Pelita Hidup
God grant me the serenity to accept the things I cannot change; courage to change the things I can; and wisdom to know the...

Serenity Prayer - Doa KedamaianGod grant me the serenity
to accept the things I cannot change;
courage to change the things I can;
and wisdom to know the difference.
(Reinhold Niebuhr)

Doa di atas dikenal sebagai bagian dari Serenity Prayer (Doa Kedamaian) yang ditulis oleh seorang teologiwan Kristen yaitu Reinhold Niebuhr, antara tahun 1930-1940an. Doa ini telah menginspirasi banyak orang di seluruh dunia. Melalui doa ini banyak yang merasa dikuatkan dan dibangkitkan kembali dari segala kelemahan bahkan keterpurukan.

Dalam Bahasa Indonesia, bagian doa itu berbunyi seperti berikut ini:

Ya Tuhan, anugerahkanlah kepadaku kedamaian
untuk menerima hal-hal yang tidak dapat aku ubah;
keberanian untuk mengubah hal-hal yang dapat kuubah;
dan kebijaksanaan untuk mengetahui perbedaannya.

Kedamaian

Kita harus menyadari bahwa dalam kehidupan kita ini ada hal-hal yang memang tidak dapat kita ubah. Kita tidak dapat mengubah bagaimana kita lahir, kita tidak dapat mengubah siapa keluarga kita, kita tidak dapat mengubah hal-hal yang telah berlalu, dan masih banyak hal lagi yang memang tidak dapat kita ubah.

Kita juga ingat bahwa Tuhan Yesus sendiri harus menjalani penderitaannya di muka bumi ini sekitar 2000 tahun yang lalu. Dia tidak dapat mengubah fakta bahwa harus ada darah yang dicurahkan untuk dapat menebus dosa umat manusia. Yesuspun menjalani penderitaannya dan taat hingga mati di atas kayu salib.

Ada saat-saat dimana kita juga harus melalui lembah kekelaman dimana kita tidak dapat mengubahnya karena Tuhan sedang mengijinkan kita untuk melalui proses tersebut. Proses tersebut bertujuan untuk membuat kita semakin dekat dengan Tuhan, membuat kita semakin disempurnakan dan semakin serupa denganNya.

Siapakah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah? Dapatkah yang dibentuk berkata kepada yang membentuknya: “Mengapakah engkau membentuk aku demikian?”

Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah liatnya, untuk membuat dari gumpal yang sama suatu benda untuk dipakai guna tujuan yang mulia dan suatu benda lain untuk dipakai guna tujuan yang biasa?” Roma 9:20-21

Bagaikan bejana tanah liat yang sedang dibentuk oleh tukang periuk, maka bejana tidak mempunyai hak untuk mengubah bentuknya sendiri atau mengatakan kepada tukang periuk untuk membentuk dirinya seperti yang bejana itu mau. Demikian juga dengan hidup kita, kita harus menjalani apa yang menjadi bagian kita, yaitu dibentuk olehNya.

Untuk itulah kita memerlukan damai sejahtera Tuhan agar kita dapat menjalaninya dengan penuh pengharapan dan dengan kekuatan yang baru setiap hari.

Mintalah kepada Tuhan agar Dia senantiasa mau mencurahkan damaiNya dalam setiap langkah hidup kita. Dia yang setia dan adil akan memberikan apa yang kita minta.

.

Keberanian

Demikian juga ada hal-hal yang dapat kita ubah dalam kehidupan ini. Kalau kita ingat kisah bangsa Israel yang dijanjikan Tanah Perjanjian oleh Tuhan, maka kita tahu dengan pasti bahwa bangsa Israel tidak memperolehnya dengan mudah. Mereka harus berjalan menuju tanah tersebut dan bahkan berperang dengan banyak musuh yang menghadang. Tidak sedikit pencobaan yang mereka alami dan tidak sedikit juga yang gagal dalam pencobaan-pencobaan yang ada. Bahkan sebagian besar dari mereka tidak memperoleh apa yang telah dijanjikan Tuhan oleh karena keraguan mereka akan janji Tuhan.

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.

Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.” Yosua 1:6-7

Tuhan berkali-kali mengingatkan mereka agar tetap kuat dan teguh dalam perjalanan mereka ke Tanah Perjanjian. Dan diperlukan keberanian yang teguh untuk dapat maju bertempur melawan musuh yang mempunyai postur tubuh raksasa.

Tetapi bangsa Israel membuktikan bahwa dengan keberanian untuk melangkah maka mereka dapat memperoleh apa yang telah Tuhan janjikan.

Diperlukan keberanian bagi kita agar dapat merubah hal-hal yang memang dapat kita lakukan. Kita dapat menjadi terang dimanapun kita berada, baik di keluarga, lingkungan sosial, bisnis, pekerjaan maupun pelayanan. Kita dapat menjadi berkat dan membawa pengaruh positif bagi orang-orang di sekitar kita. Bahkan kita juga dapat menjadi orang yang sukses jika kita memang berani untuk melangkah.

Tanpa keberanian untuk melangkah, maka kita akan jauh dari sukses, keberhasilan atau bahkan untuk menjadi terang dan berkat bagi orang lain.
Mintalah keberanian dari Tuhan agar kita sanggup melangkah menjalani hidup kita. Mintalah keberanian dari Tuhan agar kita dapat dipakai olehNya untuk menjadi alat kemuliaanNya.

.

Kebijaksanaan

Tuhan adalah sumber dari segala pengetahuan. Dialah sumber segala hikmat yang ada di dunia ini. Ketika Tuhan bertanya kepada Salomo apakah yang dia ingini, maka Salomo menjawab agar Tuhan memberikan hikmat dan pengertian kepadanya.Salomo tidak meminta harta dan kekayaan yang berlimpah-limpah, tetapi dia meminta hikmat dan pengertian dari Tuhan. Salomo mengerti bahwa hikmat adalah sumber dari segala yang ada di dunia ini.

Ketika Salomo menghadapi masalah mengenai dua orang ibu yang berebut seorang bayi, Salomo dapat memiliki kebijaksanaan dalam menentukan mana yang benar. Kebijaksanaan tersebut datang melalui hikmat yang Tuhan berikan kepadanya.

Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, –yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit–,maka hal itu akan diberikan kepadanya.” Yakobus 1:5

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.
Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.” Amsal 3:5-6

Tuhan akan menuntun jalan kita sehingga kita mengetahui hal-hal mana yang tidak dapat kita ubah, dan kita dapat menjalaninya dengan meminta damai sejahtera dari Tuhan. Dan juga hal-hal mana yang dapat kita ubah, sehingga kita dapat meminta kekuatan dari Tuhan agar kita dapat melaluinya hingga meraih kemenangan di dalamnya.

Tuhan akan memberikan hikmat bagi kita sehingga kita dapat memiliki kebijaksanaan dalam setiap langkah yang kita jalani. Berdoa dan mintalah kepadaNya maka Dia akan memberikan apa yang kita minta. Haleluya!

God grant me the serenity
to accept the things I cannot change;
courage to change the things I can;
and wisdom to know the difference.

Living one day at a time;
Enjoying one moment at a time;
Accepting hardships as the pathway to peace;
Taking, as He did, this sinful world
as it is, not as I would have it;
Trusting that He will make all things right
if I surrender to His Will;
That I may be reasonably happy in this life
and supremely happy with Him
Forever in the next.
Amen.

–Reinhold Niebuhr

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • eka yudhi fonataba

    August 11, 2013 #1 Author

    selalu berharap yang terbaik untuk kita semua,tuhan maha adil tidak pernah membiarkan kita mengalami kesulitan,segala pencobaan yang kita hadapi merupakan keinginan tuhan untuk membentuk kita menjadi bejana yang indah agar berguna bagi sesama.

    Reply

  • darius

    April 20, 2013 #2 Author

    terima kasih utk….teksnya
    IAnya sangat memberkati kami semua
    doa kami PELITA HIDUP terus diberkati Tuhan YESUS
    harapan kami bapa semangkit kuat dan sakses dlm pelayanan
    Amin.TUHAN YESUS MEMBERKATI…

    Reply

  • IEAD Yanto

    September 19, 2012 #3 Author

    Ya Tuhan, anugerahkanlah kepadaku kedamaian untuk menerima hal-hal yang tidak dapat aku ubah;
    keberanian untuk mengubah hal-hal yang dapat kuubah; dan kebijaksanaan untuk mengetahui perbedaannya. Doa ini Sangat menegurku, sebab dalam keseharianku ku selalu iri hati atas kehidupan yang ku alami,mengapa ku tak seperti yang lain. namun rencana ALLAH sungguh luar biasa. AMEN GBU

    Reply

  • Haskey says;

    June 27, 2012 #4 Author

    Terima kasih banyak dan tuhan memberkati

    Reply

  • Yati Lulu

    June 19, 2012 #5 Author

    Renungan ini dapat memberi kekuatan untukku menjalani pergumulan yang sedang kuhadapi.trims.Tuhan Yesus brkati slalu

    Reply

  • christopher lo

    May 21, 2012 #6 Author

    terimakasih Pak Riva!!! saya sungguh diberkati Renungan dari Pak Riva membolehkan saya lebih mengerti tentang betapa besarnya kuasa TUHAN,lalu dapat belajar lebih dekat sama TUHAN amen.

    Reply

  • Nita

    May 4, 2012 #7 Author

    shalom pak Riva, thx unt tulisan2 & artikelnya, buat sy syik, dpt banyak pengertian2 baru, yah semakin diperkaya, so klu boleh diijinkan untuk beberapa tulisan bpk Riva ada yang kami copy ya untuk di warta kami, thx pak Riva, doa kami (sy & rekan2 pelayanan) Tuhan Yesus memberkati dan memakai pelitahidup lebih……besar lagi u/jd berkat bagi banyak orang. Imanuel

    Reply

  • alex

    April 9, 2012 #8 Author

    Puji Tuhan artikelnya sungguh luar biasa dan dapat menjadikan kita lebih dekat dengan TUHAN. Thank’s God!

    Reply

  • yudiarta

    March 16, 2012 #9 Author

    Terima kasih atas renungan nya, kiranya Yesus Kristus memberkati.

    Reply

  • slamet

    March 4, 2012 #10 Author

    Renungan yang pasti memberkati siapa pun yang membacanya. Tuhan
    Yesus memberkati

    Reply

  • Ida Tawesi

    March 2, 2012 #11 Author

    Renungan firman Tuhan yang sangat menguatkan dan membangkitkan untuk hidup dan fokus pada Yesus. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati.

    Reply

  • johan

    March 1, 2012 #12 Author

    terimakasih, untuk renungan hari ini

    Reply

  • Roy Takalamingan

    February 27, 2012 #14 Author

    Syalom… Hanya karena tuntunan, pertolongan Roh Kudus dalam hidup kita… kita mampu menjalani hidup ini dengan penuh sukacita… kita mampu merubah apa yang dapat dirubah dan kita mampu menerima apa yang tidak dapat dirubah… Jangan takut menghadapi hidup ini… Roh Kudus Tuhan yang diam dalam hidup kita pasti menolong kita selalu….. terima kasih bapa Riva Sinjal… karya bapa…. membawa berkat bagi semua orang…. Sukses selalu Tuhan Yesus memberkati bapa dan keluarga. Amin

    Reply

  • Abraham

    February 27, 2012 #15 Author

    Haleluya, Renungan yg memberkati….
    kiranya Tuhan mencurahkan hikmat dan damai sejahtrer-Nya atas ku, agar aku semakin mengerti kehendak dan tuntunan jalan-Mu…
    makasih pak Riva
    Tuhan memberkati

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *