Pelita Hidup Jangkau Dunia

Raih Manfaat Dari Baca Alkitab Setiap Hari

“Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.” Mazmur 1:1-3

Rasul Yohanes dalam Kitab Wahyu menulis, “Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.” (Wahyu 1:3). Ada manfaat yang tak terhingga yang akan didapatkan oleh orang yang membaca, merenungkan, mempelajari dan mengaplikasikan Firman Allah setiap hari. Itu sebabnya setiap orang Kristen sangat dianjurkan untuk membaca Alkitab sehari-hari.

Motivasi dan faktor utama yang membuat seseorang selalu membaca Alkitab setiap hari adalah dedikasi yang penuh kasih kepada Tuhan dan keinginan untuk menuruti kehendak-Nya. Kadang manusia menyesali apa yang telah berlalu dalam hidupnya, namun membaca Alkitab tidak akan pernah disesali.
*courtesy of PelitaHidup.com
Pemazmur mengingatkan, “Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.” (Mazmur 1:1, 2)

Manfaat membaca Alkitab setiap hari:

1. Agar mengetahui apa yang berkenan kepada Allah



“Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu.” (2 Timotius 2:15).

Agar mengenal Allah lebih dalam menuntut kita harus mengenal firman-Nya, sebab Allah telah mengungkapkan Diri-Nya melalui firman-Nya. Rasul Paulus mengingatkan orang Kristen agar “jadilah penurut-penurut Allah seperti anak-anak yang kekasih …” (Efesus 5:1). Bagaimana ini bisa dilakukan jika kita tidak “mengerti kehendak Tuhan”? (Efesus 5:17)
*courtesy of PelitaHidup.com
2. Akan menolong orang Kristen agar dapat mengajar orang lain

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat.” (1 Petrus 3:15).
*courtesy of PelitaHidup.com
Kita mempersiapkan diri dengan membaca dan mempelajari Kitab Suci sesering mungkin. Kita harus menolong orang lain agar mereka juga mengenal dan menaati Kabar Baik itu.

3. Akan menguatkan iman

Rasul Petrus mendorong: “Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.” (2 Petrus 3:18).

Kerohanian orang Kristen bertumbuh dengan mempelajari dan mengamalkan firman Allah setiap hari (Roma 10:17). Ingatlah nasihat Rasul Paulus berikut ini, “Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya.” (Kisah Para Rasul 20:32).

 

Perhatikanlah, Firman yang menguatkan, Firman yang menyelamatkan. Karena Allah telah menyatakan kehendak-Nya kepada manusia melalui Alkitab, dan karena keselamatan jiwa didasarkan dan bergantung pada ketaatan kepada Firman-Nya (Yohanes 12:48).

Oleh Marolop Simatupang
*courtesy of PelitaHidup.com
Renungan ini disumbangkan oleh pembaca Pelita Hidup


Penulis Tamu
Penulis Tamu_Tulisan ini disumbangkan oleh pembaca Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 3 respon

  1. Melva Erisda Sidauruk
    Thursday 7 November 2013, 5:34 pm

    Firman Tuhan adalah pelita yang menerangi hati dan menguatkan,Pujilah Tuhan dan ucapkan syukur setiap saat dalam hidupmu

  2. Membaca dan merenungkan Firman Tuhan serta berdoa setiap hari, biarlah merupakan rutinitas kita sebelum kita mengadakan aktifitas kita hari lepas hari.  Saya aminkan bahwa Firman Tuhan menguatkan dan menyelamatkan, terlebih lagi Allah menyatakan kehendak-Nya melalui Alkitab (Firman Tuhan)
    Haleluyah….luar biasa renungan Firman Tuhan dan saya merasa selalu diberkati melalui Renungan Harian Pelita Hidup…God Bless

  3. Firman Tuhan senantiasa memberi kekuatan dan damai sejahtera dlm.kehidupan sehari2 marilah kita renungkan firmanNYA tiap hari agar kita semakin mengenal kasihNYA.

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: