Pelita Hidup Jangkau Dunia

4 Rahasia Mengalahkan Musuh Raksasa Yang Menghadang

4 Rahasia Mengalahkan Musuh Raksasa Yang Menghadang

courtesy of matthewgillogly.com

“Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: “Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.” 1 Samuel 17:45

Goliat merupakan seorang pendekar dari tentara Filistin dan memiliki postur tubuh yang tinggi besar bagaikan seorang raksasa. Dengan perlengkapan senjata yang lengkap, dia menantang bangsa Israel apakah ada yang berani untuk maju berperang dengan dia satu lawan satu. Seluruh bangsa Israel yang pada waktu itu dipimpin oleh Saul menjadi takut kepada Goliat. Tidak ada satupun orang yang berani maju melawan Goliat.
*courtesy of PelitaHidup.com
Lain halnya dengan Daud, pada waktu itu ia masih muda, kemerah-merahan dan elok parasnya. Daud melihat kejadian itu dan mendengar suara Goliat yang menantang bangsanya.

Daud tidak takut dan justru memutuskan untuk maju melawan Goliat. Tentunya hal ini mengejutkan semua orang yang mendengarnya. Dengan penuh keyakinan Daud maju berperang melawan Goliat.

Apakah yang menjadi rahasia Daud untuk mengalahkan musuh raksasa yang menghadang?

1. Tidak Tawar Hati

Berkatalah Daud kepada Saul: “Janganlah seseorang menjadi tawar hati karena dia; hambamu ini akan pergi melawan orang Filistin itu.” ” 1 Samuel 17:32


Seluruh bangsa Israel langsung merasakan ketakutan dan menjadi tawar hati karena mereka merasa tidak mungkin dapat mengalahkan Goliat. Tidak ada yang berani maju melawannya karena Goliat mempunyai postur tubuh yang sangat besar dan sudah sangat berpengalaman dalam berperang.

Di atas kertas, kekuatan Goliat jauh di atas kekuatan rata-rata prajurit yang ada di bangsa Israel. Dan sudah dapat dipastikan siapapun yang melawan Goliat, pasti akan langsung dihabisi olehnya. Itulah sebabnya bangsa Israel menjadi tawar hati, karena merasa tidak mungkin dapat mengalahkan musuh mereka.
*courtesy of PelitaHidup.com
Berbeda dengan Daud yang tidak gentar sedikitpun walau melihat dan mendengar perkataan Goliat. Daud bahkan memberikan semangat kepada bangsa Israel untuk tidak menjadi tawar hati dalam menghadapi Goliat.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Sebesar apapun masalah yang sedang kita hadapi, kita tidak boleh menjadi tawar hati. Kita harus belajar menjadi kuat dan tegar dalam menghadapi persoalan apapun. Bahkan seperti Daud, kita tidak hanya menjadi kuat, tetapi juga memberi kekuatan bagi orang lain.
*courtesy of PelitaHidup.com
.

2. Pengalaman Hidup

Tetapi Daud berkata kepada Saul: “Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya,

maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkap janggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya.

Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini. Dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup.”

Pula kata Daud: “TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu.” Kata Saul kepada Daud: “Pergilah! TUHAN menyertai engkau.” ” 1 Samuel 17: 34-37

Daud mempunyai pengalaman tersendiri dalam menggembalakan domba. Begitu banyak binatang buas yang ingin menerkam domba-dombanya. Tetapi Daud sanggup melawan dan mengalahkan binatang-binatang buas tersebut.

Mungkin orang-orang menganggap hal itu biasa dan tidak dapat dibandingkan dengan melawan Goliat. Tetapi pengalaman yang dimiliki Daud menjadi bekal bagi Dia untuk menghadapi masalah-masalah baru yang bahkan jauh lebih besar.

Dan Daud sangat yakin bahwa Tuhan yang telah menolong dia di masa-masa yang telah lewat, maka Tuhan juga yang akan menolong dia di masa-masa yang akan datang.
*courtesy of PelitaHidup.com
Bukankah kita juga telah melalui berbagai macam pencobaan, masalah, persoalan, penyakit dan lain sebagainya? Bukankah Tuhan telah menolong kita sehingga kita dapat melalui semuanya itu dengan tidak kurang suatu apapun?

Jika Tuhan telah dan pernah menolong kita di masa-masa yang telah lewat, apakah Tuhan tidak akan menolong kita di masalah yang saat ini kita hadapi? Apakah Tuhan tidak akan menjaga hidup kita?

Tuhan pasti tetap akan menolong kita. Dia pasti tidak akan meninggalkan kita. Pengalaman-pengalaman yang telah kita lalui dapat membuat kita semakin yakin bahwa Tuhan tidak akan melupakan kita. Dia sendiri yang akan turun tangan mencurahkan kuasaNya dan menolong kita dalam masalah yang sedang kita hadapi.

Kita harus yakin bahwa Tuhan yang telah menolong kita di masa-masa yang telah lewat, Tuhan juga yang akan menolong kita pada saat ini maupun di masa depan.

.

3. Bersandar Pada Allah

Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: “Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.

Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah,

dan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan Tuhanlah pertempuran dan Iapun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami.” ” 1 Samuel 17:45-47

Ada dua pola pikir yang berbeda yang dapat kita lihat pada saat pertempuran Daud melawan Goliat. Di satu sisi Goliat sangat mengandalkan kekuatan dan kemampuannya secara fisik untuk berperang dan sangat yakin bahwa siapapun lawannya, dia pasti akan menang.
*courtesy of PelitaHidup.com
Di sisi lain Daud melihat bahwa kekuatan, kemampuan dan peralatan tempur bukanlah segalanya, tetapi kuasa Tuhanlah yang memegang peranan penting dalam pertempuran yang dihadapinya.

Daud benar-benar mengandalkan Tuhan dalam pertempurannya. Daud benar-benar berharap kepada kuasa Tuhan untuk bekerja di dalam dirinya. Daud bersandar kepada kekuatan Tuhan dalam pertempurannya.

Dalam menghadapi persoalan atau masalah, ada kalanya Tuhan menuntut kita untuk bersandar sepenuhnya kepada Dia. Kepintaran atau kepandaian memang membantu kita dalam mengambil keputusan. Tetapi ada saatnya kita harus meletakkan kekuatan kita dan benar-benar bersandar kepada kuasa Tuhan.

Dengan bersandar sepenuhnya kepada Tuhan, maka Tuhan yang akan bertempur bagi kita. Dia yang akan berperang bagi kita dan memberi kita kemenangan demi kemenangan.

.

4. Melangkah Dengan Iman

Lalu Daud memasukkan tangannya dalam kantungnya, diambilnyalah sebuah batu dari dalamnya, diumbannya, maka kenalah dahi orang Filistin itu, sehingga batu itu terbenam ke dalam dahinya, dan terjerumuslah ia dengan mukanya ke tanah.

Demikianlah Daud mengalahkan orang Filistin itu dengan umban dan batu; ia mengalahkan orang Filistin itu dan membunuhnya, tanpa pedang di tangan.” 1 Samuel 17:49-50

Daud tidak menggunakan metode yang canggih dan hebat dalam menghadapi Goliat. Daud tidak menggunakan senjata, perisai ataupun tombak. Daud hanya menggunakan batu dan diumbankan ke arah Goliat.

Tetapi mujizat justru terjadi saat Daud melakukan hal “kecil” tersebut. Batu yang diumbannya mengenai dahi Goliat hingga terbenam ke dalam kepalanya. Goliatpun terjatuh dan kalah di tangan Daud.

Untuk dapat menang dalam masalah yang sedang kita hadapi, kita hanya perlu berani untuk melakukan langkah yang sederhana. Kita tidak perlu terlalu kuatir dan memikirkan banyak hal yang terlalu rumit. Hanya perlu keberanian saja untuk dapat melangkah.

Jangan tunda-tunda apa yang dapat kita lakukan. Jangan kuatir dan takut untuk melakukan keputusan. Jangan ragu untuk melangkah maju. Satu langkah sederhana dapat membawa kita kepada kemenangan. Haleluya!

.

Sebab siapakah Allah selain dari TUHAN, dan siapakah gunung batu kecuali Allah kita?
Allah, Dialah yang mengikat pinggangku dengan keperkasaan dan membuat jalanku rata;
yang membuat kakiku seperti kaki rusa dan membuat aku berdiri di bukit;
yang mengajar tanganku berperang, sehingga lenganku dapat melenturkan busur tembaga.” Mazmur 18:32-35


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 80 respon

  1. Terima kasih kerna Sudah kongsikan ayat yg
    Mantap sekali yg memberi kekuatan dlm iman
    Kepada Siapa saja Yng merenungkan ayat2 ini.., ayat ini adalah nafas kekuatan bagi iman semua kita yg seiman dlm yesus kristus , Untuk mengalahkan ketakutan dan kekuatiran dlm hidup. Apa lagi hidup di zaman kita skrng, sering aja… Ada masalah yng mengundangi kta. GBU All AMIN…

  2. Renungan yang sungguh menguatkan……..Segala perkara dapat ku tanggung didalam Dia yang memberikan kekuatan kepada ku……….jangan takut……karna jika Tuhan di pihak kita siapa yang berani melawan kita…..?

  3. Luar biasa…. dimana-mana baru terjadi goncangan, tetapi Firman Tuhan menjadi kekuatan kita. Trims pak Sinjal. Renungannya sangat memberkati kami.

  4. Sangat ajaib kuasa Tuhan kepada setiap orang yang mau bersandar kepadaNya. Renungan yang sangat indah. Tuhan kiranya memberkati setiap orang yang membaca dan juga kepada penulis renungan ini. God bless all.

  5. Saya diberkati melalui renungan ini menjadi bahan untuk persiapan khotbah singkat di tempat saya bekerja sebagai guru dan juga hamba Tuhan

  6. renungan ini sangat berguna bagi saya..dulu saya tdk tahu apa2 sekarang membuat sy percaya diri bahkan berani berdiskusi dgn teman2 yg sdh berpengalaman dlm mengangkat khotbah sekali lg makasi atas renungan hariannya Tuhan memberkati

  7. Thanks GoD,
    krn tlh mengingatkan saya lagi bhw masalah yg sdg saya hadapi ini adalah a new experience…..
    thankx…sangat menguatkan

  8. Tuhan memberkati…syukur dan terima kasih kepada saudara penulis kerana bersama2 berkongsi firman Tuhan kepada semua pembaca lebih2 lagi kepada mereka yang benar2 mencari renungan harian..Semoga Tuhan akan terus memberkati saudara berlimpah2 dan terus memimpin saudara untuk terus berjaya dalam pelayanan..amen

  9. aku merasa jadi pengen jdi sepeti daud yg gx tawar hatiny,,,dalam menghadapi musuh….

  10. Marlinawati Maluddin
    Tuesday 20 March 2012, 9:39 am

    Makasih banyak atas renungan ini.. Sangat bermanfaat dan bs menjadi masukan bagi saya..
    Ini sudah menyadarkan saya akan banyak hal.. ^^

  11. sangat bemamfaat bagi saya ………………….! thanks

  12. Tuhan kita sungguh luar biasa…..senantiasa memberikan kekuatan dan perlindungan buat kita, terima kasih GBU

  13. Luar biasa iman yang dimiliki oleh daud, sehingga atas pertolongan Tuhan dia mampu mengalahkan goliat manusia raksasa itu. Saya merasa dikuatkan untuk menjalani kehidupan ini sekalipun ada banyak tantangan dalam menjalani hidup ini dan saya semakin yakin bahwa kuasa Tuhan jauh lebih besar dari masalah yang kita adapi.

  14. Luar biasa iman yang dimiliki oleh daud, sehingga atas pertolongan Tuhan dia bisa mengalahkan goliat.
    Iman kita sering goyah oleh karena masalah yang kita hadapi itu besar, kita merasa bahwa kita tdk mampu menghadapi masalah tersebut.

  15. luar biasa DAUD dia manusia biasa tapi selalu menunjukkan kehebatan yang dimilikinya adalah milik Tuhan sehingga setiap kali menghadapi apapun pasti ada jalan keluar sebab Tuhan yang selalu diandalkannya…
    saya sangat senang bisa membaca kebenaran ini karena tidak ada masalah yang besar karena yang lebih besar adalah Tuhan Yesus…..Gb All

  16. Tuhan kita Tuhan yang sungguh luar biasa sekali,bersama DIa kita blh menang dlm pertempuran kehidupan harian kita..

  17. Terimakasih atas renungan ini. Mnjadi berkat bagi saya pribadi.. :)

  18. Trima kasih untuk Firman Tuhan yang sangat indah yang dapat menguatkan, ketika menghadapi masalah, cobaan, tantangan, saya percaya bahwa Tuhan akan memberikan kemenangan bagi orang yang percaya kepadaNya.

  19. Trima ksh pa riva, Tuhan Yesus yg telah menolong kt di tahun lalu, akan menolong jt trus slamanya. Amin

  20. Puji Tuhan,saya dikuatkan lagi lewat pengalaman daud. Begitu banyak permasalahan, tapi disaat bersandar kepada Tuhan,maka DIA akan menjadi penolong dan pembela kita. Iman yang luar biasa yang hanya bisa didapat jika dekat dengan Tuhan dan mengenal NYA.

  21. puji tuhan dizaman kita ini penuh dengan kejadian yang sudah ada pada zaman dulu tuhan itu maha baik bahkan Dia memberi contoh yang mudah kita cerna, bayangkan daud pada zaman dulu belum ada perjanjian baru thank Lord

  22. Syallom,…Saya yakin bahwa setiap kita selalu di hadapkan pada masalah dan tantagan dalam Hidup ini, yang kadang membuat kita cemas, kwatir bahkan menjadi takut. jangan takut,…kuatkan dan teguhkan hati Mu dan berani menghadapinya, seperti Daud ” dengan nama Tuhan Yesus Allah kita yang Hidup Ia Pun mampu merobohkan Goliat. Tuhan yesus Memberkati Kita semua. Amin

  23. Terimakasih Tuhan Yesus, semakin aku yakin dan percaya bahwa aku tidak berjalan sendirian..karena Engkau selalu ada untuk menopangku dan memegang tanganku disaat ku jatuh.

  24. melalui renungan ini aku yakin bahwa DIAlah yang memampukan kita menghadapi setip raksasa persoalan terlebih dithn ini karena Dia Imanuel bagi kita

  25. hanya Dia Tuhan kita Yesus Kristus yang sanggup melakukan segala perkara, Tuhan kita Yesus Kristus memang luar biasa.terus bersandar dan berpengharapan hanya kepada Nya………. Tuhan memberkati

  26. suatu suka cita dipagi hari ini di batam, saya sedang membaca pelita hidup. Tuhan jadikan 4 hal ini menjadi pelita di hari-hari yang akan kami lewati sebab banyak musuh kami menghadang

  27. Allah kita dasyat…. kerana ia sering dan selalu berada bersama dengan kita menghadapi goliat-goliat sepanjang hidup kita, bahkan berada disamping kita seperti mana Tuhan Yesus bersama dengan Daud. .Amen… saya sangat diberkati

  28. Terima kasih Tuhan buat FirmanMu, ampuni semua kuatirku. Aku percaya Engkau campur tangan dalam setiap persoalanku … Engkau sumber kekuatanku dan Engkau pasti memberiku kemenangan. Tuhan Yesus memberkati

  29. saya sangat senang dengan renungan-renungan yang ditulis oleh bapak Riva, dan saya sangat terberkati olehnya. trima kasih ya.. Tuhan Yesus selalu memberkati agar tetap selalu menulis agar jiwa-jiwa banyak yang terselamatkan…..

  30. Rida Dermawanti Zega
    Tuesday 20 December 2011, 8:43 pm

    Shalom,,,,,,
    Renungannya sangat memberkati saya,,,,, terkadang hari2 ini q merasakan kebimbangan dan ketakutan, tetapi dgn renungan ini membangkitkan iman saya serta percaya akan pertolongan Tuhan sungguh nyata dalam hidupku. Gbu

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: