Pelita Hidup Jangkau Dunia

Tuhan Tak Abaikan Kita Ketika Doa Tak Dijawab

Tuhan Tak Abaikan Kita Ketika Doa Tak Dijawab

photo by: Earls37a [email protected]/4857101224

Tanya: Saya diberitahu bahwa doa adalah hal yang pasti – bahwa ketika saya berdoa, Tuhan akan menjawab. Lalu mengapa beberapa doa saya tampaknya tidak pernah dijawab?

Jawab: Setiap dari kita pernah mengalami kekecewaan ketika segalanya tidak bekerja seperti yang kita inginkan, dan jika kita berdoa untuk sesuatu yang tidak kunjung datang juga, kita kecewa – pertama karena kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan, dan kedua karena kelihatannya Tuhan tidak menepati janjiNya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Bahkan ketika ada alasan logis mengapa sesuatu tidak berjalan seperti yang kita inginkan, kita bertanya-tanya mengapa Tuhan tidak membuat hal itu terjadi. Padahal jika Dia Tuhan, Dia bisa melakukan apa saja, dan jika Dia mengasihi kita sebanyak yang Alkitab katakan Dia, kenapa Dia tidak melakukannya? Pada saat-saat seperti itu, sangat mudah untuk menyalahkan Tuhan karena tidak menjawab doa kita.

Tentu saja kita tidak boleh mempertanyakan Tuhan dalam keadaan seperti itu, seolah-olah kita lebih tahu dari Dia. Lebih baik kita bertanya kepada Tuhan apakah yang salah dalam langkah kita, agar kita dapat belajar dan menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Hal pertama yang harus diingat adalah bahwa Tuhan tidak pernah gagal untuk melakukan apa yang terbaik bagi semua orang yang terlibat, dan Dia tidak pernah mundur dari janji-janji yang telah diberikan pada Alkitab. Sebaliknya, kita sebagai manusia kadang-kadang melakukan kesalahan. Karena Tuhan telah memberi kita kehendak bebas, pilihan yang kita ambil dapat membatasi Tuhan dalam menjawab doa kita.



Ketika kita merasa doa tidak dijawab oleh Tuhan, ada beberapa pertanyaan harus ditanyakan pada diri kita sendiri, yaitu:

  • Apakah permintaan kita termotivasi oleh kasih yang tidak mementingkan diri dan kepedulian terhadap orang lain?
  • Apakah kita percaya dan mengklaim janji-janji dari Firman Tuhan?
  • Apakah kita beriman dan melangkah dengan iman untuk meraih hasil yang diinginkan?
  • Apakah Tuhan tidak dapat melakukan apa yang kita minta karena pilihan orang lain buat?
  • Apakah ini mungkin belum waktunya Tuhan untuk menjawab, atau bukan rencana-Nya bagi kita?
  • Apakah mungkin bahwa jawaban “lain” dari Tuhan akan memberikan hasil lebih baik untuk masa depan?

.

Tuhan Tak Abaikan Kita Ketika Doa Tak Dijawab
*courtesy of PelitaHidup.com
Tuhan selalu menjawab doa kita, tetapi tidak selalu segera menjawab atau dalam cara kita inginkan. Terkadang Dia mengatakan ya, kadang-kadang Dia mengatakan tidak, dan kadang-kadang Dia mengatakan tunggu. Ada banyak faktor yang mempengaruhi proses terjawabnya sebuah doa, termasuk diri dan situasi kita, Tuhan dan kehendak-Nya, dan situasi dari orang lain yang terlibat.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Kita tidak dapat mengontrol sepenuhnya hasil yang dapat kita peroleh, orang lain juga tidak mengontrol sepenuhnya, dan Tuhan juga secara khusus membatasi DiriNya untuk tidak mengontrol sepenuhnya (red: ingat, ada kehendak bebas yang Tuhan berikan bagi kita). Hal ini yang menjadi salah satu alasan mengapa doa tidak selalu bisa dijawab.
*courtesy of PelitaHidup.com
Tetapi jika kondisinya tepat, untuk hasil yang Tuhan tahu itu yang terbaik, Ia pasti akan menjawab. Jadi jangan pernah ragu sedikitpun bahwa Tuhan akan menjawab doa kita. Percaya kepada-Nya dan bersyukurlah atas jawabannya – bahkan ketika kita belum melihat jawabannya!

Sumber: letjesushelpyou.com


Penulis Tamu
Penulis Tamu_Tulisan ini disumbangkan oleh pembaca Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 40 respon

  1. AYO BANGKIT BANGSAKU
    Friday 16 June 2017, 5:11 am

    Melalui diskusi & fasilitas ini, semakin diberkati program ini, trmksh, renungan yang sangat menginspirasi, GBU team

  2. Renungan yang memberkati.
    Mengingatkan kepada kita, agar tidak selalu menuntut dan menuntut tanpa mau mengkoreksi diri.

  3. Saya Herman di Samarinda. Saya memiliki banyak pergumulan. Sepertinya masalah selalu datang, saya binggung harus bagaimana mengatasinya. Saya sudah berdoa, baca firman Tuhan & semua itu sudah saya lakukan selama ini. Memang msh ada saja dosa yg saya lakukan, tetapi setiap saya ingin melakukan sesuatu sudah terjadi, tetapi kenapa hanya sampai dstu saja tidak ada yg terjadi. Sampai saya berdoa menangis. Saya melangkah dengan percaya bahwa Tuhan Yesus menyertai hidupku, tapi tidak ada jawaban dari Tuhan sampai saya harus menunggu hampir 2 tahun. Saya harus bagaimana? Saya kebinggugan ???????

  4. Bpk winebal dwi,seperti pelangi sehabis hujan itulah janji setianya Tuhan,di balik duka (pencobaan,tantangan,pesoalan, at pergumulan) hidup yg berat yg kita alami. Tuhan telah menyediakan sesuatu yg terindah yg nantinya Dia berikan dalam hidup kita, asalkan kita terus berdoa dan sungguh2 percaya mujizat akan nyata,karena ketika kita berdoa berarti kita sedang mencurahkan isi hati kita kepada Tuhan. Tuhan Yesus mengerti, Tuhan Yesus peduli setiap persoalan yg kita alami. katakan dalam doa kepadaNYA” bahwa Tuhan engkau lah Bapaku aku tidak mampu berjalan sendiri tanpaMu,brikanlah kekuatan dan brjalanlah bersamaku,brikanlah hikmat sorgawiMu sehinga hamba mengerti akan kehendakMU yg jadi dalam hidup ini.(ini salah satu ayat firman Tuhan yg merupakan kekuatan bagi kita bahwa rancangan Tuhan pasti yg terbaik YEREMIA 29:11.artinya” Tuhan tdk pernah merancangkan kejahatan dlm hidup kita tetapi rancanganNYA bagi kita adalh rancangan damaisejahtra.dan semua ini ada proses yg Tuhan ijinkan untuk kita jalani sehinga kita dapat mencapainya.Amin..semoga ayat firman Tuhan ini dpt memberian kekuatan bagi bpk sekeluarga.Tuhan Yesu berkati slalu.Ami..!!!

  5. Kadang aq juga mengalami …knapa ya Dia belum jawab jawab pergumulanku?Apakah Dia Terlambat?dan banyak pertanyaan dlm diriku…tetapi yang sy tau pasti Dia Tidak Pernah Terlambat..dan Tidak Pernah Tergesa gesa..Dia memberi yang Terbaik Pada WaktuNya..Amin

    • Kita punya TUHAN yang tidak terburu-buru dan TUHAN kita juga tidak pernah terlambat.TUHAN berkata janganlah bosan akan didikanKu,TUHAN mendidik anak yang dikasihinya.Terkadang kita perlu di pepet TUHAN supaya kita mengandalkan TUHAN dan bukan mengandalkan manusia.Ingat didikan TUHAN tidak pernah mudah seperti kata paulus di 2kor4:16.Kadang hidup kita seperti cerita TUHAN YESUS saat murid muridnya diterpa badai dan kapalnya hampir tenggelam dan terlihat bahwa TUHAN tidak melakukan apa apa tapi percayalah meskipun TUHAN seperti tidak menjawab pergumulan kita tapi dia tetap peduli dengan anaknya.TUHAN memberkati

  6. Saya Winebal, saya mempunyai pergumulan yang sangat berat, saya seorang Bapak 3 orang anak, dimana anak saya masih kecil2, dulu istri saya sempat kerja didiskotik di Jakarta selama 6 bulan, tetapi sudah berhenti, karena banyak godaan2 yang tidak baik dan tidak berkenan di mata Tuhan Yesus, sementara dari istri saya dulu bekerja sampai sekarang istri sudah berhenti bekerja, saya belum bekerja2 alias menganggur, sementara untuk biaya kontrakan, listrik dan kebutuhan sehari2 harus dibayar, uang sudah menipis, saya sangat menjerit sekali ya Tuhan Yesus, Tuhan Yesus tolonglah hambamu yang penuh dosa ini, untuk kau angkat perekonomian kami, peliharalah kami, berikan kebutuhan2 kami dalam hidup, berikan pengharapan buat kami, wujudkan pengharapan itu ya TUhan Yesus, jangan kau berikan cobaan buat kami terlalu besar, bukankan kau memberikan cobaan tidak melampaui batas kekuatan kami, tolonglah Tuhan Yesus, kabulkan doa kami, kami berdosa, dimasa lalu kami suka berzina, kami sungguh ingin bertobat, berikan kesempatan kami untuk hidup, karena kami supir dalam keluarga, jangan biarkan anak dan istri kami kelaparan karena kami sebagai kepala rumah tangga tidak bekerja, Tuhan Yesus berikan kami pekerjaan secepatnya, agar kami dapat memperoleh berkatmu Tuhan Yesus… dalam nama Tuhan Yesus kami selalu berdoa dan berharap kepadaMu… Amin.

    • sy sgt terkesan apa yg dialami oleh saudara Winebal sekeluarga, ya Bapa bantulah keluarga ini, isilah kekeringan mereka dengan berkatMu ya Bapa, penuhilah jiwa mereka dengan kasihMu agar mereka tetap setia dan kuat mengharunginya..

  7. Sifat manusia adalah kecewa jika harapannya tidak tercapai apalagi jika itu di janjikan. Namun hendaknya kita sadar bahwa kita menaruh harapan bukan kepada manusia tetapi kepada Tuhan dan bagi Nya tidak ada yang mustahil.
    Yang perlu dilakukan hanya menjaga hati untuk tetap sabar. Bukan sabar untuk menunggu jawaban doa kita tetapi sabar untuk tunduk dan taat kepada kehendak Nya. Karena sesungguhnya janji Tuhan itu bukan untuk hal-hal duniawi tetapi hal-hal Sorgawi. Kiranya kita tetap teguh di dalam hidup pendek kita ini dan Iman kita selalu terberkati oleh Nya pemberi jalan selamat Sorgawi Yesus Kristus Tuhan Kita. Amin.

  8. yang saya tau ..
    jika doa kita belum di jawab berarti,, Tuhan sedang menguji kesabaran kita …

  9. thank’s atas renungannya semoga kasih Tuhan selalu menyertai kita dimana pun kita berada

    ”SYALOM”
    YTB SELALU

  10. masalah doa tu cma satu,didoakan tpi tidak dieimni tidak ada maknanya,didoakan dan dieimani sangat besar kuasanya..tq dgan renungan ini..Tuhan memberkati..amen

  11. Saya merasa bahwa jamahan tangan Tuhan tetap ada dan Tuhan tidak perna meninggalkan kita sedikitpun sebab kasihnya yang lembut cintanya yang tak pernah pudar dalam diriku nyata belajar dan bersabar dalam dalam doamu sebab Tuhan dapat menjawab semua doa kita

  12. Tuhan selalu menjawab doa kita dengan proses yang harus kita jalani untuk jawaban dari doa kita.

    Saya pernah meminta kepada-Nya, “Tuhan, buat aku lebih sabar” dan Dia menjawab dengan berbagai ujian. Lama bagi saya untuk menyadari bahwa inilah prosesku untuk lebih sabar.

    Saya pernah meminta kepada-Nya,
    “Tuhan, aq ingin dekat dengan-Mu”, dan Dia menjawab dengan membuatku di-PHK. Selama 9 tahun saya bekerja, tidak pernah saya membuka Alkitab.

    Temukan jawaban dalam doa dan jalani prosesnya. Itulah yang saya coba terapkan dalam keseharianku.

  13. Jika Petrus menyangkalnya !
    Bagaimana dengan diriMU ?

    Aku, melihat dan menyentuhnya pun tak perna, Hanya ada di dalam hati karena ajarannya yang penuh kasih.

    Mau tanya, Bagaimana membedakan suara yang datang dari tuhan dengan yang datang dari iblis yang ada didalam hati?

    Soal doa, uda berbagai gaya yang kuterapkan!
    ada yang sukses 100% bahkan melebihi.
    ada juga bukan tidak di jawab, tapi malah di persulit 🙂

  14. Bapa ku percaya , Engkau kan menjawab doa kuh ….. Mungkin gak sekarang , mungkin besok , atau lusa bahkan tahun depan.

  15. Doa orang benar Jika di doakan dengan sungguh 2x akan besar khasiatnya.
    jadilah orang yang benar

  16. Allah di dalam YESUS KRISTUS; turut bekerja dlm segala hal u/ mendatangkan kebaikan bagi orang-orang yg mengasihi DIA.
    PERCAYALAH…… apapun bentuk jawaban dr setiap doa yg kita naikan ke tempat kudus-NYA, itu yg terbaik bagi kita.
    Sebab DIA ada di sepanjang rentang kehidupan kita di bumi ini!!
    DIA tahu yang terbaik untuk kita!!

  17. sekalipun doaku belum dijawab. aku tetap mencintai TUHAN YESUS…!!

  18. buat yg baik sdr johan ,betul apa yg kau katakan yang jelas TUHAN tidak semudah yg kita harapkan walaupun banyak janji janji firman ,karena tidak semua orang percaya dapat langsung berbicara kpd TUHAN ,klu seseorang dapat karunia seperti nabi itulah yg kita kejar maka kita akan langsung dapat jawaban dari NYA krn orang2 yg sungguh2 dipenuhi ROH kUDUS YG DAPAT KARUNIA langsung berbicara kepada TUHAN maka Firman Tuhan menyuruh kita 1korintus14:1. terutama karunia bernubuat agar kita bisa langsung berbicara kpd ROH KUDUS dan bisa langsung bisa berbicara mengenai jawaban doa kita, jadi bagaimana cara yaitu mintalah karunia khusus dari NYA seperti MUSA dapat berbicara langsung juga Samuel.JBU

  19. alex luger swasineger
    Thursday 18 July 2013, 2:45 pm

    Tuhan ampunilah dosa2ku agar berkat yg engkau berikan tdk terhalang akan dos2ku.aku akan bersabar dgn jawaban doa yg kupanjatkan kepadamu.indah pd waktunya.berkatilah keluargaku Tuhan.agar kesuksesan itu datang bagi keluarga kami.Amin…

  20. terimakasih masukan dan sarannya sgt membangun kt sbg umat kristiani.dan smua komentarnya saudara benar,terkadang kt manusia tdk pernah puas apa yg telah pernah kt capai,maka dibalik smua keinginan kt,Tuhan punya rencana lain,yg terbaik utk kt.amin

  21. makasih atas smua masukan dan sarannya.smoga kt lebih baek dan lebih mengenal Tuhan

  22. Ya kita sebetulnya sbg manusia cuma bisa pasrah. Bukannya gak us aha. Kita lakukan , doakan Dan serahkan semua pada Tuhan, Dia tahu yg terbaik Bagi kita. Amin

  23. Yes,,,saya percaya setiap doa – doa yang saya minta Tuhan pasti jawab tepat pada waktunya .Tuhan Yesus baik bagiku .

  24. Tuhan aq mw ttp setia mski bnyak yg akn mnghlangi langkahku,dan aq prcya atas do’a2 ku yg ku minta d’dlm nama MU
    Amin

  25. Tuhan aq mw ttp setia mski bnyak yg akn mnghlangi langkahku,dam aq prcya atar do’a2 ku yg ku minta d’dlm nama MU
    Amin

  26. Tapi dalam proses menunggu jawaban doa, kadang kita sbg pemohon sdh terlalu lelah utk menunggu, padahal jawaban itu kadang perlu cepat juga utk menata hidup, analogix: kita bisa terkena penyakit maag jika kita telat makan, dan kita berdoa utk agar supaya makanan itu tersedia dgn cepat krn kebutuhan mendadak dan supaya kita tdk terkena maag, namun kita msh disuruh menunggu, nah seperti itulah sebenarnya keadaan menunggu jawaban doa, kita sbg manusia kadang menpunyai kebutuhan yg hrs cepat terpenuhi, jika terlambat maka tatanan kehidupan yg lain pasti akan berantakan

  27. terima kasih atas renungannya yang membangun… kiranya Tuhan memberkati kita semua. Amin

  28. Tuhan tidak mengabaikan doa kita, dan mengapa doa kita belum juga terjawab? Kita perlu mengoreksi diri, baik sebagai Suami atau Istri ataupun anak-anak.
    Suami harus mengasihi Istri sebaliknya Istri harus menghomati Suami. Baca I Petrus pasal 3 ayat 1 dan 7. Doa kita belum terjawab kalau kita tidak melakukan seperti ayat-ayat diatas.

  29. Orang percaya tidak boleh berkecil hati. Tuhan tidak pernah abaikan doa anak-anaknya.Orang percaya penuh dengan kesabaran, ketekunan dan waktu Tuhan jualah akan menjawab Doa kita. amin..

  30. terimakasih untuk sapaannyanya, saya mulai untuk mengkoreksi diri saya sendiri. Tuhan memberkati

  31. Keinginan kita harus selaras dg rencana Tuhan, Tuhan pasti menjawab doa kita meskipun tidak sesuai dengan keinginan kita tetapi yang terbaik bagi kita. Kita harus sabar menunggu waktunya Tuhan. Doa, doa dan doa adalah komunikasi kita dengan Tuhan

  32. i belived jesussssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss
    i belived it…………………………

  33. Serahkanlah semua doa permohonan kita pada Tuhan !!! dan apapun jawaban Tuhan bagi setiap doa yg kita naikan ,,, percayalah itu adalah yg terbaik bagi kita!! karena rancangan Tuhan bagi kita adalah damai sejahtera bukan rancangan kecelakan !!! dan semuanya itu Tuhan beri untuk satu hal yaitu ”KEBAIKAN KITA” amen Tuhan Yesus memberkati kita semua. thank’s pelita hidup ,kiranya semakin bnyk orang yg membaca, dan semakin bnyk lagi orang yg dipulihkan . amen

  34. Tuhan selalu baik dalam hidup ini, oleh sebab itu harus bersyukur atas apapun yang terjadi.

  35. Pengenalan akan Tuhan lebih dr segalanya, kata dunia banyak jalan menuju Roma, tapi dlm hal kt mau mengenal Tuhan, cuma harus mengenal Dia dari masalah yg kita hadapi,,,,,pd saat kt berseru seru,,lalu menangis lalu tiap hari kt bergumul terus untk berdoa,,,bilamana jawaban blum kunjung datang,,,seolah olah Tuhan tak menjawab,,,,Tuhan diam…., sekalipun situasi membuat suatu masalah jd fatal dan terdesak wktu,,,,,,,kt tetap ga bs apa apa…..dan Tuhan pun belum turun tangan,,,,,,,,pd saat ini kt pun mungkin uda lesu dan patah semangat dlm berdoa,,,, tapi disini lah letaknya kedewasaan, disini lah kita dibentuk dlm kesabaran,disinilah kt merasakan bagaimana membangkitkan diri kita supy exist tetap berdoa,,,, disinilah Tuhan melihat kita…..

    • saya sangat di berkati dengan renungan ini. yang sekali lagi memberikan pangharapan dalam doa dan pergumulan. iman yang sejatai adalah iman yang tetap setia mempercayai Yesus dalam keadaan doa yang di jawabkan dan juga doa yang tidak terjawab. Kerana Yesus yang memiliki hidup kita dan Dia tahu segala-galanya tentang kita, bahkan juga Dia tahu yang terbaik buat kita. percaya saja pada Yesus kerna Dia pasti sanggup melakukan yang jauh lebih baik dalam seluruh keberadaan hidup kita lebih baik dari apa yang kita fikirkan. Kita seharusnya belajar menerima jawaban doa dari Tuhan bukan kecewa.

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: