Pelita Hidup Jangkau Dunia

Apa Kata Alkitab Tentang Kencan?

Apa Kata Alkitab Tentang Kencan

photo courtesy of huffingtonpost.com

Coba ketik kata “kencan” atau “pacaran” dalam alat pencarian Alkitab, apakah ada yang muncul? Tidak ada. Ketika saya masih lajang , saya berharap ada sebuah kitab dari Alkitab yang membahas topik ini, atau setidaknya sebuah pasal. Meskipun Alkitab dipenuhi dengan kebenaran mendasar untuk kehidupan, masih ada beberapa topik yang tidak tersentuh ketika datang untuk mencari perspektif alkitabiah.

Bahkan saya harus tertawa sendiri setiap kali ada orang yang meminta saya untuk memberikan perspektif Alkitab tentang kencan. Tidak hanya tidak disebutkan mengenai topik tersebut, tetapi konsep kencan bahkan tidak ada pada zaman Alkitab . Bahkan saat ini di budaya Timur Tengah, kencan adalah sebuah konsep yang relatif baru.
*courtesy of PelitaHidup.com
Konsep modern dari “kencan” tampak jauh berbeda 2.000 tahun yang lalu . Proses bertemu pasangan memiliki sangat sedikit hubungannya dengan kecocokan dan kepribadian, dan semuanya harus dilakukan melalui garis keturunan keluarga dan status ekonomi. Mencari jodoh pada jaman Alkitab lebih banyak seperti sistem barter daripada makan malam dan nonton film. Jika kita benar-benar ingin “kencan Alkitabiah” (seperti jaman dahulu), maka pertemuan malam minggu di Starbucks mungkin akan perlu menyertakan seluruh keluarga besar, mas kawin, beberapa ratus keledai, kambing, dan domba. Aku tidak tahu tentang Anda, tapi terdengar cukup aneh untuk kencan pertama.

Meskipun Alkitab tidak berbicara langsung tentang kencan, tetapi Alkitab cukup banyak menyinggung mengenai hubungan, interaksi rohani, dan prinsip-prinsip yang dapat diterapkan bagaimana Anda dapat berkencan saat ini.

1 Korintus 10:31 mengingatkan kita bahwa apapun yang kita lakukan, dapat digunakan sebagai sarana untuk memuliakan Allah. Alkitab menyatakan dengan jelas bahwa hidup bukan hanya tentang “melakukan” dan “larangan”, masih banyak lagi tentang melakukan apa yang menguntungkan, sehat dan benar ( 1 Korintus 10:23 ).



Jadi apa artinya ketika dikaitkan dengan kencan? Bagaimana kencan dapat dilakukan dengan cara yang sehat dan benar?

1 . Menjadi orang yang sehat : Cara terbaik untuk memiliki hubungan kencan yang sehat adalah menjadi orang yang sehat. Firman Tuhan mengingatkan kita tentang perlunya bagi kita untuk membuang dosa-dosa lama dan kebiasaan buruk. Tinggalkan semuanya itu dan jadi baru setiap hari (Efesus 4:22-24).
Menjadi lebih seperti Kristus membuat kita berinteraksi dengan orang lain dengan mencerminkan kasih, penyembuhan, dan keutuhan. Ini adalah langkah ke arah yang benar ketika kita ingin menjalankan kencan dengan baik.
*courtesy of PelitaHidup.com
2 . Berkencan dengan orang yang sehat : Firman Allah mengingatkan kita tentang pentingnya berhubungan dengan orang-orang yang sejalan dengan kehidupan rohani kita (2 Korintus 6:14 , 1 Korintus 15:33) .
Suatu hal yang nyata tentang hubungan adalah semakin sehat seseorang secara emosional dan spiritual, semakin sehat hubungan yang akan dibinanya. Terapkan kebenaran ini untuk kencan dengan orang yang memiliki tingkat yang sama seperti Anda baik secara rohani dan emosional .

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

3 . Kencan sebagai kesempatan untuk mendukung orang lain : Tidak peduli di mana kita berada atau dengan siapa kita ada, lebih dari segalanya kita dipanggil untuk mencerminkan kasih Allah, mendorong dan membangkitkan semangat orang-orang di sekitar kita (1 Tesalonika 5:11).
Sangat penting untuk diingat bahwa kencan bukan merupakan sarana untuk membawa orang lain mengenal Yesus. Tetapi tetap masih ada kesempatan untuk mendukung, mendorong dan mengangkat mereka dalam setiap hubungan yang kita bina.
Interaksi yang sehat dalam membina hubungan dengan orang lain tentunya akan menghindari kita dari penyesalan, apapun hasilnya dalam jangka panjang.
*courtesy of PelitaHidup.com
4 . Menjaga batas-batas fisik : Seluruh isi Alkitab mengingatkan kita tentang makna hubungan fisik dalam konteks komitmen pernikahan (Ibrani 13:4 , Kidung Agung 8:4). Kencan juga berarti bahwa kita menghormati dan menghargai bagian dari pernikahan di masa depan kita dengan menetapkan batas-batas fisik dan batas-batas ketika berinteraksi dengan lawan jenis .

5 . Bawa kepada Tuhan : Sangat mudah jika kita menyertakan Tuhan dalam kehidupan rohani kita, tapi mengapa kita tidak menyertakan Dia dalam hubungan kita juga? Firman Tuhan selalu menghimbau kita untuk membawa segala kebutuhan kita, keprihatinan , dan keinginan kita kepada-Nya (Matius 7:7) . Dia peduli pada hal-hal yang menjadi perhatian kita, dan Dia rindu untuk berhubungan dengan kita dengan cara yang penuh arti . Hubungan kita dapat menjadi instrumen yang membawa kita lebih dekat dengan Allah, karena kita mencari-Nya kebijaksanaan , bimbingan, dan penegasan sepanjang jalan hidup kita (Mazmur 34:10).

Jadi di mana pun kita berada dalam dunia kencan, ingatlah bahwa tidak ada hal seperti “Kencan Kristen”, yang ada hanya orang Kristen yang ingin atau sedang kencan. Sudah waktunya untuk melepaskan tekanan untuk mencoba kencan secara “alkitabiah” dan sebagai gantinya melihat keseluruhan interaksi kita dengan orang lain sebagai kesempatan untuk berhubungan dengan Tuhan, untuk menjadi yang terbaik , dan mencerminkan Dia kepada orang-orang Dia bawa ke dalam kehidupan kita .

Sumber: crosswalk.com (by Debra K. Fileta)


Penulis Tamu
Penulis Tamu_Tulisan ini disumbangkan oleh pembaca Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 2 respon

  1. jaman sekarang kebanyakan mengabaikan renungan harian kristen….

  2. Menjaga kekudusan adalah yg Terpenting di dalam hubungan kita dengan sesama manusia..terlebih lagi dalam hal berkencan menjaga kehormatan dan kekudusan adalah hal yg mutlak di dalam kekristenan. Ingatlah DIA senantiasa memandang dlm kehidupan kita. IMANUEL

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: