Pelita Hidup
Yesus Adalah Penolong & Penghibur Yang Setia Yesus Adalah Penolong & Penghibur Yang Setia
“Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!” Mazmur 42:6... Yesus Adalah Penolong & Penghibur Yang Setia
Yesus Adalah Penolong & Penghibur Yang Setia

Yesus Adalah Penolong & Penghibur Yang Setia (photo courtesy of justcris.com)

“Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!” Mazmur 42:6

Bacaan: 2 Tawarikh 20:1-26

Seberapa banyak umat Kristen yang senantiasa berada dalam masalah? Tentu semua umat Tuhan akan menghadapi berbagai masalah selama kita masih hidup. Tidak ada satupun yang dapat hidup tanpa melalui masalah.
Yang paling penting adalah bagaimana kita menjalani dan keluar dari masalah itu? Apakah kita akan menggunakan kekuatan kita sendiri untuk berusaha keluar dari masalah tersebut? Apakah kita akan menggunakan cara-cara duniawi yang tidak berkenan kepada Tuhan untuk cepat keluar dari masalah tersebut?

Yosafat memberi kita pelajaran yang berharga bagi kita pada saat kita mendapat masalah dan tekanan yang begitu berat. Yosafat mengajarkan kita untuk berharap kepada Tuhan yang merupakan penolong dan penghibur yang setia.

Apa yang dilakukan Yosafat pada saat mendapat masalah yang begitu berat?

1. Cari Tuhan

Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN.” 2 Tawarikh 20:3a

Yosafat mendapat serangan dari musuhnya pada saat itu. Dia tahu bahwa musuhnya merupakan lawan yang berat. Dia menjadi sangat ketakutan, tetapi dia mengambil keputusan yang tepat pada saat itu, mencari Tuhan.

Seberapa besar kekuatan yang kita miliki? Seberapa mampu kita mengatasi masalah yang kita hadapi? Ada saat-saat dimana kita tidak dapat mengatasinya dengan tenaga dan kekuatan kita sendiri. Datanglah pada Tuhan, carilah wajahnya. Biarlah mata kita tertuju kepadanya.

Jangan tergiur dengan cara-cara duniawi yang memberikan jalan pintas. Mungkin pada awalnya cara-cara seperti itu memberi jalan keluar, tetapi semua hal duniawi hanya akan membawa kita kepada kehancuran.

Tuhan ingin agar kita datang kepadaNya. Tuhan rindu agar kita mendekat kepadanya. Datanglah pada Yesus, maka Dia akan menolong dan menghibur diri kita.

.

2. Mata Tertuju Kepada Tuhan

Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu.” 2 Tawarikh 20:12b

Musuh yang datang menyerang Yosafat dan bangsanya merupakan laskar yang sangat besar, yang susah untuk dikalahkan. Walau demikian, Yosafat tidak fokus kepada lawannya yang berat itu, tetapi Yosafat belajar untuk memfokuskan dirinya kepada Tuhan. Dia tidak melihat apa yang ada di depan matanya. Dia belajar untuk mengarahkan matanya kepada Tuhan.

Arahkan mata iman kita kepada Yesus. Jangan terpengaruh oleh keadaan sekeliling kita. Walaupun keadaan tidak berjalan seperti yang kita inginkan, tetap arahkan mata kita kepada Yesus.

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.” Ibrani 11:1

Janganlah kamu takut dan terkejut karena laskar yang besar ini, sebab bukan kamu yang akan berperang melainkan Allah.” 2 Tawarikh 20:15b

Kita dapat melihat bahwa Tuhan memberikan kemenangan besar kepada Yosafat. Mari belajar untuk percaya kepada Tuhan. Berharaplah kepada Tuhan, maka Dia akan memberikan jawaban bagi setiap masalah yang kita hadapi.

.

Di saat tidak ada yang menolong, Yesuslah pengharapan kita. Dia yang menolong dan menghibur kita. Dia adalah Tuhan yang setia, yang tidak akan meninggalkan kita. Dia akan menyertai jalan hidup kita, Dia akan menuntun kita dan memberi kita kekuatan. Dia menghibur kita di saat kita sedih dan berada dalam kesesakan.

Badai kehidupan boleh datang menerpa, tetapi kita tidak boleh takut. Walaupun secara fisik kita tidak melihat perubahan apapun, kita harus belajar beriman bahwa Dia, Yesus, sedang mengulurkan tangannya untuk menolong kita. Dia selalu ada bagi kita. Haleluya!

.

“Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.
Sebab itu kita tidak akan takut, sekalipun bumi berubah, sekalipun gunung-gunung goncang di dalam laut;
sekalipun ribut dan berbuih airnya, sekalipun gunung-gunung goyang oleh geloranya.” Mazmur 46:2-4

Thanks to Jacqlien Celosse for your blessing testimony.
Watch here: http://www.youtube.com/watch?v=3k25rdKsN0Y

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • naci atty

    August 8, 2015 #1 Author

    Tuhan Yesus yg luar biasa, aku mengucap syukur krn hri aku di kuatkan dan bhkan di kinyangkan dgn FirmanNya untuk mampu mengawali hari yg baru ini dan jga kehidupan yg baru, pikiran yg baru…Thank God

    Reply

  • Viena

    May 12, 2015 #2 Author

    Aku percaya Allahku Mahakuasa, tidak sedetikpun aku lepas dari pandangan Nya, disaat aku  tak berdaya hanya kepada Yesusku yang sanggup menolong, aku yakin Dia ada didepanku yang menuntun hidupku, Bapaku tetap setia menopang dan memberi kekuatan kepadaku. Aku bersyukur menjadi anakMu, Kasih setiaMu tidak pernah meninggalkanku. Trimakasih yesusku.

    Reply

  • nova

    May 1, 2015 #3 Author

    Tuhan Yesus Baik…..dalam setiap kesesakan Dia tak perna membiarkan ….pertolingan selalu di brikan-NYA
    Godbless;

    Reply

  • seber lepi

    April 30, 2015 #4 Author

    terima kasih tuhan yesus engkau suda mengatakan bahwa marilah kepada-ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat,Aku akan memberikan kelegahan kepadamu untuk itu saya mengucap syukur kepada tuhan yang mahakuasa

    Reply

  • yanti

    March 31, 2015 #5 Author

    Carilah dahulu Kerajaan Allah, maka semuanya akan di tambahkan kepadamu

    Reply

  • yanti

    March 31, 2015 #6 Author

    YESUS ku luar biasa

    Reply

  • Januasi Frenheit Hutabarat

    March 17, 2015 #7 Author

    Tuhan Memberkati kita semuanya Amin.

    Reply

  • Januasi Frenheit Hutabarat

    March 17, 2015 #8 Author

    Tuhan Yesus Kristus adalah penolong semuanya umat manusia di dunia ini. Tuhan akan datang kedua kalinya seperti yang Tuhan katakan kepada manusia. Untuk menebus umat-umatnya yang tidak berdosa. Tuhan Memberkati kita semuanya Amin.

    Reply

  • sri ayu

    January 15, 2015 #9 Author

    Tuhan Yesus Luar Biasa ….
    Tiada terukur besar kasih setiaMu Tuhan….
    panjang dan lebarnya melebihi lautan..jauh tinggi mengatasi langit, dalamnya tak dapat kuselami..
    Kasih setiaMu besar selamanya..
    Kasih setiaMu besar selamanya…
    hatiku bersyukur jiwaku memuji mulutkupun bersorak memuji Engkau..
    Yesus…ajaib perbuatanMu..besar anugrahMu..
    Tak kan berhenti ku memuji namaMu…
    tdk akan pernah cukup hanya pujian Bapa…
    Engkau begitu Heran….Haleluyaaa…

    Reply

  • Febry

    December 27, 2014 #10 Author

    Luar biasa dan terberkati

    Reply

  • Jemmy

    December 5, 2014 #11 Author

    Yesus adalah penolong dan penghiburku..disetiap kesesakan juga dalam kesedihan dan Duka Yesus selalu ada di sampingku dan memegang tanganku.. Terima kasih Tuhan Yesus atas Penyertaanmu di setiap langkah kehidupanku..

    Reply

  • Christian

    December 1, 2014 #12 Author

    Sangat memberkati GBU 🙂

    Reply

  • kasirin

    July 21, 2014 #13 Author

    Lebih baik menjadi penolong dari pada ditolong, lebih baik menghibur dari pada dihibur

    Reply

  • Remington

    May 18, 2014 #14 Author

    Dalam setiap msalah yesus adalah jawaban.jgn pernah berpaling darinya GBU

    Reply

  • kristin

    May 15, 2014 #15 Author

    Sunguh indah pertolongan Tuhan datang tepat pada waktumya ,disaat saya terjepit ,dan disaatt saya merasa seakan2 tidak berdaya tapi didalam kebingungan, Tuhan mengulurkan tangannya dan memegang saya dan berbisik kepada saya untuk tetap memandang kepadanya .

    Reply

  • kristin

    May 15, 2014 #16 Author

    Treimah kasih Tuhan jesus engkau baik ,kasihmu dan pertolonganmu yang sungguh luar biasa .

    Reply

  • sondang saragih

    April 25, 2014 #17 Author

    saat segala sesuatu terasa berat dan sulit… saat semuanya terlihat gelap… Yesusku ada disana mengulurkan tanganNya untuk menolongku. Yang kulakukan hanya percaya agar aku diteguhkan. What a wonderful God You’ve been to me, Lord Jesus.

    Reply

  • Yansenos

    April 12, 2014 #18 Author

    Terima kasih banyak untuk renungan hariannya. Renungan ini begitu menyentuh hati saya. Karena Hari ini saya sudah menyakiti seseorang yang sangat baik hati dan jujur. Setelah saya ditinggalkan, baru saya sadar betapa sakitnya perasaan saya dan betapa menyesal saya telah menyakiti dia. Semalaman saya hanya bisa menangis dan terkulai sakit. Tetapi disaat saya berdoa buat Yesus saya dikasih renungan yg sangay luar biasa “Yesus adalah penolong dan penghibur yang setia “. Terima kasih Tuhan Yesus Engkau tidak pernah meninggalkan anak piatu terlarut dalam kesedihan. Terima kasih Yesus… 🙂

    Reply

  • samuel lumowa

    April 8, 2014 #19 Author

    kasih Tuhan tanpa syarat, pertolongan Nya tidak pernah terlambat…

    Reply

    • indrawati

      April 8, 2014 #20 Author

      Puji Tuhan karena Kasih Nya sangat luar biasa memang Tuhan adalah segalanya bagiku ,Nahkoda dalam Hidupku pokoknya segalanya bagiku

      Reply

  • s.nababan

    April 3, 2014 #21 Author

    Terimakasih Tuhan Yesus bertahtalah Engkau dalam hidup ku,kuserahkan kehendak Mu dalam hidup ku ..Amin.

    Reply

  • aby

    March 30, 2014 #22 Author

    Thanks God for being my God. tak terselami ya Allah semua perbuatanMu. Mari tinggalah sertaku hri ini dan selalu.

    Reply

  • SANTHY RADIENA

    March 26, 2014 #23 Author

    Puji Tuhan kita bangga miliki Tuhan Yesus yang sungguh luar biasa, kasih-Nya kepada kita tidak dapat diukur dan kekuatan serta perlindunganNya selalu Tuhan berikan kepada orang-orang yang dikasihiNya.

    Reply

  • frans roberth

    March 24, 2014 #24 Author

    trims… kami di kenyangkan dengan sabda kebenaran dikala kami kami akan memulai tugas dan tanggung jawab

    Reply

  • Octavianus L

    March 10, 2014 #25 Author

    Banyak hal yang dihadapi didunia ada berat dan ringan bagaimana kita menghadapinya, trimakasih Tuhan Yesus yang telah menolong saya dengan tidak memandang berat atau ringan persoalan yang dihadapi, Tuhan Yesus tetap menolong.
    Tapi saat ini walaupun sudah diserahkan kepada Tuhan, tetap masalah itu slalu muncul, kapan saya hidup tanpa masalah………?

    Reply

  • hanny

    March 7, 2014 #26 Author

    Iman yg bertumbuh adl iman yang sanggup bersandar total pd Tuhan….trima kasih buat renungan hari ini…….

    Reply

  • jein

    March 5, 2014 #27 Author

    Terima kasih atas renungan yang memberi kekuatan dan pengharapan dalam meghadapi setiap masalah kehidupan dan pasti renungan ini dapat juga memberi kekuatan bagi setiap yang membacanya. Terpujilah nama Tuhan.

    Reply

  • Hosea

    March 2, 2014 #28 Author

    terimakasih. memberikan saya pencerahan

    Reply

  • susiati

    March 2, 2014 #29 Author

    dalam segala perkara Tuhan pnya rencana….ttp setia dn taat itulh kunci dibukanya pintu mujizat setiap mslh yg ada ttp andalkn Yesus krn Dialh penolong yg sejati trimaksh br renungannya sngt memberkati…

    Reply

  • bambang

    March 2, 2014 #30 Author

    Tuhan Yesus dahsyat luar biasa du kala kita msh hdp dlm dosa DIA sudah berkorban bagi kita di atas kayu salib.   Tuhan Yesus tak kan pernah meninggalkan kita…marilah kita tetap setia padaNYA…krn DIA Allah Imanuel GBU ALL

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *