Pelita Hidup Jangkau Dunia

Kemenangan: Merebut Kembali Apa Yang Telah Hilang

“Kemudian bertanyalah Daud kepada TUHAN, katanya: ‘Haruskah aku mengejar gerombolan itu? Akan dapatkah mereka kususul?’ Dan Ia berfirman kepadanya: ‘Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan.’
Dan pada keesokan harinya Daud menghancurkan mereka dari pagi-pagi buta sampai matahari terbenam; tidak ada seorangpun dari mereka yang lolos.” 1 Samuel 30:8,17a

Bacaan: 1 Samuel 30:1-6

Dari bacaan di atas, Daud mendapati Ziklag telah diserang ketika dia pulang dari Filistin. Sebagai pemimpin Daud bertanggung jawab penuh dengan apa yang melanda Negeri Ziklag:
*courtesy of PelitaHidup.com
– Ziklag telah dikalahkan/dibakar habis. (ayat 1)

– Seluruh harta dijarah

– Seluruh wanita, dan anak-anak serta orang tua ditawan (ayat 2)


Dan yang lebih tragis lagi dia mendapat ancaman dari rakyatnya sendiri akibat dari peristiwa-peristiwa tersebut.

Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan.” 1 Samuel 30:6
*courtesy of PelitaHidup.com
Dalam situasi ini Daud menghadapi dua serangan: Serangan dari luar dan dari dalam. Serangan dari luar sudah terjadi, dan serangan dari dalam apabila Daud tidak bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut maka itu akan segera terjadi.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Tidak hanya sedih melihat seisi kota dibakar habis, wanita dan anak-anak ditawan, dan istrinya sendiri pun turut diangkut oleh orang Amalek, ia juga harus menghadapi rakyat yang siap membunuhnya dengan lemparan batu karena marah. Daud harus menghadapi ini semua, dan situasinya benar-benar mencekam dan berbahaya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Kita mungkin akan segera putus asa jika berhadapan dengan kondisi seperti itu. Tetapi mari kita lihat dan meneladani apa yang dilakukan Daud. Dia tidak putus asa sedikit pun. Dia tidak kecewa terhadap Tuhan meski yang ia hadapi sangatlah berat bahkan dia tidak lari dari masalah.

Alkitab dengan jelas mengatakan bagaimana Daud tetap menghadapi semua masalah tersebut dengan tindakan yang sesuai dengan kehendak Tuhan.

Berikut ini tindakan yang dilakukan Daud ketika menghadapi situasi yang berat seperti itu:

1. Tindakan Memperkuat Kepercayaan

Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya.” 1 Samuel 30:6c

Ini adalah tindakan rohani Daud di tengah tekanan-tekanan dunia yang berat. Daud sangat terjepit, tetapi itu bukan berarti sudah tidak ada jawaban. Bagi dunia mungkin sudah tidak ada jawaban dan pengharapan lagi, tetapi bagi Tuhan tidak ada yang tidak bisa dijawab dan tidak ada yang tidak mungkin.

Dengan memperkuat kepercayaan, Daud mengandalkan Tuhan sepenuhnya. Dia tahu betul bagaimana menghadapi situasi, tekanan dan ancaman. Jawabannya adalah dengan berharap dan mengandalkan Tuhan sepenuhnya.

Bagaimana dengan hidup kita hari-hari ini, adakah sesuatu yang sulit dan berat yang kita hadapi? Mari andalkan Tuhan sepenuhnya dalam hidup kita. Mari kita kuatkan kepercayaan kita kepada Tuhan.

.

2. Tindakan Untuk Merebut Yang Hilang

Kemudian bertanyalah Daud kepada TUHAN, katanya: ‘Haruskah aku mengejar gerombolan itu? Akan dapatkah mereka kususul?’ Dan Ia berfirman kepadanya: ‘Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan.’ ” 1 Samuel 30:8
*courtesy of PelitaHidup.com
Ternyata setelah mengambil tindakan untuk memperkuat kepercayaan dengan mengandalkan Tuhan, Daud harus mengambil suatu tindakan untuk mengejar dan merebut kembali apa yang hilang, yaitu yang telah dirampas oleh musuhnya, orang Amalek.

Dalam situasi-situasi tertentu Tuhan bisa langsung menjawab masalah atau pergumulan tanpa seseorang mengambil suatu tindakan (hanya berdiam diri). Tetapi dalam peristiwa ini, Daud tidak bisa hanya berdiam diri, walaupun Tuhan sudah katakan dia akan berhasil merebut dan melepaskan tawanan tetapi kalau dia hanya berdiam diri tidak ada tindakan untuk merebut apa yang telah hilang maka itu tidak akan berhasil.

Begitu juga dengan kehidupan orang percaya. Walaupun kita katakan saya sudah berdoa, saya sudah rajin beribadah dan lain sebagainya tetapi kalau tidak ada tindakan nyata dari kita untuk mau berubah/bertobat dengan merebut hal-hal/karakter yang Tuhan inginkan, maka sulit untuk kita melihat jawaban Tuhan.

Alkitab menjelaskan dengan tindakan Daud beserta pasukannya yang berhasil merebut kembali apa yang telah dirampas oleh Amalek. Semua yang hilang bisa direbut kembali mulai dari keluarga mereka, harta bahkan Daud dan pasukannya mendapat jarahan yang sangat banyak.

Daud melepaskan semua apa yang dirampas oleh orang Amalek itu; juga kedua isterinya dapat dilepaskan Daud.
Tidak ada yang hilang pada mereka, dari hal yang kecil sampai hal yang besar, sampai anak laki-laki dan anak perempuan, dan dari jarahan sampai segala sesuatu yang telah dirampas mereka; semuanya itu dibawa Daud kembali. ” 1 Samuel 30:18-19

.

Apa yang menyebabkan Daud berhasil merebut kembali semuanya? Hal itu karena Daud bertindak dengan memperkuat kepercayaannya kepada Tuhan dan merebut kembali apa yang telah hilang.

Mungkin ada yang terhilang dari keluarga kita, ditarik oleh dunia sehingga mereka telah meninggalkan Tuhan, mereka menjadi orang yang terhilang mereka hidup dalam tawanan dunia ini. Mari kita rebut mereka kembali.
*courtesy of PelitaHidup.com
Mungkin juga ada sesuatu yang terhilang dalam hidup kita: cinta mula-mula kita kepada Tuhan yang dulunya begitu menggebu-gebu tetapi sekarang itu tidak ada lagi. Dulu kita adalah orang penyabar, lemah lembut, penuh kasih, rendah hati tetapi sekarang itu semua sudah hilang. Mari kita rebut kembali semuanya itu.

Ataupun dengan krisis ekonomi yang terjadi, kita kehilangan pekerjaan, kesempatan, dan lainnya. Marilah kita menjadi Daud di akhir zaman ini yang mau mengandalkan Tuhan sepenuhnya dan ada tindakan dari kehidupan kita untuk merebut kembali apa yang telah hilang. Praise the Lord.

“Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. 

Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, 

atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.”  Roma 8:37-39

Pdt. Robinson Y. Tulenan

Renungan ini disumbangkan dari pembaca Pelita Hidup.


Penulis Tamu
Penulis Tamu_Tulisan ini disumbangkan oleh pembaca Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 75 respon

  1. Haleluya.., menguatkan kepercayaan kepada Tuhan..,, kalimat yang luaaaaar biasa berkuasa..

  2. Sungguh dasyat Tuhan memberi kekuatan pada Daud juga kita yg mau percaya padaNya , biarlah itu semua menjadi berkat bagi kita semua amin… Gbu

  3. Terima Kasih atas renungan ini. Bersyukur dalam segala hal………… agar apa yang kita hadapi
    dengan kehidupan ini baik ringan maupun berat kita jangan pokus pada masalah yang kita hadapi…Tetapi Pokus kepada Tuhan Yesus agar kita bisa dituntun kejalan yang benar / mendapat jalan keluar dengan baik dan benar dan bisa merebut apa yang telah hilang dari diri kita seperti : kehilangan Kasih Mula mula , Kehilangan kepercayaan , kehilangan putus asah, kehilangan harapan , Kita Umat PilihanNYA kita harus bangun kembali Kepercayaan Kepada TUHAN YESUS KRISTUS dan Merebut kembali keperyaan yang sudah dibangun dalam Tuhan dan Mulailah mengandalkan Tuhan dalam segalah Hal dimana kita berada . A M I N
    Tuhan Yesus Memberkati Pelita Hidup dan Memberkati setiap Orang yang membaca Renungan ini . H A L E L U Y A. .

  4. Puji Tuhan, Tuhan berkati Pelita hidup dalam pelayanannya via duma. lewat firman ini saya telah diberkarti dan dikuatkan krnx aku bersyukur bh kasih Tuhan itu ajaib, kuasanya heran. Haleluyah.

  5. immanuel hutabarat
    Monday 23 July 2012, 8:17 am

    Masalah adalah bagian dari Pendewasaan diri dan merupakan bagian hidup manusia ,selagi masih kita masih hidup masalah pasti silih berganti ,gimana kita menyikapi,atau memandang masalah, yang pasti setiap masalah pasti ada jalan keluar ,oleh karena itu cara terbaik untuk menghadapi masalah terlebih dahulu bersikap tenang, ambil waktu untuk berdoa, renungkan firman Tuhan yang menguatkan lalu bertindaklah sesuai yang diinginkan Tuhan kemudian nantikan hasilnya cepat atau lambat dari Tuhan Yesus dengan sabar dan setia, Tuhan Yesus memberkati

  6. Gunawan Sembiring
    Sunday 22 July 2012, 10:24 pm

    sangat membangun dan menguatkan. Tx buat renungannya. GBU

  7. yakin pada Tuhan dan berbuat dibawah pimpinan Tuhan

  8. Trimakasih Tuhan…..

  9. Amin….Puji Tuhan dan terima kasih untuk renungannya sangat luar biasa dan sangat memberkati sekali. GBU.

  10. Puji Tuhan, Luar biasa jika kita mengandalkan Tuhan saja dalam segala masalah yang kita hadapi. Renungan ini menguatkan saya dengan apa yang menjadi pergumulan saya selama ini, seperti sebuah jawaban dari apa yang terjadi pada pribadi saya dimana dalam situsai yang sangat terhimpit. Tindakan seperti yang dilakukan oleh Daud yaitu merebut kembali apa yang telah hilang dengan memperkuat kepercayaan kepada Tuhan itu juga yang harus saya lakukan. Terima kasih Yesus, engkau telah memakai renungan ini sarana menjawab pergumulan saya… terima kasih juga kepada BapakRiva Sinyal. Tuhan memberkati.

  11. Shalom, memang benar, bahwa kalau kita berdiam diri walaupun sudah ada jalan diberikan Tuhan pasti kita tidak menang dalam perjuangan. Bertekun, berdoa dan bertindak sesuai dengan tuntunan Tuhan pasti kita akan menang mendapatkan milik kita yang hilang. Contoh dari Daud mengingatkan kita untuk bertidak sesuai tuntunan Tuhan pasti ada kemenangan. Tuhan memberkati.

  12. itulah iman dan perbuatan

  13. Cara Tuhan adalah ajaib yang tidak pernah terpikirkan oleh kita, karena Dia lah andalan kita.
    Terima kasih renungan ini sangat menguatkan ,Tuhan memberkati

  14. Meningkatkan kepercayaan ini berarti harus dlm bentuk yg nyata yaitu beribadah dg tekun, menyembah Tuhan, berdoa kepada Tuhan dg berharap sepenuhnya kpd Tuhan dan menambahkan ibadah kita dg berpuasa yg dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lebih mantap lagi melibatkan masy (Jemaat Tuhan), selanjnutnya melakukan apa yg dikehendaki Tuhan sebagaimana yg telah di firmankanNya, seperti Daud kita akan memperoleh apa yg kita pergumulkan sebagai anugerah Tuhan, Tuhan Yesus memberkati kita semua amin.

  15. Dalam situasi yang sulit seperti yang dialami oleh Daud bukanlah hal mudah untuk mengambil keputusan yang tepat. Tetapi dari kisah Daud kita belajar bahwa bergantung kepada Tuhan merupakan syarat mutlak untuk mengalami kemenangan yang besar. Terima kasih untuk renungan yang menguatkan dan memberkati.

  16. Renungan yg sangat menguatkan ! Gbu !

  17. Ribka Winarsiati Kaka
    Friday 20 July 2012, 10:43 am

    Tindakan memperkuat kepercayaan lebih dipahami sebagai tekat/spirit yang muncul dari dalam diri Daud. Demikian juga kita harus memiliki tekat / spirit untuk mengubah pola hidup keimanan kepada Tuhan yang tadinya mungkin biasa-biasa saja menjadi lebih kuat dan makin kuat di dalam Tuhan. Dan tindakan ‘merebut kembali’ adalah tekat yang sudah mewujud kepada sikap nyata, tindakan sebagaimana firman katakan bahwa iman harus disertai tindakan. Tanpa kita berani menmulai langkah iman maka kita akan sulit untuk meraih berkat yang sudah di depan mata. Jadi merebut kembali apa yang hilang benar-benar membutuhkan tekat yang kuat dalam mengandalkan Allah serta benar-benar mau bertindak, berjuang meresponi jaminan kekuatan Allah yang diberikan.

  18. PUJI Tuhan, Dahsyat Tuhan kita. Aapapun pergumulan dan tekanan yang datang dalam hidup kita didalam Tuhan pasti ada jalan keluar. Terima kasih Pelta Hidup, saya diberkati lewat renungan ini. Haleluya..

  19. Ya dan Amin untuk Firman Tuhan yang meneguhkan saya hari ini, yang dapat kita lakukan “BERDOA, BERIMAN dan BERTINDAK”.

    Terima kasih untuk Pdt. Robinson dan Pelita Hidup.

    Jesus Christ bless, good luck and success to all of you.

  20. tekun dlm doa,berhrp pada Tuhan,sabar menanti waktu Tuhan,…& ternyata hrs ada tindakan (iman) u merebut kembali apa yg telah hilang….thanks bgt u pencerahannya …Jesus bless

  21. haleluya!! tQ PH..saya sangat diberkati dengan renungan ini..ia memberikan saya kekuatan baru dan membangkitkan iman saya..GBU all..

  22. haleluya!!! saya sangat diberkati dan dikuatkan..tQ perkongsian renungan ini..mari kita belajar terus menerus bersandar kepada Tuhan..AMEN..

  23. Renungan yang indah ini menyegarkan jiwa kami, salut dan diberkatilah Pelita Hidup yang tidak pernah-
    bosan-bosannya menyambangi kita semua.

  24. Sangat penting kita intim dg Tuhan membuat kita mampu menghidupi Tuhan dalam hidup kita dan pasti apa yg hilang akan kembali dan kita akan terheran2,

  25. Terima kasih utk renungannya. Tuhan Yesus akan menolong orang mengandalkanNya.

  26. jeffry manampiring
    Friday 20 July 2012, 6:54 am

    Terima kasih Renungannya, sungguh memberkati saya dan semua yg membacanya.

  27. Tuhan Kita luar biasa, kita akan menjadi pemenang dalam segala perkara apabila kita mengandalkan Tuhan.

  28. Luar biasa, renungan yang membangkitkan semangat untuk bangkit dan bertindak ketika menghdapi masalah dan pergumulan dalam hidup dan kehidupan, dengan percaya dalam iman yang sungguh dan mengandalkan Tuhan sepenuhnya melangkah dan bertindak, pasti ada jalan keluar dan berhasil!

  29. Saya sangat diberkati setelah membaca renungan “MEREBUT KEMBALI YANG TELAH HILANG”, sehingga menggugah semangat saya untuk lebih mengandalkan TUHAN di dalam menghadapi segala pergumulan hidup dan kehidupan kemudian melangkah dengan penuh iman percaya bahwa TUHAN memimpin kedalam kemenangan dan meraih kesuksesan.

  30. Salom Puji Tuhan kami diberkati atas renungan yang di suguhkan oleh pelita hidup,membangun dan dan menguatkan kami seperti Daud yang selalu tulus dalam menghadapi masalah dan selalu keluar sebagai pemenang karena selalu mengandalkan TUHAN demikian kehidupan kekristenan kita, kita akan mampu dan mendapat kemenangan, jika kita tulus,setia dan taat sepenuh hati kepada Tuhan Amin

  31. Makasih banyak atas renungan ini sehingga dapat memperkuat keyakinan kita kepada Tuhan dan menjadi berkat. Keep going… GBU all.

  32. Tuhanku…..banyak masalah yang saya hadapi sekarang berikanlah kekuatan iman, harap dan percaya saya kepadaMu ya Tuhan, tunjukanlah jalanMu agar saya dilepaskan dari masalah-malasah ini. Terimakasih Tuhan Yesus atas segala firman-firmanMu.

  33. Puji Tuhan…. kita di berkati melalui Pelita Hidup. Terus berkarya untuk kemuliaan Tuhan. GBU

  34. Trima kasih ….firman yang dapat menguatkan dan menjadi bekal bagi kita dalam menghadapi berbagai persoalan hidup untuk tidak berputusasa dan mengandalkan pengertian sendiri <tapi harus mengandalkan Tuhan dalam kehidupan GBU

  35. belajar dari kisah Daud…semuanya akan Indah kalau ada tindakan bersama Tuhan tdk hanya berdiam diri..Puji Tuhan renungan ini sangat mengena akan pribadi saya n kel saya…saya percaya dengan menguatkan kepercayaan saya apa yg telah hilang akan kembali,,, secara pribadi renungan ini sangat menguatkan saya maupun kel saya….Tuhan Memberkati n semakin dahsyat dlm Pelayanan,,,GBU

  36. belajar dari kisah Daud…semuanya akan Indah kalau ada tindakan bersama Tuhan tdk hanya berdiam diri..Puji Tuhan renungan ini sangat mengena akan pribadi saya n kel saya…saya percaya dengan menguatkan kepercayaan saya apa yg telah hilang akan kembali,,, secara pribadi renungan ini sangat menguatkan saya maupun kel saya….Tuhan Memberkati n semakin dahsyat dlm Pelayan,,,GBU

  37. Dalam hidupku aku telah banyak mengalami kehilangan, termasuk hilangnya kebahagiaan dan keutuhan bahtera rumah tanggaku………seperti daud aq sering tanya ke Tuhan “Yesus haruskah aku mengejarnya….? lelah…capek….terkadang oleh karena bertahun2 tapi tak bisa ku raih kembali….Semoga Firman ini akan mengembalikan semangatku untuk merebutnya kembali dari perselingkuhan…GBU Pelita Hidup & team

  38. Sadar atau tidak sadar kita sering mengalami kehilangan itu dapat dilihat dari ekspresi tindakan, perbuatan,dan perkataan kita. Satu contoh seseorang ingin menjadi kaya dalam hidupnya ia telah menemukan apa yang ia impikan selama ini, namun pencapaian ini ia melakukan tindakan korupsi.Pencapain yang ia dapatkan tidak sesuai dengan apa yang ia imani berarti orang tersebut kehilangan imannya dan kehilangan iman berati memenuhi kebutuhan duniawi. Terima kasih Pelita Hidup atas suguhan renungannya Tuhan kiranya memberkati pekerjaan anda.

  39. Dengan Iman dan perbuatan mujizat menjadi nyata. Amin.

  40. Terima kasih atas renungannya, semoga kita semua dapat mempertahankan apa yang telah kita rebut dan merebut apa yang belum kita lakukan sesuai dengan kehendak Tuhan dalam bentuk tindakan yang nyata. Amin.
    Terima kasih Pelita Hidup.

  41. Bagi setiap orang PERCAYA akan selalu ada KEKUATAN.
    Masalah tetap ada dan beraneka warna serta silih berganti, namun kekuatan baru selalu menyertai orang percaya di setiap saat dalam hidupnya. Tuhan Yesus Memberkati kita semua…….

  42. Semuanya luar biasa saat kita mengandalkan Jesus,,,

  43. Thanks.. buat Pelita Hidup yang telah mempublikasikan renungan yang sangat indah ini. Terima kasih buat buat Bpk. Pdt. Robinson Y. Tulenan, kiranya Tuhan memberkati pelayanan Bapak. Renungan yang dapat membangkitkan semangat yang patah. Thank’s . Tuhan memberkati..

  44. Puji Tuhan, renungan yang selalu menguatkan orang yang percaya kepada-Nya.
    Selama kita masih diberi kesempatan menikmati dunia ini pasti kita temui hal2 susah, senang, tekanan, himpitan yg berat baik persoalan pribadi ataupun persoalan keluarga tentunya bagaimana kita untuk menyikapinya …. benar jawabanya adalah hanya bersandar /berharap mengandalkan Tuhan kita Yesus Kristus pasti ada jalan keluar.
    ” Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan ”

    Terimakasih PELITA HIDUP …. Tuhan Yesus memberkati.

  45. Terima kasih untuk renungan yang indah ini. GBU

  46. Terima kasih atas renungan yg begitu indah dan memotivasi, agar kita kembali merebut apa yg dulu kita miliki.semoga kita diberkati selalu Tuhan Yesus

  47. Shallom..Tuhan Yesus menyertai kita. terima kasih PH kerana menghantar saya ranungan yang sangat memberkati juga menguatkan saya.ya benar kuasa ALLAH tidak terbatas kasih dan penyertaan bagi semua umatNYA sentiasa mengalir seperti air sungai yang tak pernah kering..Gbu..

  48. renungan ini sangat membuat saya menjadi terinspirasi,
    smoga kita dapat memperkuat iman dan kepercayaan kita, AMIN.

  49. Tindakan dengan memperkuat kepercayaan pada Tuhan sama dengan bersandar seutuhnya kepadanya, maka sangatlah baik untuk di contoh/ di tiru karena kita tidak mungkin bekerja dengan kekuatan sendiri, tapi kekuatan Tuhan sajalah kiranya yang menjadi kekuatan kita. Tuhan memberkati kita semua.

  50. Luar bisa … Tuhan punya cara dan waktu yang tepat untuk menguatkan dan menjawab pergumulan anak anakNya. sy sungghu diberkati dan dikuatkan dengan renungan ini.
    Terima kasih Tuhan dan terima kasih untuk hambaNya Gbu

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: