Pelita Hidup
“Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya.” Matius 25:13 Bacaan: Matius 25:1-13 Kisah ini menceritakan hal Kerajaan Sorga yang...
3 Rahasia Untuk Menjaga Pelita Tetap Menyala

image courtesy of gulfshoressteven.wordpress.com

“Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya.” Matius 25:13

Bacaan: Matius 25:1-13

Kisah ini menceritakan hal Kerajaan Sorga yang seumpama sepuluh gadis. Kesepuluh gadis tersebut membawa pelitanya untuk menyongsong mempelai laki-laki.

Lima gadis yang bijaksana membawa pelita dan sekaligus minyak dalam buli-buli mereka. Sedangkan lima gadis yang bodoh hanya membawa pelita dan tidak membawa minyak.

Pada saat mereka menunggu mempelai, mereka tertidur karena mempelai yang ditunggu tidak datang-datang juga. Pada saat tengah malam, ada yang berseru dan memberitahu bahwa sang mempelai akan datang. Lalu para gadis terbangun dan bersiap-siap untuk menyambut sang mempelai.

Para gadis bodoh menyadari bahwa pelita mereka hampir padam dan mereka sama sekali tidak memiliki minyak cadangan. Lalu mereka meminta minyak kepada para gadis bijaksana. Tetapi gadis-gadis bijaksana tidak memberikannya dan menyuruh mereka untuk membelinya kepada penjual minyak.

Pada waktu gadis-gadis bodoh pergi membeli minyak, datanglah sang mempelai lalu memulai perjamuan kawin dan menutup pintunya. Gadis-gadis bodoh yang akhirnya tiba belakangan tidak diberi ijin untuk masuk dan mengikuti acara perjamuan kawin.

Pelita merupakan terang Firman Tuhan yang memberikan penerangan bagi setiap langkah hidup kita. Kita tidak akan dapat berjalan lurus di dalam dunia yang gelap ini tanpa terang Firman Tuhan.

Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” Mazmur 119:105

Bagaimana mungkin kita dapat berjalan ke arah yang benar jika berjalan dalam kegelapan? Jangan pernah berjalan, bekerja, mengambil keputusan tanpa hidup dalam terang Firman Tuhan.  Oleh karena itu jagalah agar kita senantiasa mempunyai minyak yang cukup sehingga pelita yang kita bawa dapat terus menyala.

Bagaimana agar kita dapat selalu memiliki minyak, sehingga pelita kita dapat terus menyala?

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.” Yosua 1:8

1. Baca Firman Tuhan

Jangan lupa untuk membaca dan memperkatakan Firman Tuhan. Baca FirmanNya setiap hari, agar terangNya senantiasa menyala di dalam hati kita.

Terang Firman Tuhan yang terus menyala akan menyingkapkan segala kegelapan yang ada, sehingga kita dapat diperbaharui hari demi hari. Hidup kita akan diubahkan, yang dahulu merupakan manusia yang penuh dosa, tetapi saat ini menjadi manusia baru. FirmanNya akan menyucikan hidup kita sehingga membuat kita layak menghadap tahta Kerajaan Surga dan memanggil “Ya Abba, ya Bapa”.

2. Renungkan Firman Tuhan

Renungkan FirmanNya setiap waktu. FirmanNya akan memberi kita kekuatan dan sukacita yang penuh dalam menghadapi berbagai macam masalah dan pencobaan. FirmanNya akan memberikan pengharapan sehingga kita akan tetap berdiri dalam gelombang badai yang datang menerpa. FirmanNya juga yang akan mengingatkan kita jika kita mulai berbuat salah atau menyimpang dari jalanNya.

Tanpa Firman Tuhan, kita tidak akan pernah tahu bahwa kita ternyata sudah berjalan di jalan yang salah. FirmanNya akan menolong hidup kita sehingga kita akan senantiasa bertindak hati-hati dalam setiap langkah hidup kita.

3. Lakukan Firman Tuhan

Terapkan FirmanNya dalam kehidupan kita baik di dalam keluarga, pekerjaan, bisnis dan lingkungan sosial. Jangan mau kompromi dengan kegelapan dunia dan segala kenikmatan yang ditawarkan.

Dengan melakukan FirmanNya, Tuhan akan memberkati setiap langkah yang kita jalani. Dia akan membuka jalan dan mencurahkan berkatNya dalam kehidupan kita. Keberuntungan akan menyertai hidup kita. Dan kita akan melihat begitu banyak pintu-pintu yang dibukakan bagi kita, sehingga berkatNya berkelimpahan dalam hidup kita. Tidak hanya itu saja, bahkan Tuhan juga membuat kita menjadi berkat bagi banyak jiwa-jiwa di sekitar kita.

.

Tetaplah baca, renungkan dan lakukan Firman Tuhan setiap hari, maka pelita itu akan senantiasa menyala dalam kehidupan kita. Sehingga kita mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita. Nama Yesus dimuliakan adanya. Haleluya!

.

Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,

tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.

Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. ” Mazmur 1:1-3

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • sigit

    February 2, 2014 #1 Author

    Trimakasih Tuhan untuk waktu dan kesempatan yg Kau berikan dalam memahami firmanMu….amin

    Reply

  • Daud Dakawetang

    August 21, 2013 #2 Author

    Saya sangat senang membaca Renuang ini bukan kebetulan tetapi ini merupakan sebuah keterpanggilan yang mana saya telah jauh dari Tuhan/kurang setia kepada Tuhan mohon dukuannya lewar Renungan ini agar saya tetap setia melayani Tuhan dan menajuhkan diri dari perbuatan tercela atau perbuatanyang melanggar hukum

    Reply

  • maria

    May 24, 2013 #3 Author

    terimakasih TUHAN… aku percaya tidak kebetulan aku membaca renungan ini, terimakasih TUHAN… KAU ingatkan aku untuk terus menjaga pelitaku yg sudah hampir padam , berikanlah ROH ketekunan dalam diriku , untuk terus setia dalam membaca FIRMANMU . AMEN

    Reply

  • jein arianto siregar

    February 25, 2013 #4 Author

    Tuhan Yesus berikan Pelita HidupMu bagi umat-Mu agar tidak ada yang binasa…Tuhan Yesus Memberkati berlimpah-limpah…

    Reply

  • hadi prabowo

    September 29, 2012 #5 Author

    Firman ini mengingatkan kita bahwa pelita Firman Tuhan harus senantiasa tertanam di pikiran bawah sadar kita, sehingga akan menggerakan prilaku kita sesuai dengan petunjuk Firman tersebut. Perenungan setiap hari akan Firman Tuhan akan menginstal pikiran bawah sadar kita sesuai program Firman Tuhan sehingga semakin lama kita akan menjadi seperti Kristus, yaitu Firman yang menjadi manusia. Karena Firman yg setiap hari kita renumgkan sudah tertanam di pikiran bawah sadar kita.

    Reply

    • ibnu tambunan

      October 6, 2012 #6 Author

      komentar yang sangat cerdas. banyak manusia pengin meneladani karakter kristus tapi susah karena alam bawah sadarnya masih dikuasai hal keduniawian..

      Reply

  • ferry

    August 25, 2012 #7 Author

    Sudah seharusnya kita membaca,merenungkan dan melakukan Firman-Nya karena itu bentuk ketaatan kita dan kasih kita kepadaNya.Oleh karena itu sebagai orang percaya kita harus sungguh2 dlm mengikut Dia,karena ada hidup kekal yg disediakan bagi kita yaitu Sorga yg Baka.GBU

    Reply

  • donna

    August 2, 2012 #8 Author

    Akhirnya saya juga bisa menikmati firman Tuhan, dimana saja saya berada lewat pelita Hidup. Tuhan berkati selalu hamba-hamba-Nya yang setia melayani

    Reply

  • Bastian Leinussa

    July 31, 2012 #9 Author

    Shalom. saya sungguh di berkati renungan firman hari ini yang mana itu menguatkan dan memberikan semangat supaya tetap semangat untuk melayani Tuhan.terima kasih pelita hidup Tuhan Yesus memberkati maju trus….salam..

    Reply

  • h ibus sth

    July 26, 2012 #10 Author

    bagai mana supaya pelita ini tetap bercahaya terus menerus

    Reply

  • sonny eliazer titawanno

    July 8, 2012 #11 Author

    Amin . . . . Terimakasih Pelita Hidup atas pelayanan kasihnya. GBU

    Reply

  • Yohanis

    July 3, 2012 #12 Author

    Terima kasih, saya hari ini mendapat kesempatan membaca Firman Tuhan, melalui program pelita hidup. Tuhan memberkati hamba-hamba-Nya yang setia memberikan renungan untuk menguatkan iman dan kepercayaan.

    Reply

  • surya

    June 29, 2012 #13 Author

    inilah yang seharusnya..ada setiap detik di dalam setiap pribadi..kerna Tanpa Firman Tuhan..maka tidak ada seorang yg tau bahawa sudah berada di jalan yg salah..oleh demikian…renungan yg datang saat ini..sangat berharga skali bukan kebetulan..tetapi atas rencana Tuhan yg sungguh indah untuk membawa setiap2 umat2nya berbalik kepada jalan yang benar…Amen..

    Reply

  • Fair

    June 25, 2012 #14 Author

    Pegang FirmanNya, dan bawa pelita itu kemanapun kita melangkah.
    Semangattt….!!!
    jBU

    Reply

  • Fair

    June 25, 2012 #15 Author

    Tetap berpegang pada Firman, Bawa pelita itu kemanapun kita. Yesss.. Tuhan Mamp[ukan kami menjadi pelaku firmanMu.

    Reply

  • liqs

    June 22, 2012 #16 Author

    Firman Tuhan ini membuatkan saya dikuatkan senantiasa…Tuhan berkatilah saudara Riva Sinjal..Amin

    Reply

  • ITA

    June 21, 2012 #17 Author

    Trimakasih FT sungguh memberketi.

    Reply

  • Bambang susianto

    June 21, 2012 #18 Author

    Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada hambaNya yang telah membagikan Firmannya, semoga ini tidak hanya berhenti di beberapa orang yang hanya membuka situs ini tetapi biarlah Firman ini tetap dimengerti oleh setiap umat yang percaya” memang selayaknya kita umat yang percaya jangan hanya mau mendengar ” tetapi marilah kita belajar bersama untuk merenungkan bahkan melakukan Firman itu dalam kehidupan ini. Amin,,God Blass You

    Reply

  • Bambang susianto

    June 21, 2012 #19 Author

    Saya mengucapkan trmksh kpd hambaNya,,,,yang telah membagikan Firman ini,,,,semoga ini tidak hanya bermanfaat bagi saya tetapi bagi semua umat yang percaya” memang selayaknya kita sebagai anak Tuhan yang percaya jangan hanya cukup mendengar tetapi merenungkan bahkan melakukan Firman itu ” trmksh selamat melakukan Firman Tuhan,,,,,God Bless You

    Reply

  • Melianus Atakay

    June 21, 2012 #20 Author

    Puji Tuhan renungan ini dapat menerangi perjalanan hidup kita hari ini, esok dan seterusnya.

    Reply

  • Manuel Libat

    June 19, 2012 #21 Author

    Terima kasih dengan renungan Firman Tuhan, Pelita hidup banyak membantu saya terutama dalam mempersiapkan bahan khotbah terutama dlm pelayanan kelompok sel mahupun pelayanan-pelayanan dlm gereja..Amin

    terima kasih kepada Pak Riva Sinjal dan anggota Pelita Hidup..GBU all.

    Reply

  • Nathalia PJS

    June 18, 2012 #22 Author

    firman Tuhan seperti air di tengah padang gurun yang tandus yan menyegarkan jiwa dan dahaga , sebaiknya kita selalu menyempatkan waktu untuk terus membaca dan merenungka serta melaksanakan firman Tuhan. Berkat Tuhan menyertai kita semua syalom

    Reply

  • effendi

    June 18, 2012 #23 Author

    ayo semangat anak tuhan yesus renungkan firman tuhan siang dan malam biar langkah hidup kita selalu terang…amin Gbu,

    Reply

  • Gita

    June 18, 2012 #24 Author

    terima kasih atas kesetiaan pelita untuk mengirimkan renungan, yang menjadi inpirasi untuk melangkah dlam firman Tuhan. sell sehat dan bahagia dalam kasih-Nya. syalom.

    Reply

  • markus

    June 14, 2012 #25 Author

    alkitablah pelita hidup kita kalau saudara boleh baca di1 timotius 4:13 nas firman bertekunlan membaca firman dlm membangun dan dlm mengajar sampai Tuhan dtg kembali

    Reply

  • tiny

    June 13, 2012 #26 Author

    THANKS LORD JESUS

    Reply

  • RHINO

    June 13, 2012 #27 Author

    Pelita dan minyak memang tidak dapat dipisahkan dan saling membutuhkan…kita membutuhkan pelita untuk menerangi jalan kita (dalam arti rohani)…tapi kita juga harus ingat untuk selalu mengisi pelita tersebut dengan minyak agar pelita kita tetap menyala. Itulah makna rohani yang saya pahami dalam renungan ini..terima kasih.

    Reply

  • sandra

    June 13, 2012 #28 Author

    Trimakasi ,,,Tuhan selalu mengingatkan qt untuk selalu didalamNya Godbless all

    Reply

  • slamet

    June 12, 2012 #29 Author

    Peringatan yang seharusnya dijadikan motivasi agar kita bisa melihat terang yang sesungguhnya yaitu Tuhan Yesus dan meneladani-Nya. Amin. Berkat Yesus menyertai pelayanan PH.

    Reply

  • Elsa Joyce Suebu

    June 12, 2012 #30 Author

    Terima kasih untuk renungan ini. Mengajak kita untuk tetap siap sedia, jangan seperti 1 Tesalonika 5:6 yang berkata jangan kita tidur tapi sadarlah. Artinya jangan main2 lagi krn wkt-Nya sdh dekat. Usahakanlah keselamatanmu selama masih ada kesempatan. Semoga perasaaan tenang dalam perlindungan Allah menyertai kita semua. Amin!

    Reply

  • refly

    June 9, 2012 #31 Author

    terima kasih atas renungannya krn dgn renungan ini akan byk jiwa yg di kuatkan, kiranya Pelita Hidup akan selalu menjadi terang utk jiwa2 yg msh didlm kegelapan.

    Reply

    • anna silak

      June 10, 2012 #32 Author

      dengan renungan pagi ini saya mengucapsyukur karena selama ini saya jau sekali membaca firman pada pagi hari ,terima kasih untuk pelita hidup yang telah mengigatkan saya kiranya pelita hidup menjadi berkat buat kita semua syallom.

      Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *