Pelita Hidup
Kesetiaan: Rahasia Untuk Tetap Mendapat Berkat Berkelimpahan Kesetiaan: Rahasia Untuk Tetap Mendapat Berkat Berkelimpahan
“Seorang dari mereka, ketika melihat bahwa ia telah sembuh, kembali sambil memuliakan Allah dengan suara nyaring, lalu tersungkur di depan kaki Yesus dan mengucap... Kesetiaan: Rahasia Untuk Tetap Mendapat Berkat Berkelimpahan

Kesetiaan: Rahasia Untuk Tetap Mendapat Berkat Berkelimpahan“Seorang dari mereka, ketika melihat bahwa ia telah sembuh, kembali sambil memuliakan Allah dengan suara nyaring, lalu tersungkur di depan kaki Yesus dan mengucap syukur kepada-Nya.” Lukas 17:15-16

Mari kita lihat kisah dalam Lukas 17:11-19 ini, tentang sepuluh orang kusta yang disembuhkan oleh Yesus:

‘Dalam perjalanan-Nya ke Yerusalem Yesus menyusur perbatasan Samaria dan Galilea.
Ketika Ia memasuki suatu desa datanglah sepuluh orang kusta menemui Dia. Mereka tinggal berdiri agak jauh
dan berteriak: “Yesus, Guru, kasihanilah kami!”
Lalu Ia memandang mereka dan berkata: “Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam-imam.” Dan sementara mereka di tengah jalan mereka menjadi tahir.
Seorang dari mereka, ketika melihat bahwa ia telah sembuh, kembali sambil memuliakan Allah dengan suara nyaring,
lalu tersungkur di depan kaki Yesus dan mengucap syukur kepada-Nya. Orang itu adalah seorang Samaria.
Lalu Yesus berkata: “Bukankah kesepuluh orang tadi semuanya telah menjadi tahir? Di manakah yang sembilan orang itu?
Tidak adakah di antara mereka yang kembali untuk memuliakan Allah selain dari pada orang asing ini?”
Lalu Ia berkata kepada orang itu: “Berdirilah dan pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau.” ‘

Ketika mereka mengalami sakit-penyakit yang sangat parah, mereka beramai-ramai datang kepada Yesus dan berteriak agar Dia menyembuhkan penyakit mereka. Mereka sadar bahwa Yesus berkuasa untuk menyembuhkan segala penyakit yang ada, oleh karena itu dengan penuh keyakinan mereka berseru dan meminta kepada Yesus agar penyakitnya disembuhkan.

Tidak hanya itu saja, mereka juga mengikuti perintah yang diberikan oleh Yesus. Mereka melangkah dengan iman dan percaya bahwa mereka pasti disembuhkan.

Kesepuluh orang kusta tersebut sembuh dari penyakit yang mereka derita. Dan sudah seharusnyalah mereka bersyukur dan datang kepada Yesus untuk mengucapkan terima kasih, serta mempersembahkan hidup mereka bagi kemuliaan namaNya. Tetapi tidak demikian yang terjadi. Ternyata hanya satu dari sepuluh orang yang datang kembali kepada Yesus dan memuliakan namaNya. Bahkan Yesus-pun heran dan bertanya kemana orang-orang lain yang telah disembuhkan olehNya.

Kita dapat melihat bahwa Tuhan telah menyiapkan berkat lainnya bagi mereka yang mau setia datang kepadaNya. Tidak hanya kesembuhan yang diterima satu orang yang kembali itu, tetapi dia juga menerima berkat lainnya yaitu berkat keselamatan yang dari Tuhan.

Banyak orang yang ketika dalam masalah, mereka berbondong-bondong datang ke gereja, rajin beribadah, mengikuti setiap kegiatan doa dan acara apapun yang diadakan di gereja. Mereka beranggapan bahwa dengan cara itu mereka akan mendapatkan jawaban atas masalah yang mereka hadapi.

Tuhan memang tidak pernah berhutang kepada setiap orang yang datang kepadaNya, berseru dan meminta kepadaNya. Dia akan memberikan jawaban bagi setiap doa dan pergumulan kita. Tetapi sebagian besar orang justru lupa untuk memuliakan nama Tuhan ketika mereka telah lepas dari masalah yang mereka hadapi.

Mereka mulai mengurangi kegiatan yang tadinya diikuti. Mereka mulai disibukkan dengan berbagai hal. Dan berbagai alasan muncul untuk menghindari kegiatan beribadah. Padahal bukan itu yang Tuhan inginkan. Tuhan ingin agar kita tetap setia dan dekat kepadaNya ketika kita telah lepas dari segala masalah. Tuhan ingin agar kita semakin intim dengan Dia. Dan Tuhan rindu agar kita tetap memuji dan memuliakan namaNya di saat kita sudah menerima jawaban atas doa-doa kita.

Jangan pernah lepaskan kasih karunia Tuhan ketika kita sudah menerima jawaban doa-doa kita. Jangan lupakan betapa baiknya Tuhan kepada kita, karena Dia telah menyembuhkan kita, memulihkan kita, memberi kita kekuatan, memberi kita pekerjaan, memberi kita kesuksesan dalam karir, memberi kita jalan keluar atas bisnis kita, dan lain sebagainya.

Tetap jaga hubungan kita dengan Tuhan walaupun kita sudah menerima jawaban atas masalah kita. Jangan pernah lengah, karena iblis selalu mencari kesempatan di saat-saat kita lengah. Dan ketika kita tetap menjaga hubungan intim dengan Tuhan, maka Tuhan akan mencurahkan berkat-berkat lainnya dalam kehidupan kita. Berkat-berkat yang tidak pernah kita pikirkan dan tidak pernah kita lihat akan kita terima dalam kehidupan kita.

Mari kita senantiasa menjaga hubungan kita dengan Tuhan pada saat Dia telah memberikan kemenangan atas masalah-masalah yang kita hadapi. Jangan lepaskan kesetian kita kepada Tuhan dan terimalah berkat berkelimpahan yang telah Tuhan sediakan bagi kita. Haleluya!

“Katanya kepada orang itu: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hamba yang baik; engkau telah setia dalam perkara kecil, karena itu terimalah kekuasaan atas sepuluh kota.” Lukas 19:17

“Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya?

Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.” Matius 24:45-46

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • Paulus Niman

    June 11, 2011 #1 Author

    Memikirkan kerinduan ke-10 orang sakit kusta yg ingin disembuhkan Tuhan Yesus, dst ….
    Tetapi pernahkah kita memikirkan kerinduan dari Tuhan Yesus ? Kerinduan yg paling dalam dari hati Tuhan Yesus adalah ; “Mau menikmati indahnya persekutuan dalam kasihNYA yang kekal, dan bukan (hanya) pada berkat materi (jasmani) yang sifatnya sementara.” maukah kita memenuhinya ?
    Terima kasih Pak Riva Sinjal, Pelita Hidup, Tuhan Yesus memberkati hambanya yang setia.

    Reply

  • Marsel

    June 9, 2011 #2 Author

    Sungguh, bukan rahasia lagi, sebab sekarang nyata sekali bahwa hidup yg saya jalani dgn segala unek-uneknya utk mencukupi kehidupan ini, telah membuat mata rohani saya menjadi buta, akhirnya saya lupa bahkan tidak melihat ataupun merasa kasih dan berkat Tuhan (Nafas Hidup, Kesehatan, Kekuatan, dan Berkat-berkat yg lain) yg setiap hari saya nikmati.
    Terima Kasih Pak Reva utk renungannya. Dengan renungan ini Pak Reva telah membuka mata rohani saya utk melihat Tuhan Yesus yg sesungguhnya selalu baik bagi saya, dan Tuhan Yesus yang sesungguhnya pemberi kehidupan utk saya.
    Doa dan Harap saya, semoga Pak Reva senantiasa diberkati untuk menjadi berkat bagi umat Tuhan yg lain. S a l a m.

    Reply

  • dautyordan

    June 9, 2011 #3 Author

    teruslah berkarya kristus

    Reply

  • meriaty simanullang

    June 6, 2011 #4 Author

    Terimakasih kepada pak Riva atas renungan harian yg senantiasa dikirim, walau kuakui jarang membukanya, tetapi yang pasti saat ada galau dan problem hidup, selalu ada keteduhan yg kutemukan saat membaca renungan ini. semoga keimananku semakin dikuatkan. Dan jujur setiap saat aku merasa penyertaan Tuhan selalu ada dalam kehidupanku. Terimakasih Jesus buat anugrahMu dan semakin tambahkan berkat kepada hambaMu ( pak Riva) yang senantiasa concern dalam mewartakan FirmanMu.Amin.

    Reply

  • Boris

    June 6, 2011 #5 Author

    lwt imam kita tlah disembuhkan, tapi untk memperthaankanya adlah dengan stia dan berpgng tguh pada Tuhan.

    Reply

  • sri

    June 6, 2011 #6 Author

    Tuhan selalu setia dalam segala hal, . . . . .
    Tuhan ajarkan saya untuk setia dan selalu datang hanya padaMu baik dalam senang maupun susah. . . . . . . . karena sesungguhnya hanya Tuhan saja yang bisa dan mampuh menyelesaikan setiap masalah yang kita hadapi. . . . . trima kasih Tuhan dengan renungan yang boleh saya baca menambah iman dan percaya saya, HANYA TUHAN YANG MAMPU MENYELESAIKAN SETIAP MASALAH SAYA, AMIN.

    Reply

  • Hisar Silaban

    June 3, 2011 #7 Author

    Terkadang manusia lupa akan siapa penciptanya karena tugas, kesibukan2, dan aktivitas.. namun ketika memiliki masalah baru memanggil TUHAN… itulah Manusia yang penuh keegoisan.Mari datang kehadiratNYA, YESUS tetap menantikan kita umatNYA, BRAVO PELITA HIDUP.COM..Suguhanmu telah saya nikmati hari ini. Thanks…Mauliate..Yahowu..Mejuah2.

    Reply

  • Denna

    June 2, 2011 #8 Author

    Terima kasih saudara Riva Sinjal dalam Pelitah Hidup, di atas renungan2 anda yang sungguh mentap,semoga Tuhan akan lebih lagi mencurah-curahkan berkat keatas kerjaya anda…. Ya Tuhan, berilah aku kekuatan untuk terus berusaha mendapatkan perkerjaan yang bersusuaian dengan kehandak-Mu, apa pun perkerjaan itu semoga memberi berkat bagi keluarga ku dan bagi orang lain. Amin.

    Reply

  • hardjono mm

    June 1, 2011 #9 Author

    Berkat apapun dari Tuhan adalaha anugerah bukan karena perbuatan baik kita, hal itu sebagai perwujudan Ia sangat mengasihi kita.
    Kesetiaan diwujudkan dalam ketaatan dan ketekunan kita mengikuti Firman-Nya. Tq atas renungannya yang mencerahkan maju terus didalam Tuhan Yesus

    Reply

  • PAMAN

    June 1, 2011 #10 Author

    KODRAT MANUSIA, JIKA BERMASALAH BARU DATANG DAN BERDOA KEPADA TUHAN JESUS, JIKA KONDISI SEHAT LUPA DEH UNTUK MENGUCAP SYUKUR.
    RENUNGAN INI UNRUK MENGINGATKAN MANUSIA UNTUK SELALU DAN TETAP MENGUCAP SYUKUR DI DALAM SETIAP ALUNAN NAFAS.
    TERIMAKASIH KE BOS RIVA YANG TETAP DAN SETIA MENEMANI KITA YANG BUTUH INGAT DAN PENGINGAT (SUKA LUPA ). GBU

    Reply

  • Yosua

    June 1, 2011 #11 Author

    Trims,atas pengiriman renungannya kiranya dari renungan ini TUHAN menjadi dipermuliakan Dan semakin banyak yg mengasihi dan mencintai TUHAN YESUS.GBU

    Reply

  • meyer suebu

    June 1, 2011 #12 Author

    shaloom…pelitahidup.com yg T.YESUS kasihi. pertama-tama mohon maaf krn baru kali ini membalas, jaringan lokal tdk lancar, yg jelas semua pelitahidupnewsletter telah diterima, sekali lagi trims n’ puji TUHAN. TUHAN mberkati pelitahidup.com dlm tugas & kerja slalu.

    Reply

  • ferry

    June 1, 2011 #13 Author

    OH LORD JESUS…….!!!

    Reply

  • Agung SWA

    June 1, 2011 #14 Author

    Tuhan ajar kami untuk bisa kembali kepadaMu dengan suara nyarin dan memuji kemulyaanMu,Amen

    Reply

  • Theo Gunawan

    May 31, 2011 #15 Author

    Terimakasih untuk renungan yang menginspirasi. saya dikuatkan untuk selalu setia bukan untuk mendapat berkat, sebab kasih dan berkatNya selalu tersedia untung orang yang setia.

    Reply

  • yanti

    May 31, 2011 #16 Author

    haleluyah…Firman Tuhan yang sgt mendorong saya. puji tuhan terima kasih kepada ‘pelita hidup’ Tuhan memberkati pelayanan kalian.

    Reply

  • Sunarko

    May 30, 2011 #17 Author

    Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bila dalam keadaan susah selalu berdoa pada TUHAN tetapi begitu sudah dapat dia lupa alasannya sibuk tidak ada waktu dan selalu berulang, tapi nanti bila TUHAN kasih waktu istirahat yang pangjang lalu meratap lagi. Terima kasih Pak Riva untuk renungan hari ini membuat mata dan hati saya terbuka karena banyak kawan saya semua seperti itu sekarang tidak punya waktu untuk datang kepada TUHAN sibuk dengan pekerjaan yang telah TUHAN berikan kepadanya.

    Reply

  • ferry

    May 30, 2011 #18 Author

    Terima kasih buat renungan firmanNya,sdh selayaknya kita orang-orang yg ditebus oleh Yesus Kristus utk selalu memberikan syukur kpd Tuhan,oleh karena Ia selalu ada bagi kita dalam semua yg kita alami.Mari kita ucapkan syukur selalu kepada Dia.GBU

    Reply

  • pdt Alit

    May 30, 2011 #19 Author

    renungan ini memberi inspirasi untuk mengingat kabaikan Tuhan. Bagi yang setia tentuunya akan memperoleh lebih banyak lagi berkat Tuhan. Percaya tidak….? silahkan mencoba

    Reply

  • niar

    May 29, 2011 #20 Author

    Trimakasih pak, sebuah renungan yang memberi semangat kesetiaan yang harus dihidupi oleh setiap pemercaya. Memang ada banyak pergumulan, tetapi kesetiaan menjadi kunci untuk penentuan kondisi berikutnya. Tuhan memberkati.

    Reply

  • adhi

    May 29, 2011 #21 Author

    GBU renungan yg bs kita smakin tumbuh dan percaya kasih Allah itu NYata dan berkat tercurah bagi kita yg menaruh pengharapan akan janji Tuhan ya dan Amien

    Reply

  • Aldrin Bokong

    May 28, 2011 #22 Author

    Terima Kasih telah membagikan berkat untuk saya. TUHAN YESUS Memberkati niat baik Anda. Sukses Untuk Pelayanan Anda.

    Reply

  • Muliani

    May 28, 2011 #23 Author

    Terimakasih Pak buat renungannya, saya sagat diberkati. Memang benar kita harus tetap setia untuk tetap mendapat berkat berkelimpahan. kita sama-sama berdoa supaya kita tetap setia walau kadangkala kita jatuh bangun dalam mengikutiNya. Tuhan pasti tolong. God Bless

    Reply

  • lelie

    May 28, 2011 #24 Author

    Trims yah atas renungan Firman Tuhan yang indah ini, sungguh benar, dengan mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yesus yang sudah berikan kepada kita setiap harinya mendatangkan berkat yang melimpah yaitu kesehatan, kekuatan, pertolongan yang dahsyat / luar biasa, bahkan kebutuhan yang kita inginkan Tuhan Yesus memberikannya terlebih dari itu adalah keselamatan baik di bumi ini bahkan keselamatan yang sifatnya kekal. Trims untuk renungannya Tuhan Yesus berkati setiap pelayanan Bapak

    Reply

  • dradjad

    May 28, 2011 #25 Author

    Selalu mengucap syukur dalam segala hal, akan membuat hidup jadi punya arti

    Reply

  • zelinsky kansil

    May 28, 2011 #26 Author

    Puji Tuhan.. Trima Kasih atas renungannya yg slalu meningatkan untuk mengucap syukur atas apa yg sdh Tuhan buat bagi kita..

    Reply

  • shanty

    May 28, 2011 #27 Author

    trim’s banget pak Rival senantiasa setia mengirimkan saya Renungan Pelita Hidup
    yg sll membuat saya merasa dekat dgn Tuhan Yesus.GBU.

    Reply

  • emi

    May 28, 2011 #28 Author

    Terimakasih untuk renungannya, semoga berkat Tuhan selalu melimpah, Immanuel

    Reply

  • andries

    May 28, 2011 #29 Author

    Yang terpenting dalam hidup ini adalah keselamatan untuk kehidupan yan gkekal bukan kesembuhan, kekayaan, dls. Maka dari itu hampir setiap mujijat Yesus mengatakan “Imanmu telah menyembuhkan engkau”. Jadi Tuhan melihat iman untuk memberikan kesembuhan jiwa (kehidupan kekal) bukan kesembuhan fisik yang diutamakan.
    GBU

    Reply

  • christin

    May 27, 2011 #30 Author

    selalu bersyukur dalam segala hal….
    itulah kunci utama hidup ini…

    Reply

  • Gelora Samudra

    May 27, 2011 #31 Author

    Terima kasih atas renungan ini. Renungan ini sangat menegur saya, untuk selalu datang dan berterimakasih atas segala berkat yang Tuhan telah berikan kepada saya. Semoga setelah membaca renungan ini dapat merobah karakter dan prilaku saya dan saudara/i yang lain. terpujilah Tuhan. terima kasih, syalom.

    Reply

  • Hana

    May 27, 2011 #32 Author

    Amin….Tetaplah setia kepada Tuhan, baik di saat suka maupun duka…
    percayalah bahwa Allah yg kita sembah adalah Allah yg baik dan adil….
    jikalau kita terus setia didalamNya, Dia pasti akan memberkati kita dgn berlimpah-limpah…JCBU all.

    Reply

  • John Simamora

    May 27, 2011 #33 Author

    Terima kasih kepada Tuhan Yesus dan juga kepada Pelita Hidup. Sukses selalu
    Tuhan Memberkati. Amin

    Reply

  • Jen Steven Tasik

    May 27, 2011 #34 Author

    Kadang2 kita juga mengalami hal yg serupa , Lupa berterima kasih dan bersyukur kepada TUHAN atas apa yang sudah TUHAN kerjakan dalam hidup kita.Firman ini juga mau mengingatkan kita utk senantiasa melihat kebesaran kasih TUHAN dalam kelemahan manusia , disisi lain mau mengajar kita utk berterima kasih atas apa yg sudah TUHAN buat dalam hidup kita. Kiranya Roh Kudus menolong memampukan kita . Amien ..Terima kasih buat renungannya JBU

    Reply

  • Nasri Budi Mulyono

    May 27, 2011 #35 Author

    Tuhan Yesus berilah kami hati yg selalu mengucap syukur, apapun dan seberapa besar berkat yg Engkau sediakan dan limpahkan bagi kami, karena janji MU Ya dan Amen

    Reply

  • Panti Asuhan Mahanaim

    May 27, 2011 #36 Author

    Shalom,
    Terima kasih atas pembagian berkatnya lewat renungan harian, namun juga sangat membutuhkan tulisan2 yang bisa di print, untuk anak-anak asuhan di panti asuhan.
    Terima kasih Tuhan memberkati

    Reply

  • Dewi Barus

    May 27, 2011 #37 Author

    Puji Tuhan..renungan sangat memotivasi bgt…ajari aku Tuhan sepaya selalu setia di dalam nama Mu sampai akhir hayat ku,,,AMIN

    Reply

  • lenta

    May 27, 2011 #38 Author

    Ucapan syukur adalah kewajiban bagi semua orang percaya kepada Tuhan Yesus.
    Dengan mengucap syukurlah kita dapat menunjukkan bahwa Tuhan yang kita sembah adalah
    Tuhan yang berdaulat atas seluruh kehidupan kita. Amin
    Terimakasih buat seringnya. JCB

    Reply

  • Supriyono

    May 27, 2011 #39 Author

    Ampunilah kami, ya TUHAN, ketika kami mengingat begitu baiknya Engkau, namun kami seringkali terlena tidak mengucap syukur kepadaMu. FirmanMu yang hidup telah mengingatkan kami saat ini untuk senantiasa mengucap syukur atas segala anugerah dan kemurahanMu, TUHAN.

    Reply

  • shallom

    May 27, 2011 #40 Author

    Banyak orang yang ketika dalam masalah, mereka datang ke gereja, rajin beribadah, dan tekun berdoa dengan cara itu mereka akan mendapatkan jawaban atas masalah yang mereka hadapi.
    Tetapi terkadang disaat hati kita gundah gulana, masalah demi masalah datang bergantian, justru kita tidak bisa mengucapkan sepatah kata pun kepada Tuhan.

    Reply

  • Ana

    May 27, 2011 #41 Author

    Firman yang sungguh menyegarkan jiwaku….
    Terimakasih Tuhan, dalam kondisi apapun aku harus terus mengucapkan syukur.
    thx Pelita….

    Reply

  • miasta

    May 27, 2011 #42 Author

    Pak Riva, terima kasih ya pak selalu setia mengirim renungan-baru. betul-betul sangat membantu pelayanan kami , karena saya selalu membagi ke jemaat kami renungan dari pak riva, selalu saya cantumkan dari pelitahidup.com.
    Kiranya bpk semakin diberkati Tuhan, dan mendapat berkat yg melimpah amin. Miasta Hutabarat

    Reply

  • Rudy Eko

    May 27, 2011 #43 Author

    Terpujilah Engkau Tuhan juru selamatku, FirmanMU pelita bagi kakiku, terang bagi jalanku.Amin.

    Reply

  • rob

    May 27, 2011 #44 Author

    Syaloom,
    Pasti Curahan Firman ini akan selalu Memberkati Hidup Kita Sekalian….
    Jayalah PelitaHidup.com sekarang & selamanya….
    Imanuel!!!

    Reply

  • Yourdan

    May 27, 2011 #45 Author

    Puji Tuhan, Haleluyah.
    Hari ini kita diingatkan agar jangan terbuai dan lupa akan semua berkat yang kita dapat berasal dari TUHAN. Janganlah kita menjadi 9 orang yang tidak datang pada Yesus. tapi melainkan menjadi 1 orang samaria yang datang kembali pada YESUS. Utk berucap syukur karena ia boleh disembuhkan.

    Reply

  • delima

    May 27, 2011 #46 Author

    Dalam kehidupan di duniapun kesetiaan adalah sumber untuk tetap dapat survive. Kesetiaan serupa tapi tidak sama dengan bertekun. Apalagi dalam kehidupan dan kepercayaan kepada Yesus. Saudaraku janganlah pernah berlaku tidak setia kepada Yesus dan sekali-kali meninggalkannya.
    Firman yang indah semoga kita dapat menjadi orang yang setia dan selalu mengucap syukur dalam segala hal.

    Reply

  • jan

    May 27, 2011 #47 Author

    Terimakasih Tuhan Yesus, begitu indah firmanMu yang diberikan pada pagi ini semoga menjadi berkati bagi setiap orang yang membacanya,kiranya kita senantiasa dituntun oleh kebenaran firmanMu.

    Reply

    • miasta

      May 27, 2011 #48 Author

      Pak rivai terima kasih atas kesetiaan mengirim renungan kepada kami . renungan tersebut selalu saya bagikan ke jemaat kami . kiranya bpk semakin diberkati Tuhan berkelimpahan.
      amin .Miasta hutabarat

      Reply

  • Ganjang

    May 27, 2011 #49 Author

    Mantabh, GBus…

    Reply

  • Ferdinand Assa

    May 27, 2011 #50 Author

    Ucapan syukur adalah mutlak bagi setiap orang percaya.Kenapa?karena hidup kita hanya oleh kemurahan Tuhan.Mulailah dengan ucapan syukur setiap pagi, dan perhatikan apa yang terjadi.Praise The Lord.Haleluya.

    Reply

  • frick

    May 27, 2011 #51 Author

    Terpujilah Allah yang Agung dan Mulia,,,trima kasih firman yang begitu indah di hari ini, Tuhan Yesus memberkati firman-Nya,,,

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *