Pelita Hidup Jangkau Dunia

Renungan Natal: Kasih Allah Yang Besar Bagi Umat Manusia

Renungan Natal: Kasih Allah Yang Besar Bagi Umat Manusia

Renungan Natal: Kasih Allah Yang Besar Bagi Umat Manusia

Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya.

Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.” 1 Yohanes 4:9-10
*courtesy of PelitaHidup.com
Mari bersyukur untuk waktu yang indah yang sedang kita rayakan yaitu Hari Kelahiran Tuhan kita Yesus Kristus. Allah Bapa di surga mengutus AnakNya yang tunggal untuk menjadi manusia, agar setiap manusia yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Sama halnya ketika dalam Perjanjian Lama, Bangsa Israel harus mempersembahkan domba yang sempurna dan tidak bercacat cela sebagai korban sembelihan dan korban bakaran, demikian juga hanya manusia yang sempurna yang tidak bercacat dan tidak bercela yang dapat menebus dosa umat manusia, sehingga hubungan manusia dan Bapa di surga dapat dipulihkan.

Seberapa banyak dari kita yang sudah sering mendengar mengenai kisah ini, biarlah kita tetap menyadari hari demi hari bahwa Tuhan senantiasa ingin hadir dalam setiap langkah hidup kita.



Dia telah menebus dosa kita di atas kayu salib, sekali untuk selamanya. Dan tidak akan ada lagi penebusan dosa lainnya yang dapat menggantikan karya salib tersebut.

Oleh karena itu marilah kita bersyukur atas anugerah yang telah diberikan bagi kita dan marilah kita memanfaatkannya secara maksimal. Biarlah kita menjadi umat yang kudus dan yang berkenan di hadapan Allah, serta menjadi terang dimanapun kita berada.
*courtesy of PelitaHidup.com
Sehingga melalui kesaksian hidup kita, tidak hanya pribadi kita sendiri saja yang beroleh keselamatan, tetapi orang lain juga dapat menikmati keselamatan yang kekal itu.

Terima ayat Alkitab melalui Facebook. Ayo gabung dengan lebih dari 54.000 member di Facebook Page Pelita Hidup. Klik like berikut ini:

Biarlah renungan yang singkat ini dapat menggugah setiap hati kita untuk menjadikan momen Natal yang indah ini sebagai refleksi dari hidup yang telah kita jalani. Apakah kita sudah hidup seturut kehendak Tuhan? Apakah masih banyak hal yang perlu kita perbaiki? Apakah selama ini begitu banyak alasan yang membuat kita menunda-nunda panggilan Tuhan?
*courtesy of PelitaHidup.com
Begitu banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menyenangkan hati Tuhan. Dan Tuhan rindu untuk menjadi teman, partner dan sahabat dalam hidup kita, untuk menjangkau banyak jiwa bagi kemuliaan nama Tuhan.

Mari kita semua menyambut kedatanganNya tidak hanya di dunia ini saja, tetapi di dalam hati kita, sehingga Dia menjadi Raja di dalam hidup kita, Raja Damai.

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Yohanes 3:16

Selamat Hari Natal 2010

dan

Selamat Tahun Baru 2011

Tuhan Yesus memberkati kita semuanya. Haleluya!


Riva Sinjal
Riva Sinjal adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

Pelita Hidup Jangkau Dunia

Terima update renungan baru via email:

Respon: 29 respon

  1. Saya mengenal Tuhan Yesus sejak saya menikah, dan saya ingin mengenal-Nya lebih dekat lagi. Puji Tuhan renungan2 yang anda kirim sangat membantu saya. Terima kasih TYM

  2. terimakasih…buat renungan natal ini sangat memberkati. belum terlambat untuk saya ucapkan selamat tahun baru kepada PELITA HIDUP.

  3. To Saudara Donald Stak:

    Pertanyaan yang bagus dari seseorang yang jujur ingin mengenal Tuhan dgn lebih benar. Saya akan mencoba menjawab dengen keterbatasan saya, kiranya kasihNya menjelaskan lebih jauh pada anda.

    1. Benar , Yesus tidak lahir tgl 25 Desember, parayaan ini-pun menurut sejarahnya hanyalah tradisi tambahan dari gereja kekaisaran kuno.. (tentunya akan sangat panjang bila saya jelaskan hal ini krn penuh tafsiran ttg sejarah natal), yang jelas, TuhanYesus tidak pernah lahir di tgl 25 Desember. Tapi hal ini tentulah tidak perlu membuat kita menajdi skeptis, krn Yesus sendiri juga tidak pernah meminta kita utk mengingat kehairanNya. Dia lebih menekankan pada kita utk mengingat kematianNya lewat perjamuan kudus.

    Bagaimana dgn sikap kita terhadap Natal ? Kalau dari sudut pandang saya, hal ini fine2 saja, krn selama penyembahanNya masih tertuju kepada Yesus dan ini dapat menjadi ajang utk mengingatkan seseorang agar lebih lagi dalam berbagi kasih Kristus sebagaimana dalam Natal selalu ditekankan ttg Kasih dan Pengorbanan Bapa yang menyerahkan anak-Nya (Yoh 3 : 16), maika semua itu fine-fine saja. Selama hal ini yang dijalankan, maka menurut saya natal adalah sah-sah saja. Yang patut kita kritisi adalah perayaan natal demi kepentingan yang sia-sia dan salah arah tujuan, jika tujuannya hanya utk momen berpesta pora tanpa hati yang dibaharui/momen refleksi diri, maka natal sama saja dengan perayaan tanpa arah atau pesta pora manusia.

    Tugas kitalah untuk merayakan natal dgn memberikan teladan kasih. Kita tidak perlu menyalahkan orang lain dgn bagaimana cara mereka memperingati natal, justru mari kita menggali esensi makna Kasih Kristus yang menjadi esensi natal itu sendiri dan saat kita temukan, pahamii, rasakan dan alami..maka tugas selanjutnya adalah membagikannya baik di hari natal maupun hari-hari biasa.

    2. Allah adalah julukan umum, namun dalam kekristenan, sebutan Allah disini tidak mengacu pada nama Allah seperti yang digunakan oleh Agama Seberang,/umum melainkan lebih kepada “pendudukan pribadi Bapa sebagai Tuhan atas segala semesta dan ciptaan-Nya”. Adapun sebagai orang Kristen, kita memanggil Allah yang dikenal sebagai “Allah” oleh banyak orang ini dgn panggilanNya yang pribadi yaitu YESUS. Dunia mencari Tuhan dan mereka memanggil Tuhan-nya dalam julukan umum Allah, tapi kita diberi hak untuk memanggil dia Bapa dan lebih dari itu, melalui nama Yesus anak-Nya, kita juga diperdekat lagi dengan Bapa. Barangsiapa percaya kepada Anak, ia percaya juga kepada Bapa,sehingga barangsiapa memanggil nama Yesus, sesungguhnya ia menyapa Bapa juga. Dan kita patut bersyukur, nama Yesus dikenal dan ditakuti oleh iblis (Kisah Rasul menceritakan kejadian anak-anak imam skewa yang mencoba mengusir setan demi nama Yesus, tapi setan menjawab “Yesus aku kenal, tapi kamu siapa..?”).

    Adapun bila kita memanggil nama Tuhan dgn sebutan Allah, itu sah-sah saja selama artinya adalah penempatan posisi Bapa sebagai Tuhan atas segala ciptaan, kembali lagi apakah tujuan dari penyebutan tersebut adalah menyembah Tuhan atau sekedar asbun/asal bunyi. Karena banyak orang memanggil nama Yesus-pun namun hatinya jauh dari Dia. Nah, bagi kita orang percaya, bila ingin mengenal dia lebih intim, kita bisa memanggilnya “Ya Abba, Ya Bapa” atau “Yesus Kristus”. Kembali lagi, ukurannya adalah hati kita, kata2 adalah salah satu ekspresi hati kita kepada Tuhan.

    Semoga jawaban ini menguatkan iman anda Saudara Donald Stak, Yesus memberkati,selamat natal 2010 dan tahun baru 2011.

  4. Natal adalah Refleksi Allah yg MAHA KASIH, MAHA RENDAH HATI & RELA BERKORBAN. Renungan bagi kita semua : Sudahkah kita memiliki & melakukan semua itu? Bila belum, mari kita minta kpd Allah supaya kita dapat memiliki & melakukan semua itu, sehingga dapat menjadi TERANG & GARAM DUNIA. Jesus Bless U.

  5. trimkasih ….. karena aku dikenalkan dengan seorang Raja yang telah menjadi manusia (reinkarnasi) ….. Tidak ada Tuhan yang begitu besar kasih setiaNYA pada diiriku ……

  6. Selamat natal dan tahun baru. Tuhan Yesus terus memberikan Bapak, kekuatan dan hikmat untuk terus melayani. Terima kasih untuk berkat lewat Renungan Harian ini. Syalom

  7. Terang natal adalah terang bagi umat percaya yang selalu bersinar dimanapun ia berada. Selamat hari Natal 2010 dan Tahun Baru 2011. Melalui Pelita Hidup karya penyelamatan Yesus semakin bercahaya bagi setiap orang. Pak Riva kami bangga atas semua ini dan terima kasih banyak. Salam saya.-

  8. Halleluyah….! Begitu besar kasih dan anugrah Allah dalam hidup…Engkau sungguh baik dan teramat baik bagiku..Thanks tuk Pelita Hidup yg sudah memberkati …di tahun 2011 semakin Dhasyat dan Luar Biasa…!!! Gbu…..

  9. Allah dalam Yesus adalah Allah yang setia, peduli kepada manusia yang setiap saat melakukan pelanggaran, namun karena kasih-Nya itu Dia tidak memperhitungkan semua kesalahan2 kita tetapi selalu memberikan kehidupan yang kekal bagi kita. Sangatlah di rasakan sungguh besar kuasa dan kasih-Nya yang telah menjaga, melindungi bahkan menyertai kita sampai saat ini di hari Natal dan akan memasuki tahun baru 2011, Tuhan akan memberkati Pelita Hidup dan kita semua, supaya nama Tuhan selalu dipermuliakan dari kekal sampai kekal. Amin.

  10. Selamat Natal untuk semu. Natal adalah jalan Allah untuk datang kepada kita manusia, janji Allah itu tlah ditepati. DIA berikan Yesus jadi jalan keselamatan.

  11. Terimakasih, Bapa…, tlah kau beri kepadaku jalan, agar semakin lebih dekat kepada-Mu dan lebih mengenal akan kasih-Mu, yang dapat menyelamatkan ku, lewat Renungan Harian ini, selalu mengingatkan saya…. Thank’s GBU……

  12. Terimakasih buat Pelita Hidup yang telah banyak memberikan berkat lewat renungan2nya.Selamat Hari Natal 2010 buat pa Riva n fam juga semua saudara seiman..kiranya terang natal membuat kita hidup semakin berkenan dihadapan-Nya.

  13. Selamat Natal untuk Pelita Hidup dan pembaca semua. Terima kasih untuk renungan yang Pelita Hidup kirimkan. Salam Natal

  14. ” Selamat Hari Natal 2010 dan Menyambut Tahun Yang Baru 2011 ” untuk semua sahabat yang ada di blok ini dan untuk Pak Riva kiranya Tuhan Yesus Memberkati Bapak dalam segala karya dan pelayanannya juga keluarga Bapak. Natal adalah peringatan kelahiran Tuhan Yesus Kristus marilah kita semua menjadi lahitr yang baru yang lama telah hilang dan yang baru ada.

  15. Terima kasih renungannya…. Selamat NATAL 2010 dan Tahun Baru 2011, Tuhan memberkati.

  16. Natal bukan sekedar perayaan tetapi lebih dari itu kita resapi makna natal itu sebagai bukti kasih dan kesetiaan Tuhan bagi umat manusia dimana Allah menggenapi janji-Nya dengan lahirnya sang juru selamat dan penebus dunia….

  17. Selamat hari natal 25 Desember 2010 dan tahun baru 1 Januari 2011 kasih karunia Allah senantiasa menyertai kita didalam tahun yang baru

  18. Zelinsky Agustinus Kansil
    Monday 27 December 2010, 2:03 pm

    Terima Kasih, Tuhan Memberkati setiap pelayanannya..n Selamat Natal dan Tahun Baru 2011..

  19. gunawan priyatmadja
    Monday 27 December 2010, 12:54 pm

    Natal adalah wujud kedekatan Allah dengan manusia ciptaanNya, Natal tidak hanya setiap tahun , tetapi setiap saat selama kita masih bernafas akan membawa perubahan perilaku yang lebih baik.

  20. Terima kasih buat renungan Natal yang sangat indah untuk direungkan…..Merry christmas & happy new year….Gbu

  21. Terima kasih untuk renungan yang Bapak kirimkan kepada saya, yang tersulit dalam hidup kita adalah menjadi orang yang konsisten terutama untuk menjadi Yesus sebagai raja di hati kita, namun kita tetap harus berusaha, agar kita paling tidak hidup kita berkenan kepadaNya dan kepada orang yang ada disekitar kita dengan melakukan kasih, bukan dengan perkataan, namun dengan perbuatan yang nyata.

  22. Manusia cenderung menuntut bahwa apa yang telah diberikan kepada Tuhan, sudah lebih dari cukup, sehingga segala berkat dan karunia yang Tuhan berikan masih jauh dari yang diharapkan.

    marilah kita berpegang pada pengharapan yang sesungguhnya, sebagaimana yang diajarkan Tuhan Yesus dan rasul Paulus, agar kita layak menjadi anak-anak Tuhan.

  23. Natal adalah moment dimana kita mengintrospeksi diri,apa yg sdh kita lakukan buat membalas kasih Tuhan dlm hdup kita melalui buah buah khdpn kita.Slmat Natal 25 Desember 2010 dan menyongsong Tahun Rahmat Tuhan 2011saudara/iaqu.

  24. Bertumbuh dalam kebenaran, menuju keselamatan.

  25. terima kasih, Selamat Hari Natal dan selamat menyonsong tahun baru 1 januari 2011 Tuhan terus berkarya lewat Pelita Hidup serta memampukan setiap pembaca bertumbuh dalam Iman pada Sang Penebus yaitu Kristus Yesus.

  26. Selamat Natal dan Tahun baru, berkat dan kasih Kristus selalu menyertaimu dan keluarga.
    Selamat melayani umat Kristus.

  27. Pelita Hidup sungguh menjadi berkat yg sangat besar bagi saya bisa mambantu membuka rahasia Firman Tuhan lebih luas lagi. Trima kasih pak Riva Sinjal .Merry Christmas and Happy New Year 2011.JBU.

  28. Kasih Allah Bapa tak dapat di ukur berapa panjang dan dalamnya. Selamat Hari Natal untuk Bapak sekeluarga. Tuhan Yesus putra Natal senantiasa memberkati.

  29. andika budi wicaksono
    Saturday 25 December 2010, 10:53 am

    Selamat Natal & Tahun Baru untuk kru pelitahidup.com semoga kasih Natal tahun ini selalu di hati kita setiap hari.. dan menjadi berkat…

Masukkan Respon Anda



Tidak menemukan topik yang Anda cari? Ketik kata kunci yang Anda cari dan tekan Enter: