Pelita Hidup
“Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan...
Menjadi Pemenang: Bertanding Dengan Gigih

courtesy of jatraining.com

“Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.” Ibrani 12:1-2

Rasul Paulus merupakan rasul yang luar biasa dipakai oleh Tuhan untuk memberitakan injilNya. Begitu banyak hikmat yang luar biasa Tuhan berikan melalui Paulus. Salah satunya adalah hikmat tentang bagaimana seorang olahragawan bertanding dengan begitu rupa.

Olahragawan atau yang kita kenal dengan sebutan atlit, bertanding dengan begitu gigihnya untuk dapat meraih kemenangan. Sang atlit tidak akan menyerah hingga pertandingan usai. Selama pertandingan masih berlangsung, maka dia akan mengerahkan berbagai macam upaya dan segala teknik yang dimilikinya agar dapat menang.

Sang atlit akan memaksimalkan tenaga dan energi yang dia miliki agar pertandingan yang dia jalani dapat berjalan dengan baik. Bahkan dia akan sangat ‘ngotot’ agar dapat meraih kemenangan. Menjadi juara adalah suatu posisi yang sangat diidam-idamkan oleh atlit. Dan jika sang atlit dapat menjadi juara, dia memperoleh prestise dan kebanggaan yang tak ternilai harganya.

Selama waktu belum habis, maka sang atlit akan terus bertanding dengan gigih. Bahkan jika dalam posisi ketinggalan-pun dia akan berusaha dengan berbagai upaya agar dapat menyaingi dan mengalahkan lawannya.

Untuk medali/piala-lah sang atlit akan berjuang dengan maksimal, sehingga dia dapat pulang membawa tanda kemenangannya yaitu piala yang diraihnya.
Kegigihan yang dimiliki sang atlit/olahragawan inilah yang harus kita miliki juga sebagai seorang pengikut Kristus.

Berbagai rintangan apapun yang menghadang, berbagai upaya apapun yang dilakukan oleh lawan kita yaitu si iblis untuk mengalahkan kita, kita harus tetap gigih berjuang dan memenangkan pertandingan ini.

Jika kita jatuh dalam satu titik, maka kita harus bangkit kembali. Kita tidak boleh menyerah hanya karena satu kekalahan dalam langkah kita. Kita harus berani bangkit kembali dan terus bertanding untuk memenangkan pertandingan.

Tidak ada kata selesai atau menyerah selama kita masih hidup di dunia ini. Karena selama masih hidup, maka kita masih harus terus bertanding.
Bagai sang atlit, saat kita tertinggal atau dalam posisi kalah, kita tidak boleh patah semangat. Kita tidak boleh berhenti di titik tersebut, karena pertandingan belum selesai. Kita harus bangun, berlari dan merebut kembali kemenangan itu.

Dalam posisi menang-pun kita juga tidak boleh lengah, karena lawan selalu mengintai di belakang kita. Sekali saja kita lengah, maka kita akan dengan mudah dikalahkan oleh lawan.

Dan satu-satunya kekuatan bagi kita untuk dapat memenangkan pertandingan adalah dengan mengandalkan Yesus dalam setiap pertandingan yang kita jalani.

Arahkan mata kita hanya kepada Yesus, karena Dialah yang akan menuntun kita, memberi kita kekuatan, memberi kita kemahiran dalam bertanding, memberi kita jalan keluar untuk dapat memenangkan pertandingan yang kita jalani.

Ibarat pelatih yang senantiasa memberi arahan dan mengajarkan bagaimana sang atlit dapat memenangkan pertandingan, maka hanya dalam Yesus-lah kita dapat memperoleh hikmat untuk dapat menjadi pemenang. Dia sendiri yang akan mengajar kita untuk bertanding dengan baik untuk memperoleh mahkota yang telah Dia siapkan bagi kita.

Jangan menyerah, karena pertandingan belum berakhir. Jangan berhenti, karena masih ada harapan. Jangan takut, karena lawan kita tidak lebih baik dari kita. Jangan kuatir, karena kita akan mendapat kekuatan baru untuk bangkit. Dan ada Yesus yang dapat menjadikan kita sebagai ‘atlit’ yang mahir dan siap menjadi pemenang serta menerima piala kemenangan. Haleluya!

Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya!” 1 Korintus 9:24

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • ongen

    May 16, 2013 #1 Author

    segala sesuatu diserakan pada yesus Tuhan kita,sebab ketika kita lemah dan putus asah Yesus lah yang dapat menjawab persoalan kita .amin.

    Reply

  • Muris Litai

    May 5, 2013 #2 Author

    kepada semua kita orang2 percaya dlm yesus
    Kristus yg seiman, Kita terus percaya dgn kuasanya tuhan yesus Kristus, kita pasti menang, tiada kuasa sepertinya tuhan yesus
    Kristus, d kulung langit dan bumi ini.., dia saja
    Lah kekuatan dan nafas hidup yg harus kta
    Pegang dgn segenap jiwa dan kekuatan hidup kita, dan terus bertumbuh berurat berbuah dlm kerjaan kasih tuhan yesus d dunia ini.., Sementara pintu kasih blum d tutup lagi dan
    Teruskan lah mengali harta yg terpandam sampai kita mendapatkan upahnya yg besar…
    Terima kasih atas dorongan ayat2 yg begitu
    Baik sekali Untuk membangun bersama kita
    Seiman dlm kaishnya tuhan yesus Kristus Amin…

    Reply

  • meylin wuwung

    July 2, 2012 #3 Author

    Syaloom..begitu indah….ya ..andalkan TUHAN YESUS dalam segala hal..

    Reply

  • eklin

    February 10, 2012 #4 Author

    Dalam Kehidupan yang kita jalani merupakan pertandingan – pertandingan yang akan selalu ada selama kita hidup, kita akan melewati suatu pertandingan ke pertandingan yang lain, untuk itu kita harus memiliki mental baja, berpegang teguh pada Tujuan untuk mengakhiri suatu pertandingan dengan baik dan memasuki pertandingan yang lain dengan semangat yg sama dan baru setiap saat serta bersandar Pada Tuhan.

    Reply

    • Yusuf Bungkang

      February 25, 2012 #5 Author

      Puji Tuhan!Yesus dahsyat, renungan di atas sangat menguatkan dan memberi pengertian, bahwa kepada saya bahwa selama hidup ini kita tidak pernah lepas dari pertandingan, sekalipun kelihatan hampir-hampir kalah tetapi kalau kita hadapi dengan aman dalam Yesus Kristus pasti diakhiri dengan kemengan kita bersama Kristus, demikian pula pada saat dalam posisi unggul jangan lengah karena bisa jatuh dalam kesombongan dan membuat kalah. Saya terinspirasi dengan renungan ini, saya suka nonton pertandingan bola kaki, benar jangan menyerah dan jangan lengah, kekuatan dari Yesus Kristus melalui Roh Kudus-Nya adalah andalan kita, tidak ada yang lain, HALELUYAH

      Reply

  • jan

    February 2, 2012 #6 Author

    terimakasih, pada beberapa pertandingan saya selalu mengalami kekalahan, tapi kuasa Tuhan, penyertaan Tuhan selalu bersama saya dalam mengelola kehidupan saya dan keluarga kedepan
    smoga firman ini lebih menginspirasi saya , dan menjadikan hidup saya lebih yakin akan kasih sayang Tuhan dalam hidup saya dan keluarga.Amin

    Reply

  • dedot

    January 26, 2012 #7 Author

    ” Sangat beruntungnya saya membaca Firman Tuhan pada saat ini yang hati lagi down dalam pertandingan yang ketat dan kadang sangat membingungkan. Bermacam-macam cara dan strategi kulakukan tetapi belum berhasil juga. Saya akui dalam pekerjaan itu tidak ada yang MUDAH….TETAPI jika kita mengandalkan TUHAN YESUS maka semua apa yang kita lakukan akan DIPERMUDAH dan pintu berkat,cara akan DIBUKAKAN. Thank Pak Rivai atas sharing Firmannya yang telah menggerakkan hati saya saat ini untuk tetap MAJU tanpa menyerah sebelum pertandingan benar-benar usai. Keep on Pray with Jesus. GBU

    Reply

  • jolius bin esin

    January 22, 2012 #8 Author

    di saat kita berlari ke arah kemenangan ada d belakang kita mengejar untuk menjatuhkan kita….

    Reply

  • ferry supit

    January 22, 2012 #9 Author

    Kedepan kita akan banyak diperhadapkan pada tantangan-tantangan hidup, baik itu berupa pergumulan dalam mengongkosi pendidikan anak-anak, pergaulan anak-anak dengan teman sebaya, kesehatan, dalam lingkungan pekerjaan serta banyak lagi bentuk-bentuk pergumulan yang lain. Saya percaya, kita harus seperti yang dipesankan oleh Rasul Paulus. Kita harus punya jiwa pemenang dalam menghadapinya, karena itu merupakan pemicu semangat untuk selalu mendapatkan kemenangan hidup.

    Reply

  • vians

    January 14, 2012 #10 Author

    Renungan ini sangat membangun iman saya untuk trus berjuang di dalam pertandingan iman (rohani) dan pertandingan study (jasmani). Ku tak’kan menyerah, karna YAHWEH besertaku.
    ketika Roh kudus memimpin kita, maka segala roh-roh dunia ini akan takluk dibawah kita. Jadi bersadarlah pada roh kudus, maka pertandingan sesulit apapun akan kita lalui.

    Reply

  • josi

    December 31, 2011 #11 Author

    Yesus lah kekuatan serta penghiburan, Hormat hanya bagi_Nya,,,,! Trim’s Untuk renugannya Tuhan Yesus berkati..

    Reply

  • Elfranto

    December 28, 2011 #12 Author

    Harapan tetap ada berlarilah terus sampai menggapai medali

    Reply

  • jon

    December 15, 2011 #13 Author

    aku pun akan selalu berlari dengan gigih…

    Reply

  • Yefta, Jayapura, Papua

    December 14, 2011 #14 Author

    Menjadi Pemenang dan Menjadi Pemenang Sejati adalah 2 hal yang berbeda,
    Seorang yang hanya menjadi pemenang dan bertanding dengan gigih suatu saat pasti kalah tetapi seorang Pemenang Sejati adalah Seorang yang bertanding dengan gigih sampai akhir hidupnya. YESUS KRISTUS, TUHAN kita bukan seorang pemenang tetapi seorang pemenang sejati.
    Jadilah Pemenang Sejati dan bukan pemenang. GBU

    Reply

  • jeff

    December 13, 2011 #15 Author

    aku akan terus berlari…..

    Reply

  • Anna

    December 8, 2011 #16 Author

    Perbedaan pecundang dengan pemenang adalah bahwa pemenang menghabiskan sedikit waktu lagi untuk bertahan dibanding lainnya..Tetap bertahan dan berjuang. Jesus Bless U All

    Reply

  • lia

    December 8, 2011 #17 Author

    hanya bersama Yesus kita akan memenangkan pertandingan itu….andalkan DIA slalu…Thanks renungannya pa Riva,kiranya Tuhan Yesus selalu mecurahkan berkat n urapan yang baru untuk bapa n fam…GBU

    Reply

  • megumi

    December 6, 2011 #18 Author

    yups,,, berlari pada tujuan.. semoga kita semua mendapat mahkota yg sudah disediakan.. trima kasih Ka’.. tetap jadi saluran berkat lewat semua renungan-renungan.. TUHAN memberkati.:)

    Reply

  • Jane

    December 5, 2011 #19 Author

    Terima kasih atas renungannya Pak Rivai. Saya doakan biar Bapak di beri kesehatan, hikmat dari Tuhan agar bapak tetap berkarya dan terus berkarya. Tuhan Memberkati Bapak Sekl. Amien

    Reply

  • Ida

    December 4, 2011 #20 Author

    Terima kasih untuk renungan yang sangat menguatkan. Biarlah semua yang membaca renungan ini diberkati. Amin

    Reply

  • Fanolo Mendrofa

    December 4, 2011 #21 Author

    Hidup ini bagaikan balon yang diisi dengan gas baru bisa balon terbang, ayo mari selagi iman masih ada gas yang diberikan oleh Tuhan Yesus, mari berjuang melawan angin, badai dan terbang bersama Tuhan Yesus.

    Reply

  • endang budha mahadya

    December 3, 2011 #22 Author

    Hanya Yesus yang memampukan kita, mengalahkan segalan perkara.
    Tks renungannya.. GBU

    Reply

  • david

    December 3, 2011 #23 Author

    puji Tuhan, percaya satu ayat firman Allah ,sudah merupakan representasi seluruh firman Allah atau dengan kata lain Titah,keputusan Allah adalah absolut .Dengan ini saya sampaikan kepada rekan-rekan seiman dalam kasih Tuhan Yesus Kristus gigihlah memberikan energi abadi kepada Roh ,jiwa dan tubuh kita yakni firman Allah ,kalahkan dunia selamanya. Amien Syalom

    Reply

  • sayogo supriantoro

    December 2, 2011 #24 Author

    Dikala kita lelah, letih dalam pergumulan hidup yang semakin berat ini memang sangat memerlukan
    ” pendingin dan pelega ” berupa renungan seperti ini, sehingga akan meyegarkan kembali, semangat dan bangkit kembali. Terimakasih Pak,renungannya memberikan motivasi. GBU

    Reply

  • yulia

    December 2, 2011 #25 Author

    Kehidupan ini adalah arena pertandingan, terus maju bersama Yesus Tuhan kita akan menangkan pertandingan, Dan Mahkota kemuliaan telah disiapkan bagi kita di dalam kerajaan sorga.

    Reply

  • Nicol Samuel Pakpahan

    December 1, 2011 #26 Author

    Shalom renungan Pelita Hidup …
    Luar biasa kalau saya boleh bergabung …
    Renungan yg singkat, padat dan jelas.
    Sukses selalu ..
    🙂
    Gb .

    Reply

  • fanny sepang

    December 1, 2011 #27 Author

    Kunci kemenangan seorang atlit adalah focus kepada tujuan. kita adalah atlit-atlit rohani so “arahkan pandangan hanya kepada Yesus yang mengajar/ melatih kita sampai mahir dalam menghadapi peperangan, memberi kekuatan dan memberi kemenangan. Thank’s, renungan ini membangkitkan kekuatan dan iman saya dalam menghadapi banyak masalah. .God Bless

    Reply

  • Bima Nugraha

    November 30, 2011 #28 Author

    Renungan singkat namun luar biasa membangkitkan semangat terlebih jika kita dalam keadaan yang sulit. Tuhan Berkati semua.

    Reply

  • tumpak

    November 30, 2011 #29 Author

    gmana ya cara meng copy renungan ini

    Reply

  • nuel

    November 30, 2011 #30 Author

    Luar biasa, apa yang gak mungkin jika kita mengandalkan YESUS dalam segala hal. GBU all and thank to Pak Riva.

    Reply

  • Jimmy

    November 30, 2011 #31 Author

    Amiin .. Trima kasih buat renungan yang sangat memberkati. Kini aku percaya bisa memperoleh piala kemenangan karena Yesus yang memberi kekuatan.

    Reply

  • Jeanne Kawatu

    November 29, 2011 #32 Author

    Amiiin…..kita pasti akan dimenangkan, jika selalu bersama Yesus

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *