Pelita Hidup Jangkau Dunia

Kekuatan Untuk Terbang Tinggi Bagai Rajawali

photo courtesy of sermonillustrator.org

photo courtesy of sermonillustrator.org

“Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.” Yesaya 40:31

Burung rajawali mempunyai sayap yang lebar. Bahkan yang terlebar yang pernah diukur adalah selebar 2,5 meter (8 feet). Burung rajawali dikenal dengan ketahanannya pada saat ia terbang. Walau diperlukan energi yang cukup besar untuk mengepakkan sayap pada awalnya, tetapi begitu dia terbang, dia hanya mengeluarkan energi yang sangat kecil.
*courtesy of PelitaHidup.com
Hasil penelitian menyatakan bahwa rajawali hanya memerlukan waktu rata-rata 2 menit untuk mengepakkan sayap dalam tiap jam waktu terbangnya. Rajawali dapat terbang lama tanpa perlu mengepakkan sayapnya.

Rajawali dapat terbang dengan melayang-layang di udara (gliding) ataupun terbang naik (soaring) dengan memanfaatkan udara thermal/panas yang naik pada daratan terbuka. Sedapat mungkin dia menggunakan kedua teknik itu untuk dapat terbang tanpa perlu mengepakkan sayapnya. Dengan begitu dia hanya memerlukan energi yang sangat kecil untuk dapat terbang lama. Tidak hanya itu saja, rajawali dapat menempuh jarak rata-rata 75 hingga 125 mil. Jarak terjauh yang pernah ditempuh adalah 1100 mil.

Itulah rahasia kekuatan dari burung rajawali yang naik terbang tinggi. Dia tidak akan pernah menjadi lelah karena dia tidak perlu menggunakan banyak energi untuk dapat terbang dalam waktu lama dan menempuh jarak yang jauh.


Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung,
*courtesy of PelitaHidup.com
Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.” Yesaya 40:29-31

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Ketika kita berada dalam suatu masalah yang datang bertubi-tubi, kita dapat merasakan menurunnya kekuatan kita baik secara fisik maupun secara jiwa. Melemahnya kekuatan kita justru akan membuat kita semakin tidak berdaya dalam menghadapi masalah yang ada.
*courtesy of PelitaHidup.com
Firman Tuhan mengajarkan kepada kita kunci untuk mendapat kekuatan dalam menghadapi berbagai masalah. Kuncinya adalah dengan menanti-nantikan Tuhan.

Menanti-nantikan Tuhan berarti bahwa kita terus berharap kepada Tuhan, mengarahkan mata hati kita kepada Tuhan, berdoa kepada Tuhan, membaca dan merenungkan Firman Tuhan, taat kepada perintah-perintahNya dan tetap memegang teguh iman pengharapan kita kepada Kristus.

Dengan menjaga persekutuan kita dengan Tuhan, kita akan berada dalam kondisi yang senantiasa menanti-nantikan Tuhan. Masalah yang ada tidak boleh menghalangi kita untuk tetap datang beribadah kepadaNya. Kita harus tetap mengiring Yesus apapun yang sedang terjadi.

Ketika kita melepaskan pengharapan kita kepada Yesus, maka kita akan semakin kehilangan kekuatan untuk dapat berjalan maju. Kekuatan fisik dan pikiran yang kita miliki tidaklah cukup untuk menghadapi semua beban, karena kita memiliki batas dalam kemampuan kita.

Rajawali tahu bahwa dia tidak perlu susah payah mengepakkan sayapnya terus-menerus. Dia hanya akan membuang-buang energinya ketika dia mengepakkan sayapnya terus-menerus. Tetapi dia menggunakan teknik melayang (gliding) dan naik (soaring) dengan memanfaatkan udara thermal.

Ketika kita datang pada Yesus dan senantiasa menanti-nantikan Dia, maka kita akan mendapatkan kekuatan yang baru. Kekuatan baru yang Tuhan berikan akan memampukan kita untuk bangkit berdiri menjalani apa yang ada di depan kita. Tuhan akan memberikan semangat baru, hikmat yang baru, sukacita yang baru, pengharapan yang selalu baru, agar kita dapat berdiri tegak dalam menjalani hidup ini.

Bagai rajawali yang tidak pernah lelah pada saat dia terbang, demikian juga halnya dengan kita yang menanti-nantikan Tuhan. Kita tidak akan pernah merasa lelah oleh karena Tuhan telah memberikan kita kekuatan yang baru. Kita dapat menghadapi masalah seberat apapun. Kita dapat keluar dari berbagai problema. Kita dapat menjalani kesusahan-kesusahan yang ada. Kita bahkan tidak menyadari bahwa begitu banyak hal ajaib yang telah kita lalui, oleh karena Tuhan telah memberikan kekuatan bagi kita untuk melalui semuanya itu.
*courtesy of PelitaHidup.com
Marilah kita tetap menanti-nantikan Tuhan, marilah kita tetap menjaga persekutuan kita dengan Tuhan, marilah kita datang kembali kepada Tuhan. TanganNya senantiasa terbuka bagi kita yang datang kepadaNya. Dia akan memberi kekuatan baru bagi kita. Haleluya!

.

“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.

Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.” Matius 11:28-30


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 23 respon

  1. kira nya saya bisa seperti raja wali tersebut
    hy memakai 2 teknik tuk menyelami smua masalah q
    dengan kekuatan yg di beriksn Tuha Yesus

    amin

  2. Mskipun aq lemah dan sering jatuh dlm keadaan q,tp aq ttp brhrap bhwa hnya YESUS yg mnjadi pnolong ku,ku kan trbang dan akn smakim tinggi.
    Amen.

  3. .puji Tuhan, seperti rajawali tdk menggunakan kekuatanx sndri u/ naik trbang tinggi, begitu jga dgn hdup kta, agar tdak mengandalkan kekuatan kta sndri, tpi senantiasa mengandalkan. Tuhan, agar kta senantiasa dpt dmampukan u/ mengatasi prsoalan hdup kita, diberkatilah orang yg mengandalkan Tuhan, God is good all the time, God bless all

  4. Nathaniel, Sangihe
    Monday 17 June 2013, 12:24 pm

    Seberapa besar percaya kita kepada Tuhan Yesus, maka sebesar itu juga mujizat yang akan kita terima, amienn (Matius 9:20-22)

  5. martin Sutrisno
    Monday 27 May 2013, 7:19 am

    Haleluya…
    Puji Tuhan dan terima kasih utk renungan yang memberi kekuatan baru dalam menjalani kehidupan yang di terpa badai dahsyat..
    berikan kami kekuatan dan kemampuan utk mampu bangkit dan berdiri tegap bersama-MU. amin

    Forgive and Heal our family and bless, oh LORD.

  6. haleluyah. Tuhan memang luar biasa , Dia selalu memberi kekuatan dn kemampuan kpd kita, walaupun mungkin kita dalam keletihan , Ammin !

  7. Aku ingin terbang seperti burung rajawali terbang setingi-tinginya.Doakan lah aku.Betapa indah hidup ini bila dekat dengan Tuhan.

  8. Avid Wdward Avid Ding
    Thursday 2 May 2013, 9:51 am

    Sungguh benar Firman Tuhan Saudaraku membina dan membangun dan menagur suapaya dapat mengatasi persoalan moralisma manusia itu.pribadi saya juga diberkati lewat ini pelitahidup.

    Tuhan berkati Amen

    Avid @ Edward Avid Ding

  9. Di buat Tuhan Untuk Tujuan Tuhan, Tujuan untuk Tuhan menjadi energi yg selalu Baru bagai Rajawali. ( izin copy renungannya buat referenzi :))

  10. semoga Tuhan senantiasa mendmpingi ku dlam setiap perjlnan hidupku,, ya Tuhan jdikan lh aku bagai rajawali yg bsa terbang terus mraih cta2 ku.. Amin

  11. timotius harijadi
    Friday 12 April 2013, 9:43 am

    Dengan belajar dari burung rajawali, artinya:
    Kita belajar menanti-nantikan Tuhan seperti rajawali terbang dengan kekuatan udara thermal yaitu IMAN pada Yesus.
    Artinya kita harus kontrol diri agar jangan menggunakan kepakan sayap yaitu kekuatan kita, karena kita akan kehabisan energi dan menjadi down.
    Mari kita terbang untuk menantikan Karya Tuhan dalam hidup kita seperti diajarkan oleh Petrus dalam
    I Petrus 4 : 7 b
    Amin

  12. Sukacita dari Tuhan akan memberikan semangat kerja bagi kita, berdoalah selalu

  13. Berbahagialah orang yg menantikan Tuhan dn mengandalkan Tuhan karna akn mndpat kekuan baru..Amen

  14. sungguh indah..Berbahagialah orang yg menantikan Tuhan dn mengandalkan Tuhan karna akn mndpat kekuan baru..Amen

  15. Dalam menghadapi kehidupan dengan problem dan tantangan yang ada seringkali membuatku tidak berdaya, tetapi lewat renungan saat ini menamba kekuatan kepadaku untuk tetap menanti-nantikan Tuhan dalam segala hal.Amin

  16. Sungguh Firman TUHAN yang luar biasa yang membawa semangat buat pribadiku yang selalu di rundung kecemasan dan masalah yang datang silih berganti. TUHAN YESUS Terima kasih engkau selalu ada buat saya dan keluarga dalam memnghadapi berbagai persoalan hidup. TUHAN Memberkati Kita semua..Amin

  17. Stelah membaca ini, aku merasa ini perlu dibagikan kpd siapa saja, sebab kekuatan itu sangat perlu dlm kehidupan ini yg banyak tantangan, persoalan,dan pergumulan, seringkali pd saat ada persoalan kt merasa,,,doa tidak dijawab,,,,Atau kita merasa Tuhan
    Meninggalkan kita oleh sbab kt ga layak/ga berkenan/sebab semua adalah kesalahan kita,….padahal bukan itu ,,,,
    Kt hrs berbalik justru berdoa, menantikan nantikan tanpa jemu2 nya,,,,sbb kekuatan baru membw kt lebih kuat dan dewasa, lebih bijak, dan lebih mengenal Allah yg kt sembah,,,,ga mudah….tp belajar terus belajar…..

  18. Kekuatan yg berasal dri Surga Akan selalu kita dapati ketika kita percaya & beriman kpd Yesus…..firman ini sangat menguatkan kehidupan saya scr pribadi dan membuat saya jadi bersemangat dalam menjalani hidup ini,saya yakin & percaya semuanya ini berasal dari Yesus…tetap semangat & setia kpd Yesus….Amin!!!

  19. andalkanlah Tuhan selalu dalam hidup dan kehidupan kita….sungguh dia Allah yang ajan mengajarkan kepada kita untuk hidup seperti burung eajawali yang mampu melwati badai….demikian juga Allah akan memberi kita kekuatan yang sungguh hebat dan luar biasa untuk menghadapi badai kehidupan. Berharaplah pada Allah bahwa kita akan diberiNya kekuatan baru dalam mengatasi setiap masalah dan persoalan. Amin

  20. Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari nmulut ALLAH. dengan mengandalkan kekuatan dunia (roti) manusia tidak bisa hidup bertahan dalam kebenaran Tuhan, andalkan Tuhan dalam menjalani hidup agar kita bisa hidup dengan penuh syukur dan selalu mempunyai kekuatan baru seperti rajawali yang terbang menikmati indahnya hidup dalam kebenaran TUHAN.

  21. Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firma yang keluar dari nmulut ALLAH. dengan mengandalkan kekuatan dunia (roti) manusia tidak bisa hidup bertahan dalam kebenaran Tuhan, andalkan Tuhan dalam menjalani hidup agar kita bisa hidup dengan penuh syukur dan selalu mempunyai kekuatan baru seperti rajawali yang terbang menikmati indahnya hidup dalam kebenaran TUHAN.

  22. Hanya Yesus. …pribadi satu2nya yg sanggup membrikn kekuatan melalui Roh Kudus.. Praise The Lord

  23. waris hari satriya
    Saturday 23 March 2013, 6:28 am

    Sungguh Firman tuhan yang sangat menguatkan, jika saja kita dapat melakukan di dalam kehidupan kita, namun sering hidup kita lebih dikuasai oleh hati dan pikiran, sehingga menambah berat beban yang akan kita pikul.

    Marilah kita berdoa agar Tuhan memberikan kita kekuatan lebih, untuk dapat mengatasi segala persoalan yang ada. Tuhan memberkati. Amin

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: