Pelita Hidup Jangkau Dunia

3 Rahasia Untuk Menjadi Pasangan Yang Harmonis

3 Rahasia Untuk Menjadi Pasangan Yang Harmonis

photo courtesy of alohaharmony.com

“Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati,

dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat.” 1 Petrus 3:8-9
*courtesy of PelitaHidup.com
Banyak hal yang diidam-idamkan calon pengantin atas apa yang akan terjadi pada pernikahan mereka suatu saat. Banyak calon pasangan yang merasa yakin bahwa mereka pasti dapat mengatasi segala masalah yang akan datang menerpa pernikahan mereka. Mereka merasa yakin bahwa mereka telah mengenal satu sama lain dan bahkan sudah tahu keburukan masing-masing. Sehingga mereka yakin akan dapat mengatasi masalah apapun yang akan datang menerpa rumah tangganya.

Tetapi memimpikan pernikahan dan menjalani pernikahan adalah dua hal yang sangat berbeda. Hidup bersama dengan orang yang mempunyai latar belakang berbeda akan memunculkan masalah yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Masalah sekecil apapun dapat menjadi masalah besar. Masalah tersebut dapat muncul dari kebiasaan yang berbeda antar pasangan, mulai dari cara menyimpan baju, cara menaruh handuk, cara menggosok gigi, cara mendidik anak, hingga masalah yang lebih rumit lagi seperti masalah keuangan dan lain sebagainya.

Tidak ada yang pernah tahu masalah apa yang akan muncul ketika kita menjalani suatu pernikahan. Semuanya akan terjadi dengan begitu saja tanpa pernah kita sadari.



Tidak sedikit pernikahan yang gagal karena mereka tidak menemukan jalan keluar atas masalah yang mereka hadapi. Pada akhirnya mereka menyerah dan memutuskan untuk berpisah, karena sudah tidak ada lagi kecocokan.

Keputusan untuk berpisah/bercerai tentunya bertentangan dengan Firman Tuhan. Apa yang telah dipersatukan oleh Tuhan tidak dapat dipisahkan oleh manusia.
*courtesy of PelitaHidup.com
“Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” Matius 19:6

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Lalu bagaimana caranya agar pernikahan dapat berlanjut hingga ajal memisahkan? Bagaimana caranya agar masalah-masalah yang timbul dapat diselesaikan dengan baik? Bagaimana agar pertengkaran dapat dikurangi atau bahkan dihindarkan?
*courtesy of PelitaHidup.com
Firman Tuhan mengajarkan tiga rahasia utama bagi pernikahan agar dapat harmonis dan bertahan dalam menghadapi berbagai masalah:

.

1. Isteri tunduk kepada suami

“Demikian juga kamu, hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada di antara mereka yang tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataan dimenangkan oleh kelakuan isterinya, jika mereka melihat, bagaimana murni dan salehnya hidup isteri mereka itu.” 1 Petrus 3:1-2

Isteri harus mengerti posisinya dalam pernikahan. Sebagaimana jemaat yang tunduk kepada Kristus, yang adalah kepala, maka isteri harus tunduk kepada suami yang merupakan kepala rumah tangga. Posisi ini tidak boleh dibalik, karena tidak mungkin Kristus tunduk kepada jemaat. Oleh karena itu Firman Tuhan dengan tegas mengatakan agar isteri tunduk kepada suaminya.

Bagi yang memiliki suami yang takut akan Tuhan, tentunya menerapkan hal ini tidak seberat jika suaminya belum mengenal Tuhan. Tetapi dalam kondisi apapun sang suami, entah dia bersikap baik ataupun buruk, isteri harus tetap belajar untuk tunduk kepada suaminya.

Sikap suami yang buruk tidak perlu dilawan dengan emosi, karena hal ini tidak akan menyelesaikan masalah. Masalah justru akan bertambah runcing jika dihadapi dengan emosi.

Sikap sabar dan lemah-lembut harus dipraktekkan oleh isteri dalam menghadapi sikap suami yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Dengan sikap lemah-lembut inilah Roh Tuhan akan bekerja menjamah hati suami. Tidak ada cara yang paling ampuh selain cara Tuhan dalam memenangkan hati suami.

Sudah cukup banyak kesaksian yang menyatakan bahwa para suami akhirnya berubah total setelah melihat isteri mereka bersikap sabar dan lemah lembut dalam menghadapi kekasaran mereka. Banyak suami yang diubahkan ketika isteri mempraktekkan Firman Tuhan ini.
*courtesy of PelitaHidup.com
.

2. Suami menghormati isteri

Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.” 1 Petrus 3:7

Menjadi suami bukan suatu tugas yang mudah. Suami harus dapat menjadi kepala bagi pernikahan/rumah tangga-nya. Suami harus dapat menjadi pimpinan bagi keluarganya dan memberi teladan yang baik bagi anggota keluarganya.

Tetapi seringkali tanggung jawab yang besar ini sering membuat suami meremehkan isterinya. Suami sering beranggapan bahwa pendapatnya-lah yang benar dan tidak pernah mempedulikan pendapat isterinya. Sikap seperti ini dapat melukai hati sang isteri. Selain itu juga dapat menjadi pemicu pertengkaran dalam rumah tangga.

Pada waktu Tuhan menciptakan Hawa untuk menjadi pendamping manusia pertama yaitu Adam, Tuhan mengambil tulang rusuknya Adam. Tuhan menciptakan penolong yang sepadan, bukan lebih rendah martabatnya.

TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” ” Kejadian 2:18

Suami harus mengerti bahwa jika Tuhan telah menyatukan mereka dalam suatu pernikahan, maka Tuhan telah menjadikan mereka satu dan bukan dua lagi. Oleh karena itu suami harus menghormati isterinya sendiri sebagaimana dia menghormati dirinya sendiri.

Suami harus belajar mendengar dan menghargai pendapat isterinya. Suami yang mau menghormati isterinya dengan cara demikian akan mendapati bahwa Tuhan berkenan atas rumah tangga mereka. Tuhan akan memberi keharmonisan bagi pernikahan mereka.

.

3. Bersehati

Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati,
dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat.” 1 Petrus 3:8-9

Kesehatian adalah kunci utama bagi rumah tangga agar dapat diberkati oleh Tuhan. Saat isteri sudah tunduk kepada suami dan suaminya menghormati isterinya sebagai pasangannya yang sepadan, maka mereka harus selalu sepakat dalam keadaan apapun yang mereka hadapi.
*courtesy of PelitaHidup.com
Begitu banyak masalah yang membuat suami dan isteri harus mengambil keputusan. Tidak jarang pula ada perbedaan pendapat dalam pengambilan keputusan. Apapun yang menjadi keputusan akhir, suami dan isteri harus sama-sama sepakat di dalamnya. Jika salah satu tidak mendukung keputusan yang diambil, maka hal itu merupakan awal terjadinya masalah yang lebih besar lagi.

Dukunglah pasangan masing-masing. Tidak ada ruginya jika salah satu mau mengalah. Justru di saat ada kesehatian, Tuhan akan memberkati rumah tangga kita. Haleluya!

.

.

“Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh. Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.

Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman, supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri. Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat, karena kita adalah anggota tubuh-Nya.” Efesus 5:22-30


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 36 respon

  1. terima kasih atas renungan firmnan Tuhan yang sangat memberkati…

  2. terima kasih ayat firman Tuhan yang sangat menguatkan dan memberi suka cita baru…..

  3. thanks, pencerahan yang luar biasa, belajar menjadi keluarga harmonis, juga belajar alkitab, GBU

  4. Trima kasih buat  renungannya sangat menguatkan kehidupan keluarga rumah tangga kristen,tuhan memberkati

  5. Shalom

    ..^__* Puji Tuhan saya sangat diberkati…dengan pedoman Firman TUHAN ini iman saya semakin kuat dalam m’persiapkan Pernikahan saya…Gb ^___^

  6. Trimakasih..
    Saya sangat terberkati dengan renungannya,, Tuhan memberkati

  7. pandang hermanto sipangkar
    Monday 13 April 2015, 8:57 am

    Terimah kasih atas renunganya………

  8. A.RERUNG KAMASE
    Friday 4 July 2014, 5:14 am

    Trimakasih atas renungan ini saya semakin memahami bagaimana hidup harmins dalam suatu rumah tangga dan menjadi seorang suatu yang benar-benar mempunyai tanggung jawab dan teladan dalam rumah tangga Tuhan memberkati

  9. Dengan pertolongan Tuhan Yesus,,kiranya semua yg membaca renungan ini,,baik itu suami ataupun istri,,dpt di Berkati utk melakukan sesuatu yg mendatangkan keharmonisan & kebahagiaan dlm membina hidup rumah tangga dlm Tuntunan Tuhan..amin

  10. terima kasih tuhan buat berkatmu, banyak pesoalan pegumulan yg ku hadapi tapi ku yakin tuhan punya rencana indah dibalik ini.
    buka kan mata hati dan pikirannya,
    apa yang telah diperbuatnya dia sadar bahwa itu kesalahan terfatal.
    berkati di Bapa…

  11. terimakasih pelita hidup, bahwa sebagai pasangan suami istri harus saling menghargai satu sama lain, dan lebih di tekankan lg harus ada kesehatian dalam keadaan seperti apapun, thanks gbu

  12. Haleluya… trims buat renungannya, dengan harapan sebagai seorang suami saya tetap bijaksana, menghormati bahkan mengasihi istri dan anak-anak dan kiranya Tuhan Yesus tetap membimbing dalam perjalanan berrumah tangga yang penuh kasih dan sayang

  13. Trimakasih ya….renungan anda jd inspirasi bg aku untuk dpt mrmbimbing pasangan nikah baru. GBU 

  14. Thanks buat Renungannya..
    .
    Saya sungguh sangat di berkati sekali.. °\(^?^)/°

  15. Thanks buat Renungannya
    ••
    Renungan ini sungguh sangat memberkati saya.. °\(^?^)/°

  16. Puji Tuhan renungan PH sangat memberkati sy untu kedepan lebih bijak dlm mejalani RTku dengan penuh hormat serta takut akan Tuhan dan tidak mencemari pernikan dgn hal-hal yg tdk benar dan kurang sopan yg dapat merusak pernikahan yg rkudus agar lami bahagia dan tetap harmonis sampai selama-lamanya kiraz RPH ini terus menjadi berkat demi hormat dan kemuliaan Nama Tuhan kita Yesus Kristus aman.

  17. Puji Tuhan renungan firman Tuhan lewat PH ini sangat memberkati sy utk menjalani RT ku kedepan dgn. Bijak penuh hormat serta takut akan Tuhan agar kebahagian dan keharmonisan TRku tetap terjalin dgn baik dan rukun hingga sepanjang masa sampai selama-selamanya doa kami kiranya Renungan PH ini terus menjadi berkat bg RT2 kristen demi hormat bagi kemuliaan nama Tuhan Yesus amin

  18. sangat memberkati hidup saya…!!!

  19. alex luger swasineger
    Thursday 18 July 2013, 2:14 pm

    sangat.sangat.sangat memberkati

  20. Terima kasih buat renungannya,, yg boleh menguatkan saya dlm menghadapi persoalan RT,,,Tuhan yesus memberkati

  21. Trimah ksh…renungan ini boleh memberi kekuatan & harapan utk menjalani kehidupan keluarga aku.Dan smoga renungan ini bsa menjadi berkat bagi keluarga2 kristen lainnya..Amien GBU

  22. Semua RT senantiasa diperbaharui mllui RHPH ini, dan bwt PH tuk Renungn RT kiranya memilki banyak inovasi agr mnjd belenggu bg stiap para RT. Amen TYK bless all

  23. Setiap RT yg brjln bersama Dia, hendaklh senntiasa brgantung & mengndalkan TYK, krn hanya di dalam Dialah sgl hrpan dan keinginan kita didengar, asalkan kita berserah dg tulus & rndhati, sprt alkitab mengatakan: PREZISE AT TIME, BEAUTIFUL AT MOMMENT. TJ Bless All.

  24. Trima kasih buat renungan harian yg dapt membantu menguaatkn iman kami dan sangat bermanfaat bg setiap pribadi yang membaca dan merenungkannya dlam hidup berumah tangga…..thanksss Tuhan Yesus Memberkati ….

  25. Terimakasih Pelita Hidup” bwt renungannnya ttg keharmonisan dlm RT
    Tentunya mdj bhan ke depan bwt sy pribadi untuk menjalnkan RT yg dikehendaki oleh Tuhan… Semoga bermanfaat bagi smua orang yang menjalankannya. God bless you all.. 🙂

  26. Trima kasih buat renungan ni,,menguatkan imanku dalam menjalani bahtera rumah tangga..

  27. Winantyo Atmodjo
    Monday 27 May 2013, 4:15 pm

    Terima kasih …. dengan renungan ini makin menguatkan saya di dalam melanjutkan bahtera rumah tangga ….. hanya Tuhan yang selalu memberikan kekuatan melalui hamba-hamba terkasihNya. Amin. JLU.

  28. martin Sutrisno
    Sunday 26 May 2013, 4:08 pm

    Dalam segala sesuatu ENGKAU selalu ada dan mendatangkan kebaikan dengan atau tanpa kami sadari. Tuhan Engkau sangat baik dalam perjalanan hidup kami, beribu kekecewaan, kesalahan,ketidaktaatan, ketidaksetiaan dan semua yang tidak Engkau harapkan telah kami lakukan, namun Engkau selalu ada bersama kami. ampuni atas dosa dan sikap hidup kami ya Tuhan. pulihkan hidup kami, biarlah hanya Engkau yang ada di hati dan pikiran kami, amin.

    God Bless we family ( My wife and my son ).
    i don’t hate you, because you are inside from God.

  29. terima kasih TUHAN KAU berikan aku suami yang baik dan sabar padaku,ajar aku terus TUHAN…. agar aku bisa menjadi istri dan ibu yang baik bagi anak2 ku dan nama TUHAN di pemuliakan.terima kasih PELITA HIDUP untuk renungannya, kiranya renungan ini bs menjadi berkat bagi banyak keluarga2 lagi. AMEN GBU

  30. yakobus lindimara
    Friday 17 May 2013, 9:00 am

    Makasih atas penguatan iman terutama dlm kehidupan berumahtangga kristen. TUHAN YESUS memberkati kt semua sebagai satu keluarga

  31. sangat memberkati ditengah2 rentannya perceraian bg pasangan pernikahan kristen. Jbu

  32. Bapa campur tanganmu lah yg sll memberkati rumah tangga kami…
    Engakau sangat baik

  33. Thank,s buat renungan yang sungguh menguatkan keharmonisan Rumah Tangga kristen, memahami akan keberadaan suami istri agar Rumah Tangga semakin indah di pemandangan Tuhan, Rumah Tangga yang membawa kemuliaan bagi nama Tuhan, sekalipun masalah hadir dalam keluarga tapi suami dan istri bersatu hati Tuhan pasti memberi solusi yang terbaik.

  34. Renungan yg menguatkan,.terima kasih smga TUHAN memberkati,..

  35. Terima kasih buat renungan tentang keluarga harmonis,karena banyak keluarga sekarang ini yang hancur karena tidak mengerti akan tugas dan fungsi sebagai suami isteri.Firman Tuhan adalah pedoman dalam kita menjalani hidup berumah tangga dan tidak ada rumah tangga yang tidak ada masalah,dan bukan berarti masalah rumah tangga harus diakhiri dengan perceraian??!!!itulah fakta yang terjadi saat ini Tuhan Yesus kiranya terus berkarya melalui keluarga Kristen.
    Tuhan Yesus memberkati

  36. Terima kasih sangat memberkati,menegaskan bahwa penyatuan suami & isteri adalah kehendak Tuhan

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: