Pelita Hidup
Menjadi Suami Yang Baik Di Dalam Kristus Menjadi Suami Yang Baik Di Dalam Kristus
“Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.” Efesus 5:25 Menjadi seorang suami yang baik di dalam Kristus... Menjadi Suami Yang Baik Di Dalam Kristus

Menjadi Suami Yang Baik Di Dalam Kristus“Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.” Efesus 5:25

Menjadi seorang suami yang baik di dalam Kristus merupakan suatu keharusan bagi setiap laki-laki yang telah menikah. Karena suami adalah kepala dari isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat (Efesus 5:23).

Jadi kalau Firman Tuhan menyamakan suami seperti Kristus yang adalah kepala jemaat, maka tentunya seorang suami harus bersikap sama seperti Kristus kepada jemaatNya.

Jika hal ini tidak dipenuhi, maka sudah dapat dipastikan hubungan antara suami dan isteri akan ada kerenggangan bahkan keributan.
Hanya Kristus yang dapat menjadi penyelamat hubungan antara suami dan isteri. Dan hanya Kristus yang dapat memberi keharmonisan bagi hubungan suami dan isteri.

Kali ini kita akan melihat beberapa tanggung jawab yang harus dijalankan oleh seorang suami menurut Firman Tuhan:

1. Mengasihi Isteri Seperti Mengasihi Diri Sendiri

Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.” Efesus 5:28

Sebagian besar kaum laki-laki memiliki ego yang cukup tinggi atau bahkan sangat tinggi. Mereka cenderung untuk lebih mengutamakan dirinya sendiri dalam segala hal, bahkan juga di dalam keluarganya.

Firman Tuhan mengajarkan agar seorang suami dapat mengasihi isterinya sama seperti mengasihi dirinya sendiri. Apa yang diinginkan seorang suami bagi dirinya juga harus dia berikan seimbang kepada isterinya.

Tentunya hal ini bukan suatu hal yang mudah. Tetapi dengan meminta kasih Kristus, maka hal ini akan dapat dilakukan oleh seorang suami.

.

2. Jangan Berlaku Kasar

Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.” Kolose 3:19

Ketika masih berpacaran, tentunya akan sangat mudah untuk bersikap sopan dan lembut kepada pasangan. Hal ini disebabkan kita mau memberikan yang terbaik bagi pacar dan tidak mau terlihat buruk/negatif di hadapannya.

Tetapi ketika masuk ke dalam pernikahan, biasanya semua sikap aslinya akan keluar. Banyak pasangan suami-isteri yang kaget melihat pasangannya, yang sebelumnya merupakan orang yang paling lembut sedunia, ternyata merupakan orang yang paling kasar sedunia. Tentunya hal ini bertentangan dengan Firman Tuhan.

Seorang suami harus belajar menghargai isterinya. Tidak hanya pada awal pernikahan saja, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, seorang suami harus semakin lembut terhadap isterinya. Dia harus belajar mengerti perasaan isterinya. Dia harus belajar untuk bersikap lebih sabar terhadap isterinya. Dia harus belajar untuk mendengar suara isterinya.

Suami harus menghargai perkataan dari isterinya. Suami juga harus sabar jika isterinya melakukan kesalahan. Bersikap lembutlah terhadap isteri.

.

3. Hidup Bijaksana Dengan Isteri

Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.” 1Petrus 3:7

Seorang suami dengan posisi, kedudukan, status, pengetahuan dan jabatan yang lebih tinggi tidak boleh meremehkan isterinya. Bagaimanapun keadaan isteri, tetap harus dihargai karena isteri merupakan pasangan yang telah Tuhan tetapkan. Jangan menganggap remeh isteri, jangan mengabaikan isteri dan jangan mencemooh isteri, agar doa seorang suami tidak terhalang.

Tuhan menginginkan kesatuan di dalam rumah tangga. Suami harus berperan aktif agar kesatuan itu dapat terjalin di dalam rumah tangganya. Dengan begitu berkat dari Tuhan akan mengalir seperti sungai yang tidak pernah kering.

Hiduplah bergandengan tangan dengan isteri, maka Tuhan akan mendengar doa sang suami.

Dan bagi isteri yang suaminya belum dapat bersikap sesuai dengan Firman Tuhan, tetaplah berdoa dan tetaplah kasihilah suamimu. Maka Tuhan akan mendengar dan melihat tindakanmu, sehingga Dia akan menjamah dan mengubahkan hati suamimu. Haleluya!

.

“…Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya!

Apabila engkau memakan hasil jerih payah tanganmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu!

Isterimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu; anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun sekeliling mejamu!

Sesungguhnya demikianlah akan diberkati orang laki-laki yang takut akan TUHAN.

Kiranya TUHAN memberkati engkau dari Sion, supaya engkau melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidupmu,

dan melihat anak-anak dari anak-anakmu! Damai sejahtera atas Israel!” Mazmur 128:1-6

Baca juga renungan: Menjadi Isteri Yang Baik Di Dalam Kristus

Riva Sinjal

 adalah penulis & pemilik Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • Vengky

    February 24, 2012 #1 Author

    Trim’s…atas renungannnya! saya akan membawakan renungan ini kembali dalam ibadah Pria Kaum Bapa di jemaat kami…skali lgi Thank’s God Bless You all…

    Reply

  • Guntur Hari Mukti

    February 24, 2012 #2 Author

    wah sunggu luar biasa ini…ini merupakan bekal untuk saya saat menjadi suami bagi istri saya yang saat ini masih menjadi pacar saya pak…..hehehehe..doakan yah rencana kami menikah di tahun depan….hehehehe….GBU pak

    Reply

  • Jon

    February 23, 2012 #3 Author

    Terimakasih banyak atas renungan Firman ini. Kiranya Tuhan menolong. GBU

    Reply

  • rafael

    February 23, 2012 #4 Author

    Oh Tuhan…., ampuni hambamu ini bila belum bisa jadi kepala yg penuh teladan, belum mumpuni seperti Kristus, belumbisa menanungi istri & anak, tapi hamba percaya penyertaan Mu, kehadiranMu sudah cukup untuk melegakanku……tks Jesus….sekali lagi Tks7x Jesus we love U

    Reply

  • Muskadi Sembiring

    February 23, 2012 #5 Author

    Terima kasih Renungannya… Selain menjadi Suami Yang Baik , tentunya kita semua ingin menjadi Bapa yang baik bagi anak-anak kita. Semoga….. Puji dan Kemuliaan hanya bagi Nama-Nya

    Reply

  • Iwan

    February 23, 2012 #6 Author

    Kalau suami sudah berusaha berbuat yang terbaik bagi istri juga bagi keluarga tetapi istri tetap saja mau menangnya sendiri dengan berbuat sekehendak hatinya dan memaksa suami utk menuruti kemauanya apa yang harus diperbuat suami ?

    Reply

  • Stevanus AT

    February 23, 2012 #7 Author

    Untuk menjadikan suami yang baik dalam Kristus tidak lepas dari peran si istri itu sendiri, karena dibalik setiap SUAMI yang berhasil, ada ISTRI yang bijak, kasih suami menyempurnakan istri, penundukan istri memaksimalkan suami.
    Damai sejahtera dan kasih karunia Tuhan Yesus kiranya menyertai kita semua. AMIN.

    Reply

  • Kristina Sulistyarini

    February 23, 2012 #8 Author

    Terimakasih Artikel menjadi suami yang baik di dalam Kristus. Semoga disisa hidupku aku bisa menemukan

    Reply

  • Todung Silitonga

    February 23, 2012 #9 Author

    Syalom. makasih banyak bapak, sungguh sebuah renungan yang sangat bermanfaat untuk membentuk sebuah rumah tangga Kristen yang sesungguhnya. Tuhan Yesus memberkati.

    Reply

  • ru

    February 23, 2012 #10 Author

    sangat menarik dan baik untuk di kembangkan terutama bagi yang sudah berkeluarga,,,,saya akan menyusul dan mulai mempelajarinya,,,,trimakasih renungannya semoga saudara/saudari di kuatkan oleh kuasa ALLAH dalam menerangkan firman dari pada ALLAH..GBU

    Reply

  • jarinsen saragih

    February 23, 2012 #11 Author

    Para suami yang doyan menampar dan berkata kata tidak baik kepada istri, juga yang tidak memperhatikan istrimu,… baca renungan ini berkali kali…sampai paham.

    Reply

  • Frits Sohilait

    February 23, 2012 #12 Author

    Puji Tuhan ……….Haleluya Terima Kasih Atas Renungan hari ini Sebagai sumber kehidupan dalam mempertahankan rumah tangga yang sudah lama dibangun .Sebagai suami harus menghargai istri dan anak anak Sebaliknya Istri ,dan apabila badai datang menerpa kehidupan rumah tangga kita , terlebih dulu kita melihat Tuhan Yesus Sebagai Juru Selamat Kita. karena dibalik itu semua ada rencana Tuhan dengan kita, jadi kalau ada masalah suami/istri duduk dan tanggalkan emosi ,egois, gensi, jabatan,/kedudukan dan kesombongan .Berkepala dingin baru duduk bersama menyelesaikan masalah. Sebagai penutup Kita undang Tuhan Yesus Hadir dalam menyelesaikan masalah yang ada dalam rumah tangga Anak anak Tuhan. .A m i n .

    Reply

  • hanry bukit

    February 23, 2012 #13 Author

    Terima kasih atas pembelajaran renungan harian yg diberikan.semoga bisa menjadi berkat bagi kita semua.GBU

    Reply

  • samar rotrin

    February 23, 2012 #14 Author

    semoga ini hikmat dari NYA dan tentunya bimbingan dari Roh Kudus,terima kasih semoga menjadi jalan hidup dan membuat suka cita.Shalom & GBU

    Reply

  • J WIlly

    February 23, 2012 #15 Author

    Trima kasih , perenungan ini sangat dibutuhkan oleh semua keluarga Kristen. Menjadi suami yang baik melalui perenungan ini, telah diingatkan kembali betapa pentingnya meletakkan Kristus sebagai kepala dalam rumah tangga Kristiani.

    Reply

  • Fernando

    February 23, 2012 #16 Author

    Terima kasih. Runungan ini semakin menguatkan keluarga kristen.

    Reply

  • yogi

    February 23, 2012 #17 Author

    Firman Tuhan memang seharusnya tidak hanya dibaca, didengar tapi harus dilakukan, maka sebagai suami yang baik jadilah pelaku firman.

    Reply

  • Elma roux

    February 23, 2012 #18 Author

    Terima kasih untuk renungannya yang pasti akan memberkati para suami.
    Apa ada juga renungannya : MENJADI ISTRI YANG BAIK DALAM KRISTUS, MENJADI SEORANG AYAH DAN IBU YANG BAIK DI DALAM KRISTUS?
    Saya sebagai istri dan ibu saya rindu untuk mendapat pengajaran ttg istri dan ibu.
    Terima kasih, semoga pelayanan pelitahidup akan semakin memberkati seluruh dunia lewat fasilitas internet ini. GOD BLESS.
    Elma Roux

    Reply

  • Keane Nikolas

    February 23, 2012 #19 Author

    Renungan yang sangat baik. Saya benar benar diberkati atas tulisan ini. Mantap!!!

    Reply

  • James Wr

    February 23, 2012 #20 Author

    terima kasih untuk renungannya….menjadikan keluarga kristen menjadi sempurna dalam Kasih Kristus..amin

    Reply

  • Wulan

    February 23, 2012 #21 Author

    Puji Tuhan, mg jd berkat banyak orang dan nama Tuhan Yesus dipermuliakan.

    Reply

  • wp

    February 23, 2012 #22 Author

    Terima kasih Bp. Riva Sinjal yang selalu membangkitkan keimanan orang orang percaya lewat renungan ini, salah satuanya adalah saya, setiap renungan yang Bapak muat selalu menggugah hati saya dan membangkitkan Iman saya. … Bravoooo.. pelita hidup…!!!

    Reply

  • septina

    February 23, 2012 #23 Author

    Puji Tuhan
    saat ini kami ada kerinduan dengan pasangan untuk membangun sebuah keluarga baru yang takut akan Tuhan,,
    semoga saya bisa menjadi istri yg sesuai dengan Firman Tuhan,,,
    dan suami saya sesuai dengan kehendak Tuhan sesuai firman-Nya pada renungan hari ini
    Puji Tuhan..
    bantu dukung doa atas renca kami.
    amin

    Reply

  • ENNY

    February 23, 2012 #24 Author

    Terima kasih akan menjadi berkat buat keluarga kami, terkusus suami yang akan menyampaikan firman dalam taraf belajar di PBI ( Pria Baptis Indonesia ) lingkungan kecil Tuhan Memberkati PELITA HIDUP

    Reply

  • beni

    February 23, 2012 #25 Author

    Thanks untuk renungannya,kiranya ini kita bisa praktekkan dalam setiap rumah Tangga kita
    sehingga kita menjadi keluarga Kristen yang selalu seturut dengan Firman Tuhan amin…GBU All…

    Reply

  • estherberton

    February 23, 2012 #26 Author

    terima kasih renungannya 🙂

    Reply

  • fer

    February 23, 2012 #27 Author

    Sungguh Luar biasa, biarlah bukan hanya menjadi pembaca akan tetapi menjadi Pelaku-pelaku Firman TUHAN.

    Reply

  • Hardy M

    February 23, 2012 #28 Author

    Terima kasih…untuk renungan dari Pelita Hidup kerana adanya sumber ruangan firman Tuhan, apa yang telah saya pelajari darinya ianya sangat memberi dorongan perubahan dan kesedaran di dalam kehidupan saya,kini akan menjadi berkat bagi keluarga saya. Renungan ini saya akan kongsikan kepada jemaat di tempat daerah saya.

    Reply

  • Rohani Bakara

    February 23, 2012 #29 Author

    Terima kasih buat renungan ini ,untuk menguatkan kehidupan setiap keluarga agar tetap saling mengasihi ..JBU

    Reply

  • sigit

    February 23, 2012 #30 Author

    Thx God, FirmanMu hari ini benar2 menegor & pas bgt buat saya sebagai suami

    Reply

  • Glend

    February 23, 2012 #31 Author

    Sangat diberkati..!
    Tuhan memberkati terus Pelita Hidup.

    Reply

  • Aris G

    February 23, 2012 #32 Author

    Thks untuk untukberkatnya hari ini
    Tuhan memberkati.

    Reply

  • Aris G

    February 23, 2012 #33 Author

    Terimakasih Atas Firmanya yang sangat memberkati saya
    Tuhan Yesus Memberkati

    Reply

  • maruli

    February 23, 2012 #34 Author

    Terima kasih buat Renungan yg sangat super:
    Ya Tuhan, biarlah tangan-Mu sendiri yang memulihkan hati para suami-suami, untuk berperan sebagai kepala rumah tangga, bahkan menunjukkan karakter yang Tuhan Yesus sudah teladankan. Dan ajarlah kami ya Tuhan sebagai suami yang bercermin kepada Firman Tuhan setiap saat. Amin

    Reply

  • Agus

    February 23, 2012 #35 Author

    Nice article.God Bless Us

    Reply

  • Mardongan

    February 23, 2012 #36 Author

    Two thumbs up buat renungan ini. Saya sebagai suami merasa masih banyak hal yang harus saya perbaiki. Kiranya renungan ini menjadi firman yang hidup bagi kita-kita para suami. Semoga… Tuhan Yesus Memberkati.

    Reply

  • Wils

    February 23, 2012 #37 Author

    Renungan yang sangat luar biasa… Kalau setiap keluarga kristen bisa melakukan hal ini aku yakin tidak ada lagi yang namanya keributan dalam keluarga.

    Reply

  • tri haryono

    February 23, 2012 #38 Author

    Renungan ini memberi peringatan pada saya dan para suami yang lain agar menjadi suami dan kepala keluarga yang baik seperti yang Tuhan kehendaki dalam keluarga-keluarga Kristen, Terima kasih Tuhan Yesus memberkati

    Reply

  • Reynold Situmeang

    February 23, 2012 #39 Author

    Yth Bapak Riva Sinjal, Terima Kasih atas Renungan terbaru “Menjadi suami yang baik dalam Kristus” Sya sangat dibekali dalam naskah khotbah tersebut dan terus saya bagikan kepada Kelompok Bapak dalam Pertemuan kami. Sangat menggembirakan dan Terima Kasih. Tuhan memberkati anda.

    Reply

  • Patty

    February 23, 2012 #40 Author

    Terima kasih utk renungannya. Tuhan memberkati

    Reply

  • pompi

    February 23, 2012 #41 Author

    Terima kasih renungan ini sangat bermanfaat bagi saya. Yang ingin saya tanyakan apakah ada ruang konseling di situs ini khusus membahas ttg rumah tangga dan keluarga? Terima kasih Tuhan Memberkati

    Reply

  • heryyp

    February 23, 2012 #42 Author

    terima kasih atas renungan ini, yang mengingatkan kami yang sudah mengarungi kehidupan rumah tangga selama 21 tahun, kiranya kami boleh dilayakkan Tuhan sebagai suami yang mengasihi istri dan anak anak kami atas pimpinan Roh Tuhan sendiri untuk menjalani kehidupan rumah tangga kami selanjutnya, sampai pada saatnya kami kembali kepada Bapa disorga, Amien

    Reply

    • Elma roux

      February 23, 2012 #43 Author

      wow…luar biasa, semoga roh suami yang takut akan Tuhan yang ada pada pak Hery akan diimpartasikan kepada semua bapak2 yang membaca renungan ini.
      salam kasih untuk suami yang luar biasa, firman Tuhan dalam akhir renungan di atas terbukti lewat hidup bapak. Mazmur 128:1-6

      Reply

  • ipank

    February 23, 2012 #44 Author

    Terima kasih.. Renungan ini akan menjadi berkat bagi suami agar bersikap kepada istri seperti yg Tuhan mau

    Reply

  • petrus abun

    February 23, 2012 #45 Author

    Menjadi Suami Yang baik Di dalam Kristus, itu bukan hal yang mudah. Ada istri yang mengeluh karena suaminya nyeleweng, suka pukul istri, suka main judi, suka mabok, tidak mengasihi istrinya lagi. Hai suami yang seperti ini…. Cepatlah bertobat!

    Reply

  • eric

    February 23, 2012 #46 Author

    wow.. is good reminder …This is not just for the married………….This is also a reminder for those who want to get married so do not pretend…

    Reply

    • Elma roux

      February 23, 2012 #47 Author

      Setuju pak Eric, lebih bagus lagi kalau belum nikah sdh dipersiapkan jadi suami yang baik dalam Tuhan…Amin

      Reply

  • camelia

    February 23, 2012 #48 Author

    Shalom, renungan ini sangat dibutuhkan keluarga – keluarga kristen, biarlah setiap orang yang membacanya dapat melalukannya sesuai Firman Tuhan. Amin. GB

    Reply

  • Jafri

    February 23, 2012 #49 Author

    Terima kasih, buat pencerahan ini, berbahagialah keluarga yang kepala keluarganya mengasihi segenap keluarganya sama seperti mengasihi dirinya sendiri maka berkat Tuhan akan mengalir atas keluarganya..

    Reply

  • jan

    February 23, 2012 #50 Author

    terimakasih, kiranya menjadi pelita dan pedoman bagiku dalam mengarungi samudera rumah tangga
    yang baru dibentuk ini, dan kasih setia waktu pacaran tetap terpancar dalam setiap langkah kehidupan kami dan tetap terjaga. Tuhan memberkati dan menyertai selalu. Amin

    Reply

  • nino

    February 23, 2012 #51 Author

    terima kasih..ini akan menjadi berkat buat keluarga kristen..

    Reply

  • johan

    February 23, 2012 #52 Author

    Luar biasa, terimakasih untuk renungan ini

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *