Pelita Hidup Jangkau Dunia

Roh Penghibur Dan Penolong

“Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku….” (Yohanes 14:21)

Roh Kudus akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu (Yoh 14:26). Dalam injilnya, Santo Yohanes mengakui bahwa “memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus, yang tidak tercatat dalam Kitab ini” (Yoh 20:30). Ini berarti bahwa Yohanes telah lupa, meski mengakui masih banyak dan yang ditulis hanya peristiwa-peristiwa yang ia ingat!

Ingatan atau ‘memori’, rekaman peristiwa masa lampau yang kita alami, adalah bagian dari diri kita yang penuh misteri. Kadang-kadang ada ‘kunci’, yakni bila kita melihat, mendengar atau membau sesuatu lalu membawa kita ke masa lampau, malahan bisa ke masa jauh yakni ke masa kanak-kanak kita. Peristiwa itu terekam dalam bawah sadar kita, tersimpan puluhan tahun lalu. Memang sangat penting untuk mengingat hal-hal yang benar, yakni yang ada di alam sadar kita. Kita dapat membayangkan diri kita seandainya kita ini ingat segala-galanya dari masa lampau kita, yang sebenarnya tidak perlu dan tidak berguna atau tak perlu diingat.
*courtesy of PelitaHidup.com
Bisa saja ada dua orang tinggal di rumah yang sama bertahun-tahun. Mereka berdua mengalami hal-hal dan peristiwa yang sama. Bisa saja yang satu ingat yang indah-indah dan menyenangkan dari masa lampau yang emreka alami bersama, sedang bagi yang kedua justru sebaliknya, yang ingat hanya kepahitan dan ketidakenakannya.

Meskipun kita memiliki banyak pengalaman, baik yang kita lihat dan kita dengar serta kerjakan, tetepi sebenarnya diri kita itu hanyalah sejauh yang diri kita ingat saja di alam sadar. Kita banyak memiliki ingatan dalam bawah sadar, baik yang menyenangkan maupun yang menyakitkan.

Inilah peranan Roh Kudus, Roh Penghibur dan Penolong, tidak hanya mengingatkan kita akan ajaran dan apa saja yang diperbuat Yesus untuk kita wartakan  tetapi Roh Penghibur ini juga yang menyembuhkan ingatan kita karena adanya luka-luka dalam batin kita dan rasa perasaan kita. Tetapi ini semua sudah mengendap ke alam bawah sadar kita, tetapi tetap bisa mempengaruhi cara pikir, pandang dan cara bertindak kita. Roh Kudus masuk menyelam dalam-dalam ke alam bawah sadar kita, ke alam dan dunia masa lampau kita. Ia atur kembali semuanya, Ia bebaskan dan Ia sembuhkan dan pulihkan.



Itulah sebenarnya kelanjutan karya keselamatan Yesus Kristus dalam dunia ini, dalam Gereja dan dalam diri kita, lewat Roh Kudus-Nya.

Jenny Wulandari
*courtesy of PelitaHidup.com
Renungan ini disumbangkan dari pembaca Pelita Hidup.


Penulis Tamu
Penulis Tamu_Tulisan ini disumbangkan oleh pembaca Pelita Hidup.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 52 respon

  1. Hanya Roh Kudus yang bisa menghibur dan menolong ketika kita benar” sedang galau, trima Kasih Roh Penghibur

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: