Pelita Hidup
“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikian firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan...

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikian firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” Yeremia 29:11

Apakah kita bangun setiap hari bersuka cita menyambut rancangan Allah untuk diri kita? Ataukah kita membiarkan tekanan persoalan dunia mengambil suka cita kita?

Bagaimana kita tidak tergetar mengetahui bahwa setiap hari di dunia ditawarkan kesempatan baru? Kesempatan menerima tambahan pengampunan yang sesungguhnya tidak pantas diterima dan melihat kuasa-Nya yang luar biasa bekerja dalam hidup umat-Nya.

Tidak peduli bagaimana sulitnya keadaan saat ini atau yang telah terjadi di dunia, hari yang baru menawarkan kesempatan lagi untuk menerima pengampunan Allah, ketimbang penghakiman-Nya.

Allah ingin melakukan sesuatu yang baru di dalam hidup kita hari ini. Ia tahu bahwa kita pasti mengalami kemunduran dan Ia juga tahu bahwa hidup tidak selamanya adil. Namun, Allah ingin mengembalikan kepada kita apa yang telah diambil musuh dari kita. Ia selalu mempunyai sesuatu yang lebih baik tersimpan untuk kita daripada apa yang kita pernah bayangkan.

Allah tidak peduli dari mana asal datangnya kita ketimbang kepedulian-Nya tentang kemana tujuan kita. Ia juga tahu bahwa semua orang juga ada kekurangan dan kelemahannya; oleh karenanya Alkitab mengatakan:

Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” 1 Yohanes 1: 9

Jangan membiarkan musuh membuat kita lebih terfokus pada kekecewaan dan kesalahan yang telah lalu. Kita tidak diharuskan membayar Allah kembali untuk kesalahan dan kekalahan yang lampau. Itu adalah segalanya tentang kemurahan hati. Itu adalah hadiah cuma-cuma. Kita bebas menerima rahmat dan pengampunan Allah.

Kuncinya dapat ditemukan dalam ayat dari kitab Injil berikut:

Bilamana Aku menutup langit, sehingga tidak ada hujan, dan bilamana Aku menyuruh belalang memakan habis hasil bumi, dan bilamana Aku melepaskan penyakit sampar di antara umat-Ku dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka. Sekarang mata-Ku terbuka dan telinga-Ku menaruh perhatian kepada doa dari tempat ini.” 2 Tawarikh 7:13-15

Bilamana kita menyadari perilaku kita adalah jahat dan kita kembali ke Tuhan karena kebutuhan kita akan Dia, maka Ia akan selalu setia dan akan mengampuni dosa kita dan membersihkan kita dari SEMUA dosa! Itu tentunya sepanjang kita masih hidup dan bernapas.

Jika kita telah mendengar tentang kasih Yesus pada diri kita, lalu menolaknya dan binasa dari dunia ini…..maka semua sudah terlanjur. Namun, sepanjang kita bernapas dan menerima kasih dan rahmat Yesus Kristus dan menerima apa yang Dia lakukan untuk kita di bukit Golgota, maka kita mempunyai kesempatan menerima berkat-Nya yang kekal.

Betapa besarnya kasih Allah!

Tuhan, terima kasih atas pemberian karunia pengharapan untuk masa depan. Terima kasih atas kepedulian yang begitu besar pada kami dan bahwa rancangan-Mu untuk kami adalah rancangan yang baik dan bukan yang jahat.

Tolonglah kami untuk masuk dalam rancangan-Mu untuk hidup kami hari ini dan menghentikan kami membuat rancangan sendiri. Terima kasih untuk kesempatan yang diberikan kepada kami setiap hari untuk mengenal-Mu dengan lebih mendalam dan lebih dekat. Dalam nama Yesus kami berdoa, Amin.

Semoga kita berjalan sesuai rancangan Allah di tempat kerja dan di rumah!

Bob Bennett – Real Men Ministries, 32609 Long Iron WayLong Neck, DE 19966
Alih Bahasa: Ray Hindarto

Renungan ini disumbangkan dari pembaca Pelita Hidup.

Penulis Tamu

_Tulisan ini disumbangkan oleh pembaca Pelita Hidup.

  • bambang

    July 3, 2015 #1 Author

    RancanganNYA selalu sempurna rancanganNYA selalu indah pada waktunya…GBU ALL

    Reply

  • Peri

    March 3, 2015 #2 Author

    Terimakasih Buat renungannya. TUHAN Memberkati selalu..

    Reply

  • Yoas Tecuari

    October 1, 2014 #3 Author

    amin. Tiada yang mustahil bagi Tuhan

    Reply

  • sugesti

    August 27, 2013 #4 Author

    terimakasih atas renungannya,sangat menguatkan saya…
    it’s amazing…..
    GBU

    Reply

  • vinni tome

    August 21, 2012 #5 Author

    thx buat kiriman renungannya,
    mengampuni memang tidak mudah, bantulah saya Tuhan untuk mau belajar mengampuni……

    Reply

  • emmi seu

    August 4, 2012 #6 Author

    Terimakasi Tuhan Yesus..Kasih Mu melebihi segalanya,Yesus,Kau luar biasa ,selalu baru tiap hari,…

    Reply

  • johan

    June 20, 2012 #7 Author

    Amin, Tuhan pegang kendalai atas hidup kita. ada paling kurang tiga hal yang perlu kita perhatikan untuk mencapai berkat masa depan dari Tuhan.
    Mempercayakan masa depan kita pada Nya,
    pertama : Berharap hanya kepada Tuhan, karena kita tidak akan pernah dikecewakan Nya
    kedua : Menjadi garam dan terang dimana kita ada (keluarga dan lingkungan) agar kita menjadi berkat bagi orang lain.
    ketiga : selalu memperkatakan Firman Tuhan dengan Iman agar pelita_jiwa semakin bersemangat,
    Ke empat : ketiga sudah menerima Kasih ANUGRAH JANGAN HANYA BERDIAM DIRI< melainkan mengambil bagian dalam PELAYANAN sebagai ungkapan syukur atas kasih karunia Tuhan dalam hidup kita…dengan demikian kita meletekkan masa depan kita hanya kepada TUHAN dan siap MENERIMA BERKAT-BERKAT Melimpag yang telah disediakan.

    Reply

  • atha epa

    June 19, 2012 #8 Author

    rancanganMu lebih berharga untuk aku Tuhan. Terima Kasih Renungannya. God Bless.

    Reply

  • yaman

    June 14, 2012 #9 Author

    Tuhan masih membuka tangan untuk kita datang kepadaNya.
    thanks Buat Renungannya. GBUs

    Reply

  • Paul

    June 14, 2012 #10 Author

    Terima Kasih atas renungannya…..Tuhan baik

    Reply

  • Paul

    June 14, 2012 #11 Author

    Terima Kasih atas renungannya…….Tuhan baik

    Reply

  • Paul

    June 14, 2012 #12 Author

    Terima Kasih atas renungannya…….

    Reply

  • ana

    June 13, 2012 #13 Author

    Terima kasi buat pa rival . yang setiap saat salurkan renungnannya buat kita . semga bermotivasi bagi kami amin. dan berbalik menjadi berkat bagi keluarga pa rival.

    Reply

  • Rick

    June 8, 2012 #14 Author

    Terima Kasih diatas renuang ini.Tuhan memang adil…amin

    Reply

  • Hana

    June 6, 2012 #15 Author

    Terima kasih utk renungan Nya…Tuhan memang sangat BAIK dlm hidup ku…

    Reply

  • Roos

    June 5, 2012 #16 Author

    Terima kasih atas renungannya, sangat mengingatkan kembali kepada kita bahwa rancangan Tuhan adalah yang paling manis dalam kehidupanku…..GBU

    Reply

  • sandra

    June 5, 2012 #17 Author

    trimakasi renungannya (: Godbless dan mnjadi berkat

    Reply

  • Silas

    June 4, 2012 #18 Author

    terima kasih atas renungannya,, sangat memberkati dan sungguh indah rancanganMu Tuhan dalam hidipku.

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *