Pelita Hidup
Mujizat Tuhan: Jadikan Tuhan Kekuatan Dalam Hidup Kita Mujizat Tuhan: Jadikan Tuhan Kekuatan Dalam Hidup Kita
  “TUHAN itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. Ia Allahku, kupuji Dia, Ia Allah bapaku, kuluhurkan Dia.” Keluaran 15:2 Ketika Musa membawa... Mujizat Tuhan: Jadikan Tuhan Kekuatan Dalam Hidup Kita

 

Mujizat Tuhan: Jadikan Tuhan Kekuatan Dalam Hidup Kita

photo courtesy of openwalls.com

“TUHAN itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. Ia Allahku, kupuji Dia, Ia Allah bapaku, kuluhurkan Dia.” Keluaran 15:2

Ketika Musa membawa orang Israel keluar dari Tanah Mesir, Firaun tidak melepaskan mereka begitu saja. Firaun mengerahkan seluruh kekuatan pasukannya. Ia memasang keretanya dan membawa rakyatnya untuk mengejar bangsa Israel. Dengan enam ratus kereta terpilih, lengkap dengan perwiranya, Firaun mengejar mereka (Keluaran 14:5-8).

Firaun dan pasukannya mendekati bangsa Israel yang sedang berkemah di tepi laut Teberau. Melihat hal itu, orang Israel menjadi sangat takut dan berseru-seru kepada Tuhan. Bahkan mereka mengeluh kepada Musa yang telah membuat mereka terjebak seperti saat itu.

Hal seperti ini sering kita alami dalam kehidupan kita. Berbagai masalah datang menghimpit kehidupan kita. Perhatian kita hanya terfokus kepada masalah tersebut. Padahal kita harus berusaha untuk mencari jalan keluar dari masalah yang ada.

Bagaimana caranya Musa dan bangsa Israel dapat terlepas dari masalah yang ada pada saat itu?

1. Jangan Takut

Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya.
TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.” Keluaran 14:14-14

Musa menenangkan bangsa Israel dan mengatakan bahwa Tuhan akan memberikan keselamatan atas mereka. Bangsa Israel diminta untuk tidak takut menghadapi masalah yang ada, karena Tuhan yang akan berperang bagi mereka.

Hal pertama yang harus dilakukan pada saat masalah datang menghimpit adalah jangan menjadi takut. Ketika kita merasa takut, pikiran kita akan dilingkupi dengan banyak hal-hal yang negatif. Kita menjadi lupa akan keberadaan Tuhan. Kita menjadi lupa akan kebesaran Tuhan dan segala yang dapat Dia lakukan dalam hidup kita.

Ingatlah bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan dan tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya kepada Dia (Lukas 1:37, Markus 9:23).

Kendalikan emosi dan pikiran kita. Janganlah menjadi takut atas apa yang sedang terjadi. Berpikirlah positif dan percayalah kepada Tuhan. Yakinlah bahwa Dia akan memberikan kita kemenangan sama seperti Musa dan bangsa Israel memperoleh kemenangan.

.

2. Tetap Melangkah Dengan Iman

Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka berangkat.
Dan engkau, angkatlah tongkatmu dan ulurkanlah tanganmu ke atas laut dan belahlah airnya, sehingga orang Israel akan berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering.” Keluaran 14:15a-16

Tuhan tidak mau bangsa Israel hanya diam saja dan mengeluh terus. Tuhan menghendaki mereka untuk bergerak dan melangkah menuju Laut Teberau. Tuhan juga memerintahkan Musa untuk bertindak dengan iman, yaitu membelah Laut Teberau.

Walaupun jalan di depan kita terasa mustahil, tetapi Tuhan menginginkan kita untuk dapat berani melangkah dengan iman. Langkah ini akan terasa berat jika kita terlalu memikirkan resiko apa yang akan terjadi. Logika kita akan memberitahukan kepada kita bahwa tidak mungkin kita melangkah, tidak mungkin kita akan mendapat jalan keluar. Tetapi Firman Tuhan berkata lain, tiada yang mustahil bagi orang yang percaya.

Jangan sekedar mengeluhkan keadaan yang sedang kita alami. Berdoa dan minta petunjuk dari Tuhan. Dia yang menjadi sumber dari segala akal dan pikiran, akan menerangi hati kita dan memberikan petunjuk atas apa yang harus kita lakukan. Jalanilah dengan iman percaya, dan lihatlah tangan Tuhan akan menyertai serta memberikan kekuatan bagi kita untuk melangkah.

.

Sama seperti bangsa Israel yang berjalan di tengah Laut Teberau yang terbelah, kitapun juga akan melihat mujizat dinyatakan dalam hidup kita. Mungkin kita tidak secara nyata berjalan di tengah laut yang terbelah, tetapi kita akan menyadari kekuatan tangan Tuhan yang membukakan pintu bagi jalan kita. Kita akan melihat bahwa Tuhan senantiasa menyertai kita dan Dia memberikan kemenangan bagi kita. Haleluya!

.

“Dalam kesesakan aku telah berseru kepada TUHAN. TUHAN telah menjawab aku dengan memberi kelegaan.

TUHAN di pihakku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?” Mazmur 118:5-6

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • Andrew

    August 24, 2016 #1 Author

    Thank you for sharing the words. Jesus is the anchor of my life…every uncertainty in life wouldn’t change the fact that He is God…in Him we can find the answers, the strength, the comfort, the peace, that we are constantly looking…I give thanks to everything that Jesus has blessed me…He is simply awesome!

    Reply

  • [email protected]

    March 3, 2016 #2 Author

    Syaloom , Trima kasih buat renungan nya, saya sangat terberkati dengan renungna Firman Tuhan pagi ini, saya dikuatkan, dan Saya percaya Tuhan menetapkan langkah saya untuk melangkah dengan Iman Trima kasih Tuhan Yesus. amin

    Reply

  • Bs. Rendra

    January 28, 2016 #3 Author

    Syaloom, terimakasih atas firman Tuhan yang hidup, sy percaya disetiap pergumulan jika kita libatkan Tuhan didalamnya, dan kita mempunyai pengharapan pada kuasa Tuhan semua akan teratasi dan indah pada waktunya. Tuhan Yesus memberkati.

    Reply

  • kristiono adhi

    November 4, 2015 #4 Author

    Terimakasih Yesus…aku dikuatkan atas renungan ini….Yesus pasti bawa kemenangan ditengah kesulitan hidup..amin

    Reply

  • merto

    September 6, 2015 #5 Author

    Terima kasih Tuhan Atas berkat Dan Rahmat-Mu di dalam sepanjnga hidup ini.

    Amien

    Reply

  • roscute

    February 17, 2015 #6 Author

    Renungan ini menguatkan sy yg lg bergumul dlm program bayi tabung. Amennn

    Reply

  • suyatno

    February 3, 2015 #7 Author

    Terima kasih Tuhan utk renungannya,yg telh menguatkn sy dlm menghadapi pergumulan.mohon dkgn doapegumulan masalah keuangan Tuhan membrikn jln kelr amin.

    Reply

  • Derman.B

    October 10, 2014 #8 Author

    Syaloom … Runtuhnya idealisme ,sungguh sangat dipengaruhi oleh orientasi pengambil kebijakan atau para pemimpin. hingga endingnya berakhir kepada ketidakpedulian . Tapi dengan Renungan harian ini , hatiku dipulihkan ,dan jiwaku lega ….. Terima kasih Tuhan !!!.

    Reply

  • santy

    November 6, 2013 #9 Author

    syalommmm
    trimakash renungan y
    hari ini mudah2n saya bisa seperti yg d iginkan Tuhan melangkah slu walaupun itu terlihat mustahil tuk d lakukan

    Reply

  • maria

    September 30, 2013 #10 Author

    trimakasih untuk renungan ini..sangat menyentuh pribadi saya..
    mohon doakan sy teman seiman, sy membutuhkan pekerjaan baru sekarang ini..krn status sy ditempat krj saat ini tidak jelas..dan lingkungan krj dtempat sy sungguh tidak sangat baik..kiranya Tuhan Yesus buka jalan untuk sy mendapatkan pekerjaan baru dibulan ini, sy bs keluar dr t4 krj sy yang sangat buruk dalam kepemimpinannya. sy percaya bagi Tuhan Yesus tiada yg mustahil,DIA pasti tepat menolongku tidak pernah terlambat sedetikpun,amin 🙂 love u Jesus..Gbu All.

    Reply

  • Bang purba

    September 20, 2013 #11 Author

    Syalom….terimakasih atas kiriman renungan nya”Tuhan yesus memberkati.
    Saat ini saya mempunyai pergumulan”dalam pekerjaan saya”saya di di haruskan agar meyelesaikan penjualan rumah salah satu nasabah saya’ minta dukungan doa nya agar rumah suwarti dan andrianto cepat terjual dgn harga stabil.GBu

    Reply

  • yason

    August 28, 2013 #12 Author

    Shalom slmt siang, trmksh sy ucapkan kpd kita smua atas renungan firmannya smoga Bapak/ ibu sdr smua dilindungin oleh Tuhan kita. Mohon maf sy minta bantuan doa sdr smua utk proses kuliah sy dan semua biaya adm sy untuk Tuhan cukupkan dan senantiasa sy tetap dalam hidup takut akan Tuhan, trm ksh kpd kt smua Gbu all.

    Reply

  • roby benu

    August 4, 2013 #13 Author

    puji Tuhan dgn renungan ini semoga dapat merubah hidup saya yang jauh dri Tuhan

    Reply

  • LN

    August 4, 2013 #14 Author

    Syalom, terima kasih atas renungannya. Tuhan Yesus memberkati.
    Mohon dukungan doa agar saya dimampukan dalam menyelesaikan semua tugas belajar saya dengan on time, semester ini saya ada maju jurnal & laporan kasus, semoga jadwal majunya tidak bentrok dan berjalan dengan lancar & tepat waktu. Amin, terima kasih dukungan doanya.

    Reply

  • sautma

    July 22, 2013 #15 Author

    syaloom,,, saudara yg terkasih dalam yesus kristus trimaksih atas renungan firman tuhan
    Saat saat ini ada masalh yaitu anak sy msh dalam perawatan kesembuhan yg saat ini msh blm bs bermain dengan kwn seumuran nya, sy dah sempat putus asa dan setelah sy baca renungan firman tuhan sy jd bangkit lagi dan yakin tuhan yesus akan campur tangan untuk kesembuhan anak saya.
    Dan sy mohon bantuan doa smua saudara yg terkasih agar bw kmi dalam doa saudara,triamakasih

    Reply

  • visnu

    July 16, 2013 #16 Author

    salom, trima kasih Tuhan yang boleh ,e,beri kesempatan untuk membaca atas renungan hari ini yang boleh menguatkan iman kami.

    Reply

  • Prasetyawan

    July 3, 2013 #17 Author

    Haleluya,,,Terimakasih Tuhan untuk FirmanMu pagi ini,,,,FirmanMu sungguh nyata dalam hidup kami, FrimanMu Ya dan Amin,,,aku percaya telah menerima mukjizat dari Engkau, terimakasih Tuhan Yesus,,,,

    Reply

  • anton

    June 13, 2013 #18 Author

    saloom, puji Tuhan renungan ini menguatkan kita semua untuk tetap setia kepadanya dalam
    suka maupun duka, tanganNya tdkkurang panjang utk selalu menolong kita. Tuhan kiranya kuatkan imanbagi setiap pembaca renungan ini. amin.Jbu

    Reply

  • f.antonius

    May 27, 2013 #19 Author

    Saya sangat bersyukur bahwa saya lebih dekat kepada TUhan yaitu hitmak, kesabaran dan mohon saya mohon dukungan doa utk utang piutang yang belum dibayar oleh orang kepada vendor biar Tuhan gerakan hati mereka utk mau membayar utangnya, terimakasih atas doanya, gbu FIRMAN ITU lUAR BIASA

    Reply

  • Reymond

    April 30, 2013 #20 Author

    Terima kasih Tuhan krn Engkau Allahku yg hidup.

    Reply

  • daniel

    April 8, 2013 #21 Author

    sangat membant saya agar tdak hany berpikr saja tp bertindak dengan iman,tq

    Reply

  • mawar

    April 5, 2013 #22 Author

    syalom, trimkasih atas renungan harian yang memberkati
    skarang ini hri ni saya sedang bergumul dalm kuliah,
    dukung dalam doa ya pak,biar ada campur tangan TUHAN menuntun aku dalm kesulitan serta membentuk aku menjadi seorang yang berguna bagi keluargaku.

    Trmakasih pak
    TUHAN YESUS MEMBERKATI

    Reply

  • ERICK

    February 28, 2013 #23 Author

    Puji Tuhan!!!!…….sangat menguatkan Iman saya ,,,Tuhan tidak pernah terlambat bertindak

    Reply

  • atha epa

    February 27, 2013 #24 Author

    trima kasih atas renungan firman Tuhan,, Tuhan kita adalah Tuhan yg sungguh luar biasa, saya di kuatkan dengan renungan firman Tuhan lewat program renungan dari Pelita Hidup … Tuhan Memberkati kita semua. Amin !

    Reply

  • Juliher Marbun

    February 27, 2013 #25 Author

    Sungguh, pengalaman hidupku telah membuktikan hal itu. Tuhan mahabesar.

    Reply

  • Hardjono

    February 27, 2013 #26 Author

    Terima kasih atas renungan hari ini “Menguatkan dan Memberkati”

    Reply

  • elizabeth

    February 26, 2013 #27 Author

    amin!imanku dipulihkan di saat sya membaca sharing ini..thk you Lord Engkau selalu berada d pihak ku…Ku tak tak tskut dsn gentar sbb Engkau besertaku…

    Reply

  • yohanis widianto

    February 26, 2013 #28 Author

    Salom,, terimakasih atas kiriman renungan harianya.. Tuhan Yesus memberkat..
    Saat ini saya sedang bergumul dengan permasalahan usaha saya,, saat ini saya sedang kalut.dimana saya harus berjuang untuk menyelesaikan kewajiban sementara di sisi lain usaha sedang surut.. tapi satu hal bahwa jika saya berusaha dalam jln Tuhan, maka Tuhan pasti buka jalan. Amin

    Tuhan kiranya memberkati pelayanan bapak senantiasa, Amin

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *