Pelita Hidup Jangkau Dunia

Rahasia Untuk Tetap Kuat Dalam Kondisi Yang Berat

Rahasia Untuk Tetap Kuat Dalam Kondisi Yang Berat

photo courtesy of chessonline.eu

“Berbahagialah orang, yang menaruh kepercayaannya pada TUHAN, yang tidak berpaling kepada orang-orang yang angkuh, atau kepada orang-orang yang telah menyimpang kepada kebohongan!” Mazmur 40:5

Menaruh kepercayaan kepada Tuhan merupakan suatu hal yang mudah dilakukan ketika kita berada dalam keadaan baik-baik saja, hampir semua kebutuhan tercukupi, dan apapun yang kita inginkan dapat dicapai dengan mudah.
*courtesy of PelitaHidup.com
Tetapi berbeda halnya jika kita sedang berada dalam kesulitan. Bukan hal yang mudah bagi seseorang untuk dapat lagi berharap sepenuhnya kepada Tuhan ketika dia melihat bahwa masalah yang dihadapinya sudah sangatlah berat dan sulit diatasi.

Keadaan ekonomi yang tidak kunjung baik, kondisi pekerjaan yang ada tidak seperti yang diharapkan, bisnis tidak berjalan baik, bahkan menuju kebangkrutan, keluarga sudah tidak harmonis, anak memberontak dan bermasalah, jodoh tidak kunjung datang, hutang menumpuk dan masih ada segudang masalah yang dapat membuat umat Tuhan menjadi setengah percaya kepada Tuhan.

Apa yang harus dilakukan umat Tuhan pada kondisi yang berat seperti ini? Berikut rahasianya untuk tetap kuat di dalam kondisi yang berat:

1. Tetap Percaya

Tetaplah berharap kepada Tuhan. Jangan tergoda dengan berbagai jalan pintas yang ditawarkan oleh dunia ini, yang justru akan menarik kita semakin jauh dari Tuhan.



Ketika kita berada di luar lingkaran perlindungan Tuhan, maka segala berkat-berkatNya juga akan tertahan bagi kita. Oleh karena itu tetap berlindung dan percaya kepada Tuhan, agar kita dapat tetap menerima berkat yang telah Tuhan sediakan bagi kita.

Dunia boleh berkata bahwa sudah tidak mungkin lagi ada jalan keluar bagi masalah kita. Tetapi Firman Tuhan berkata bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, dan tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya kepada Dia (Lukas 1:37, Markus 9:23. Tetaplah percaya, karena mujizat masih ada!
*courtesy of PelitaHidup.com
.

2. Tetap Lakukan Yang Terbaik

Seringkali umat Tuhan menyerah di saat-saat yang justru menuntut kita untuk dapat melakukan yang terbaik. Ada waktu dimana Tuhan ingin melihat ketekunan kita. Ketika kita tetap melakukan yang terbaik justru di saat kita dalam kondisi tertekan, kita akan melihat kuasa Tuhan bekerja dalam hidup kita. Dia akan memberi kita kekuatan baru, Dia akan menyertai langkah kita dan Dia akan memberi kemenangan bagi kita. Jangan menyerah di saat kita harus tetap berjuang.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Ingat kisah bangsa Israel yang akan masuk ke Tanah Perjanjian? Mereka melihat bahwa bangsa yang menduduki tanah tersebut memiliki perawakan yang besar-besar seperti raksasa. Mereka merasa kecil bagaikan seekor belalang (Bilangan 13:33).
*courtesy of PelitaHidup.com
Bangsa Israel yang ketakutan melihat musuhnya dan berkata tidak mungkin mereka dapat memasuki tanah tersebut, sama sekali tidak pernah masuk ke Tanah Perjanjian.

Hanya Kaleb dan Josua yang tetap percaya bahwa mereka dapat memasuki dan merebut Tanah Perjanjian tersebut. Mereka tidak menyerah di saat segala sesuatu menjadi tidak mungkin. Dan Tuhan benar-benar memberikan hadiah atas kegigihan mereka. Dari angkatan mereka, hanya mereka berdua yang memasuki Tanah Perjanjian.

Apapun yang menjadi masalah dan kesulitan yang kita alami saat ini, jangan pernah takut dan jangan pernah membuat kita mundur. Tetap lakukan apa yang terbaik. Jika kita bekerja, tetap lakukan pekerjaan kita sesulit apapun. Jika kita berbisnis dan sedang menuju kebangkrutan, tetap jalankan bisnis kita dengan meminta hikmat dari Tuhan. Jika kita mempunyai banyak hutang, tetap lakukan apa yang dapat membuat kita mempunyai penghasilan dan bahkan mendapatkan penghasilan tambahan.

Tetap percaya kepada Tuhan, dan tetap lakukan yang terbaik, maka Dia akan menuntun jalan kita dan membawa kita kepada kemenangan. Haleluya!

.

“Aku sangat menanti-nantikan TUHAN; lalu Ia menjenguk kepadaku dan mendengar teriakku minta tolong.

Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa; Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu, menetapkan langkahku,
*courtesy of PelitaHidup.com
Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN.” Mazmur 40:2-4


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 25 respon

  1. Terimakasih Atas renungan ini, sungguh membangun dan menguatkan semoga, Pelita Hidup tetap terus memberitakan Renungan-renungan yang membangun.

  2. Sangat menguatkan hati saya Tuhan tdk akan tinggal diam di saat sahabatNya sedang memiliki pergumulan yang berat ! KasihMu sungguh luar biasa Tuhan Yesus

  3. makasih…sangat menguatkan

  4. luar biasa !!!!

  5. Tq renungannya… Sangat menguatkan.

  6. Salam Sejahtera dalam Tuhan Yesus Kristus , saya bersuka cita membaca semua renungan yang tentunya menguatkan hati kita semua yang membacanya , dan sebagai balasannya saya mau memberi / sharing / menambahkan untuk lebih menguatkan hati saudaraku dalam Tuhan Yesus bahwa yang terpenting dari yang sudah diceritakan dalam semua renungan adalah Tuhan mau melihat ” hati ” kita , apakah kita benar-benar mengasihi Dia dengan sepenuh hati kita dan dengan segenap akal budi kita / jiwa kita . Semua kesulitan + masalah + pergumulan + problema yang Tuhan ijinkan terjadi kepada kita itu semua untuk menguji ” Hati ” kita apakah benar-benar kita mencintai Dia dengan sungguh-sungguh karena kalau kita hanya mencintai Dia sebatas sebagai Juru Selamat dan tidak melihat bahwa YESUS adalah MESIAS yang telah menderita bagi kita maka jika ada ujian + penderitaan + aniaya + cobaan + siksaan maka bisa-bisa kita jadi MURTAD dan menjadi berbalik MENGHIANATI YESUS seperti Yudas Iskariot . Marilah kita mengasihi Dia seperti kita pernah jatuh cinta kepada seseorang yang sekarang mungkin telah menjadi istri atau suami kita karena pada akhirnya kita semua akan menjadi MEMPELAI NYA ( Perkawinan Anak Domba ) Sehingga apapun yang terjadi pada kita tentunya kita tidak akan MURTAD / berbalik dari kasih karunia Nya tapi ” Hati ” kita tetap melihat Dia sebagai KEKASIH JIWA KITA diatas segala-galanya !! AMIN !!

  7. Maria Magdalena Sinaga
    Thursday 22 May 2014, 9:18 am

    Terima kasih atas renungan ini.
    Renungan ini sangat membantu saya keluar dari masalah untuk tetap melakukan yang terbaik .

    Gbu

  8. Puji Tuhan ..aku semakin dewasa dalam iman ..trimakasih ..kiranya Tuhan memberkati kita semua

  9. Thank renunngan ini memberi aku kekuatan.

  10. spenerhardmakahinsae
    Friday 6 December 2013, 7:28 am

    buatlah renungan sebanyak mungkin ,sesering,mungkin karena melalui renungan kita tetap dibaharui,diberi kekuatan,akal hikmat GBU

  11. terimakasih atas semua renungannya semoga Tuhan memberkati

  12. Puji Tuhan Yesus Kristus, karena kasih-Nya yang dasyat melalui hamba-hamba Tuhan yang dasyat juga sudah mengajarkan kepada kita untuk menaruh kepercayaan kita hanya kepada Tuhan, bukan yang lain dalam situasi apapun juga…amin,,,God Bless

  13. Terimah kasih atas renungan firman Tuhan ini, saya sangat terberkati, Tuhan memberkati bapak sekeluarga.

  14. tx. renungan yang luar biasa yang jadi berkat bagi anak2 TUHAN yang menaruh percaya dengan segenap hati.
    Memang Yesusku Dahsyat.
    GBU

  15. FIRMAN NYA SUNGGUH MEMBERI KEKUATAN . .praise to the LORD !!

  16. Renungan yang bisa meenjadi berkat buat kita semua.Apapun yang terjadi,apapun kondisi yang kita alami,tetap pandang YESUS,karena Dia penolong kita semua.FirmanNya pasti digenapi dan janjiNya pasti ditepati.Amin TUHAN YESUS selalu memberkati kita semua……

  17. Syalom , kirahnya Tuhan yg mengatur segala sesuatunya tetap memberi kekuatan sehingga renungan ini selalu memberi sajian berupa santapan rohani yg terindah untuk kita semua.JBU

  18. Sungguh membangun.. terimaksi Buat Firman Tuhan Hari ini,, Tuhan Yesus memberkati

  19. Tks…atas motivasi yang sauadara berikan….GBU

  20. Ada banyak orang yg membutuhkan pertolongan. Bukan karena mereka tidak punya kemampuan tapi kemampuan itu terkubur sebab tidak dibangkitkan. Firman Tuhan satu-satunya cara membangkitkannya. 
    Trimakasih PELITA HIDUP. Perttolonganmu dinantikan banyak orang

  21. terimakasih renunganya…
    GBU

  22. Terima kasih atas topik yang sangat memberi berkat dan kekuatan serta pengharapan. Didalam Tuhan Yesus selalu ada pengharapan dalam keadaan tanpa harapan, Amin. Tuhan memberkati bapak selalu

  23. tq untuk renungannya pa sangat bagus, izin share ya renungan ini untuk di bawa di komsesl2 GBU!! o ya kenapa ko br sekarang renungan ini di inbox di emailku? apa tdk tiap hr ya?

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: