Pelita Hidup
“Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam...
Rancangan Manusia VS Rancangan Tuhan

image courtesy of digitalprinting.blogs.xerox.com

“Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” ” 1 Korintus 2:9

Manusia boleh merancangkan segala sesuatu dalam hidupnya. Tuhan memberikan kita akal dan pikiran untuk digunakan memecahkan masalah dan mengantisipasi segala masalah yang akan timbul. Kita dapat merencanakan segala hal yang akan kita jalani di depan kita. Dan seringkali kita berharap bahwa apa yang kita rencanakan dapat berjalan dengan sempurna.

Sebagai umat Tuhan, kita harus sadari juga bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita (Roma 8:28). Oleh karena itu apapun yang terjadi setelah kita merencanakan segala sesuatu, patut kita syukuri. Entah hal itu baik ataupun buruk, kita harus tetap mengucap syukur kepada Tuhan karena Dia pasti memberikan yang terbaik bagi kita.

Segala hal yang terjadi dalam hidup kita merupakan bagian dari proses yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita. Proses itu akan membuat hidup kita menjadi lebih dekat lagi dengan Tuhan, membuat kita lebih lagi mengandalkan Tuhan, membuat kita lebih lagi berserah kepadaNya.

Tidak jarang juga apa yang kita rencanakan tidak berjalan seperti yang kita kehendaki. Bahkan bisa juga semuanya berubah menjadi kebalikannya. Hal-hal yang tidak kita inginkan bisa terjadi. Dan tentunya hal ini sangat mengecewakan bagi kita.

Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana.” Amsal 19:21

Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.
Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.” Yesaya 55:8-9

Manusia boleh berencana, tetapi Tuhanlah yang memutuskan. Bahkan kita bisa membuat rencana 1, rencana 2, plan A, plan B, dan seterusnya. Tetapi pada akhirnya kita harus menyerahkan segalanya kepada kehendak Tuhan.

Hal ini bukan berarti kita tidak perlu merencanakan segala sesuatu dengan baik. Tuhan tetap menginginkan agar umatNya tetap memaksimalkan akal dan pikirannya untuk merencanakan segala sesuatu dalam hidupnya dengan baik.

Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak.” Amsal 15:22

Rancangan terlaksana oleh pertimbangan, sebab itu berperanglah dengan siasat.” Amsal 20:18

Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.” Amsal 21:5

Setelah menyiapkan segala rencana, kita tinggal menyerahkan semuanya itu kepada Tuhan dan mulai melangkah dengan iman. Di situ kita akan melihat bahwa Tuhan sanggup mencurahkan kuasaNya untuk memberikan apa yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Tuhan sanggup memberikan apa yang kelihatan mustahil bagi kita. Dia sanggup mengadakan yang tidak ada menjadi ada.

Di saat kita benar-benar mengandalkan kuasa Tuhan, kita akan melihat hal-hal yang tidak pernah kita lihat sebelumnya. Kita akan tercengang melihat kebesaran dan kemurahan Tuhan yang terjadi dalam hidup kita. Apa yang tidak pernah timbul dalam hati kita, itu yang Dia berikan bagi kita.

Oleh karena itu jangan kuatir akan apa yang ada di masa depan kita dan apa yang akan kita hadapi dalam hidup kita. Tuhan senantiasa memberikan yang terbaik bagi kita yang senantiasa mengasihi Dia.

Hal-hal buruk boleh terjadi, tetapi di balik semuanya itu Tuhan telah menyediakan hal yang terbaik bagi hidup kita. Tuhan akan memberikan kelepasan dan kemenangan bagi hidup kita. Mujizat pasti terjadi. Haleluya!

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • LEONARDO

    October 29, 2014 #1 Author

    Terima kasih atas penguatan ini, saya boleh lega, dan kuat  dalam menjalani hal-hal buruk dalam kehidupan ini, sebab saya percaya apapun rancangan-Nya pasti akan membawa kelegaan dalam kehidupan saya. GBU

    Reply

  • Angga

    June 26, 2014 #2 Author

    Teramat sangat memberkati dan menjadi kekuatan baru bagi hidup saya, Tuhan Yesus sangat baik dia tahu semua jalan-jalan hidup kita…. Haleluyahh!!!…..

    Reply

  • george yutop

    September 10, 2012 #3 Author

    terima kasih untuk renungan yang sangat memberkati. Gbu

    Reply

  • Deibie Wagania Mumbunan

    August 22, 2012 #4 Author

    Puji Tuhan! Terimakasih untuk renungannya. Saya sangat di berkati. Mohon ijin untuk dapat membagikan ke orang lain via sharing ataupun bahan khotbah, Tuhan Yesus memberkati. GBU (Lampung)

    Reply

  • Victor Rantony Siahaan

    August 16, 2012 #5 Author

    Firman ini sangat menguatkan…dan saya menerima email ini bersamaan dengan hati yang sedang galau dan gelisah…
    Melalui Firman ini Tuhan mengingatkan saya dan keluarga..bahwa ada Tuhan yg mempunyai rancangan yang terbaik…saat dalam kondisi baik dan buruk kita harus tetap bersyukur, sebab segala sesuatu akan indah pada waktunya..Amin

    Reply

  • Maykel

    August 8, 2012 #6 Author

    Mujizat pasti terjadi dan pasti dialami setiap orang yang berserah sungguh pada Tuhan.Amin.

    Reply

  • arise

    July 5, 2012 #7 Author

    Sangat memberkati. tq pak, God bless

    Reply

  • hutadjulu

    May 11, 2012 #8 Author

    Terima kasih untuk Firman Tuhan ini yang memberikan kita dukungan untuk berencana, dan Tuhan kita akan memberikan yang terbaik bahkan melebihi yang kita harapkan. Puji syukur kehadiratMU Tuhan.

    Reply

  • yannuel

    May 11, 2012 #9 Author

    itulah rancangan Tuhan Yaitu, rancangan damai sejahtra dan apa yang kita tidak sangka menjadi hal yg ajaib bagi kita, karena rancangan Tuhan Yesus adalah sempurna adanya.

    Reply

  • Mega

    May 11, 2012 #10 Author

    Termia Kasih atas Renungan ini……Kita tahu bahwa setiap jalan hidup diatur dan ditetapkan oleh TUHAN….karnanya segala sesuatu yg kita rencanakan sebelumnya Tuhan sudah lebih dulu mengetahui itu, smoga Firman ini menguatkan dan mengajak kita untuk ttp berkomitmen dgn TUHAN apapun yg kita inginkan……..

    Reply

  • romauli

    May 7, 2012 #11 Author

    renungan yg sangat luar biasa,. dan sudah seharusnya kita mengikut sertakan Tuhan dalam setiap rencana kita,.

    Reply

  • Muskadi Sembiring

    May 5, 2012 #12 Author

    sungguh terberkati rasanya membaca renungan ini. Terkadang Pikiran dan hatiku penuh dengan rencana– bahkan sampai jauh kedepan . Tuhan ajari aku untuk dapat menyerahkan semuanya kembali kedalam tangan-Mu. Karena bagaimanapun Rancangan-Mu lah yang terbaik bagiku. Haleluya

    Reply

  • tiny

    May 4, 2012 #13 Author

    Tuhan Yesus itu ajaib , renungan ini sangat memberkati .. Dia tahu apa yang terbaik bagi anak-anaknya , Dia adalah Bapa yang baik dan tidak pernah terlambat pertolongan-Nya .

    Reply

  • Boby

    May 3, 2012 #14 Author

    Tlah kulihat dan kualami hal ini bahwa semua Rancangan dan Perencanaanku atas seijin Tuhan dan telah terbukti bahwa dengan berhikmat dan tetap mengandalkanNya semua berjalan Indah dan tepat pada waktunya.
    Thanks Pak Riva Sinjal buat artikel-artikel membangunnya yang sungguh luar biasa. Tuhan senantiasa memberkati pelayanan Bapak.

    Reply

  • Nathalia PJS

    April 30, 2012 #15 Author

    Puji Tuhan, renungan ini membuat saya sadar sejauh apa kita mempunyai cita-cita /keinginan ataupun mimpi untuk maju tetapi semuanya harus kita serahkan pada Tuhan , biarlah Tuhan yang akan mengatur semuanya dan memberikan yang terbaik buat kita semua juga tepat waktunya….GBU

    Reply

  • Einarso

    April 28, 2012 #16 Author

    terima kasih sudah mengirimkan renungan firman Tuhan yang sanagt berarti bagi hidup saya dan orang lain…

    Reply

  • Gita

    April 26, 2012 #17 Author

    Pelita, terima kasih atas kesetiaannya mengirimkan renungan di email saya, sy mendapatkan pencerahan dan kekuatan untuk hidup seturut firman Tuhan dr tiap renungan yg sy baca dari pelita> semoga kelga besar pelita makin sukses. GBU

    Reply

  • herman gozaly

    April 25, 2012 #18 Author

    Puji Tuhan,renungan ini memberi kekuatan pada saya dan mengingatkan saya untuk selalu bersyukur atas apapun yg terjadi dalam hidup saya karena memang Tuhan setia dan selalu merancangkan yg terbaik dalam hidup ini. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

    Reply

  • sonny eliazer titawanno

    April 25, 2012 #19 Author

    Bro ‘n Sist. . . Terimakaaih telah menjadi berkat secara multigenerasi di bangsa yg kita cintai ini, melalui redakai renungan2 yg ada, secara pribadi, buat saya. . . . Execellent job !!! 🙂 🙂

    Reply

  • sonny eliazer titawanno

    April 25, 2012 #20 Author

    Terimakasih bagi para saudara/i ku dalam Kristus yg menulis redaksi renungan ini, website ini telah menjadi berkat bagi multigenerasi di bangsa yg kita cintai ini. . . Secara khusus bagi saya. Thankyou bro ‘n sist 🙂 🙂 nice job !!!

    Reply

  • Stella Kansil

    April 25, 2012 #21 Author

    terima kasih atas renungannya, saya percaya apa yg sdh trjd dlm hidup saya ini, dukacita atwpun sukacita semua adl bagian dr rancangan Tuhan utk kebaikan keluarga saya. saya percya Tuhan wlpun saya tdk bs melihat Dia. Tuhanlah gunung batuku!

    Reply

  • herold

    April 23, 2012 #22 Author

    Luar Biasa, Tuhan Begitu Pengasih,.. dia berikan apa yang tak layak manusia terima,. dan Dia tidak berikan yang layak manusia terima,… manusia layak menerima kebinasaan tetapi Yang diberi Tuhan Keselamatan dalam Tuhan Yesus,

    Reply

  • Simsonmom Dan

    April 22, 2012 #23 Author

    Tuhan selalu mengasihi dan menyediakan yg terbaik buat umat kepunyaanNya, dalam hidup saya Tuhan tak pernah meninggalkan saya dan anak-anak saya. Tidak ada kata2 yang pantas dan cukup buat Tuhan Yesus hanya lah kata syukur punya Tuhan Yesus dalam tiap hidup, persoalan dan pekerjaan saya dalam kehidupan ini.

    Reply

  • yosef

    April 21, 2012 #24 Author

    Renungan ini kembali mengingatkan kita supaya tetap dalam rancangan Tuhan, terima kasih pak riva utk prinsip kebenaran yg di tuliskan ini kiranya semakin memberkati banyak orang, minta ijin bahannya saya pakai utk disharingkan ke kelompok. GBU

    Reply

  • salfredo benny p

    April 20, 2012 #25 Author

    Jangan biarkan dirimu bersandar dalam rancanganmu, karena Tuhan lebih tahu dlm memberikan yang
    terbaik . amin

    Reply

  • Daniel Wijaya

    April 20, 2012 #26 Author

    Sungguh luar biasa ketika kita mau belajar mengerti akan kehendak Allah…..RancanganNya sungguh luar biasa buat setiap orang percaya…Tuhan memberkati pak Riva…JBU

    Reply

  • Harly

    April 20, 2012 #27 Author

    Terima Kasih atas renungan yang luar biasa dan sangat memberkati sy
    kiranya Tuhan slalu memberkati setiap langkah dan pelayanan Bapak beserta tim.
    Gbu.

    Reply

  • Stenly

    April 20, 2012 #28 Author

    saya pernah mengalami hal ini saat rencana untuk menikah 9 bulan lalu, saat itu rencana yang kami susun selama 3 bulan sebelumnya sudah matang termasuk besaran biaya yang dibutuhkan, namun 2 minggu sebelum acara semua berubah, biaya yang kami punya harus terpakai untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak…saat menyusun rencana ini saya dan calon istri selalu ada dalam pergumulan sampai saat rencana tersebut hampir batal, namun kami terus bergumul dan meminta petunjuk Tuhan, 1 minggu kemudian saya mendapat bantuan dari seorang teman kontraktor dan itupun dikasih cuma2…sungguh Tuhan itu baik ketika kita selalu berharap kepadaNya, karena saya yakin setiap orang yang berharap kepada Tuhan, Ia tidak akan dikecewakan… Amin

    Reply

  • efendi bangun

    April 19, 2012 #29 Author

    saya terberkati memalui renungan ini, bahwa Tuhan selalu bekerja selama kita mau minta pertolongan dan penyerahan diri secara total

    Reply

  • feti

    April 18, 2012 #30 Author

    Terima kasih pak Riva buat renungannya. Betul bangat apapun yang kita alami kita harus tetap mengucap syukur..
    karena ucapan syukur bisa membuat kita tetap sukacita.

    Reply

  • Yuslina

    April 18, 2012 #31 Author

    Terimakasih atas renungan ini yang sangat menguatkan dan memberkati saya, saya percaya rancangan Tuhan terhadap hidup saya jauh lebih indah daripada rancangan yang saya inginkan, Sungguh ajaib perbuatanNya, karena semua yang terjadi dalam hidup saya hanya karena kasihNya kepada saya, semoga segala pergumulan yg kita hadapi dapat dilewati dengan tidak tawar hati namun penuh dengan ucapan Syukur kepada Tuhan, Thx Pak Riva buat renungannya, GBU n team.

    Reply

  • Elieser M. – Btm.

    April 17, 2012 #32 Author

    Trimakasih buat, renungannya ya Brurr, Gb

    Reply

  • friny

    April 16, 2012 #33 Author

    terima kasih atas renungan yang sdh mencerahkan, dan juga mengingatkan untuk mengandalkan Tuhan dari hal kecil sampai hal besar yang ingin kita lakukan

    Reply

  • dedy

    April 15, 2012 #34 Author

    Trims Atas Renungannya, memang betul kita harus merencanakan sesuatu, dan meminta sesuatu dan selalu mengandalkan Tuhan dalam segala hal, sebab semuanya yang kamu minta dan rencanakan sudah disiapkan oleh Tuhan, semuanya yang terbaik dan terindah sudah didepan mata. Dan yakinlah semuanya yang tejadi yang teindah yang sudah disiapkan bagi Umatnya yang SETIA dan Percaya.

    Reply

  • Thomas Diyan

    April 13, 2012 #35 Author

    Terimakasih buat Pelita Hidup yang dengan setia melayani, kami selalu diberkati, dibangun dan dikuatkan dengan renungannya, Tuhan Yesus memberkati dan kiranya Pelita Hidup selalu menjadi berkat bagi banyak orang.

    Reply

  • Hans Simange

    April 13, 2012 #36 Author

    Hans Simange – Tobelo
    Renungan ini sangat menguatkan sekali gus mengingatkan kita agar selalu mengandalkan Tuhan yaitu Tuhan Yesus.Karena banyak orang yang tawar imannya pada waktu gagal dalam rencana.Ingatlah YESUS adalah TUHAN YG MAHA tahu apa yang terbaik bagi orang orang yang percaya kepadaNYA

    Reply

  • lia

    April 13, 2012 #37 Author

    Janganlah kita berjalan mendahului DIA,tetaplah mengandalkan Tuhan Yesus.Rancangan-NYA pasti indah buat kita….thanks atas renungannya,benar2 jadi berkat buat saya.GBU ALL

    Reply

  • boimin sirait

    April 12, 2012 #38 Author

    renungan ini mengingatkan kita semua untuk tidak mengandalkan kekuatan kita dan selalu percaya bahwa Tuhan Yesus memberi yang terbaik bagi anak – anakNya.

    Reply

  • Ina

    April 12, 2012 #39 Author

    Terima kasih atas renungannya Pak Riva dan saya sangat terberkati. Kita harus mengucap syukur karena Kita punya ALLAH yang sangat luar biasa, apapun rancangan yang ALLAH berikan buat Kita itu adalah rancangan yang terbaik dan terindah bagi Kita.Amin (ALLAH senantiasa memberkati Keluarga dan pelayanan Pak Riva beserta team Pelita Hidup, GBU)

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *