Pelita Hidup
Menjadi Isteri Yang Baik Di Dalam Kristus Menjadi Isteri Yang Baik Di Dalam Kristus
“Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata.” Amsal 31:10 Tidak hanya suami yang harus bersikap baik di dalam Kristus,... Menjadi Isteri Yang Baik Di Dalam Kristus
Menjadi Isteri Yang Baik Di Dalam Kristus

image courtesy of squidoo.com

“Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata.” Amsal 31:10

Tidak hanya suami yang harus bersikap baik di dalam Kristus, tetapi isteri juga memegang peranan penting dalam keharmonisan rumah tangga.

Firman Tuhan mengatakan bahwa isteri yang cakap lebih berharga dibandingkan dengan permata. Permata merupakan logam yang sangat berharga, jauh lebih berharga dibandingkan dengan emas. Banyak sekali orang di dunia ini yang bangga jika mengenakan permata sebagai perhiasannya. Seorang isteri yang cakap di dalam Tuhan jauh melebihi permata yang ada di dunia ini.

Tentunya semua isteri ingin menjadi isteri yang seperti itu. Mari kita lihat beberapa hal di dalam Firman Tuhan yang dapat membantu kita sebagai isteri untuk dapat menjadi lebih baik lagi di hadapan Tuhan:

1. Tunduk Kepada Suami

Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan,
Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.” Efesus 5:22,24

Alkitab tidak mengatakan: hai suami tunduklah kepada isterimu, tetapi justru sebaliknya. Merupakan suatu kewajiban bahwa isteri harus tunduk kepada suami.

Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan.” Kolose 3:18

Jaman boleh berubah dengan meningkatnya status wanita menjadi setara dengan laki-laki di manapun dia berada. Sehingga wanita boleh menduduki posisi-posisi strategis baik di bidang bisnis, pekerjaan, pemerintahan dan lainnya.

Tetapi dalam posisinya di rumah tangga, harus tetap disadari bahwa suami memegang otoritas pemimpin dan kepala keluarga. Bagaimanapun posisi, status dan keadaan suami, isteri harus belajar tunduk kepada suaminya.

.

2. Hidup Murni Di Hadapan Tuhan

Demikian juga kamu, hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada di antara mereka yang tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataan dimenangkan oleh kelakuan isterinya, jika mereka melihat, bagaimana murni dan salehnya hidup isteri mereka itu.” 1 Petrus 3:1-2

Seorang isteri harus belajar untuk menjaga sikap dan tindakan mereka kepada suaminya. Ada sebagian suami yang memang belum dimenangkan di dalam Kristus. Bahkan mereka melakukan berbagai kejahatan di mata Tuhan.

Seorang isteri harus belajar bersabar dalam menghadapi hal ini. Dia harus tetap melakukan apa yang berkenan di hadapan Tuhan dan tetap mengasihi suaminya.

Sebagian besar suami yang bersikap tidak baik seperti ini tidak dapat diubahkan hanya dengan perkataan saja. Tetapi ketika suami melihat isterinya yang selalu bersikap sabar dan penuh kelembutan dalam menghadapi mereka, suatu saat sang suami akan luluh hatinya. Suami dapat dimenangkan hatinya melalui sikap dan tindakan isteri yang sabar dan taat kepada Tuhan.

.

3. Menjadi Penolong

TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” Kejadian 2:18

Tuhan menempatkan wanita untuk menjadi penolong bagi laki-laki, bukan sebaliknya. Adalah suatu kebahagiaan bersama bagi suami dan isteri, jika suami mendapatkan kesuksesan dan ketenaran dalam pekerjaannya. Isteri sangat memegang peranan penting dalam perjalanan menuju kesuksesan tersebut.

Setiap doa, dorongan, penyertaan, kesetiaan dan kesabaran yang senantiasa diberikan kepada suaminya akan menjadi suatu pondasi yang kuat bagi suami untuk dapat meraih kesuksesan.

…dan isteri hendaklah menghormati suaminya.” Efesus 5:33b

Untuk itu apapun kondisi suami saat ini, entah sedang dalam keterpurukan ataupun dalam kejatuhan, biarlah isteri tetap dapat setia untuk mendampingi suaminya. Isteri tidak boleh mencemooh, menjelekkan atau bahkan meninggalkan suami, jika sedang dalam keadaan yang buruk.

Isteri harus ingat bahwa dalam keadaan susah maupun senang, dia harus senantiasa menjadi pendamping dan penolong bagi suaminya.
Biarlah isteri tetap dapat men-support suaminya jika sedang menjalani masalah dan keadaan yang tidak menyenangkan.

Dengan tetap bergandengan tangan, maka ada kekuatan yang akan menyertai rumah tangga kita untuk dapat menghadapi masalah yang ada. Sehingga pada akhirnya nanti suami dan isteri dapat meraih kemenangan secara bersama-sama di hadapan Tuhan. Haleluya!

.

“Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya.” Amsal 12:24

“Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.” Amsal 31:30

Riva Sinjal

Β adalah penulis & pemilik Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • R. Christian Supit

    March 1, 2012 #1 Author

    Syalom!
    Pak Sinjal, makasih untuk renungan/artikelnya, sangat memberkati setiap orang yg membacanya, termasuk sy tentunya. Ditunggu renungan-renungan selanjutnya….
    Tetaplah berkarya bagi Tuhan sesuai dgn talenta yg Tuhan telah berikan kepada Bpk. Tuhan Yesus memberkati…. πŸ™‚

    Reply

  • calvin

    March 1, 2012 #2 Author

    Belajar menjadi istri yang baik alangka baiknya merenungi renungan yang disampaikan pa Riva, sangat menolong untuk masing-masing pribadi memahami diri dan mengfungsikan dirinya sesuia fungsi itu dan tidak mengambil alih fungsi yang lainnya kecuali yang satunya sedang sakit atau berhalangan. ketika seseorang tahu dan mengerti siapa dirinya dan apa yang dikerjakannya pasti suasana hidup rumah tangga selalu ada dalam sukacita dan kebahagiaan bersama. salam

    Reply

  • Eddie

    March 1, 2012 #3 Author

    Puji Tuhan,suami membantu istrinya agar menjadi istri yang baik dalam Kristus. Terima kasih Pelita Hidup untuk renungannya.

    Reply

  • lelie

    March 1, 2012 #4 Author

    Syalom, terima kasih untuk renungannya, Puji Tuhan, Tuhan menciptakan wanita menjadi penolong, menjadi berarti, berharga dimata suami dan keluarga, bila melakukan seperti Firman Tuhan yang ada dalam renungan diatas, Tuhan Yesus berkati setiap pelayanan bapak.

    Reply

  • MUSTIKAWATI BUNTORO

    February 29, 2012 #5 Author

    ALLAH BAPA yg kita sembah dalam KRISTUS itu luar biasa ,DIA berikan teman hidup untuk saling berbagi dan inginkan kita BAHAGIA ,maka ditunjukkanNYA cara dan jalan menuju kesana ,khusus bagi istri ,tentunya juga ada untuk suami ,yg harus sayangi istri ,trima kasih TUHAN YESUS ,KASIH TUHAN NGGAK TERHINGGA ,hanya syukur dan syukur aja ,juga HORMAT BAGI PEMEGANG ,PERENCANA hidup kita .

    Reply

  • Awang Kurniawan

    February 29, 2012 #6 Author

    Amin…Terimakasih buat renungannya sangat luar biasa dan sangat memberkati sekali terutama untuk kaum perempuan, supaya menjadi seorang isteri sesuai Firman Tuhan. GBU.

    Reply

  • Fernando

    February 29, 2012 #7 Author

    Nice Article…i believe He provide me the best wife in His time:) GBU.

    Reply

  • Nany de Jesus

    February 29, 2012 #8 Author

    Terima kasih pelita. Hmmm… sangat menyentuh dihati, dan membuat aku memuji-muji Tuhan Allah-ku yang bisa mengisyarakatkan apa yang dikehendaki-NYA kepada saya yang nanti akan menjadi istri pilihan Tuhan. Haleluiaaaaaaa…. Amen.

    Reply

  • Maria Hexa

    February 29, 2012 #9 Author

    Renungan yg sangat baik utk para wanita.
    Peran suami kapan akan di bahas? krn banyak suami yg menggunakan penggalan ayat ini utk menekan istrinya.

    Reply

  • Frits Sohilait

    February 29, 2012 #10 Author

    Terima Kasih Kepada Bapk Riva Sinjal yang mana telah mengingatkan kita kembali lagi kepada Renungan -renungan yang menguatkan kita sebagai Istri yang baik dalam Kristus . Tuhan Yesus paling baik terhadap kita untuk itu kita sebagai istri harus menghormati suami seperti menghormati Tuhan Yesus dan bilamana ada masalah dalam rumah tangga kita harus selesaikan dan jangan ditunda tunda karena kalau ditunda …ingat Iblis itu selalu membelenggu kita dia tidak mau kita hidup damai dan rukun Iblis paling senang kita hancur dan berantakan …….Ingat ada masalah diamana kita berada , dikantor, dijalan , di Rumah Tangga atau dimana pun kita jangan pokus kemasalah yang kita hadapi tetapi kita harus pokus untuk mecari Wajah Tuhan Yesus dan Mintah Roh Kudus untuk menlong kita agar supaya kita dituntun sesuai dengan kehandakNya .Permsalahan dalam Rumah Tangga itu banyak untuk itu kita sebagai anak anak Tuhan harus selalu datang tiap saat tidak mengenal waktu kapanpun dimanapun kita harus Undang Yesus terus dalam perjalanan kehidupan kita supaya kita jangan tergoda dengan apa yang dunia tawarin …………ingat Dunia ini memberi apa yang kita mau tetapi Yesus memberi kepada kita itu butuh proses dimana Yesus mau supaya kita hidup sesuai dengan perintah perintahNya .A M I N ……….Hormatilah Istri -Hormatilah Suami , Hormatilah Anak dan Orang Tua dan Sesamnya Ikutlah PerintahNya. GBU

    Reply

  • Stella Kansil

    February 29, 2012 #11 Author

    terima kasih Tuhan, berkati saya agar menjd istri yg tunduk dan hormat kepada suami serta mnjd berkat dlm rumah tangga kami. haleluya..

    Reply

  • Tumpal Tambunan

    February 29, 2012 #12 Author

    Puji Tuhan dan syukur setiap saat bagi Tuhan kita Yesus Kristus bila kita bapa/suami yang medapat isteri yang baik /cantik seperti renungan ini, karena ini semua dari Tuhan Gbu.

    Reply

  • Josia Debbie

    February 29, 2012 #13 Author

    Terimakasih untuk artikelnya yang mengingatkan saya sebagai seorang istri dalam menjalani kehidupan ini. Kasih membuat kita menghormati, kasih menyanggupkan kita bertindak dengan penuh kebaikan.

    Reply

  • maria.j

    February 29, 2012 #14 Author

    PUJI TUHAN, saya sangat diberkati lewat renungan firman TUHAN,iman saya semakin bertumbuh…trima kasih buat bapak Riva sinyal dan seluruh staf yg ada..tolong saya di kirim terus ke mail saya terlebih bahan bahan kotbah, trima kasih, TUHAN YESUS MEMBERKATI.

    Reply

  • max marthen rottie,S.Pd.

    February 29, 2012 #15 Author

    Puji Tuhan Yesus !
    Terima kasih atas kiriman renungannya yang berjudul “Istri yang baik di dalam Kristus”. melalui saya membaca renungan ini memberikan teguran kepada saya untuk selalu menghargai,mencintai dan menyayangi istri saya.amin

    Reply

  • yulia

    February 28, 2012 #16 Author

    Trimakasih, semoga bisa dijadikan bekal Luar Biasa sewaktu menjadi istri. πŸ˜€

    Reply

  • Decky Mf Inkiriwang

    February 28, 2012 #17 Author

    Suatu Renungan yang Bijaksana yg artinya boleh dijakdikan suatu Motivasi untuk menjaga keutuhan Rumah Tangga yg sebagaimana diinginkan oleh baik Suami maupun Isteri.
    Ada sisi positip yg tidak boleh disalah artikan oleh seorang Suami bahwa .. Oleh karena kelakuan Isterinya maka Suami juga dapat dimenangkan … tapi ada hal lain yg harus diingat oleh para suami bahwa haruyslah memperlakukan Isterinya dengan baik dan bijaksana agar Doanya tidak terhalang dan sia2. dan memang benar bahwa Isteri yang takut akan Tuhan itulah yg terbaik dari pada kemolekan. kecantikan yg semuan itu hanya lah sementara dan juga adalah Anugerah pemberian Tuhan. Harapan untuk semua anak2 Tuhan yg telah membaca Firman tsb diatas baik suami / Isteri boleh dipakai sebagai pedo man dalam menjalani hari2 kehidupan berkeluarga Karena apa yg telah Tuhan Satukan tidak dapat diceraikan oleh Manusia kecuali Maut. Dan jadilah pelaku Firman dan bukan hanya sebagai pendengar atau sebagi pembaca…. Thanks a lot for Hamba Tuhan / Pelita Hidup yg sudah memberitakan kebenaran Firman Tuhan…… Tuhan Memberkati Pelita Hidup secara keseluruhan ….. Amien…

    Reply

  • yulia

    February 28, 2012 #18 Author

    sungguh menjadi suatu kerinduan untuk dapat menjadi istri yang baik, mohon dukungan doanya. dan setiap saat sy berdoa agar sy sbg istri selalu di anugrahi kedamaian agar dikuatkan melalui hari hari yang begitu banyak hal baik kesukaan maupun kesulitan, melalui kedamaian kita akan sanggup membawa seluruh anggota keluarga untuk mengalami kedamaian pula, terima kasih renungannya. Tuhan memberkati

    Reply

  • Nanang

    February 28, 2012 #19 Author

    kata org jawa istri = garwo ( sigarane nyowo ) atau bagian dari nyawa suami , jadi satu kesatuan yg tdk bisa dipisahkan/melekat dan saling mempengaruhi. disisi seorang suami yang hebat pasti ada istri yang hebat.

    Reply

  • Rohani Bakara

    February 28, 2012 #20 Author

    Terima kasih untuk renungannya .
    menjadi pengalaman berharga buat saya untuk dapat bersabar menghadapi suami yang sering berbuat kasar terhadapa saya sungguh sangat luar biasa dapat mengubah hidup saya

    Reply

  • Sutikno Toha

    February 28, 2012 #21 Author

    Renungan ini sangat baik bagi semua pasangan maupun calon pasangan hidup.
    agar para istri begitu pula suami akan memiliki sikap saling menghargai dalam meniti kehidupan
    bahagia penuh Kasih

    Reply

  • junita

    February 28, 2012 #22 Author

    luar biasa firmannya
    firman ini kepada saya
    walaupun saya masih pacaran dan kita sudahserius
    namun sifat egois msih tertanam
    aku juga ingin kelak dalam suatu pernikahan menjadi istri yang cakap bagi suami terutama Tuhan …
    agar tetap harmonis dalam keluarga ..amin

    Reply

  • Dominic b. Linggu

    February 28, 2012 #23 Author

    terima kasih atas renungannya, Tuhan memberkati setiap suami isteri yang setia…amin

    Reply

  • Max- Bintuni

    February 28, 2012 #24 Author

    Nasihat Firman Tuhan yang sangat menyejukan, bukan saja kepada para ibu tetap para suami untuk saling menghargai…..

    Reply

  • Tenny

    February 28, 2012 #25 Author

    Terima Kasih untuk renungan hari ini yang begitu bermanfaat di dalam kehidupan kami…
    Amin

    Reply

  • Jollen

    February 28, 2012 #26 Author

    Hari-hari ini banyak istri memberontak kepada suami, tidak lagi sadar akan fungsi sebenarnya menjadi penolong bagi suami…. saya mengajak seluruh kaum wanita, engkau yang disebut istri oleh suamimu…mari tunduklah kepada suami sebagai kepala, jadilah penolong yang setia dan cakap dalam bertindak dan berpikir…….Tuhan Yesus selalu setia menolongmu dan menjadikan engkau permata yang lebih berharga dari apapun di dunia ini……AMIIEEENNN……

    Reply

  • samar rotrin

    February 28, 2012 #27 Author

    Sederhana tetapi sangat fokus sehingga mudah difahami dan semoga ini menjadi firman bagi kita semua baik suami maupun istri agar kita dapat menjadi bagian dari keluarga kudus dari Bethelemen.Amin.

    Reply

  • Eko Johanes

    February 28, 2012 #28 Author

    Puji Tuhan Terima kasi banyak Renungannya Luar Biasa Tuhan Yesus Kristus Memberkati.

    Reply

  • septina

    February 28, 2012 #29 Author

    Puji Tuhan,,,,,,,,
    menjadi pelajaran berharga dan pengalaman baru buat aku mengetahui kehendak Tuhan bagi seorang istri..
    semoga aku bisa menjadi istri yg takut akan Tuhan dan membanggakan suami.
    amin

    Reply

  • Caecilia

    February 28, 2012 #30 Author

    Renungan ini mengingatkan saya agar terus belajar menjadi Istri yang di Kehendaki Tuhan. Terimakasih Pak Riva untuk article2 yang menguatkan saya. GBU

    Reply

  • Eddy Lisapay

    February 28, 2012 #31 Author

    makasih buat firman Tuhan yang sangat
    membantu suami-istri sehingga tahu fungsinya masing-masing didalamsebuah Rumah Tangga. . GBU

    Reply

  • Frids Luik

    February 28, 2012 #32 Author

    Terima kasih Pelita hidup, saya senang dengan renungan renungan yang ada, terima kasih juga atas kiriman renungan renungan yg baru di email aku, semoga saya bisa menggunakannya dengan baik untuk aku dan sesamaku. syaloom.jika ada artikel utk anak sekolah minggu boleh kan kalau dikirim ke emailku makasih pelita hidup.

    Reply

  • Maria v

    February 28, 2012 #33 Author

    Puji Tuhan,
    Sy akan belajar jadi istri yg baik dengan mendokan suami .
    thx berat Pak Riva Sinjal Jesus bless you

    Reply

  • Grace

    February 28, 2012 #34 Author

    Untuk mengkotbahkannya lebih mudah dari menjalankannya… btw, thx sudah megingatkan kami.

    Reply

  • sarah

    February 28, 2012 #35 Author

    Saya bukanlah seorang istri yang baik, menurut kriteria firman Tuhan diatas.
    Saya tidak tunduk pada suami, tetapi saya lebih dominan dalam banyak hal.
    Kedua, saya tidak hidup murni dihadapan Tuhan.
    Dan saya tidak menaruh hormat sepenuhnya terhadap suami saya.
    Tetapi satu hal, Tuhan tahu keterbatasan saya dan tetap membimbing saya untuk menjadi seorang istri yang baik dihadapan Tuhan dan manusia. Setiap hari saya terus belajar dari setiap kejadian dalam hubungan saya dengan suami. Tahun ini 25 tahun kami menikah, satu masalah yang masih belum terselesaikan dari awal adalah “komunikasi”. Sepertinya hanya sepele, tetapi dampaknya pada seluruh aspek dalam keluarga. Sangat mudah untuk membaca, mengingat, merenungkan, tetapi sangat susah untuk melakukannya. Dan sentuhan terakhir itulah yang saya rindukan, “melakukan”…….terimakasih untuk renungannya, Tuhan Yesus memberkati.

    Reply

  • camelia

    February 28, 2012 #36 Author

    Ya Tuhan saya ingin menjadi istri yang baik sesuai Firman-Mu, Aminn…..

    Reply

  • Yuletta

    February 28, 2012 #37 Author

    Terima kasih renungannya pak Riva Sinjal semoga saya bisa jadi istri yang baik sesuai firman Tuhan walau kadang susah melaksanakannya sering terbawa emosi πŸ™‚

    Reply

  • Rafsta Debora

    February 28, 2012 #38 Author

    Halleluya…
    Benar sekali renungan ini,
    saya meskipun belum menikah, saya merasa terberkati karena suatu kelak nanti saya pun juga akan menjadi seorang istri yang sesuai dengan Firman Tuhan.
    Puji Tuhan
    Tuhan Yesus Memberkati
    πŸ™‚

    Reply

  • piet lewier

    February 28, 2012 #39 Author

    Renungan yang membangun semangat dan memotivasi setiap kita yang membacanya. dan lebih khusus para istri2. dengan demikian ia akan menjadi istri yang bijaksana……. amin.

    Reply

  • delima

    February 28, 2012 #40 Author

    Amin. Haleluya…
    Sebab istri adalah tiang penopang bagi suami.

    Reply

  • edison hulu

    February 28, 2012 #41 Author

    Trims luar biasa Firman Allah yg menguatkan dan menggairahkan GBU

    Reply

  • Ferry Pasuhuk

    February 28, 2012 #42 Author

    istri yang baik adalah dambaan suami ,istri yang benar adalah kesenangan bagi ALLAH di dalam YESUS KTISTUS

    Reply

  • prie

    February 28, 2012 #43 Author

    Shalom Pak Riva Sinjal.

    Trim,s atas share renungannya.sungguh sangat bahagianya jika suami memiliki istri yg sangat taat akan firman tuhan seperti ini.

    Reply

  • tia

    February 28, 2012 #44 Author

    Betul banget…seorg istri hrs tunduk dan taat kpd suami..krn suami adlh wakil Allah (kolose 3:18;Efesus 5:23)…

    Reply

  • Roy Takalamingan

    February 28, 2012 #45 Author

    Syalom…. istri yang baik merupakan motivator dan sumber inspirasi dalam kesuksesan kehidupan rumah tangga…dalam tugas pekerjaan … pelayanan… dan terutama mendidik dan membesarkan anak – anak. Terima kasih bapa Riva Sinjal… doa kami bapa sekeluarga dipenuhi sukacita, damai sejahtera dan kebahagian dari Tuhan Yesus. Amin

    Reply

  • Ester

    February 28, 2012 #46 Author

    Terima kasih kepada Pelita hidup yang setia mengirimkan suatu renungan, membuat kami semakin bahagia dalam rumah tangga dan jangan lupa mendoakan saya untuk dikuatkan dalam menjalani hidup ini kiranya saya sebagai istri diberkati dan takut akan Tuhan amin

    Reply

  • Andreas

    February 28, 2012 #47 Author

    Shallom,

    kalau boleh saya minta tolong ke bapak Riva Sinjai saya dikirimkan renungan harian yang di tujukan untuk anak-anak sekolah minggu. Karena saya sering memberikan renungan ( cerita ) ke anak-anak sekolah minggu kalau bisa di kirimkan ke email saya, dan jika ada juga semacam artikel terbaik untuk anak sekolah minggu…khusus…
    Demikian saran saya dan mohon di tanggapi, ini untuk kemajuan anak-anak sekolah minggu.
    Tuhan Yesus Memberkati.

    Reply

  • jan

    February 28, 2012 #48 Author

    semoga menjadi pelajaran yang berharga bagi istri-istri, juga suami-suami agar keharmonisan
    dalam rumah tangga tetap terjaga sampai kekal selama-lamanya. Amin

    Reply

  • rumekso

    February 28, 2012 #49 Author

    Sangat baik,dpt digunakan sbg referensi utk renungan diibadah ibu2

    Reply

  • Yuliana

    February 28, 2012 #50 Author

    Haleluya….!!
    Trima kasih banyak renungan ini,sangat membantu mengoreksi saya untuk menjadi istri yang baik bagi suami,semoga saya bisa melakukan sesuai Firman Tuhan….Amin.

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *