Pelita Hidup Jangkau Dunia

Menjadi Orang Percaya Yang Kokoh Dalam Tuhan

“Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!
Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.” Yeremia 17:7-8

Ada banyak orang membaca Yeremia 17:7-8, mereka langsung melompat pada ayat 8, dimana mereka langsung membahas akibatnya, dan bukan mencari sebabnya. Kenapa saya katakan begitu, karena mereka langsung menggambarkan atau beralegoris bahwa orang percaya harus menjadi pohon yang kokoh yang mampu bertahan pada musim kemarau dan merambatkan akar-akar ke ujung-ujung batang air serta menghasilkan buah pada musimnya. Benarkan demikian?

Bagi saya hal tersebut tidak salah, hanya kurang pas saja. Saya memberikan contoh sebuah kalimat “saya makan, maka saya kenyang”. Kenapa saya kenyang? Karena saya makan. Dari kalimat ini, kita bisa melihat ada kata sebab dan ada kata akibat. Sebabnya ada pada kata “makan” sedangkan akibatnya ada pada kata “kenyang”. Mungkin anda akan bertanya, apa hubungannya dengan ayat diatas?
*courtesy of PelitaHidup.com
Yeremia 17:7-8 juga berbicara tentang sebab – akibat. Ayat 8 berbicara akibat, sedangkan ayat 7 adalah sebabnya. Jadi untuk dapat menjadi orang percaya yang kokoh bagaikan pohon setidaknya orang tersebut memiliki dua hal yang terdapat pada ayat 7 yang merupakan sebabnya.

Berikut ini kedua hal yang menyebabkan kita dapat menjadi orang percaya yang kokoh di dalam Tuhan:

1. Mengandalkan Tuhan

Kata “mengandalkan” mempunyai kata dasar: andal, yang berarti dapat dipercaya. Jadi semacam tempat untuk bergantung apapun bentuknya. Orang tersebut tidak bisa apa-apa tanpa hal itu. Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa orang percaya harus mengandalkan Tuhan. Tanpa Tuhan atau di luar Tuhan kita tidak dapat berbuat apa-apa.

2. Menaruh Pengharapan Kepada Tuhan

Kata “menaruh” mempunyai pengertian: melepas atau memberi pada sesuatu yang kita percayai. Dengan kata lain, kalau kita taruh sesuatu di suatu tempat, maka kita percaya barang tersebut tidak akan hilang.

Jadi orang percaya setidaknya sangat percaya atau amat percaya akan sesuatu yang akan datang. Pengharapan hampir sama dengan iman, bahwa percaya sekalipun belum melihat sesuatu. Karena bukan pengharapan jika hal itu sudah didapat atau sudah dilihat.


.

Kalau orang percaya sudah memiliki dua hal tersebut di atas, yaitu mengandalkan Tuhan dan menaruh pengharapan kepada Tuhan, barulah dapat menerima akibatnya yaitu berkat yang Tuhan sediakan bagi umatNya yang setia kepadaNya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Orang percaya yang seperti ini ibarat pohon yang ditanam ditepi aliran air, yang tidak akan kering karena panas terik, dan tidak akan pernah berhenti menghasilkan buah. Sehingga ia menjadi orang yang kokoh di dalam Tuhan serta menjadi kuat dalam menghadapi tantangan hidup.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Pdp Jafar Thamrin. S.Th
*courtesy of PelitaHidup.com
Renungan ini disumbangkan dari pembaca Pelita Hidup.


Penulis Tamu
Penulis Tamu_Tulisan ini disumbangkan oleh pembaca Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 66 respon

  1. syalom…karena sebenarnya Tuhan itu maha kuasa
    maha baik
    maha adil.
    maha kasih
    maha pengampun,
    maka sebenarnya tak salah kalau hidup kita
    percayakan kepadaNYA, dan kita andalkan DIA dalamsetiap masalah kita.
    Tuhan Yesus memberkati. terima kasih.

  2. syalom ………. sungguh suatu kebanggaan bagi orang percaya bahwa renungan tersebut membangkitkan kehidupan apa yang menjadi talenta yang diberikan kepada kita dan seharusnya dikembangkan dan dituntun dalam rimba raya kehidupan kejalan kebenaran terima kasih Tuhan memberkati

  3. Tuhan Yesus Sungguh baik dan sangat baik bagiku dan bagi kita semua yang mau mengasihi Dia

  4. syalom … luar biasa renungan nya, smoga Tuhan sumber segala berkat memberkati kita semua agar kita senantiasa bersandar padaNya dan senantiasa menaruh harap utuk hidup yg beriman teguh kepadaNya sehinnga sama spt pohon yang tumbuhditepi sungai, Aminn !!

  5. syallom,Janji Tuhan jangan diragukan dalam hidup orang percaya.Apa yang difirmankan Tuhan, itulah yang akan digenapi. Jadi percayalah kepada Tuhan Yesus maka engkau akan selamat.Amin

  6. Terima kasih buat renungannya,kiranya sebagai orang percaya kita terus mengandalkan Tuhan dan percaya kepadaNya,karena Tuhan pasti memberikan yg terbaik bagi setiap orang yg mengandalkan Dia dan percaya kepadanya dgn segenap hati.Tuhan Memberkati.Amin

  7. Mengandal kepada Tuhan bererti kita mempercayai dan memujiNya. Terima Kasih Tuhan sungguh aku dikuatkan iman melalui renuangan ini. Pelita Hidup GBU all

  8. Shalom… Terima kasih atas renungan Firman Tuhan ini, sungguh menberkati. Maju terus dalam Tuhan.

  9. Trimakasih renunganya sudah di share, smoga Tuhan memberkati

  10. Terimakasih pak atas share firman Tuhannya…menguatkan dan memberkati…
    Maju trs dalam anugerah-Nya. JLU okey……

  11. poerwanto nomomiharjo
    Monday 23 July 2012, 9:05 pm

    Puji Tuhan, firman Tuhan dlm ayat tsb memberi kekuatan bagi pembaca (termasuk saya), semoga sekalian orang2 percaya kpd Yesus Kristus senantiasa menjadi saluran berkat bagi orang lain. Amin

  12. syalom…..terima kasih untuk renungannya sungguh indah Firman Tuhan

  13. Makasih skali buat renunngannya…Luar biasa dan sangat meyakinkan lewat kalimat2 yg tertulis dlm renungan di atas..Tuhan itu baik..

  14. Trim’s atas renungannya. Smoga semua org perpcaya yg membacanya dpt tditeguhkan iman dan pengharapannya dlm Tuhan…!

  15. Ya.. I totally agree that we must rely on God. Karena Firman Tuhan itu ya dan amin. Jadi, jangan pernah meragukan kesetiaan Tuhan dalam hidup kita. Okay! God bless you all.. :-)

  16. Syalom…. Tuhan Sajalah sumber kehidupan kita… kita dituntut untuk beriman dengan teguh…. biarlah Roh Kudus Tuhan yang berkuasa dalam hidup kita…. sehingga kita selalu dituntun di jalan kebenaran… Terpujilah Tuhan Yesus sekarang selama-lamanya. Amin

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: