Pelita Hidup Jangkau Dunia

Menjadi Isteri Yang Baik Di Dalam Kristus

Menjadi Isteri Yang Baik Di Dalam Kristus

image courtesy of squidoo.com

“Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata.” Amsal 31:10

Tidak hanya suami yang harus bersikap baik di dalam Kristus, tetapi isteri juga memegang peranan penting dalam keharmonisan rumah tangga.
*courtesy of PelitaHidup.com
Firman Tuhan mengatakan bahwa isteri yang cakap lebih berharga dibandingkan dengan permata. Permata merupakan logam yang sangat berharga, jauh lebih berharga dibandingkan dengan emas. Banyak sekali orang di dunia ini yang bangga jika mengenakan permata sebagai perhiasannya. Seorang isteri yang cakap di dalam Tuhan jauh melebihi permata yang ada di dunia ini.

Tentunya semua isteri ingin menjadi isteri yang seperti itu. Mari kita lihat beberapa hal di dalam Firman Tuhan yang dapat membantu kita sebagai isteri untuk dapat menjadi lebih baik lagi di hadapan Tuhan:

1. Tunduk Kepada Suami

Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan,
Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.” Efesus 5:22,24

Alkitab tidak mengatakan: hai suami tunduklah kepada isterimu, tetapi justru sebaliknya. Merupakan suatu kewajiban bahwa isteri harus tunduk kepada suami.


Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan.” Kolose 3:18

Jaman boleh berubah dengan meningkatnya status wanita menjadi setara dengan laki-laki di manapun dia berada. Sehingga wanita boleh menduduki posisi-posisi strategis baik di bidang bisnis, pekerjaan, pemerintahan dan lainnya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Tetapi dalam posisinya di rumah tangga, harus tetap disadari bahwa suami memegang otoritas pemimpin dan kepala keluarga. Bagaimanapun posisi, status dan keadaan suami, isteri harus belajar tunduk kepada suaminya.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

.

2. Hidup Murni Di Hadapan Tuhan

Demikian juga kamu, hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada di antara mereka yang tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataan dimenangkan oleh kelakuan isterinya, jika mereka melihat, bagaimana murni dan salehnya hidup isteri mereka itu.” 1 Petrus 3:1-2
*courtesy of PelitaHidup.com
Seorang isteri harus belajar untuk menjaga sikap dan tindakan mereka kepada suaminya. Ada sebagian suami yang memang belum dimenangkan di dalam Kristus. Bahkan mereka melakukan berbagai kejahatan di mata Tuhan.

Seorang isteri harus belajar bersabar dalam menghadapi hal ini. Dia harus tetap melakukan apa yang berkenan di hadapan Tuhan dan tetap mengasihi suaminya.

Sebagian besar suami yang bersikap tidak baik seperti ini tidak dapat diubahkan hanya dengan perkataan saja. Tetapi ketika suami melihat isterinya yang selalu bersikap sabar dan penuh kelembutan dalam menghadapi mereka, suatu saat sang suami akan luluh hatinya. Suami dapat dimenangkan hatinya melalui sikap dan tindakan isteri yang sabar dan taat kepada Tuhan.

.

3. Menjadi Penolong

TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” Kejadian 2:18

Tuhan menempatkan wanita untuk menjadi penolong bagi laki-laki, bukan sebaliknya. Adalah suatu kebahagiaan bersama bagi suami dan isteri, jika suami mendapatkan kesuksesan dan ketenaran dalam pekerjaannya. Isteri sangat memegang peranan penting dalam perjalanan menuju kesuksesan tersebut.

Setiap doa, dorongan, penyertaan, kesetiaan dan kesabaran yang senantiasa diberikan kepada suaminya akan menjadi suatu pondasi yang kuat bagi suami untuk dapat meraih kesuksesan.

…dan isteri hendaklah menghormati suaminya.” Efesus 5:33b
*courtesy of PelitaHidup.com
Untuk itu apapun kondisi suami saat ini, entah sedang dalam keterpurukan ataupun dalam kejatuhan, biarlah isteri tetap dapat setia untuk mendampingi suaminya. Isteri tidak boleh mencemooh, menjelekkan atau bahkan meninggalkan suami, jika sedang dalam keadaan yang buruk.

Isteri harus ingat bahwa dalam keadaan susah maupun senang, dia harus senantiasa menjadi pendamping dan penolong bagi suaminya.
Biarlah isteri tetap dapat men-support suaminya jika sedang menjalani masalah dan keadaan yang tidak menyenangkan.

Dengan tetap bergandengan tangan, maka ada kekuatan yang akan menyertai rumah tangga kita untuk dapat menghadapi masalah yang ada. Sehingga pada akhirnya nanti suami dan isteri dapat meraih kemenangan secara bersama-sama di hadapan Tuhan. Haleluya!

.

“Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya.” Amsal 12:4

“Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.” Amsal 31:30


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 85 respon

  1. Saya merasa terbrkati dgn renungan ini.. smoga tman2 yg lain jg dapat mrasakan sprti saya dan kita bisa mejadi wanita yang  mmahami pran kita
    sbagai sorang istri adalah sbagai pendamping suami…. shingga kita bisa mnjadi istri yg baik di dlm Kristis!…Amen.

  2. Amien ,sy sendiri mengalami pergolakan dlm mengapalai ruma tangga perkawinan dini ,dan selama 11 tahun kurang lebi beban ini menyelemuti kehidupan ,masalah ini menghantui hingga skrg.. Sy suda mencoba mencari jawabn tentang kepastian hubungan ini, namun slalu ditutup_tutupi dr orang tuanya. Dilain kata orang tuanya mengingini, kita utk hidup bersama ,namun yg jadi masalah dia pernah diminang dan mau nikah. Skrg ini sy ada hidup bersama dia dgn ketidak pastian. Dan saat ini sy sangat takut dgn keadaan ini..
    Sy mohon Doa & kiranya ALLAH BAPA memberi pentumjuk, karna sy suda tdk hrs berpikir bgaimana lagii !! TERIMAKASIH ,SYALLOM. KO MOHON PENTUNJUK ALLAH BAPA.

    • Jika kita melakukan untuk manusia(istri/suami) maka akan ada hitung-hitungannya, dan bisa jadi kecewa. Tapi kalau kita lakukan semua itu untuk Tuhan, karena kita disuruh oleh Tuhan, biarlah sisanya Tuhan yang bertindak. kita cukup melakukan apa yang Tuhan inginkan buat Tuhan.

      tks

  3. trimakasih pak….utk renunganya marilah kita melakukannya dgn kasih akan tuhan kita Yeshua kristos.tp tolong di perbaiki ams 12:24 menjadi ams 12:4.Thanks

  4. Thank’s tuk FirmanMu Tuhan…….
    Berguna sekali

  5. Firman Tuhan selalu baru tiap hari… sungguh Firman ini menguatkan saya dan istri untuk tetap teguh dalam Tuhan, mengarungi pernikahan serupa dengan pernikahan kita dengan Anak Domba nantinya.
    Haleluya….

  6. Terima kasih bwt renungannya,bagus bgt bwt dasar n pnuntun kluarga yg Takut Akan Tuhan,dan jd bahan plajaran jg bagi yg blum brkeluarga sprti saia…

  7. Terimakasih buat semua firman Tuhan yang begitu indah. Semoga menjadi berkat buat kami . amen

  8. Sallom,Kasih Dalam Nama Tuhan Yesus Kristus,,Haleluyah,saya sangat diberkati oleh renungan-renungan yang telah dihantar oleh saudara daripada Pelita Hidup. Saya mohon kemaafan kerana agak jarang buka email kerna sibuk dengan sekolah di Seminari Teologi dan pelayanan praktik di gereja saya. Tetapi apa pun saya masi perlukan renungan-renungan untuk saya belajar dan juga mengajar kepada saudara-saudari saya di sini…Sallom..

  9. julia simanjuntak
    Tuesday 17 April 2012, 9:34 am

    firman sangat memberkati,,,,mudah2an neh bisa jdi motivasi buat kita smuanya,,,,,amin

  10. Sangat bermanfaat dan wajib dibaca/diketahui oleh semua anak2 Tuhan/umat Kristiani. Tks & Gbu

  11. Puji Tuhan untuk menjadi istri yang cakap adalah keinginan setiap wanita oleh sebab itu kita pelu Roh Allah menolong kita krn dengan kemampuan kita sendiri tdk akan bisa sebab Dialah pemimpin yang baik dan akan mengarakan kpd kebenaran itu sendiri

  12. Terimakasih buat renungannya, rumahtangga akan kokoh jika isteri sebagai penolong benar-benar lebih kuat dari pada yang ditolong.

  13. Terimakasih renungannya, senantiasa merefresh ingatan kita tentang hal2 baik yang harus senantiasa kami lakukan.

  14. Terima kasih, Firmannya sangat memberkati saya, dan kiranya banyak para wanita juga diberkati dengan Firman Tuhan ini.Amin!

  15. Kiranya renungan ini menjadi hal yang membangun kita semua, bukan sekedar kita ketahui tetapi juga dipraktekkan. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

  16. Trimakasih atas renungan yg luar biasa ini. Kiranya Tuhan Yesus senantiasa m’berkati keluarga kita, amin

  17. thanks untuk renungannya, menjadi bekal untuk kedepannya masuk dalam hidup rumah tangga.

  18. sangat bagus… pasti amat menolong semua gadis yang sudah bersedia menjadi seorang istri
    dan semua ibu yang sudah menjadi istri atau pernah menjadi istri.
    saya sebagai lelaki sangat bangga dengan sentuhan anda.

  19. Memang sejatinya isteri adalah penolong suami, dengan renungan ini kita semua para suami diingatkan untuk selalu mengasihi dan melindungi isteri kita karena isteri adalah merupakan anugerah dari Tuhan agar senantiasa hidup keluarga kristen milikNya selalu hidup dengan takut akan Tuhan, Terima kasih Tuhan memberkati

  20. Trima kasih buat renungannya Pelita Hidup.. aku percaya saat kita punya hati yang mengasihi Tuhan maka kita akan taat kepada Tuhan untuk mau melakukan apa yang menjadi bagian kita sebagai seorang istri sesuai yang Tuhan Mau, pastinya Dia Tuhan yang sudah memperlengkapi kita dengan roh kudus Nya akan memampukan kita untuk menjadi istri yang luar biasa. Nama Tuhan Yesus di permuliakan. Mari istri..istri.. maju terus.. lakukan bagian kita.. Maka Tuhan yang sifatNya suka memberkati sudah melakukan akan melakukan bagianNya. To God be the Glory! Amin!

  21. tks buat renungan ini,biarlah keluarga menjadi kel.yg rukun karena istri yg takut akan Tuhan dan menolong suami.GBU

  22. Terima kasiyh Bpk Riva Sinjal, renungan yang sangat bagus dan wajib dibaca,dipahami dan direalisasikan didalam keluarga yang takut akan Tuhan. God Bless U

  23. Sangat bagus, semua istri perlu tahu, agar melangkah sesuai dengan Firman dan dsiberkati !

  24. Aku berterima kasih kepada Tuhan Yesus…menemui aku dengan isteri yang tercinta walaupun pada mulanya selalu ada pembrontakkan dalam membina keluarga namun tangan Tuhan menolong menyelesaikannya…Puji Tuhan kini yang ku inginkan terjadi atas berkatMu Tuhan …amin. Thanks u…PELITA HIDUP. GBU all

  25. Trima kasih untuk renungan ini, kiranya boleh menjadi berkat bagiku spy dpt menjadi istri yang dikenan Tuhan juga suami, dan yang tidak kalah pentingnya juga dapat menjadi teladan bagi anak-anakku kelak

  26. kalimat yg mengatakan “Istri harus tunduk kepada suami” masih harus dianalisa dengan lebih jernih, apakah istri harus tetap tunduk kepada suaminya walaupun suaminya itu jahat, penjudi, pemabuk, berselingkuh ?
    Mari kita lihat ayat-ayat Alkitab dengan baik :
    Efesus 5: 22 “hai istri tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan”
    Efesus 5: 25 “hai suami, kasihilah istrimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat . . .”
    pemahaman saya nilai rohani tertinggi adalah “Kasih” kemudian tunduk atau setia pada Kasih itu”
    jadi istri harus taat, setia, dan tunduk pada Kasih Allah yg dimiliki oleh suami.

    • kata orang2 sih..sedih itu karena kita telalru terfokus pada apa yang ada didepan kita, gak melihat apa yang ada di kirikanan dan belakang dan juga yang jauh disana hehehe

  27. Bangsa yang KUAT diawali dari Keluarga yang KUAT, mari kita selaku Keluarga Kristen menjadi Keluarga yang Kuat dalam Kristus, saya yakin, suatu saat Bangsa Indonesia akan dipimpin Oleh Seorang Presiden yang Takut Akan Yesus Kristus, sehingga Bangsa ini akan keluar dari segala keterpurukan, Mari Kita imani bersama, kalau Obama (kulit hitam, suku minoritas) bisa menjadi Nomor satu di Amerika, Kita orang Kristen, PASTI bisa menjadi TERANG buat Bangsa ini, kita awali dari KELUARGA KRISTEN, Suami-Istri, anak yang setia menjadi pengikut Yesus.
    Terpujilah Tuhan, Jesus Kristus. GBU All.
    Syalom….
    R. Gultom-Ternate

  28. Lambok Rajagukguk
    Friday 2 March 2012, 12:09 am

    Trimakasih ya Pelita..saya baca dan saya hayati membaca Topik kita ini…. banyak sekali membuat ketenangan dan hikman menjadi keluarga yang tenang dan damai>>?????????????

  29. Terima kasih,atas renungan ini yang mengingatkan kita akan salah satu perintah Tuhan untuk kita sebagai istri. Mungkin akan sangat berat dilakukan,tapi itu menjadi salib kita yang harus kita pikul dan kalau bersama Yesus,semua beban berat akan jadi ringan…,jangan andalkan kekuatmu. Puji Yesus yang Maha Baik, Mari kita ikuti perintahNya,Jesus Bless Us.

  30. Thank’s bp. Riva Sinjal atas renungannya yg sangat memberkati kami, bila kt tahu sikap kt thdp otoritas diatas kita tidak hanya kpd suami saja tp disegala bidang….OTORITAS YANG DIDELEGASIKAN ALLAH hanya : TUNDUK dan TAAT maka konflik itu akan mudah dibereskan. GBU

  31. Terima kasih selalu memberikan kami semangat saat bertugas di Libanon,membuat kami semakin percaya….Kepada Yesus Kristus

  32. Puji Tuhan, lewat renungan ini kami istri2 lebih khusus saya dapat mengingatkan diri akan kodrat dan tanggung jawab saya yang utama kepada suami.. Tuhan kiranya berkati pernikahan2 kami umat2 percaya.

  33. Pelajaran dan pengajaran firman Tuhan yang sangat bagus. Terima kasih untuk renungannya. Biarlah semua untuk kemuliaan nama Tuhan. Amin

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: