Pelita Hidup Jangkau Dunia

Dipilih Untuk Menjadi Luar Biasa

“Ketika sidang itu melihat keberanian Petrus dan Yohanes dan mengetahui bahwa keduanya orang biasa yang tidak terpelajar, heranlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus.” Kisah 4:13

Setiap orang yang belajar mengenai karya Tuhan akan menyadari bahwa cara yang Tuhan gunakan untuk mencapai kehendakNya sangat berbeda dengan cara manusia. Masyarakat dan dunia secara umum akan mengatakan bahwa untuk melakukan tugas-tugas besar dibutuhkan seseorang yang luar biasa serta sumber daya yang banyak, tetapi Tuhan seringkali memilih apa yang dianggap kecil dan sepele oleh dunia untuk mencapai tujuanNya di bumi.

Contohnya, Tuhan Yesus memilih sekelompok orang yang tidak terkenal atau memiliki sesuatu yang mengesankan sebagai murid-muridNya; akan tetapi ketika mereka dipenuhi oleh Roh Kudus, mereka dapat “membalikkan dunia”.
*courtesy of PelitaHidup.com
Selama pelayananNya di bumi, Yesus memberi makan ribuan orang hanya dengan bekal seorang anak kecil yang jumlahnya sangat sedikit., dan Ia lebih memperhatikan 2 buah koin yang nilai nomimalnya kecil yang dipersembahkan oleh seorang janda dan menganggapnya sebagai sebuah persembahan yang lebih besar dibandingkan dengan semua persembahan orang lain yang jumlah nomimalnya besar.  (Baca Yohanes 6:5-12; Lukas 21:2-3).

Tuhan mengkhususkan diriNya untuk memakai orang-orang yang menurut pandangan masyarakat dunia secara umum tidak mampu menyelesaikan tugasNya. Musa adalah seseorang yang berumur 80 tahun yang memiliki gangguan pada kemampuannya untuk berbicara atau gagap yang dipakai Tuhan untuk membebaskan sebuah bangsa yang besar. Setelah Gideon bersembunyi dari musuhnya, Tuhan menjadikan ia sebagai seorang prajurit yang gagah berani. Daud adalah anak bungsu yang tidak diperhatikan oleh orang tuanya tetapi mampu membunuh seorang raksasa hanya dengan menggunakan sebuah batu kecil dan kemudian menjadi raja terbesar bangsa Israel.

Allah tidak mencari orang-orang yang memiliki kemampuan dan prestasi yang mengesankan, Ia mencari orang-orang yang memiliki kemauan dan yang dengan rendah hati bersedia berlutut kepadaNya dalam penyerahan diri. Menjadi orang biasa dan lemah tidak kemudian membuat Anda menjadi orang yang tidak berguna sama sekali. Justru sebaliknya, hal tersebut malah menjadikan Anda sebagai alatNya untuk mendemonstrasikan kekuatan ilahi yang ada di dalam hidup Anda. Allah menjadikan seseorang dengan kemampuan dan prestasi yang biasa-biasa saja menjadi seseorang yang luar biasa dan besar.



Pernahkah Anda berpikir bahwa kurang atau tidak adanya kemampuan, talenta serta keahlian dalam diri Anda merupakan sarana yang paling tepat bagi Allah untuk menunjukkan kuasa dan kemuliaan Tuhan Yesus? Jika Anda bersedia untuk mau berserah pada tuntunanNya dan berusaha masuk ke dalam ranah iman dan ketaatan yang secara manusia terlihat menakutkan tetapi sangat menjanjikan berkat, maka Allah akan melakukan hal-hal yang besar melalui Anda!

 
*courtesy of PelitaHidup.com
Sumber: intouch.com


Team PH
Team PH_Tulisan ini dipersiapkan oleh Team Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: