Pelita Hidup Jangkau Dunia

Tuhan Bekerja Di Atas Kelemahan Kita

“Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.” 2 Korintus 12:9-10

Bacaan: 2 Korintus 12 : 1- 10. Kelemahan adalah suatu keterbatasan yang kita warisi atau kita dapatkan karena adanya suatu peristiwa yang terjadi di mana kita tidak punya kuasa menolaknya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, baik itu secara fisik, emosi atau intelektual. Karena itulah tidak seharusnya seseorang bermegah atau membanggakan diri sendiri. Bila kita merasa memiliki banyak kelemahan, tidak seharusnya kita menjadi takut, pesimis dan mengasihi diri sendiri, karena sesungguhnya semua orang pasti punya kelemahan.

Mungkin saat ini kita merasa berada dalam kelemahan karena keterbatasan dalam hal keuangan (hidup dalam kekurangan atau tidak mampu secara ekonomi), terbatas secara pendidikan (tidak sekolah tinggi), keterbatasan secara fisik (cacat, punya sakit penyakit) atau juga keterbatasan emosional (trauma, sakit hati, kepahitan, luka-luka batin) dan lainnya.

Dari kesemuanya itu ada satu hal yang harus kita perhatikan yaitu kelemahan bukanlah masalah utama, namun yang terpenting adalah apa yang kita kerjakan ketika kita menyadari bahwa ada kelemahan dalam diri kita.



Adakalanya Tuhan mengijinkan kelemahan terjadi dalam hidup kita, dengan tujuan agar kita belajar rendah hati dan juga untuk menunjukkan kuasaNya atas kita.

Tuhan tidak pernah terkesan dengan orang-orang yang merasa dirinya pintar, kuat dan mampu dengan kekuatan sendiri, tetapi sangat tertarik kepada orang-orang yang menyadari dan mengakui keterbatasan, ketidakberdayaan atau kelemahannya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Banyak kisah dalam Alkitab tentang orang-orang biasa yang memiliki banyak kelemahan, namun hidupnya dipakai Tuhan secara luar biasa. Contohnya Musa, sebelum menjadi pemimpin besar Israel, ia adalah orang yang tidak percaya diri dan merasa tidak layak (Keluaran 4:10).

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Ingatlah, walaupun kita memiliki kelemahan, Tuhan tidak bisa dibatasi oleh keterbatasan kita. Kita adalah bejana-bejana tanah liat, Dialah penjunannya. Saat kita ijinkan Tuhan bekerja melalui kelemahan kita. Dia akan membentuk kita jadi bejana yang luar biasa.
*courtesy of PelitaHidup.com
– Segala perkara dapat kita tanggung di dalam Tuhan karena Dia yang memberi kekuatan ( Filipi 4:13).

 

Renungan ini disumbangkan dari pembaca Pelita Hidup.


Penulis Tamu
Penulis Tamu_Tulisan ini disumbangkan oleh pembaca Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 70 respon

  1. Trimakasih buat setiap artikelnya, saya tidak sempurna tetapi Tuhan buat sempurna dimataNYA, saya tidak layak hidup, ternyata Tuhan buat layak…………………………….Trimakasih GBU

  2. terima kasih untuk renungannya,memberi kekuatan untuk kembali menjalani apa yang telah dipercayakan kepada saya..

  3. Kita ini bagai angka nol, seperti tiada nilai. Tapi bila angka nol diletakan pada angka 1 yaitu Yesus maka nol kita akan menjadi 10. Semakin banyak 0 diletakan makin bertambah terus nilainya. Terima Kasih Yesus sebab Engkau menjadikanku berharga dan bernilai.

  4. Terima kasih Tuhan atas FirmanMU

  5. Didalam kelemahan dan kerendahan hati dan setia aerta taat dan takut akan Tuhan maka Tuhan memberi kita kekuatan dan kemampuan untuk dapat bekerja diladangnya melakukan pelayanan sesuai dengan panggilannya.

  6. Terima kasih buat renungannya,memang benar Allah kita adalah Allah yg memberi kekuatan kepada setiap orang yg berharap padaNya.Amin GBU

  7. Terimakasih atas semua renungannya yang sangat membantu

  8. terimakasih buat renungannya.Jbu

  9. Puji Tuhan…sungguh diberkati. Benar sekali Tuhan tidak memilih siapa kita , lihat pada Yusuf dalam Alkitab Keluar , awal nya dia menjadi adik ajekkan kakak2, tapi waktu Tuhan berkerja dalam hidupnya dia menjadi orang yg berkuasa Perdana Menteri di Mesir ketika itu luar biasa.

  10. renungan yang memberkati,bahwa tuhan lah yang berkuasa akan hidup Manusia,tidak ada Manusia yang sempurna. Hai manusia janganlah bermegah atas kekuatanmu sendiri…………GBU

  11. Agak aneh juga, orang biasanya bermegah pada kehebatanya, tapi Alkitab berbicara lain, luar biasa ya seperti ini

  12. Terima kasih untuk renungan yang telah memberikan kekuatan iman.

  13. Terima kasih buat renungan nya. Smoga saya makin dikuatkan oleh Tuhan diatas kelemahanku.

  14. MUSTIKAWATI BUNTORO
    Tuesday 22 May 2012, 9:15 pm

    TUHAN YESUS memang KEKUATAN kita ,PUJI dan HORMAT hanya BAGINYA .

  15. Ayat Alkitab tersebut sudah sering saya baca. Tetapi yang luar biasa saya tidak pernah merasa bosan untuk terus membaca setiap firman Tuhan. Renungan ini terus memberi inspirasi kepada umat utk tidak menyerah dgn segala kekurangan dan kelemahan yg dimiliki krn ternyata Tuhan selalu ada bagi mereka itulah jga yg saya miliki dan Tuhan bekerja dgn sangat luar biasa dalam setiap hidupku. Amin.

  16. Sayogo Supriantoro
    Tuesday 22 May 2012, 8:42 am

    Terimakasih Tuhan, terimakasih Pelita Hidup, atas renungannya. Sungguh merupakan renungan yang membangun iman dan menguatkan dalam pergumulan hidup kami, terutama pergumulan kesehatan anggota keluarga kami. Terimaksih Tuhan Yesus.

  17. Wow.. renungan ini sangat-sangat memberkati dan membangun iman saya, dan yg terpenting jg merubah cara pandang saya. 🙂 Great reflection !!

  18. Tuhan Yesus, terimakasih atas firmanMu walaupun saya sangat lemah dalam kekuranganku
    tapi Tuhan selalu melindungiku siang dan malam, semoga firman ini menguatkan aku dalam
    setiap kegiatan dari hari lepas hari. GBU ALL

  19. Syallom….makasi banyak buat renungannya,, renungan yang sangat indah,,,
    Terima Kasih Tuhan,,, atas semua berkat dan anugerah yang masih Tuhan berikan kepada saya,, walaupun saya memiliki banyak kelemahan dalam menjalani hidup ini… Tapi Tuhan senantiasa Menopang dan Menolong saya,,,,,,

  20. terima kasih..gbu

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: