Pelita Hidup Jangkau Dunia

Mimpi: Mustahil Hingga Digenapi

mimpi-mustahil-hingga-digenapi“Pada suatu kali bermimpilah Yusuf, lalu mimpinya itu diceritakannya kepada saudara-saudaranya; sebab itulah mereka lebih benci lagi kepadanya.

Karena katanya kepada mereka: “Coba dengarkan mimpi yang kumimpikan ini:

Tampak kita sedang di ladang mengikat berkas-berkas gandum, lalu bangkitlah berkasku dan tegak berdiri; kemudian datanglah berkas-berkas kamu sekalian mengelilingi dan sujud menyembah kepada berkasku itu.”
*courtesy of PelitaHidup.com
Lalu saudara-saudaranya berkata kepadanya: “Apakah engkau ingin menjadi raja atas kami? Apakah engkau ingin berkuasa atas kami?” Jadi makin bencilah mereka kepadanya karena mimpinya dan karena perkataannya itu.

Lalu ia memimpikan pula mimpi yang lain, yang diceritakannya kepada saudara-saudaranya. Katanya: “Aku bermimpi pula: Tampak matahari, bulan dan sebelas bintang sujud menyembah kepadaku.”

Setelah hal ini diceritakannya kepada ayah dan saudara-saudaranya, maka ia ditegor oleh ayahnya: “Mimpi apa mimpimu itu? Masakan aku dan ibumu serta saudara-saudaramu sujud menyembah kepadamu sampai ke tanah?” ” Kejadian 37:5-10



Mimpi Yang Mustahil

Yusuf mendapat mimpi yang mungkin luar biasa bagi dirinya sendiri. Suatu kebanggaan bagi dirinya melihat dirinya sendiri menjadi pemimpin di antara keluarganya. Tetapi mimpi tersebut justru tidak disukai oleh keluarganya dan dianggap mustahil terjadi karena dia merupakan anak terkecil di antara keluarganya.
*courtesy of PelitaHidup.com
Sejak mendapat mimpi ini Yusuf mengalami begitu banyak perkara dalam hidupnya. Hidupnya tidak menjadi mudah, tetapi dia malah melalui berbagai penderitaan. Kakak-kakaknya bahkan hendak membunuh dia. Tetapi akhirnya tidak jadi, dia dibuang ke dalam sumur kosong di padang gurun. Jubah maha indah yang merupakan kebanggaannya dilucuti.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Tidak cukup hanya itu saja, akhirnya Yusuf dijual oleh kakak-kakaknya kepada kafilah yang sedang lewat. Yusufpun dibawa ke Mesir dan dijual kepada Potifar dan menjadi pembantu di rumahnya Potifar.
*courtesy of PelitaHidup.com
Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu.

Setelah dilihat oleh tuannya, bahwa Yusuf disertai TUHAN dan bahwa TUHAN membuat berhasil segala sesuatu yang dikerjakannya,

maka Yusuf mendapat kasih tuannya, dan ia boleh melayani dia; kepada Yusuf diberikannya kuasa atas rumahnya dan segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf.

Sejak ia memberikan kuasa dalam rumahnya dan atas segala miliknya kepada Yusuf, TUHAN memberkati rumah orang Mesir itu karena Yusuf, sehingga berkat TUHAN ada atas segala miliknya, baik yang di rumah maupun yang di ladang. ” Kejadian 39:2-5

Apapun yang terjadi, ketika kita senantiasa hidup di dalam Tuhan, Dia akan membuat setiap langkah dan perbuatan kita menjadi berhasil, dan Dia akan mengangkat kehidupan kita menjadi kepala dan bukan ekor.

Ujian

Walau demikian, pencobaan yang dialami Yusuf terus datang. Dia diajak untuk tidur dengan istrinya Potifar. Yusufpun menolak. Karena menolak, dia justru difitnah oleh istrinya Potifar hingga dijebloskan ke dalam penjara. Hidup yang tadinya kelihatan menjadi lebih baik, kini menjadi “gelap” lagi.
*courtesy of PelitaHidup.com
Tetapi Tuhan tidak pernah merancangkan kecelakaan bagi hidup kita. Apapun yang terjadi dalam hidup kita, selalu mendatangkan kebaikan bagi hidup kita.

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Roma 8:28

Tuhan tetap menyertai Yusuf dalam berbagai keadaan. Dalam keadaan buruk sekalipun Tuhan menyatakan kasih dan kuasaNya dalam kehidupan Yusuf.

“Lalu Yusuf ditangkap oleh tuannya dan dimasukkan ke dalam penjara, tempat tahanan-tahanan raja dikurung. Demikianlah Yusuf dipenjarakan di sana.

Tetapi TUHAN menyertai Yusuf dan melimpahkan kasih setia-Nya kepadanya, dan membuat Yusuf kesayangan bagi kepala penjara itu.

Sebab itu kepala penjara mempercayakan semua tahanan dalam penjara itu kepada Yusuf, dan segala pekerjaan yang harus dilakukan di situ, dialah yang mengurusnya.

Dan kepala penjara tidak mencampuri segala yang dipercayakannya kepada Yusuf, karena TUHAN menyertai dia dan apa yang dikerjakannya dibuat TUHAN berhasil.” Kejadian 39:20-23

Keadaan tidak menjadi penghalang bagi kita untuk tetap hidup di dalam Tuhan. Keadaan juga tidak menjadi penghalang bagi Tuhan untuk menyatakan kuasaNya dalam hidup kita. Bahkan Tuhan dapat menyatakan mujizatNya dengan luar biasa dalam keadaan terburuk dan tergelap sekalipun.
*courtesy of PelitaHidup.com
Promosi

Yusuf menjadi semakin intim dengan Tuhan. Dia dipakai luar biasa oleh Tuhan dimanapun dia berada. Yusuf menjadi berkat bagi orang-orang sekelilingnya. Dan Tuhanpun menambah-nambahkan karuniaNya dalam hidup Yusuf. Karunia mimpi semakin berkembang dalam kehidupan Yusuf. Tuhan memakai kehidupan Yusuf untuk menjadi penerjemah mimpi, mulai dari juru minuman dan juru roti raja Mesir, hingga raja Mesir itu sendiri.

Berkatalah Firaun kepada Yusuf: “Aku telah bermimpi, dan seorangpun tidak ada yang dapat mengartikannya, tetapi telah kudengar tentang engkau: hanya dengan mendengar mimpi saja engkau dapat mengartikannya.”

Yusuf menyahut Firaun: “Bukan sekali-kali aku, melainkan Allah juga yang akan memberitakan kesejahteraan kepada tuanku Firaun.” ” Kejadian 41:15-16

Kata Firaun kepada Yusuf: “Oleh karena Allah telah memberitahukan semuanya ini kepadamu, tidaklah ada orang yang demikian berakal budi dan bijaksana seperti engkau.
Engkaulah menjadi kuasa atas istanaku, dan kepada perintahmu seluruh rakyatku akan taat; hanya takhta inilah kelebihanku dari padamu.” ” Kejadian 41:39-40

Tuhan tidak pernah berhenti mengangkat kehidupan Yusuf. Melalui berbagai kejadian dalam hidupnya, semua itu merupakan bekal bagi Yusuf untuk memegang posisi yang lebih tinggi dan lebih besar lagi. Yusuf mengerti bagaimana hidup sebagai orang susah, dan Yusuf mengerti bagaimana hidup sebagai orang berkelebihan. Dia mengerti berbagai macam pekerjaan mulai dari yang kecil hingga yang besar. Dan semuanya itu merupakan persiapan bagi Yusuf untuk memegang tanggung jawab yang jauh lebih besar lagi, yaitu sebagai tangan kanannya Firaun.

Apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, semuanya itu bukanlah merupakan kebetulan. Tuhan sudah mempunyai rencana dalam hidup kita untuk memakai kita sesuai dengan rencanaNya. Dia mempunyai rencana yang indah, rencana yang besar bagi hidup kita.

Mimpi Digenapi

Sementara itu Yusuf telah menjadi mangkubumi di negeri itu; dialah yang menjual gandum kepada seluruh rakyat negeri itu. Jadi ketika saudara-saudara Yusuf datang, kepadanyalah mereka menghadap dan sujud dengan mukanya sampai ke tanah.

Ketika Yusuf melihat saudara-saudaranya, segeralah mereka dikenalnya, tetapi ia berlaku seolah-olah ia seorang asing kepada mereka; ia menegor mereka dengan membentak, katanya: “Dari mana kamu?” Jawab mereka: “Dari tanah Kanaan untuk membeli bahan makanan.”

Memang Yusuf mengenal saudara-saudaranya itu, tetapi dia tidak dikenal mereka.

Lalu teringatlah Yusuf akan mimpi-mimpinya tentang mereka.” Kejadian 42:6-9a

Tuhan tidak pernah setengah-setengah dalam menggenapi FirmanNya dalam hidup kita. Kita melihat bahwa mimpi Yusuf benar-benar digenapi setelah sekian lama dia menanti dan menunggu. Yusuf mendapat mimpinya pada umur 17 tahun (Kej 37:2). Dia menghadap Firaun pada umur 30 tahun (Kej 41:46). Kemudian ada 7 tahun masa kelimpahan, setelah itu ada 7 tahun masa kelaparan. Dan Yusuf bertemu dengan kakak-kakaknya pada tahun kedua masa kelaparan (Kej 45:6). Dia menunggu 22 tahun hingga mimpinya digenapi. Bukan suatu waktu yang sebentar bagi Yusuf melihat mimpinya digenapi. Tetapi Yusuf benar-benar melihat bahwa Tuhan menggenapi semuanya dalam kehidupan dia.

Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.” Kejadian 50:20

Apa yang sebelumnya dilakukan kakak-kakaknya merupakan kejahatan, tetapi Tuhan sanggup mengubahkan semuanya menjadi kebaikan, yaitu mempersiapkan Yusuf agar bangsa Israel dapat terpelihara hidupnya pada masa kelaparan yang pada waktu itu mereka alami. Sungguh suatu hal yang luar biasa, Tuhan sanggup merancangkan kebaikan bagi bangsa Israel melalui kehidupan Yusuf.

Apakah yang menjadi mimpi kita? Apakah saat ini mimpi kita terasa hilang dan tidak lagi merupakan pengharapan dalam hidup kita? Apakah kita merasa tidak mungkin meraih mimpi tersebut? Apakah kita dalam keadaan yang justru merupakan kebalikan dari mimpi tersebut?

Jangan kuatir dan jangan menjadi lemah. Ingatlah akan apa yang dialami oleh Yusuf. Allah Yusuf merupakan Allah yang sama seperti yang kita sembah saat ini. Dia sanggup mereka-rekakan segalanya menjadi kebaikan bagi hidup kita. Dia sanggup mengangkat kita menjadi kepala dan bukan ekor. Bahkan Dia sanggup memakai kehidupan kita menjadi berkat bagi banyak orang. Dia Allah yang sanggup menggenapi setiap mimpi dalam kehidupan kita. Haleluya!


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 96 respon

  1. Luar biasa , orang yang diberkati oleh Tuhan ,lingkungannya juga akan diberkati , baik yg dirumah maupun diluar rumah. Amin !!

  2. Cerita tentang Yusuf ini, sangat memberikan motifasi kepada saya khususnya dan untuk semua orang bahwa kita harus belajar bersabar dan tetap setia kepada Tuhan agar apa yang menjadi mimpi kita bisa menjadi berkat buat orang lain. Dan secara pribadi saya juga sudah diberkati melalui firman ini,Amin.

  3. mimpi datangnya dari Tuhan,atau lebih mudah dimengerti mimpi itu adalah pesan Tuhan yang akan Ia kerjakan melalui kita saat kita tidur. nah…hanya orang yang takut akan Tuhan dan bergaul dengan Tuhan yang dapat seperti itu.
    MIMPI KITA AKAN MENJELASKAN DENGAN APA DAN SIAPA KITA BERGAUL.Gbu

  4. ya Saya dan kel saya ,kel.ibu saya ,serta kel besar saya dimanapaun berada ,saya pribadi banyak berterimakasih kepada Tuhan di mana mimpi saya sudah menjadi terang dunia dan menjadi kedamaian dihati dan membawa berkat dimanpun saya berdoa Amin

  5. Tuhan sungguh luar biasa memakai orang yang tekun kepadaNya.. dan marilah kita belajar sperti karakter Yusup, supaya kita mampu melewati smua rintangan dalam hidup kita, dan finalnya mendatangkan berkat berlimpah.. prcaya bahwa Tuhan mampu membuka jalan walau di saat tiada jalan.. GBU

  6. Terimakasih atas cerita diatas.Sebenarnya cerita Yusuf tadilah yang harus menyadarkan kita sekarang tentang Hari kedatangan Tuhan Yesus kita.Berkat yang kita terima sekarang adalah seharusnya disimpan di dalam lumbung yang tak akan dimakan karat dan ngengat.Untuk bekalan kita menghadapi bahaya yang akan datang.Sebagai persediaan menghadapi keadaan hidup di padang gurun (masa sukar)masih belum terlambat untuk kita membuat lumbung lumbung bagi menghadapinya.Sesungguhnya memang kita tidak tahu bila Hari Bahagia (Pengangkatan Orang Percaya)itu tetapi tanda tandanya semakin jelas.Janganlah kita mabuk oleh segala ilah dunia yang bisa membuat kita lalai dan tidak mengetahui tanda tanda yang semakin jelas.Berjaga jagalah agar kita selalu ada minyak tambahan untuk menanti kedatangan Mempelai yang sedang dalam perjalananNya.Secara rohani memang minyak melambangkan urapan dan api adalah Rohkudus akan tetapi kita harus menjadi wanita yang bijak yang melakukan keduanya.Salam dari Kristus.maranatha.

  7. Pada akhirnya Tuhanlah yang mengabulkan mimpiku jadi kenyataan,,tq ya kisah Ysuf mengigtkanku pada mimpiku yg telah nyata.thanks Lord

  8. Sallomm semuanya…

    Luar biasa rencanan Tuhan dalm kehidupan yusuf…melalui renungan ini menguatkan iman saya dan membangkitkan semangat ku dalam Tuhan yesus, selama ini sy meragukan dan tidak berharap apa yg aku mimpikan dan bahkan sy tidak percaya itu akan terjadi dalm kehidupan saya.. aku percaya Mustahil segala Rencanan dan Impian ku kedepan selalu di genapi oleh Tuhan..amin..Gbu

  9. Begitu besar rencanan tuhan melalui renungan ini saya di bangkitkan kembali semangatku dekat sm Tuhan yesus bahwa saya percaya segala sesuatu impian dan rencanan ku selalu di genapi oleh Tuhan…amin..Jbu

  10. eliakim evata sitepu
    Wednesday 8 February 2012, 9:04 pm

    masih adakah yusuf yusuf modern sekarang…..? mari kita tiru cara hidup yusuf , tuhan selalu punya cara dan rancangan yang baik untuk kita, haleluya…….

  11. bila aku merenungi hidupku, aku pun tahu. sesuatu boleh terjadi adalah semata untuk kebaikan bagi orang-orang yang bersandar pada Tuhan. Renungan ini : mengingatkan, munguatkan dan meneguhkan. Pujian bagi Tuhan …. karena ini adalah karyanya

  12. Sangat memotivasi dan mengingatkan bahwa Tuhan tak pernah ingkar janji

  13. Ketenangan jiwa dan batin Yusuf dalam menghadapi masalah yang bertubi-tubi menimpanya menunjukkan betapa Yusuf percaya bahwa semua yang terjadi dalam hidupnya ada dalam rencana dan rancangan-Nya…………

  14. Thanks buat renungannya yang mengingatkan kita untuk terus mengandalkan Tuhan yang sanggup melakukan hal2 yg luar biasa.Praise God !

  15. Sungguh Cerita yang memberikan Motifasi.. Tks Tuhan Yesus.

  16. Cerita Yusuf Sangat Luar biasa… Tks Tuhan Yesus.

  17. Renungan yang menguatkan saya untuk selalu berpengharapan pada Yesus.
    Tuhan selalu punya rencana…..yang terindah….pasti

  18. Amin…Tuhan kita punya Tujuan yg Indah dalam hidup kita..dengan Mimpi Hidup Yusup di berkati,,,IMANNUEL

  19. Orang lain boleh me reka-reka yang jahat, tetapi Tuhan merencanakan yang baik bagi orang yang seturut denganNya, trims pak Renungan yang memberkati.Syaloom

  20. haleluya….
    terimkasih pelita hidup… sungguh nyata dan benar adanya kasih Tuhan dalam setiap waktu kita, Tuhan yang Agung dan yang berkuasa t`lah menyatakan kebenarannya melalui jalan Hidup nabi Yusuf, saya percaya dan akan terus percaya bahwa kuasa Tuhan nyata adanya didalam kehidupan dan akan menuntun kita dalam menjalani aktivitas kita sehari-hari …. Trust in JC.. I love u JC

  21. Amin….. trims atas renungan ini , kiranya campur tangan Roh Allah sendiri dalam keterpanggilan kita sebagai umatNya memampukan kita untuk mengetahui rencana Nya bagi kami sekalian Tuhan memberkati.

  22. Tuhan mempunyai rencana bagi setiap kita yang percaya, walaupun pada luaran kita dipandang begitu hina direndahkan, namun jika kita hidup dalam rencanaNya, kita akan dapat merasai kuasa firmanNya..Seperti Yusuf dari anak buangan kakak2nya, dapat menjadi orang berkuasa atas mesir ( Perdana Menteri ) luar bisa Tuhan kita….Amin

  23. Tdk ada yg mustahil bagi Allah kita.
    oleh sebab itu jika anda punya mimpi saat ini jadikan itu sebagai Visi untuk diraih dimasa depan
    Trim’s. GBU All

  24. Terimakasih untuk renunganya, sangat meneguhkan saya. Semoga saya diberi kemampuan untuk meneladani kehidupan Yusuf yang sangat luar biasa mengasihi Tuhan…

  25. Jika kita berjalan seturut dengan kehendak Tuhan, maka apapun akan Tuhan berikan, asalkan selalu menaruh harap hanya pada Tuhan Yesus Kristus, Amien…..thx renunganx bapak…..GB

  26. Yusuf satu pribadi yang sungguh-sungguh patut diteladani untuk kebesaran hatinya, pengampunannya dan terlebih sikapnya pada Tuhan dan sudara-saudaranya yang tidak pernah berubah. sangat layak jika mimpi besar itu menjadi suatu kenyataan karena Tuhan turut bekerja didalamnya. Amin…Thanks pak Riva Sinjal

  27. Luar biasa…
    Renungan yang sangat menyentuh…
    Kisah Yusuf udh sering saya baca dan dengar, tapi pemaparan kali ini benar2 luar biasa, sangat menyentuh dan sangat memotivasi.
    Trima kasih Tuhan rancangan Mu sungguh luar biasa.
    Haleluyah.

  28. setiap umat Tuhan memang seharusnya mempunyai mimpi mimpi besar untuk rencana kehidupannya, hidup kudus di hadapanNya taat akan firmannya, bersyukur selalu atas segala anugrahNya, niscaya Tuhan Allah akan memimpin jalan menuju mimpi mimpi besar itu.

  29. Allahku dahsyat, Dia sanggup merealisasikan mimpi menjadi nyata, aku mau melakukan perintahMu agar impiankupun menjadi nyata, terima kasih Tuhan

  30. Tuhan menjadi sutradara di baik semua yang terjadi, so jangan takut bermimpi yang besar.

  31. Kisah yang menjadi inspirasi..Tuhan memang luar biasa..

  32. Syalom,penderitaan yang Yusuf jalani sampai mimpi itu menjadi kenyataan bukanlah sesuatu yang mudah…renungan ini sangat memberkati sy,thanks pa Riva…kiranya TUHAN Yesus memberkati bapa sekeluarga.GBU

  33. terima kasih sungguh sangat jadi berkat buat saya untuk terus kuat menjalani hidup.

  34. sangat memberkati, memberi kekuatan untuk terus berharap bahwa mimpi yang besar itu akan menjadi nyata jika tetap menaruh percaya, tetap dalam proses Tuhan dan hdp makin dekat dengan Tuhan.

  35. Tuhan Selalu Punya Rencana yang Indah untuk anak-anak Nya

  36. janjiMu seperti fajar ya Tuhan!!!!!!!!!!!!

  37. amin bagi dunia mustahil namun bagi Allah tidak karena mimpi akan jadi kenyataan apabila kita seiringan dngn Dia

  38. Terimakasih renungan sungguh indah dan menguatkan hati kita sebagai orang percaya, dan semakin yakin bahwa Tuhan tak pernah sedikitpun meninggalkan kita dalam menghadapi pergumulan hidup.

  39. Kerna Allah adalah Bapa yang Kekal..aku tahu Tuhan sentiasa mendengar Doa kita..setia melayaniNya…

  40. Terima Tuhan ! atas Renungan ini yang membuat saya semakin kuat untuk selalu menuntun istri saya agar selalu dekat hanya padaMu saja. Trims Pelita Hidup… amin.

  41. Thank’s ya pak Riva atas renungannya
    walaupun mimpi yg sangat mustahil terjadi dalam hidup ini lewat renungan ini mengingatkan saya Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil Lukas 1:36. perkataan dalam ayat ini cukup menghentakkan saya ketika saya sedikit meragukan penyertaan Tuhan dalam suatu pergumulan yang saya alami.

  42. Amen Yesus kita memang luar biasa.
    Thank you lord….
    I love u so much Jesus.

  43. kasih nya memang sungguh dan sangat besar.

  44. Puji Tuhan! Terima kasih atas kiriman renungan indah ini.
    sejujurnya, renungan ini menginspirasi saya untuk kotbah dalam penyampaian akan lebih impresif dengan disampaikan oleh dua orang (pembaca ayat-ayat dan pengkotbah) dengan sentuhan teatrikal (untuk kotbah dalam kebaktian kreatif/khusus). sekali lagi Terima kasih.

  45. firman Tuhan sungguh luar biasa, semuanya digenapi tepat pada waktunya, puji Tuhan.

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: