Pelita Hidup Jangkau Dunia

Kemenangan: Merebut Kembali Apa Yang Telah Hilang

“Kemudian bertanyalah Daud kepada TUHAN, katanya: ‘Haruskah aku mengejar gerombolan itu? Akan dapatkah mereka kususul?’ Dan Ia berfirman kepadanya: ‘Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan.’
Dan pada keesokan harinya Daud menghancurkan mereka dari pagi-pagi buta sampai matahari terbenam; tidak ada seorangpun dari mereka yang lolos.” 1 Samuel 30:8,17a

Bacaan: 1 Samuel 30:1-6

Dari bacaan di atas, Daud mendapati Ziklag telah diserang ketika dia pulang dari Filistin. Sebagai pemimpin Daud bertanggung jawab penuh dengan apa yang melanda Negeri Ziklag:
*courtesy of PelitaHidup.com
– Ziklag telah dikalahkan/dibakar habis. (ayat 1)

– Seluruh harta dijarah

– Seluruh wanita, dan anak-anak serta orang tua ditawan (ayat 2)



Dan yang lebih tragis lagi dia mendapat ancaman dari rakyatnya sendiri akibat dari peristiwa-peristiwa tersebut.

Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan.” 1 Samuel 30:6
*courtesy of PelitaHidup.com
Dalam situasi ini Daud menghadapi dua serangan: Serangan dari luar dan dari dalam. Serangan dari luar sudah terjadi, dan serangan dari dalam apabila Daud tidak bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut maka itu akan segera terjadi.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Tidak hanya sedih melihat seisi kota dibakar habis, wanita dan anak-anak ditawan, dan istrinya sendiri pun turut diangkut oleh orang Amalek, ia juga harus menghadapi rakyat yang siap membunuhnya dengan lemparan batu karena marah. Daud harus menghadapi ini semua, dan situasinya benar-benar mencekam dan berbahaya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Kita mungkin akan segera putus asa jika berhadapan dengan kondisi seperti itu. Tetapi mari kita lihat dan meneladani apa yang dilakukan Daud. Dia tidak putus asa sedikit pun. Dia tidak kecewa terhadap Tuhan meski yang ia hadapi sangatlah berat bahkan dia tidak lari dari masalah.

Alkitab dengan jelas mengatakan bagaimana Daud tetap menghadapi semua masalah tersebut dengan tindakan yang sesuai dengan kehendak Tuhan.

Berikut ini tindakan yang dilakukan Daud ketika menghadapi situasi yang berat seperti itu:

1. Tindakan Memperkuat Kepercayaan

Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya.” 1 Samuel 30:6c

Ini adalah tindakan rohani Daud di tengah tekanan-tekanan dunia yang berat. Daud sangat terjepit, tetapi itu bukan berarti sudah tidak ada jawaban. Bagi dunia mungkin sudah tidak ada jawaban dan pengharapan lagi, tetapi bagi Tuhan tidak ada yang tidak bisa dijawab dan tidak ada yang tidak mungkin.

Dengan memperkuat kepercayaan, Daud mengandalkan Tuhan sepenuhnya. Dia tahu betul bagaimana menghadapi situasi, tekanan dan ancaman. Jawabannya adalah dengan berharap dan mengandalkan Tuhan sepenuhnya.

Bagaimana dengan hidup kita hari-hari ini, adakah sesuatu yang sulit dan berat yang kita hadapi? Mari andalkan Tuhan sepenuhnya dalam hidup kita. Mari kita kuatkan kepercayaan kita kepada Tuhan.

.

2. Tindakan Untuk Merebut Yang Hilang

Kemudian bertanyalah Daud kepada TUHAN, katanya: ‘Haruskah aku mengejar gerombolan itu? Akan dapatkah mereka kususul?’ Dan Ia berfirman kepadanya: ‘Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan.’ ” 1 Samuel 30:8
*courtesy of PelitaHidup.com
Ternyata setelah mengambil tindakan untuk memperkuat kepercayaan dengan mengandalkan Tuhan, Daud harus mengambil suatu tindakan untuk mengejar dan merebut kembali apa yang hilang, yaitu yang telah dirampas oleh musuhnya, orang Amalek.

Dalam situasi-situasi tertentu Tuhan bisa langsung menjawab masalah atau pergumulan tanpa seseorang mengambil suatu tindakan (hanya berdiam diri). Tetapi dalam peristiwa ini, Daud tidak bisa hanya berdiam diri, walaupun Tuhan sudah katakan dia akan berhasil merebut dan melepaskan tawanan tetapi kalau dia hanya berdiam diri tidak ada tindakan untuk merebut apa yang telah hilang maka itu tidak akan berhasil.

Begitu juga dengan kehidupan orang percaya. Walaupun kita katakan saya sudah berdoa, saya sudah rajin beribadah dan lain sebagainya tetapi kalau tidak ada tindakan nyata dari kita untuk mau berubah/bertobat dengan merebut hal-hal/karakter yang Tuhan inginkan, maka sulit untuk kita melihat jawaban Tuhan.

Alkitab menjelaskan dengan tindakan Daud beserta pasukannya yang berhasil merebut kembali apa yang telah dirampas oleh Amalek. Semua yang hilang bisa direbut kembali mulai dari keluarga mereka, harta bahkan Daud dan pasukannya mendapat jarahan yang sangat banyak.

Daud melepaskan semua apa yang dirampas oleh orang Amalek itu; juga kedua isterinya dapat dilepaskan Daud.
Tidak ada yang hilang pada mereka, dari hal yang kecil sampai hal yang besar, sampai anak laki-laki dan anak perempuan, dan dari jarahan sampai segala sesuatu yang telah dirampas mereka; semuanya itu dibawa Daud kembali. ” 1 Samuel 30:18-19

.

Apa yang menyebabkan Daud berhasil merebut kembali semuanya? Hal itu karena Daud bertindak dengan memperkuat kepercayaannya kepada Tuhan dan merebut kembali apa yang telah hilang.

Mungkin ada yang terhilang dari keluarga kita, ditarik oleh dunia sehingga mereka telah meninggalkan Tuhan, mereka menjadi orang yang terhilang mereka hidup dalam tawanan dunia ini. Mari kita rebut mereka kembali.
*courtesy of PelitaHidup.com
Mungkin juga ada sesuatu yang terhilang dalam hidup kita: cinta mula-mula kita kepada Tuhan yang dulunya begitu menggebu-gebu tetapi sekarang itu tidak ada lagi. Dulu kita adalah orang penyabar, lemah lembut, penuh kasih, rendah hati tetapi sekarang itu semua sudah hilang. Mari kita rebut kembali semuanya itu.

Ataupun dengan krisis ekonomi yang terjadi, kita kehilangan pekerjaan, kesempatan, dan lainnya. Marilah kita menjadi Daud di akhir zaman ini yang mau mengandalkan Tuhan sepenuhnya dan ada tindakan dari kehidupan kita untuk merebut kembali apa yang telah hilang. Praise the Lord.

“Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. 

Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, 

atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.”  Roma 8:37-39

Pdt. Robinson Y. Tulenan

Renungan ini disumbangkan dari pembaca Pelita Hidup.


Penulis Tamu
Penulis Tamu_Tulisan ini disumbangkan oleh pembaca Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 75 respon

  1. terima kasih buat renungan ini, dari bacaan tersebut telah memberi kekuatan kepada saya untuk selalu mengandalkan Tuhan dalam segala aspek kehidupan, karena tanpa bersandar kepada Tuhan Yesus semuanya akan sia-sia. dan pertolongan kita hanya datang dari Tuhan Yesus. Amin

  2. Renungan ini mengingatkan saya bahwa tidak ada kata terlambat, merebut kembali apa yang hilang yang menjadi bagian kita sesuai ketentuan Tuhan.

    Praise The LORD

  3. Puji Tuhan Saya rasa kahadiran Tuhan sangat luar biasa yang tidak mungkin terjadi bisa terjadi, karena rahmat-Nya dan serta belas kasihan-Nya, semua itu di lakukan-Nya. untuk mengembalikan kita kejalan yang Dia ingini.meski banyak halangan,hinaan, diludahi dan masih banyak lagi yang dunia menilai kita,namu TUHAN yang Kusembah IA penyayang dan besar hati untuk mengampuni-KU. Meski ku tak seperti Daud, namun ALLAH tak pernah membedakan itu. terima kasih bapa Engkau baik sebab, Engkau telah memberikan situs Pelita Hidup untuk menegur-ku. terima kasih Pelita Hidup GOD BLESS YOU & ME, semoga suxses selalu.

  4. terima kasih atas renungan dari Pelita Hidup,
    semoga kita bisa belajar dari iman dari Raja Daud, karena iman dan keyakinan yang kuatlah kita dapat dimenangkan oleh Tuhan. Trimakasih.

  5. Terimakasih atas renungan hari ini.kiranya semuanya bisa menguatkan ku.dan bisa bangkit dari setiap kegagalan. PUJI TUHAN

  6. Shallom..Puji Tuhan Sangat memberkati renungan ini…memberikan sya pengharapan yg baru dan kekuatan untuk sya trus berusaha dan mencari apa yg slama ini telah Hilang..trima kasih Buat pelita Hidup Tuhan Memberkati…

  7. Shallom…sungguh luar biasa renungan ini buat sya…Tuhan slalu tau apa yg menjadi kebutuhan dalam hidup sya…sehingga sya mendapatkan renungan ini..untuk memberikan sya pengharapan yang baru dalam mencari dan mengejar kembali apa yg telah hilang…moga roh kudus akan bekerja dlm hidup ini…makasih buat Tuhan Yesus..bahkan kepada pelita hidup…Tuhan Memberkati…

  8. Kadang 2 kita selalu bertindak bersendirian apabila berjalan diatas masalah menyebabkan kita jatuh kedalamnya, tetapi kita memiliki Allah Bapa yang hebat memberi kekuatan otot rohani kita berjalan terus dlm masalah dunia ini dengan lancar sekali….Terima Kasih Allah Bapa ku di surga.

  9. Terima kasih diatas renungan yang amat membina ini.Renungan ini dapat menguatkan iman percaya saya lagi bahkan menambah kesabaran saya dalam menangani karenah orang tersayang yang hanyut oleh arus dunia ini. Puji Tuhan.. Terima kasih.Engkau tetap ada jawapan bagi setiap situasi rumit. Terima kasih Pelita Hidup sebagai agen dan duta Allah yang setia memberikan motivasi yang berimpak kepada saya selama saya menjadi ahli renungan ini. Teruskan … Allah memberkati selama-lamanya.

  10. Makasih atas renungannya. Ini merupakan bagian dari memperkuat kepercayaan dan merebut apa yang hilang dari diri saya. =)

  11. Iin Oktavia Luhukay
    Tuesday 14 August 2012, 1:52 pm

    Luar Biasa….Tuhan memang menginginkan kita untuk mengandalkan-Nya, tapi Tuhan tidak ingin kita berdiam diri saja, setelah kita mengandalkan-Nya, harus ada aksi, harus ada tindakan maka Tuhan akan mendukung kita dalam setiap yang kita lakukan dengan kekuatan Roh Kudus-Nya….Terima kasih Pelita Hidup, Renungan-nya sangat Bagus dan membuat kami semakin ingin menjadi Daud masa kini. GBU always

  12. syalom,tanpa mengandalkan Tuhan sy tidak akan mungkin bisa bertahan..hanya Yesus kekuatan sy..DIA Allah yang luar biasa…thanks Pelita Hidup.Renungan yang sangat memberkati sy.GBU All

  13. Kiranya bapak/ibu senantiasa diberkati

  14. Yesus itu Maha Dasyat di situasi seakan sudah tidak ada jalan Dia Tetap Buka Jalan yang mungkin tak terfikir oleh manusia dengan keterbatasan akal dan logika.
    Terima kasih atas Renungan yang selalu menumbuhkan rasa optimis

    Tuhan memberkati

    Salam
    Lisa

  15. terima kasih renungannya, sangat memberkati saya….. TUHAN YESUS MEMBERKATI

  16. Haleluyah… Anak-anak Tuhan lebih dari pemenang dalam segala perkara. Kita diberi kuasa dari Raja Mulia.

  17. Puji Tuhan renungan ini sangat membangun rohani saya.Pujilah Tuhan Yesus

  18. tq…renungan sgt memberi kekuatan dan berkat…GBU…

  19. Trima kasih pada PH. dan Puji Tuhan yang telah memberi kita kekuatan dalam kehidupan kita. yang jelas kita dapat bertahan dalam gelombang hidup ini apabila kita mengandalkan Tuhan dalam setiap perkara yang kita hadapi , dan bukan mengandalkan diri sendiri. hanya di dalam Tuhanlah kita pasti menang.

  20. Thx Pelita Hidup… Renungan ini merupakan teguran dan jawaban dari pergumulan saya yg kadang masih mengandalkan dan bangga akan kekuatan sendiri.. Semoga akan menjadi jawaban bagi pembaca yg lain.. GBU

  21. tq atas renungannya…saya sangat diberkati dengan renungan ini…GBU

  22. setiap tantangan bila disikapi dengan bijak tentu merupakan suatu kekuatan….bersama Tuhan tidak ada yang mustahil…..ora et labora…Terima kasih pelita hidup.Tetap jadi berkat

  23. Terima kasih banyak, renungan ini memulihkan kita kembali, bahwa Tuhan pasti menolong orang yang berkarya dan senantiasa berucap syukur. Menjadi orang Kristen dalam kita mengimani Yesu Kristus harus berkarya dengan mencucurkan keringat ( kerja keras ) . Tuhan Yesus juga tidak diam membuat Muzizat pesta di Kana. tapi berinsiatif dan bekerja lalu menyerahkanNya sepenuhnya kepada Allah Bapa di Sorga

  24. Puji Tuhan saya sangat di berkati.Dlm tantangan apa pun saya tetap berpegang kepada Tuhan Yesus Kristus..Terima kasih Pelita Hidup.GBU

    • Banyak hal dlm hidup yg direbut dr kehidupan kita, keluarga, pekerjaan, ekonomi, damai sejahtera, kita percaya melalui Ft ini, dgn Tuhan kita pasti bisa merebutnya kembali! Gbu all

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: