Pelita Hidup Jangkau Dunia

Kunci Sukses Mewujudkan Visi

“Rancangan di dalam hati manusia itu seperti air yang dalam, tetapi orang yang pandai tahu menimbanya.” Amsal 20:5

Tahukah anda tukang gali sumur? Atau bahkan pernah tahu bagaimana mereka bekerja? Saya sendiri sangat terinspirasi oleh pekerjaan mereka. Karena ini pekerjaan yang sulit dan sangat beresiko tinggi, namun sangat menunjang kelangsungan hidup manusia dengan kebutuhannya akan air.

Menemukan mata air adalah tujuan mereka, sedangkan mata air terletak berpuluh-puluh meter dibawah tanah. Pada saat mereka ingin memulai penggalian, mereka belum melihat atau menemukan air yang ada dibawah tanah itu.
*courtesy of PelitaHidup.com
Mereka begitu yakin apabila mereka gali sampai jauh kedalam tanah, maka mereka akan menemukan mata air. Saat mereka memulai penggalian, mungkin mereka menggali dengan menggunakan cangkul, bor tanah, dan lain sebagainya.

Yang mereka lakukan hanya “Menggali” sampai bertemunya mata air, walau sedalam apapun mereka harus gali. Tentu pada saat menggali, banyak hal yang menyulitkan. Dalamnya tanah yang harus mereka gali dan mungkin terdapat banyaknya batuan ditanah, atau tanah yang keras dan licin sehingga membuat para penggali itu tergelincir berkali-kali.

Pastinya mereka akan menyingkirkan bebatuan yang mereka temukan agar tidak menghambat pekerjaan dan membahayakan keselamatan mereka. Karena lubang galian yang sangat jauh kedalam, maka seorang penggali sumur memerlukan tali pengaman yang diikatkan ditubuh dan tersambung ke pengait diatas sumur.



Bayangkan kalau seorang penggali sumur meninggalkan lubang galiannya karena lelah menggali sekian dalam namun belum kunjung menemukan mata air, dia hanya meninggalkan lubang kosong yang tidak berarti apa-apa dan sulit untuk kembali ditimbun dengan tanah.

Terus menggali tetapi tanpa menyingkirkan meterial-material penghambat yang akhirnya hanya semakin mempersulit, memperlambat pekerjaan, dan membahayakan keselamatan. Atau tetap menggali juga tapi tali yang dipakai adalah tali yang tipis, yang kemudian terputus dan akhirnya penggali terperosok kedalam lubang sehingga sulit untuk diangkat naik dan bahkan mati didasar lubang karena terjatuh dan terbentur bebatuan yang keras.
*courtesy of PelitaHidup.com
Diperlukan persiapan yang sangat baik sebelum memulai penggalian. Diantaranya, memastikan kondisi fisik yang sehat dan kuat, memastikan peralatan dan perlengkapan dapat berfungsi dengan baik, memastikan bahwa tali terikat kuat antara tubuh dan pengaitnya, baru kemudian memulai penggalian dengan sangat hati-hati.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Mata air berbicara tentang visi yang jauh kedepan dan belum terealisasi, cangkul dan bor berbicara tentang usaha, lubang tanah yang berbatu -batu dan licin berbicara tentang hambatan, tali pengait berbicara tentang hubungan dan ikatan kita dengan Tuhan.
*courtesy of PelitaHidup.com
Pada dasarnya setiap manusia memiliki kesempatan yang sama untuk sukses di bidang masing-masing. Namun terkadang saat kita ingin merealisasikan visi, fokus kita teralih kepada material-material berat yang menghadang kita, sehingga tidak sedikit orang yang berubah fokus dan kemudian berhenti ditengah jalan atau bahkan belum sampai separuh jalan.

Sukses adalah visi pribadi kita, namun berapa besar ketekunan, kegigihan, dan kedekatan kita dengan Tuhan yang merupakan sumber kesuksesan itulah yang menentukan tingkat kesuksesan seseorang. Dibutuhkan daya juang yang keras dalam merealisasikan visi, serta hubungan yang intim dengan Tuhan agar jalan-jalan dibukakan oleh Tuhan dan kita semakin kuat dalam menjalani setiap proses yang terjadi.

Memang tidak mudah dalam merealisasikan visi, akan ada banyak material-material penghambat yang tidak kita duga. Tapi mari kita miliki mental seperti seorang penggali sumur yang tetap menggali sekalipun mata air jauh di dalam tanah dan belum terlihat, serta tidak menghiraukan berapa dalam mereka harus gali dan berapa banyak material yang menghambat pekerjaan mereka. Tetap gali sampai mata air itu ditemukan!

Niko Ariyanto

Renungan ini disumbangkan dari pembaca Pelita Hidup.


Penulis Tamu
Penulis Tamu_Tulisan ini disumbangkan oleh pembaca Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 81 respon

  1. Thanks ya buat renungannya yang sangat menjadi berkat bagi saya, Tuhan memberkati

  2. puji Tuhan. ya benar dalam mencapai visi itu diperlukan misi yang tepat/benar.
    visi tercapai adalah tergantung bagaimana misi kita. visi hanya dapat diraih oleh orang yang benar-benar berjuang, tidak takut tantangan namun menghadapi tantangan dengan tenang, tidak menyerah pada situasi dan kondisi, namun dengan penuh penyerahan pada Tuhan. dan yang paling utama sebelum memulai misi itu haruslah terlebih dahulu kita perlengkapi diri kita dengan Firman dan senjataNya Tuhan. maka Dia tidak pernah gagal untuk memberkati dan membuat kita berhasil dalam meraih visi kita.

  3. Trimakasih utk Firman yang sampaikan.. , secara pribadi hal ini terus berlangsung juga bagi setiap orang percaya..hingga pada akhirnya kita katakan Thank You Lord You are Good…memang itulah fenomena yang tetap terjadi ada begitu banyak tantangan, hambatan, godaan, yang menghapiri kita dalam kita ingin mencapai kesuksesan di segala bidang..kita senantiasa diharapkan mengandalkan Tuhan Yesus saja, S’bab Dia lah Allah Yang Maha Kuasa.GBU All

  4. Trimakasih atas Renungan yang begitu indah, yang saya dapatkan untuk saya jadikan pendoman hidup saya untuk menggapai cita-cita. tks Tuhan Yesus Memberkati

  5. Luar biasa. Ketekunan, kecermatan, sabar dan panjang sabar. sempurna untuk motivasi atas visi hidup pribadi dan keluarga. amin.

  6. Terika kasih renungannya, memotivasi utk tetap gigih,kuat dan terus berjuang dlm menghadapi masalah terutama dalam pelayanan tq JBU

  7. Renungan yang memberkati, mengingatkan saya bahwa untuk menggapai kesuksesan tidaklah selalu berlangsung mulus banyak hambatan-hambatan yang harus kita hadapi dan hambatan itu harus kita singkirkan,Memperkuat hubungan dengan Tuhan akan membukakan Jalan bagi Pintu sukses tentunya harus dibarengi dengan Kegigihan dan Ketekunan…Amin

  8. PRAY & do it in the name of JESUS, you will be get success, AMIN

  9. pekerjaan yang kita lakukan adalah pekerjaan yang tidak sia-sia sebab itu jangan berhenti mengerjakannya. semangat terus

  10. Terima kasih renungannya sangat memberkati saya dalam pelayanan

  11. Shallom semua..
    Saat kita mau bekerja diladang Tuhan ada saja hambatan atau halangan-halangan yang menggangu kita.. Jika kita lemah maka kita tidak akan dapat bertahan. Tapi satu hal yang pasti dalam segala pencobaan yang kita lalui itu, kita mohonlah pertolongan kepada Tuhan agar kita tetap bertahan dan setia bertumbuh dalam pelayanan. Amin…

  12. Hanya Dia Tuhan yang hidup mengerti setiap perjalanan untuk mencapai visi didalam hidup ini, kerana apa yang Tuhan rencanakan adalah yang terindah dalam hidup kita, maka pakai ikatan tali itu agar kita dapat mencapai visi.

  13. Amin motivasi PH sungguh menambah wahana saya untuk hudup dalam ikatan kristus ibaratkan tali penyelamat penggali sumur, kalau boleh saya nambah sedikit setlah ada air maka kita wajib memelihara air kehidupan tersebut agar tidak tercemari, nd terus ditimbah agar selalu memberikan keelgahan.. trusss PH bersinar…. amin….

  14. its very blessed me and i hope so many people brother…

  15. Thank atas pelayanannya. Saya banyak mendapat pengetahuan dan selalu termotivasi dari PELITA HIDUP ini. Semoga pengetahuan ini dapat saya transfer ke Jemaat saya Tuhan Yesus memberkati. Syalooom

  16. Terimakasih buat renungannya sangat membangun biar melalui renungan ini banyak org dikuatkan dan dipulihkan tidak lain hanya utk kemuiaan Tuhan Yesus>gb all

  17. Puji Tuhan, suatu pencerahan yang indah bagi saya, dengan renungan ini saa diingatkan bahwa semua kehidupan yang kita jalani haruslah bersandar pada Yesus Kristus sebagai sumber dari segala sumber kehidupan yang penuh kasih setia.

  18. Berkata ketika ada memang tidak menjadi batu sandungan namun ketika tidak ada dan di iringi waktu seperti misal analogi berikut bila lapar dalam sehari mungkin masih bisa lalu berharap dihari kedua mulai goyah, apalagi ditambah hari selanjutnya dan alhasil mati kelaparan.
    Kadang mereka yang berusaha bukannya tidak sedikit berjuang dengan hikmat yang mengandalkan Tuhan Yesus akan tetapi kenyataannya terjadi seperti hasil akhir analogi kelaparan diatas tsb atau adakah diantara kita mampu berkata UJILAH SAYA TUHAN HINGGA SAMPAI MATI KELAPARAN KETIKA BERHARAP BELUM ENGKAU JAWAB MAKA SUKACITAMU TETAP HIDUP?
    Ini hanya komentar semoga tidak merespon negatif. TUHAN YESUS berkati kita semua anak-anakNYa. Amin
    Yang saya mau angkat disini untuk mengevaluasi diri kita masing-masing adalah semoga rezeki yang kita terima kita tidak lupa menjalankan 10% yang telah terFirmankan dan selalu memberi bantuan kepada yang membutuhkannya dengan Hikmat Tuhan.

  19. TERIMAKASIH BUAT RENUNGAN PH, TERUS BERKARYA BUAT TUHAN YESUS GEMBALA AGUNG YANG TELAH MENGASIHI DOMBA-DOMBA-NYA, TUHAN YESSUS MEMBERKATI

  20. shalom pak,,
    trimakasih pak saya sangat terberkati,ketika saya membaca renungan ini saya dikuatkan,,karena saya sedang mengalami pelayanan yang monoton,bahkan membuat saya tertekan sehingga saya berfikir untuk keluar dari pelayanan,

  21. Sugguh luar biasa, apabila dalam hidup ini kita punya visi yang jelas and selalu andalkan Tuhan dlm rencana maka tercapailah visi kita. Amin

  22. Trima kasih pak atas renungan yang dikirim, aku sangat bahagia, karena dapat menguatkan imanku yang sering tidak kuat karena berbagai pergumulan yang diperhadapkan dalam kehidupan rumah tanggaku. pasti bapak diberkati Tuhan Yesus. Amin

  23. Syalom, trims untuk renungannya, yang mengingatkan an menguatkan sebagai motivasi yang terinspirasi buat misi anak2 Tuhan, dan bisa dipakai sebagai ilustrasi yang sangat baik. sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak, Tuhan Yesus berkati

  24. Terima kasih pada Pilita Hidup, Saya selalu berusaha mencari tali sebagai kedekatan hubungan dengan Tuhan, smg tercapai visi yang selama ini belum trercapai. Semoga Tuhan memberkati., Amin

  25. bambang priyono soediono
    Saturday 8 September 2012, 11:37 am

    Saya waktu masih SMP dengan kakak saya disuruh turun ke sumur oleh bapak saya,karena ada barang yang jatuh.Memang tak terlalu dalam, tetapi setelah di bawah,melihat ke atas, terasa ngeri,jangan-jangan runtuh. Memang perlu keberanian untuk menggali sumur sampai dapat mata air yang dicari. Betapa berat hidup ini. Namun satu faktor yang perlu,kekuatan dari Tuhan. Seperti Tuhan Yesus mengalami hal yang berat dan akhirnya berkata: Jadilah kehendakMu, lalu dikuatkan oleh malaekat2. Begitu juga kita wajib memohon kekuatan untuk “menggali sumur” atau apapun.Terimakasih.GBU.

  26. Shalom,
    Terima kasih ke atas artikel yang sungguh mendorong. Ini amat sesuai dengan visi dan misi kami untuk mendirikan sebuah bangunan/gedung gereja yang masih belum kesampaian. Doakan agar seluruh anggota kami terus mempunyai kerinduan untuk terus komited sehingga impian kami tercapai. Tuhan memberkati.

  27. jd teringat lagu “be thou my vision”. T’rimakasih Firman yang udah dibagikan….

  28. Terima Kasih atas renungan ini ……….Puji Tuhan……… Kita Masih diberi Kesempatan untuk hidup dalam dunia ini , karena …….ada kasih sayang yang tiada batas dari Tuhan Kita Yesus Kristus untuk kita menikmati kehidupan dimana Tuhan Yesus suadah sediakan untuk kita. Misi Visi ………….Pasti …tetapi semua yang direncanakan manusia semua sudah disediakan oleh Tuhan Yesus tergantung kita melihat dari segi mana ?….kalau kita melihat dari proses / mencari dimana ada sumber air ……itu membutuhkan waktu…………..dan pada saat kita sudah menemukan sumber air tersebut ,………….itu juga butuh proses ………. Begitu juga dengan ……Tuhan Yesus…. Kita sebagai Anak – anak Tuhan jangan bosan bosan berdoa , karena Doa adalah kita Memohon kepadaNya. memintah perlindungan ,dituntun kejalan yang benar ,karena tanpa Tuntunan Tuhan Yesus sia -sia apa yang kita kerjakan . kalau kita mau mendapatkan sesuatu harus kerja keras dan butuh kesabaran agar kita bisa mendapat apa yang kita inginkan ,seperti tukang gali sumur …………
    A M I N …..Tuhan Yesus Memberkati Kita Semua .

  29. Shalom,,,bapa! sumur kehidupan adalah sumber kehidupan oarang percaya dalam Kristus Yesus, semakin dalam kita menggali sumur, semakin murni air yang kita temukan bahkan semakin sejuk, begitu juga semakin dalam kita berendam dalam hadirat Tuhan kita akan makin bijak, dalam mengambil langkah keputusan dan makin dapat mengasihi serta berkat Tuhan tidak pernah kering, karena sumur yang dangkal dlm musim kemarau akan kering, begitu hati kita dangkal akan pengetahuan dari Tuhan tentu ketika ada terpaan berbagai pergumuluan, kita akan terombang ambing atau selalu kring dalam segala hal pengetahuan dalam menangkis pergulan tersebut….gbu

  30. Puji Tuhan memang benar …. mencapai visi harus selalu fokus dan waspada, serta terus mengandalkan Tuhan. Niscaya kita terus kuat dan sukses. Amin

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: