Pelita Hidup
“Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku.” Maz 50:15 Keadaan ekonomi yang tidak menentu membuat manusia senantiasa...

lepas-dari-kesesakan-2
Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku.” Maz 50:15

Keadaan ekonomi yang tidak menentu membuat manusia senantiasa kuatir dengan kehidupan dan masa depannya. Berbagai pertanyaan timbul dalam hati dan pikiran tentang kebutuhan hidup mereka. Apa yang akan mereka pakai, apa yang akan mereka gunakan, darimana mereka akan mendapatkan uang, bagaimana jika tidak mendapat pekerjaan, apa yang harus dilakukan jika mengalami kesusahan dan lain sebagainya. Masalah yang datang seakan-akan datang begitu bertubi-tubi. Belum selesai masalah yang satu, masalah yang lain datang lagi. Tidak sedikit orang yang menjadi stress akibat berbagai tekanan kehidupan yang dialaminya.

Tuhan Yesus datang, supaya kita mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan (Yoh 10:10b). Ini merupakan janji yang kekal dan berlaku bagi setiap kita yang percaya kepadaNya. Janji kehidupan yang diberikan adalah kelepasan dari segala masalah yang ada dan damai sejahtera bagi hidup kita.

Dalam Mazmur 50:15, Tuhan mengajar kita untuk berseru kepadaNya pada waktu kita mengalami kesesakan. Tuhan ingin agar kita datang kepadaNya, mencari wajahNya, sujud dan merendahkan diri di hadapanNya, serta meminta pertolongan dariNya.

Masalah dan pencobaan yang kita alami adalah pencobaan biasa yang Tuhan ijinkan untuk membentuk kita menjadi lebih sempurna lagi, agar kita semakin dekat dengan Dia. Dia telah menyediakan jalan keluar bagi setiap masalah dan pencobaan yang kita alami (1 Kor 10:13). Tuhan berkata bahwa Dia akan meluputkan kita dari setiap masalah dan problema kita. Dia akan melepaskan kita dari segala kesesakan.

Berserulah kepadaNya maka Dia akan memberi pertolongan tepat pada waktunya, sehingga apa yang kita alami akan menjadi kesaksian, nama Tuhan dipermuliakan.

Riva Sinjal

 adalah penulis & pendiri Pelita Hidup. Beliau sudah aktif menulis renungan sejak tahun 1998.

  • agustin

    February 21, 2016 #1 Author

    Tolong dibantu doa,agar terbebas dari belenggu hutang dan kesempitan ekonomi.
    Kuasa Tuhan dan mukjizatNya senantiasa kuharapkan. 
    Amin.

    Reply

  • Ellia

    May 20, 2011 #2 Author

    Trimaksh Tuhan….karena engkau mengirimkn hamba2 Mu untuk menghiburkanku dlm kesedihan dan meyakinkanku bhw Engkau ttp menyertai orang2 yg lemah spt aku!Bukan suatu kebetulan kalo hari ini aq menemukan bahan renungan yg dituliskan oleh bpk Riva yg cukup jelas dipaparkan itu karena Engkau tahu aq sangat membutuhkannya…..bantulah aq ya Bapa untuk untuk dapat kuat lagi……….trimaksh pak Riva semoga bpk terus bersemangat dan diberkati Tuhan dalm segala hal,Amin!!!

    Reply

    • roy

      September 28, 2015 #3 Author

      Bantu dlm doa,,saat ni sya butuh doa hamba Tuhan,,biar iman itu ada dn tetap ada,,
      Syalom

      Reply

  • nurhayati s

    May 12, 2011 #4 Author

    thanks tuk renungan ini sehingga aku bs mbaca,merenung firman Tuhan.

    Reply

  • Ellen Wulansari

    May 8, 2011 #5 Author

    Tlg doakan saya dlm mengarungi bahtera rumah tangga, dlm mengurus anak2 & jg suami. Agar saya bs menjadi ibu yg baik & suami saya menjadi kepala klrga yg baik. Dan ampunilah kami akan kesalahan kami ya Tuhan…

    Reply

  • sarfat

    April 30, 2011 #6 Author

    Buat sodara seiman sy sarfat hmpr 2 bln sy mnglami pergumulan yg brt dikejar2 hutang dan bunga yg hrs sy byr akhirnya sy ambil sikap dtg pd TUHAN mohon ampun dlm doa puasa 40hari dan TUHAN bukakan mata hati sy dlm 2raja-raja 4;1-7,dan sy bertekad imanin bhw TUHAN sdh kasih sy talenta utk berdagang kbtulan slma ini sy bergulat dlm perdagangan,TUHAN mendatangkan mujizat lwt nabi Elisa dg sedikit minyak dlm buli-buli mnjdi berkat bt janda tsb utk dpt melunasi hutangnya bhkan ada lebih utk menopang khidupan janda itu dan anaknya,TUHAN sy sdh melakukan bagianku dan sy percaya TUHAN psti melakukan bagianNYA,PUJI TUHAN skrg usaha dagang sy lncr bnyk jln mndatangkan berkat dan sy bs mencicil hutang sy wlau blm lunas tp sy percaya TUHAN mampukan sy utk bs melunasi hutang sy,sodara seiman jika ada yg skrg ini sdg dlm pergumulan ekonomi dtg pd TUHAN,serahkan sgla pergumulan dan mnt TUHAN buka jln,lwt pergumulan yg sy alami TUHAN ijinkan spy sy memiliki hubungan dkt dg TUHAN,justru dlm kelemahan kita kuasaTUHAN dinyatakan dan lwt pergumulan ini jg TUHAN murnikan hati sy spy ttp rendah hati,andalkan TUHAN dlm sgala hal dan yg psti berapapun berkat yg di dpt lakukan kewajiban kita ttg perpuluhan krn TUHAN perhitungkan ketaatan kita,thx bt pelita hdp,mana sorgawi,wanita,yg slma ini menguatkan sy lwt firman TUHAN spy sy slu kuat dan skrg sy sadar TUHAN memberkati anak2NYA tdk dg cara instan tp kita hrs mengerjakan bagian kita dulu dan TUHAN psti akanmengerjkan bagianNYA amin GBU all..

    Reply

  • marlon

    April 17, 2011 #7 Author

    Terima kasih unt kesaksian teman-teman dipelita hidup,Tuhan memberi jalan keluar, sy jg lg ada masalah pekerjaan n penghidupan, dukung doa krn mindset sy merasa gagal dlm hidup, sy hrs menafkahi istri dan 2 anak, tabungan tidak ada, pekerjaan tidak tetap, hal ini membuat sy stress berat, mohon teman-teman berdoa supaya ada jalan keluar apa yg hrs sy lakukan untuk masa depan yg cerah, krn aku ingin mengalami janji Tuhan hidup dalam kelimpahan

    Reply

  • sarfat

    April 11, 2011 #8 Author

    BAPA..trimakasih bt pergumulan2 yg sdg sy hdpi skrg,memang sngt menyesakkan sampai menjadi tekanan mental dlm batinku,BAPA YG BAIK 1 yg sy minta BAPA bri aku kekuatan,bri akui hati yg double porsi dmna aku bs berdiri tegak dan senantiasa menyikapi semua kesesakkan ini dg ucapan syukur,BAPA ENGKAU tau yg trbaik bt anak2MU sy jd smakin intim dg MU,ampuni semua kesalahan2ku BAPA shingga pergumulan ini boleh trjdi dlm hidupku,BAPA aku percaya ENGKAU gembala yg baik,yg slu menuntunku spy tdk terperosok dlm lobang dosa,yg slu mengobatiku disaat terluka,yg slu membri pertolongan disaat aku dlm bahaya,duh..GUSTI YESUS jadilah kehendakMU dlm hidupku krn aku prcaya pertolonganMU tdk prnh trlambat amiien..

    Reply

  • silvia

    March 7, 2011 #9 Author

    Puji Tuhan, renungan pak Riva sungguh sgt menguatkan sy. Saya tau Tuhan kdg tdk memberi apa yg kita minta, tp Tuhan pasti memberi apa yg kita perlukan…
    Sebab rancanganku bukan rancanganMu.. RancanganMulah yg terbaik buatku..
    Aku bangga punya Allah seperti Engkau Yesus.. Dan aku percaya bila tiba saatnya nanti Engkau akan memberi pelangi kasihMu..

    Reply

  • Dewi Barus

    February 23, 2011 #10 Author

    Ampuni aq Tuhan…aq sering ragu buat rancanganMu dlm hidupku…..Tuhan tahu isi hati ku… kesesakan ku….dah 1thn kerja aku tidak bisa memberikan apa2 tuk orang tua ku…aku jg ga punya tabungan…aku selalu mengeluh dan mengeluh Bapa..pdhl semua yg aku dpt saat ini..pemberian Tuhan,,..Bapa tolong jg aku jgn lagi merasakan sakit hati krn di selingkuhi laki laki….aq sakit Bapa terus2an merasakan itu….pertemukan aku dgn orang yg terbaik Bapa…org pilihan Tuhan..kmi boleh bersama sama memujji dan mempermuliakan namaMu….Tuhan..Engkau baik dan akan selalu baik…Amin

    Reply

  • fanolo

    January 29, 2011 #11 Author

    Terima kasih renungannya yang begitu indah jika dipahami kata demi kata, rasanya hidup ini, tidak akan merasakan getir pahitnya kondisi negara kita saat ini, mari saudaraku kita doakan negara tercinta ini agar Tuhan mau memberi kedamaian, ketenteraman, keadilan dan kebenaran dimana-mana. Pak Riva aku mohon didoakan anak kami Yuliawan yang sekolahnya putus, kiranya hatinya tergerak lagi untuk menyelesaikan kuliahnya lago, Terima kasih.

    Reply

    • fanolo

      January 29, 2011 #12 Author

      Terima kasih renungannya yang begitu indah jika dipahami kata demi kata, rasanya hidup ini, tidak akan merasakan getir pahitnya kondisi negara kita saat ini, mari saudaraku kita doakan negara tercinta ini agar Tuhan mau memberi kedamaian, ketenteraman, keadilan dan kebenaran dimana-mana. Pak Riva aku mohon didoakan anak kami Yuliawan yang sekolahnya putus, kiranya hatinya tergerak lagi untuk menyelesaikan kuliahnya lagi, Terima kasih.

      Reply

  • kristian

    January 27, 2011 #13 Author

    Tolong doakan Saya,,,semoga lulus ujian TS nanti…dan dapat menyelesaikan TSnya,soalnya sampai sekarang TSnya masih belum selesai dan ujiannya sudah sangat dekat…terima kasih.

    Reply

  • estik

    January 27, 2011 #14 Author

    Roma 8:28
    sebab Allah kita turut bekerja dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan bagi setiap orang yang MENGASHINYA…. Amin.

    Reply

  • aminson saragih

    January 26, 2011 #15 Author

    saya sangat berterimakasih kepada Tuhan Kita Yesus Kristus,,sungguh luar biasa pertolonganNYA
    sangat dirasakan betapa Dia hidup di dalam pribadi kita.
    syaloooom

    Reply

  • andre

    January 25, 2011 #16 Author

    Thanks God buat Firman-Mu ini

    Reply

  • Roy S Utomo

    January 24, 2011 #17 Author

    Syalom Pak Riva ..

    Saya sangat berterima kasih kepada bapak sebelumnya saya tidak baca renungan ini, tapi setelah saya dalam kesesakan yang sangat tiba2 Tuhan membimbing saya utk buka email lama dan saya buka ternyata isinya sangat menguatkan saya dan membuat saya percaya lagi dan bangkit untuk teguh dengan janji Tuhan sekali lagi terima kasih Pak God Bless You always

    Reply

  • leman

    January 22, 2011 #18 Author

    syaloom..tolong doakan, agar saya mampu membiayai adik saya,, dalam pendidikan dan orang tua saya. trimakasi.

    Reply

  • Suwarty Sjafii

    January 15, 2011 #19 Author

    Syaloom…..
    Thanks y atas renungannyan. Renungan ini sangat indah & memberkati serta membuat saya semakin dekat dengan Tuhan.Mohon dukungan doa temen temen & Pak Riva agar di tahun 2011 sampai seterusnya kehidupan saya terus berubah menjadi lebih baik dan berkelimpahan. GOD BLESS…….

    Reply

  • poyet

    January 15, 2011 #20 Author

    mohon doanya untuk ketidakadilan dlm RT yg km gumuli bersama istri

    Reply

  • david

    January 12, 2011 #21 Author

    Amin,, Haleluya Puji Tuhan, Trimakasih buat renungan ini sangat menguatkan kami dimana kami melayani banyak sekali tantangan yang kami hadapi,dengan renungan ini kami diingatkan supaya selalu mengandalkan Tuhan Yesus.Trims

    Reply

  • umbu

    January 11, 2011 #22 Author

    Renungan ini sangat berarti bagi keluarga saya, bilamana ada tutur kata, sikat dan perbuatan kami sekeluarga ditahun 2010, mohon dimaafkan sehingga dalam menjalani tahun 2012 kami berjalan dalam damai sejahtera Allah dan kasih TuhanYesus Kristus, Tuhan memberkati kita semua

    Reply

  • Ivonne

    January 10, 2011 #23 Author

    Ya Allah… saat ini kami sedang sesak.. rasanya berat sekali beban ini.. mungkin ini memang salah kami.. kami pantas menerimanya.. Tapi ya Bapa, Allah Yang Maha Pemurah.. tolong lalukanlah kesesakan ini dari pada kami.. Kami menyerah dalam Engkau ya Maha Kuasa.. Ijinkan kami melewati masalah ini dengan hati yang tegar, karena kami percaya Engkau yang sudah ijinkan kami juga mengalaminya.. Bimbinglah dan ampunilah kami ya Tuhan.. biarkan kami bisa lebih kuat lagi setelah badai dan kesesakan ini.. Dan kami bisa menegakan lagi dagu kami karena Engkau sudah membela kami!!! Dan kami tidak dipermalukan.. Bapa ya Bapa.. hanya Engkaulah sandaran kami!! Tempat kami menanti untuk dijadikan sebagai pemenang.. Ooo.. Terpujilah Engkau di tempat Yang Maha Tinggi.. Halleluya!!!!

    Reply

  • JOHANNA

    January 7, 2011 #24 Author

    syalom….

    renungan ini sgt memberkati saya….

    Reply

  • Jusak Karangan

    January 4, 2011 #25 Author

    Renungan ini begitu indah dan sangat memberkati. Mohon dukungan doanya juga Pak Riva agar ditahun 2011 ini saya semakin dan semakin dekat dengan Tuhan dan dapat meninggalkan banyak hal yang tidak berkenan dihadapan Tuhan. Trima kasih.. Tuhan Yesus Memberkati….

    Reply

  • Rudy Martono SH

    January 3, 2011 #26 Author

    Maz 50 : 15 ayat EMAS bagi kita sbg anak2 Allah, sungguh menyejukan & menentramkan jiwa. Jesus Bless U.

    Reply

  • Monique

    December 29, 2010 #27 Author

    Tuhan baik, sangat baik teramat baik.. Bt apapun yg terjadi dlm hidupku.. Tq jesus..

    Reply

  • Jorry Sumampouw

    December 28, 2010 #28 Author

    Saya beruntung karena saya gabung di Pelita Hidup, banyak hal yang saya dapatkan melalui bacaan ini. Satu hal yang Tuhan minta yaitu Percaya akan DIA, begitu banyak ayat yang sudah kita tahu tapi sering itu berlalu begitu saja. Yach satu hal kita harus harus Percaya DIA, itu saja karena DIA akan selalu melepasakan kita dari kesesakan dan memberi jalan keluar untuk setiap masalah kita.
    Doakan saya selalu Pak Riva, karena pergumulan saya berat untuk saat ini tapi saya mau belajar Percaya DIA, dan saya yakin DIA yang akan menyempurnakan segala sesuatu kekurangan saya. Amin.

    Reply

  • Sunarko

    December 28, 2010 #29 Author

    Dalam kehidupan orang Kristen hanya berseru Kepada Tuhan Yesus itu adalah kunci utama, banyak hal dalam kehidupan saya bila mendapat kesulitan senantiasa berdoa dan Puji Tuhan segala kesulitan saya dapat teratasi satu demi satu lancar saja. Dalam pekerjaaan ketika menganggur Tuhan memberi jalan, ketika tidak punya dana untuk mengeluarkan orang tua yang sakit dan dirawat selama 2 bulan di RS lagi- lagi Tuhan memberkan jalan, ketika anak pertama saya lahir dan hampir meninggal Tuhan memberi kehidupan sampai sekarang Dia sudah dewasa. Inilah caranya Tuhan menolong kita tetapi kita harus memohon kepadanya dan rencanaNYa kita tidak pernah tahu tetapi selalu berhasil.

    Reply

  • B

    December 28, 2010 #30 Author

    Puji TUHAN..kita sangatlah beruntung..punya TUHAN seperti YESUS..bukan hanya kasihNYA yang tulus dan setia.. YESUS sangat pentingkan kita seperti biji mataNYA…DIA juga jamin hidup kita bila kita berserah padaNYA…pegang tanganku ya YESUS…aku tak mau berjalan tanpaMU..

    Reply

  • stefanus pepen

    December 27, 2010 #31 Author

    halleluya,..terpujilah nama Tuhan diatas segalanya,..Tuhan Yesus, ..aku percaya bahwa pertolonganMU pasti akan datang dan tepat pada waktunya,.amin. terimakasih Tuhan.

    Reply

  • Soeprijono Padmodihardjo

    December 27, 2010 #32 Author

    Ya saya sangaaat senang dan merasa senantiasa diberkati TUHAN berkat dari baca renungan Bapak RIVA yang dipakai TUHAN untuk menjadi saluran berkat bagi orang banyak. Pada bln april yang lalusaya sudah berhenti bekerja karena ada peremajaan, padahal sebenarnya saya blm siap, untuk tidak punya penghasilan, saya bukan pensiunan, juga tidak puya tabungan ataupun deposito, padahal saya banyak hutang disana sini, memang sih itu slah sendiri ! tiga bulan berjalan dengan berjalan dengan teramat susah bagai orang lumpuh yang harus menempuh jarak jauh, dipanas matahari. Hampir2 saya PUTUS ASA merasa banyak dosa dan kesalahan, yang jadi pertanyaan saya tiap saat adalah : apakah orang yang sudah keliru jalan tidak punya hak untuk minta TOLONG pada BAPA SORGAWI ? APAKAH DIA MEMANG HARUS MENANGGUNG AKIBAT KESALAHANNYA ? Saya bertekat untu berpuasa dan berdoa, seminggu, ataupun dua minggu tidak apa kalau harus lemas karena puasa biarlah, itu tekat aku. Dan akupun mulai mengadakan saat teduh setiap saat, malam jam 24.30, ataupun sore hari, aku tidak peduli pokoknya aku harus berseru kepada BAPA SORGAWI, hal semacam itu terus aku lakukan, aku hanya minta TOLONG BAPA aku sudah berdosa, angkatlah aku kembali dan pulihkanlah aku, semua bebanku TUHAN sudah tahu dan itu semua urusan kecil bagi BAPA, aku yakin ENGKAU pasti menolong.
    Suatu saat dalam perjalanandengan naik speda motor dijalan yang cukup ramai, mendadak mataku seperti cacat, dipakai melihat semuanya menjadi doble (dua-dua) aku semakin takut akan hal itu, mungkin TUHAN marah kepadaku, orang yang tidak layak kok minta tolong (itulah pikiranku) nah pada waktu mataku menjadi cacat seperti itu, aku terpaksa berhenti dan menepi serta cari tempat duduk dipinggir jalan, aku kedip2kan tidak hilang, akupun berseruuu pada TUHAN YESUS : Ya YESUS ENGKAU anggup menghidupkan orang mati, ENGKAU sanggup menyuruh orang lumpuh berjalan, namun aku titahmu yang banyak cacat ini, harus mennggung cacat mata seperti ini ? TUHAN aku berserah kepada MU, aku tidak bisa pulang karena pandanganku jadi seperti ini, aku menangis dipinggir jalan, hanya nama YESUS yang aku sebut dan mintai tolong, eee tidak saya nyana, lima menit mataku dipulihkan, seperti biasa malah lebih cxerah rasanya. Akupun disepanjang perjalanan pulang, memuji TUHAN. Dalam nama YESUS ada kemenangan, dalam nama YESUS iblis dikalahkan dst. sejak saat itu aku sangat berhati-hati dalam langkah hidup ini, dan setiap bulan aku bisa lancar mengangsur hutang2ku, ternyata benar TUHAN sudah memberi jalan kelepasan padaku aku sangat bersyukur karenanya. Dan sekarang aku semakin sering membaca alkitab, memuji – muji TUHAN dan mencari membaca renungan terutama di PELITA HIDUP aku semakin dikuatkan. Terima kasih TUHAN terima kasih Bapak RIVA SINJAL TUHAN YESUS memberkati !
    Soeprijono (orang yang banyak dosa)

    Reply

  • diky

    December 25, 2010 #33 Author

    Sungguh janji Tuhan yang luar biasa kepada kita setiap org percaya. Terima kasih p. Riva. Sangat membangun n memberkati saya. Tuhan berkati terus pelayanan Bapak n menjadi bagi banyak orang.

    Reply

  • Yong HPM

    September 25, 2008 #34 Author

    Syalom pak Riva……….
    Saya mohon di doakan, bahkan jika pak Riva berpuasa, saya sangat mohon di doakan dalam doa puasanya, karena sudah +/- 6 bulan ( April s/d September 2008 ) sampai kemarin saya masih sesak nafas/ berat nafas, saya tidak tahu apakah ini di sebabkan adanya penyakit di dalam tubuh, atau karena kuasa Jahat / Iblis yang menyerang saya, atau karena terbelenggu pikiran yang selalu memikirkan sesak nafas yang belum kunjung sembuh normal,..

    Terima Kasih Pak Riva, Tuhan Yesus memberkati pak Riva dan keluarga……

    Yong HPM

    Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *