Pelita Hidup
“Tetapi dengan engkau Aku akan mengadakan perjanjian-Ku, dan engkau akan masuk ke dalam bahtera itu: engkau bersama-sama dengan anak-anakmu dan isterimu dan isteri anak-anakmu.”...

Rahasia Untuk Kuat Mengarungi Badai Kehidupan“Tetapi dengan engkau Aku akan mengadakan perjanjian-Ku, dan engkau akan masuk ke dalam bahtera itu: engkau bersama-sama dengan anak-anakmu dan isterimu dan isteri anak-anakmu.” Kejadian 6:18

Hidup ini bagaikan sebuah kapal yang mengarungi samudera laut yang begitu luasnya. Ketika cuaca sedang cerah, maka kapal dapat berlayar dengan lancer tanpa gangguan. Semua perkiraan berapa lama perjalanan akan ditempuh dan rute mana yang akan dilewati dapat dilakukan dengan akurat. Bahkan kita dapat menikmati betapa indahnya perjalanan yang kita lalui hingga tujuan.

Tidak demikian ketika kita berlayar dalam keadaan cuaca yang buruk. Hujan badai yang turun akan mengakibatkan gelombang yang sangat besar, sehingga kapal akan terombang-ambing dengan begitu dahsyatnya. Ombak yang sangat besar akan membuat perjalanan menjadi sangat tidak nyaman dan juga berbahaya. Perjalanan yang ditempuh akan memakan waktu yang lebih lama dan bahkan rute perjalanan juga dapat berubah.

Kapal kecil tidak akan bertahan mengarungi samudera yang sedang diterpa oleh badai. Mungkin saja kapal tersebut dapat tenggelam oleh ganasnya badai yang menerpa. Kapal yang lebih besar dan mempunyai teknologi yang lebih canggih akan dapat bertahan mengarungi badai yang hebat. Apalagi didukung oleh nakhoda yang berpengalaman, maka kapal itu akan dapat melalui badai dengan selamat.

Demikian juga hidup kita ini, hidup kita ibarat kapal yang sedang mengarungi lautan yang luas untuk mencapai suatu tujuan. Kita tidak akan pernah tahu kapan kita melalui cuaca yang cerah dan kapan kita melalui hujan badai. Perkiraan cuaca mungkin dapat memberi kita gambaran akan apa yang akan terjadi. Tetapi kita akan tetap melewatinya apakah cuaca sedang cerah ataupun buruk.

Selama hidup kita berpegang teguh kepada Tuhan, maka Dia akan menuntun setiap langkah hidup kita. Dia akan memberi kita hikmat atas apa yang akan kita hadapi. Bahkan Dia juga akan menyertai kita dalam setiap peristiwa yang akan kita alami, entah itu baik ataupun buruk.

Untuk dapat melewati badai kehidupan yang begitu dahsyat, kita juga membutuhkan kapal yang besar dan kuat yang dapat mengarungi badai seburuk apapun. Tuhan ingin agar kita membangun bahtera kehidupan agar dapat mengarungi lautan yang luas dan bahkan melalui semua badai kehidupan yang pernah ada. Bangunlah bahtera kehidupan kita dengan membina keintiman dengan Tuhan. Berdoa senantiasa kepadaNya, baca FirmanNya setiap hari dan lakukan apa yang menjadi perintahNya, dengan demikian kita membangun bahtera kita untuk siap mengarungi lautan kehidupan. Semakin rutin kita membangun keintiman dengan Tuhan, semakin kuat bahtera kehidupan yang kita bangun.

Jadikanlah Yesus sebagai nahkoda kehidupan kita, biarlah Dia yang menuntun arah langkah hidup kita. Melalui setiap Firman yang kita baca, maka Tuhan akan memperdengarkan suaraNya. Dan setiap Firman yang kita dengar merupakan hikmat yang Dia berikan bagi kita untuk menuntun hari-hari kita. Biarkan Tuhan yang membawa kita mengarungi lautan untuk mencapai tujuan.

Bina keintiman dengan Tuhan agar kita dapat senantiasa berada di dalam bahtera kehidupan dan jadikan Yesus sebagai nahkoda hidup kita, sehingga kita dapat melalui berbagai macam masalah yang ada. Haleluya!

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • nugroho

    July 24, 2015 #1 Author

    Dibalik badai ada rencana dan berkat Tuhan yg melimpah,kita akan naik kelas.

    Reply

  • RMT

    May 9, 2015 #2 Author

    Keintiman dengan Tuhan Yesus maka Ia akan selalu menuntun kita dalam setiap pergumulan kita. Amin

    Reply

  • Friska Damayanti

    April 9, 2015 #3 Author

    trimakasii Ats rNuangan Dan Firmannya.
    tUHAN yESUS Memberkati.

    Reply

  • Ferdinan Lowen

    January 29, 2015 #4 Author

    Shalom!
    Terima kasih buat artikelnya.ini sangat bermanfaat.smangat melayani.Tuhan Yesus Memberkati

    Reply

  • bambang

    January 26, 2015 #5 Author

    Shalom..tks renunganya kiranya kasih karunia dan damai sejahtera Allah senantiasa melimpah atas kita smua yg menaruh pengharapan padaNYA. IMANUEL

    Reply

  • Jansakti

    January 20, 2015 #6 Author

    Tuhan tidak lalai menepati janji penyertaan-Nya,,kadang kita tidak setia…TUHAN tetap setia….dasyat…

    Reply

  • dewi

    November 21, 2014 #7 Author

    Saat badai dtg TUHAN Alan membawa kit terbang tinggi

    Reply

  • Nita

    October 6, 2014 #8 Author

    Tks..renungan yang indah, semoga membuat kita semakin giat membangun  kehidupan yang kuat didalam Tuhan Yesus penolong kita.

    Reply

  • Mitchell

    September 17, 2014 #9 Author

    Renungan yang sangat bagus. Sangat menguatkan saya .
    Terima kasih 
    Tuhan memberkati.

    Reply

  • Yenni

    September 12, 2014 #10 Author

    Kalau mau selamat, badainya harus dllalui.

    Reply

  • Hardjono

    July 29, 2014 #11 Author

    Keintiman dengan Tuhan adalah membawa Yesus di dalam bahtera kehidupan kita sehingga bahtera kita tidak pernah tenggelam oleh badai sebesar apapun

    Reply

  • Marali Banjarnahor

    July 17, 2014 #12 Author

    Badai dan gelombang dalam perjalanan hidup , juga merupakan ujian , sehingga setiap orang yang selamat akan menjadi lebih kuat dalam menjalani langkah hidup berikutnya. amin

    Reply

  • Luisa

    July 16, 2014 #13 Author

    Hidup kita bagaikan kapal yang sedang mengarungi lautan samudera yang luas, dimana kita tidak dapat memperkirakan apakah kita akan mencapai pelabuhan tujuan tanpa mengarungi cuaca buruk atau badai. Untuk mencapai pelabuhan tujauan dengan selamat, maka undanglah Yesus sebagai Nahkoda hidup kita yang sejati. Thanks buat renungan yang indah ini. Tuhan Yesus berkati.

    Reply

  • rohani afnita malau

    July 11, 2014 #14 Author

    syaloom ,trimakasih ats semua arahan renungan tersebut,tpi rohani pingin mau cari jawaban dri rumah tangga rohani,bgi siapapun jemaat tuhan yg bisa ngasih jalan bgi rohani,rohani pasti sangat beruntung,masalah rumah tangga rohani sebenarnya udh mulai bagus tpi ada org lain yg menghancurkannya,bg jemaat tuhan yg terkasih dlm nama tuhan,gmn ya cara mengusir muslihat hitam

    Reply

  • marcus

    July 10, 2014 #15 Author

    Terima kasih untuk Renungan dan Firmannya.. membuat Saya Kuat dalam menjalani badai kehidupan ini amin…

    Reply

  • susiati

    May 29, 2014 #16 Author

    Betul sekali seperti kapal yg mngarungi samudra dn mlwati badai bgtu jg hidup itu sebuah prjuangan utk smpai pd tujuan jgn prnh andalkn diri sndri mlainkn andalkn Yesus dlm sgla hal di jamin psti smpai dn slmat….Gbu

    Reply

    • rohani afnita malau

      July 11, 2014 #17 Author

      syaloom,trimakasih mungkin hanya itu jalan yg harus rohani lakukan,bgi jemaat tuhan yg terkasih dlm nama tuhan mohon bantu doanya agar rumah tangga rohani bisa damai sejahtera dan terlindung dri org yg berbuat mistik hitam,dan rohanipun slalu tetap berdoa ,biarlah damai sejahtera tuhan yg slalu menyertai kita semua,berkat anuhgrahnya tetap melimpah dlm kehidupan kita semua,dlm nma tuhan yesus kita semua diberkati dan dibimbing,amin.

      Reply

  • edward ati

    May 28, 2014 #18 Author

    YA AMIN. Kiranya dapat hantar terus ke email saya seperti tertulis mohon berbertuk power point slide show.

    Reply

  • bambank

    May 27, 2014 #19 Author

    makasih atas firmanNya, Tuhan memberkati

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *