmankn Tuhan shgga sy tdk lg berfikir negatif dgn cobaan yg sdng sy alami termakasih pelita hidup biarlh Firman Tuhan terus mnjdi pelita utk menerangi anak2Nya amin…

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: